Selat Solo Mbak Lies, Cita Rasa Selat Solo Yang Cukup Legendaris

Warung Selat Solo Mbak Lies (Bu Lies) merupakan salah satu daya tarik kuliner selat khas Solo di tempat asalnya. Cita rasanya yang khas dan telah melegenda membuat banyak wisatawan meluangkan waktunya untuk mencicipi hidangan ini ketika berkunjung ke kota Solo. Hingga saat ini Warung Selat Solo Mbak Lies tidak membuka cabang untuk mempertahankan cita rasa yang dibangunnya sejak pertama kali berdiri.

Warung Selat Bu Lies dibuka sejak tahun 1985 dengan usaha warung kecil-kecilan. Warung Selat Bu Lies tidak buka cabang dan hanya buka di kampung Selembaran daerah Serengan Gang II/42 Surakarta.

Warung Selat Solo Mbak Lies Dari Luar

Lokasi warung ini cukup unik yaitu berada di dalam area kampung, tidak terletak di pinggir jalan seperti warung atau rumah makan kebanyakan. Di dalam kampung itu telah disediakan area parkir kendaraan parkir roda dua dan roda empat sehingga pengunjung tidak kesulitan dalam memarkir kendaraan.

Tempat Duduk Lesehan Warung Selat Solo Mbak Lies

Memasuki warung, kami terkagum melihat desain ruang yang begitu unik, banyak ditemukan hiasan berupa untaian kulit kerang dan karang laut di dinding, pintu, dan di meja pengunjung. Kami memilih tempat duduk lesehan awalaupun disediakan tempat duduk berupa meja dan kursi. Pelayanan langsung datang menghampiri kami memberikan daftar menu yang ada di warung ini dan mencatat semua pesananan kami.

Selat Solo merupakan makanan yang diadaptasi dari masakan Eropa yaitu ‘Salad’. Karena disesuaikan dengan lidah orang Jawa menjadi ‘Selat’.

Sajian Selat Solo Warung Mbak Lies

Makanan andalan warung ini adalah Selat Solo dengan saus kental atau kuah segar. Dalam penyajiannya, Selat Solo disajikan dalam piring yang agak datar yang berisi sayur-sayuran sperti wortel, tomat, kentang, mentimun, sejenis kacang-kacangan dan selada, daging sapi, dan telur rebus yang dipadukan dengan kuah atau saus kemudian ditaburi dengan bawang bombay dan mustard dibagian tepinya.

TeamTouring Di Warung Selat Solo Mbak Lies

Rasa Selat Solo cukup unik karena beragam rasa tercampur dalam makanan ini. Rasa gurih, manis, asam, dan asin bercampur secara berimbang. Tidak memiliki rasa yang lebih dominan diantara rasa makanan yang ada. Bumbu yang dicampurkan tidak keras namun cukup terasa di mulut. Sepertinya rasa makanan seperti ini yang disukai banyak kalangan karena beberapa diantaranya tidak menyukai rasa dan aroma yang terlalu kuat.

Dengan rasa yang cukup khas memang tidak mengherankan bila beberapa petinggi negara mengunjungi tempat ini untuk mencicipi masakannya. Anda tertarik mencobanya? Silakan datang ke warung Selat Solo Bu Lies ini.

Bookmark and Share

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Moko:

    duhh.. jdi ngilerr… saran bro, d’postingan kasih alamat lengkap biar para pembaca bisa langsung meluncur ke TKP. sip!

  2. Jidat:

    Aku disanaa

  3. junianto:

    Aku juga di sana….

Kirim pendapat