Segarnya Curug Srigethuk

Berwisata di Goa Rancang Kencono tidak lengkap kalau tidak berkunjung ke Curug Srigethuk yang terdapat tidak jauh dari lokasi goa itu berada. Objek wisata berupa air terjun ini memang disajikan satu paket wisata oleh kelompok sadar wisata Desa Bleberan.

Curug Srigethuk terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul masih satu lokasi dengan Goa Rancang Kencono.

Dari area goa untuk menuju ke Curug Srigethuk melewati jalan yang sempit dan masih terbuat dari batu dengan medan yang cukup licin dan terjal. Pengendara roda dua harus siap-siap terpeleset atau terjatuh karena motor kami kendarai sempat beberapa kali slip walaupun tidak jatuh.

Kondisi jalanan yang rusak dan berupa jalan batu bercampur tanah diperparah dengan musim hujan yang mengakibatkan tanah menjadi becek dan lengket di roda motor. Sebelum menuju ke area Curug Srigetuk, kendaraan kami parkir disebuah pemancingan yang lokasinya sekitar setengah kilometer dari lokasi curug. Lokasi curug sendiri berada di tepian tebing sungai yang dikelilingi oleh semak belukar dan batuan yang tidak mungkin dilewati kendaraan.

Kemudian kami menuju ke curug melewati area persawahan yang membentang di dekat pemancingan dan jalan setapak yang dikelilingi semak belukar di tebing tepian sungai. Sebenarnya ada cara lebih mudah menuju ke curug yakni menggunakan jasa perahu mesin atau rakit wisata. Namun karena musim hujan air Sungai Oyo sedang meluap dan arus cukup tinggi, perahu mesin tersebut berhenti beroperasi.

Setelah berjalan menelusuri pematang sawah dan menuruni tebing akhirnya sampai di lokasi Curug Srigethuk. Dari sisi tebing terlihat jatuhan air terjun yang cukup deras walaupun tertutup oleh rerimbunan dahan pohon. Dengan hati-hati menuruni tebing untuk melihat pemandangan Curug Srigethuk dengan jelas dan menikmati segarnya air terjun yang masih bersih dan belum tercemar ini.

Pemandangan air terjun Srigetuk dengan air yang memancar tiga arah yang berdamping memberikan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun yang terkesan datar. Batu-batuan yang berukuran besar banyak ditemukan di sekitar area Curug Srigethuk yang dibeberapa bagian cukup cocok untuk menikmati jatuhan air terjun dari sudut yang berlainan. Bagi orang yang suka bermain air, kesempatan berkunjung di Curug Srigethuk digunakan untuk mandi dan berenang disebuah cekungan bawah air terjun yang membentuk kolam kecil.

Secara umum Curug Srigethuk layak dikembangkan menjadi kawasan wisata karena pesonanya yang cukup indah dan menarik. Kondisi Curug Srigethuk masih terlihat alami dan bersih, belum terlihat tanda-tanda kerusakan yang dilakukan oleh manusia. Peran seta pengelola yaitu Kelompok Sadar Wisata Desa Bleberan bersama wisatawan diharapkan menjaga kebersihan dan melindungi kawasan ini agar tetap nyaman dan tidak rusak oleh tangan-tangan jahil. (text/foto: annosmile)

== Lokasi/Peta

Informasi lebih lanjut baca artikel Lokasi Goa Rancang Kencono dan Curug Srigethuk

-----------
Bookmark and Share

Ada 10 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Goa Rancang Kencono | TeamTouring:

    […] kami meneruskan perjalanan wisata menuju Curug Srigethuk yang lokasinya tidak jauh dari Goa Rancang Kencono. // Share| Popularity: 123 […]

  2. bom² KDB:

    muantaaaap asik jayaaaaa

  3. Jauhari:

    Kwren aku yo pingin dolan mas dab :)

  4. PRofijo:

    Dolan mrono ra mampir..!

  5. Andhy:

    Sepertinya keren,
    daerah mana itu?

  6. mila:

    keren hihihiii…

  7. joe:

    pastinya keren banget …

  8. jurnal blogger:

    wah manteb bikin penasaran kesitu

  9. Lokasi Goa Rancang Kencono dan Curug Srigethuk | Peta:

    […] – Segarnya Curug Srigethuk […]

  10. Mencoba Rakit Wisata di Curug Srigethuk | TeamTouring:

    […] Curug Srigethuk untuk kali pertama di musim penghujan, kali ini kami kembali lagi mengunjungi Curug Srigethuk ini dimusim kemarau. Kami mendengar bahwa di musim kemarau, rakit wisata yang mengantarkan […]

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan TeamTouring. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.