Survei Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Serasa tidak percaya ketika mendengar pegunungan seribu di Gunungkidul yang merupakan pegunungan karst dulunya terdapat gunung berapi purba raksasa. Nama Kawasan Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran ini mulai terkenal ketika para perangkat desa dibantu para pemuda setempat mempromosikan daerah ini.

Gunung Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk kabupaten Gunungkidul. Berada dikawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl.

Lokasi wisata berupa bukit karang yang sekarang sudah dibuka menjadi kawasan ekowisata berada tidak jauh dari Bukit Patuk Gunungkidul. Cukup disayangkan papan penunjuk arah menuju obyek wisata ini terlalu kecil ketika tiba dipersimpangan jalan Kecamatan Patuk sehingga banyak wisatawan tidak tahu kalau di dekat Bukit Patuk terdapat obyek wisata yang cukup menarik.

Memasuki kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, suasana sekitar area wisata tampak sepi. Menurut penduduk sekitar, keramaian di obyek wisata ini biasanya pada akhir pekan, saat ada kirab budaya atau pawai, upacara adat dan tradisi, dan acara-acara lain yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata ini.

Kata Nglanggeran berasal dari kata planggaran yang bermakna setiap perilaku jahat pasti ketahuan. Ada juga yang mengatakan berasal dari kata langgeng.

Setelah memarkir sepeda motor di area parkir motor yang sudah dibangun disebelah pintu masuk, kami berjalan menuju ke sebuah bangunan sebagai gerbang masuk kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Bangunan yang merupakan sebuah pendapa dinamai pendapa Joglo Kalisong ini berukuran panjang 10 meter ini terdapat papan yang isinya seputar kegiatan yang berlangsung di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran dan informasi bagian yang dianggap menarik ketika menjelajahi kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Ekowisata Nglanggeran ini menyimpan pesona dan cerita misteri yang menyelimutinya. Hampir sama dengan mitos yang terjadi di daerah lain, Gunung Nglanggeran dijaga oleh tokoh pewayangan, Punakawan dan Kyai Ongkowijoyo. Di beberapa tempat di kawasan ekowisata ini kerap dijumpai sesaji dan ritual.

Untuk menuju ke salah satu puncak bukit atau gunung di Gunung Api Nglanggeran, para pengunjung mengambil rute ke kiri setelah Pendapa Kalisong. Namun kami memilih rute ke kanan menuju ke dinding tebing batu yang menjulang tinggi. Berjalan menyusuri jalan setapak yang terbuat dari tanah dan hanya beberapa saat akhirnya kami tiba di tepi tebing batu.

Dari puncak tebing muncul percikan air sebagian mengalir di dinding batu, sangat indah untuk dilihat. Menurut informasi, ini merupakan air terjun di Gunung Api Purba Nglanggeran yang hanya mengalir di pengujung musim penghujan saja. Di musim kemarau, air terjun ini tidak mengalir dan terlihat seperti dinding batu biasa meskipun terlihat cekungan akibat gerusan air. Karena penasaran dengan sumber mata air dari air terjun tersebut dan salah satu puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, akhirnya kami kembali ke tempat awal dan mengambil rute berjalan ke atas bukit.

Ketika sampai di salah satu batu raksasa yang masih berada di bawah puncak bukit kami berhenti dan berfoto bersama. Tiba-tiba hujan deras tiba dan kami buru-buru turun ke bawah kembali ke pendopo Kalisong. Akhirnya kami memutuskan untuk membatalkan acara menaiki puncak Gunung Api Purba Nglanggeran karena kondisi jalanan pasti becek akibat air hujan. Kami berharap dilain waktu bisa menikmati pemandangan alam dari puncak gunung Nglanggeran. (text/foto: annosmile)

== Tiket Masuk

Dewasa: Rp3.000,-/orang

Parkir: Rp2.000,-/motor

-----------
Bookmark and Share

Ada 54 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. neorenggana:

    Asyik.. Mas Annosmile kerjanya enak jalan” terus. kapan-kapan saya juga bisa ikut *ngarep* (haha)

  2. PRof:

    Nglanggeran, hampir tiap liburan nginap di sana, menikmati kesunyian alam, merenungi keagunganNya….

  3. mila:

    Aku pernah kesiniiiii…. tapi ga sempet moto2.. wkt itu kerja *hiks*

  4. rudis:

    Bagus sekali pemandangannya jadi mimpi pingin kesana …………….

  5. yosafat:

    nek karo kecamatan semin gunung kidul isih adoh ora mas kuwi?

  6. Pojok Pradna:

    nah ini…gak banyak yg mbahas objek wisata sampe ke sini-sini…padahal pemandangannya menakjubkan..

    top tenan

  7. munir ardi:

    aduh tempat-tempat indah semua ditampilkan disini

  8. munir ardi:

    jadi ngiler deh

  9. go-blogger:

    wah indah sekali mas pemandangan’ya….

  10. mawi wijna:

    wah, mana foto dinosaurus yg ada di puncak bekas kawahnya? :D

  11. Jidat:

    Apik mas. . . . Iku ngge dolan ambek pacar asik ye???

  12. iLLa:

    eitu yg futu aer terjun ternyata ada orang toh di bawahnya, gag keliatan tadinya, hehe… kesian tuh yg kebagian motret di futu terakhir, jadi gabisa nampang, pedahal latarnya keyennn…

  13. jejak annas:

    pengalaman terlezat saya manjat gunung adalah gunung ciremai. dengan segala rintangan dan beban, akhirnya bisa nikmati terbitnya matahari dari jarak yang dekat. subhannallah indahnya

  14. morishige:

    saya pernah sekali ke sana nemenin senior manjat di jalur “nyit-nyit” (gitu kalo gak salah namanya… hehe) bikinan kawan-kawan mayestik (mapala hukum).

    awalnya saya juga heran kenapa bisa nemu breksi di sana.. tau-tau dulunya bekas gunung api. :D

  15. harto:

    Subhanallah…. inilah salah satu dari keindahan yang Allah berikan kepada kita semua. patut kita jaga & lestarikan jangan sampai rusak.
    trims atas infonya sangat membantu, sukses selalu n tetap semangat

  16. masad:

    kelihatane enak kesini

  17. raiderhost:

    perasaan wingi dolan karo aku dech

    :D

    neng angkringanQ

    manteb bener .. TT skrang ..

  18. wibisono:

    wah baru tahu kalo di gunung kidul ada obyek wisata yang bagus..

  19. buJaNG:

    Wow… Gunung api purba ya… baru dengar saya. Kelihatannya eksotis banget :D

  20. komputertips.com:

    Bagus ya objek wisatanya…. kapan bisa kesana ya

  21. ciwir:

    ketoke apik nggone kuwi

  22. soewoeng:

    gek umurnya berapa ya bos?

  23. Anazkia:

    Kayaknya aku dah pernah ke sini yah? *mengingat2*

    Selalu dibuai cemburu kalau ke sini :( *pengen lihat langsung :((*

  24. delia:

    Wahh bagus banget ya……pemandangannya itu loh…

    keren.. kerennn

  25. Zippy:

    Wuiiii…keren amat ya tempatnya.
    Pengen deh kesana.
    Tapi jauhnya bukan maen…

  26. Dunia Hape:

    Air terjunnya bikin gue ngiler bro, keren banget deh.
    Andai aja di daerah gue juga ada tempat gituan :D

  27. ALRIS:

    Wow indah nian pemandangannya. Salam

  28. citromduro:

    baru sempat berkunjung maaf

    memang negeri kita kaya dengan pesona alam yang indah
    tinggal bagaimana memanfaatkannya dan mengembangkannya

    keren abiz gambar gunungnnya mas

    salam dari pamekasan madura :D :D

  29. xitalho:

    asemik dolan terus… marai pingin puwol..!!

  30. norjik:

    Hmm Nice Pic nihhh. jadi pengen kesitu. btw saya sudah sampai ke Gunung Kidul, tp blm prnh nih menjamah lokasi ini he he

  31. cipstuff:

    waw memang sangat indah dan menakjubkan

  32. shalimow:

    mantabbb ya tempatnya
    selamat deh bos
    sukses

  33. Andy MSE:

    keren abisss…
    sayangnya cerita tentang gunung api purbanya kurang detil, mas teamtouring!
    jadi penasaran nih!

  34. annosmile:

    kan baru survei mas andy
    belum naik ke puncak gunung :D

  35. kips:

    Pas naik gunung bisa ngajak2 dong :-D

  36. omagus:

    wah keren banget tempatnya..!
    asli aku baru tau tempat itu dari sini..!

  37. ardian eko:

    Aku koq rung tau mrono ya.. kui arah neng baron ya mas?

  38. wi3nd:

    uda lama ju9a neeh nda berekowisata..

    look so nice yaa..

    see yuuuuuuuuu :)

  39. ndop:

    wow… apik pol suasane…

    oh iyo mas, aku takon, nek melu sampeyan touring ngono wi mbayar piro??

    *jawab ning blogku wae ya…*

  40. Rp. Laksono (Priyo):

    yang paling penting dari semua info obyek wisata adalah peta wisata nya biar jelas rute nya ga kan tersesat…. ok

  41. admin:

    terima kasih atas sarannya

  42. agus:

    q belum pernah liat keindahan dr sisis lain.nglangeran mound is ok.by cah gunung asem,ngoro2 ptk gk

  43. ABU ZIDAN:

    Pernah sekali aku beserta rombongan ” PAPELA” Nginap di atas Nglanggeran

  44. Menikmati Sunset di Puncak Gunung Kelir Nglanggeran | TeamTouring:

    […] merupakan kali kedua sejak awal tahun lalu kamu berkunjung ke Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran bersama kawan-kawan. Kali ini saya bersama kawan fotografi berencana mendaki untuk belajar memotrte […]

  45. TeamTouring in Ancient Volcano Nglanggeran 2010:

    […] Survei Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran […]

  46. Jejak Telapak Kaki Kuda Misterius | TeamTouring:

    […] garis aneh. Menurut informasi dari warga, bekas telapak kaki kuda tersebut memiliki kaitan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran karena terdapat jejak telapak kaki kuda misterius yang mirip di salah satu batuan di gunung purba […]

  47. Penemuan Arca di Gunung Api Purba Nglanggeran | TeamTouring:

    […] berkunjung ke kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran untuk kesekian kalinya, saya mencoba menelusuri dan melihat kondisi arca yang masih dititipkan di […]

  48. Kemeriahan Kirab Budaya Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran | TeamTouring:

    […] kirab budaya yang diselenggarakan di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran ini cukup menarik untuk disimak. Meskipun penyelenggaraan acara terbilang sukses menarik banyak […]

  49. Mblusuk Air Terjun Cengkehan (Curug Seribu Batu) | TeamTouring:

    […] yang terletak di sepanjang aliran sungai yang mengalir pada air terjun Cengkehan konon berasal dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Jumlahnya cukup banyak dan tidak dapat dihitung sehingga beberapa orang menyebut air terjun […]

  50. Embung Nglanggeran, Cikal Bakal Kebun Buah Nglanggeran | TeamTouring:

    […] air yang mengisi Embung Nglanggeran berasal dari mata air yang berada di lereng Gunung Api Purba Nglanggeran. Terdapat dua buah pipa yang menyalurkan air dari sumber mata air menuju ke embung. Embung […]

  51. Embung Banjaroya, Waduk Mini Diatas Perbukitan Kalibawang | TeamTouring:

    […] Pemandangan Embung Banjaroya tampak biasa dan tidak ada hal yang menarik yang dapat dinikmati. Embung ini berukuran kecil dan lebih kecil dari luas lapangan sepakbola. Dilihat dari desain dan tata bangun kawasan Embung Banjaroya ini ada kemiripan dan kesamaan dengan Embung Nglanggeran yang dibangun disebelah selatan Gunung Api Purba Nglanggeran. […]

  52. Patung Kepala Dewa di GAP Nglanggeran | TeamTouring:

    […] yang dilapisi oleh emas, berbeda dengan arca yang tertinggal di halaman rumah penduduk dekat kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran yang merupakan arca batu. Bila dilihat secara kasat mata, patung kepala dewa tersebut merupakan […]

  53. Soto Mbak Jam, Cita Rasa Soto Pinggir Sawah Nglanggeran | TeamTouring:

    […] cor semen yang dapat dilalui hingga kendaraan roda empat. Dari jalan utama menuju kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran hanya berjalan sekitar 50 meter saja. Saat ini Warung Soto Mbak Jam Nglanggeran telah dilengkapi […]

  54. Air Terjun Talang Purba, Daya Tarik Baru Wisata Sekitar Nglanggeran | TeamTouring:

    […] dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja. Pengelola Air Terjun Talang Purba yang juga pengelola Ekowisata Gunung Api Purba sedang berencana membangun infratruktur […]

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan TeamTouring. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.