Sate Blengong, Sensasi Kuliner Khas Brebes Selain Telur Asin

Pernahnya anda mendengar nama Sate Blengong? Ya, Sate Blengong merupakan salah satu makanan khas Brebes selain telur bebek (itik) asin dan teh poci. Biasanya Sate Blengong dihidangkan bersama-sama dengan Kupat Glabet, sejenis kupat yang banyak ditemukan di sepanjang kota Brebes, Tegal, dan Pemalang.

Blengong atau dikenal masyarakat sekitar dengan sebuah tiktok, adalah ternak unggas hasil persilangan antara bebek jantan dengan menthok (enthog) betina. Enthog memiliki sifat mengeram dan ukuran lebih besar daripada bebek.

Sate Blengong Khas Brebes Jawa Tengah

Penyajian Sate Blengong cukup berbeda dengan sate-sate pada kebanyakan. Tusuk Sate Blengong berasal dari batang bambu yang ukurannya lebih besar dan panjang. Berbeda dengan tusuk sate kebanyakan yang menggunakan tusuk yang terbuat dari lidi. Potongan daging Blengong cukup besar dan banyak dalam satu tusuk sehingga dalam satu porsi hanya terdapat dua buah tusuk saja.

Dengan cita rasa yang khas, sate blenggong ini tetap dibakar diatas bara api seperti membakar sate biasa. Namun sebelumnya dilakukan perebusan daging blengong terlebih dahulu agar lebih empuk dan bumbunya lebih meresap. Kombinasi Sate Blengong dan Kupat Glabet dengan kuah yang tidak kental membuat cita rasa yang cukup unik. Kuah sate Blengong berasal dari santan dan beberapa bumbu dapur mirip seperti kuah opor, berbeda dengan Sate Madura yang menggunakan kuah bumbu kacang.

Ketika mencicipi daging blengong atau titok, rasanya lebih enak daripada daging ayam maupun daging bebek. Potongan serat daging yang cukup tebal dan rasa unik dari daging blengong itu sendiri. Bau amis tidak tampak saat kita menikmati makanan ini, mungkin karena proses memasaknya yang sempurna. Beberapa orang mengatakan daging blengong ini memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada daging itik sehingga aman dikonsumsi orang dewasa. Sate Blengong dan Kupat Glabet ini banyak ditemukan di beberapa sudut kota Brebes. Selamat mencoba dan berburu sate Blengong. (text/foto: annosmile)

Bookmark and Share

Ada 63 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. morishige:

    wah, enak nih kelihatannya. di jogja ada nggak ya kira-kira? 

  2. Bung Eko:

    Wah, sampe Brebes ya, Bos?
    Hmmm, makin lama makin ke Barat nih petualangannya. Lama-lama sampai Merak trus nyebrang deh ke Sumatera. Btw, satenya looks delicious tuh. :D

  3. Bang Iwan:

    Enak banget nih…
    jadi ngiler.

  4. eko magelang:

    aduh bikin ngiler mas…..btw piye rasane enak pora

  5. Deka:

    Waduhhhhhh jadi tambah laper nie, mana belum makan lagi.

  6. jejak anans:

    sate blengong. kata blengongo itu artinya apa mas? dulu waktu saya di kampung, orang nyebutin blengong itu artinya bodoh.

    • annosmile:

      klo di brebes itu nama ternak persilangan itik dengan entog :)

  7. mawi wijna:

    Itik dengan Entok dibuat sate? dan cuma setusuk???

  8. kakve-santi:

    sate apa ini, kok cuma satu… mana keyang.. :)

  9. alief:

    jadi keinget temen yang dibrebes…., dulu aku juga dikasih suguhan sate tiktok saat maen kerumahnya. andai bisa main main lagi kesana…..

    duh…, lha kok malah nglantur dw????

  10. pelintas batas:

    jadi laper nie bacanya….., secara aku belum makan ditambah seharian ini online terus….

  11. Kika:

    Sate rasa annos enak ga yaa…

  12. megi:

    jadi kepingin… laper nih… :p
    salam kenal yah :D

  13. geblek:

    porsinya mirip sate jumbo di batam, seporsi hanya 3 tusuk. ukuran daging dan tusuknyapun juga jumbo.

    eh blengong itu apa sih mas

  14. masad:

    wah kaya e enak ni

  15. kips:

    Kelihatanya mantep, sayangnya pencernaan sy kurang baik jadi gak pernah makan daging itik ataupun bebek :-D

  16. iLLa:

    rasanya masih aneh tuh kalo makan sate gak pake bumbu kacang, *dah kebiasaan yg pake kacang soalnya*
    bdw blengong itu yg kek gimana siy?

  17. gajah_pesing:

    beberapa postingan terakhir kok banyak tentang kuliner bro? sejujurnya, saia lebih suka pengalamanmu tentang touring, bagaimana pun juga, I LOVE RIDE !

  18. Seno:

    Blengong itu hewan apa ya Sob? Baru denger saya :)

  19. bidan yuni:

    wahhhh jadi laper nich

    • bidan yuni:

      satu porsi harganya berapa tuch mas

  20. Bang Aswi:

    Ya, pertanyaan saya hampir sama dengan kawan2 yang lain. Blengong itu sejenis hewan apa, yang pasti bersayap ya? Itik bukan, ayam bukan? Lalu?

  21. Sashy:

    sate badak gimana rasanya mas? ? ?

    udah di Brebes mampir Purwokerto dong, nanti di bawain Empinge Estiko… hahaha (lmao)

  22. Bang Aswi:

    Saya pun langsung bertanya pada seorang teman asal Brebes. Jawaban Mas kurang lengkap. Katanya, Blengong adalah ras jantan sedangkan Tongki adalah ras betinanya. Pejantannya adalah Itik sedangkan betinanya adalah Entog karena Entog lebih mau mengerami. Hatur nuhun atas perhatiannya….

    • annosmile:

      terima kasih atas koreksinya mas
      komentar ini saya gunakan untuk melengkapi artikel diatas. terima kasih:)

  23. Oyen:

    weee…Oyen dulu tinggal di pemalang kagak tahu yang beginian, dulu ke brebes juga tahunya cuman telor asin sama bawang merah..ho..ho

    entar deh kalo kesana lagi bakalan dicari…thanks inpohnya :)

  24. Jun:

    enaknya ya touring mulu–bisa nyoba makanan” daerah laen :D

  25. Oyen:

    oh ya, salam kenal dari MBAK Oyen..ho..ho
    jangan panggil mas ya…tengkyu :)

  26. Abu Ghalib:

    daging bebek atau mentog saja udah enak bgt, gimana hasil persilangannya, pasti lebi yummy
    btw, boleh dibungkus ga bro?
    ngiler nih…

  27. anna:

    yummy… apalgi dengan penyajian yang beda bikin pengalaman unik yah.. :)
    tapi terus terang aja kalo bebek saya gak begitu cocok mas.. jadi saya menyimak aja ya :)

  28. Darin:

    wah seumur-umur belum pernah denger ni sate jenis ini :D padahal deket dari cerbon haha. jadi pengen juga nih, mantap!

  29. inuel:

    maaf, kemaren bacanya ngga begitu teliti, aku baca ada tiktok, nah tiktok thu aku ngga paham, ternyata enthok heheheh :D

  30. Jidat:

    Wah. . . Asik tuh mas enak tenan

  31. audy:

    waduuh….namanya lucuuu…mirip2 bengong hehehe… kapan ni paket sate blengongnya nyampe sby?

  32. Mamah Aline:

    gak bisa makan sate blengong mas, mamah gk suka yang ada bebeknya… :( padahal keliatannya enak ya…

  33. Andrik Sugianto:

    oalah mas, saat ini aq lagi lapr poll, pic satenya bikin pengen aja. mau donk!!!

  34. sawali tuhusetya:

    jujur saja saya belum pernah mencicipi sate blengong, mas ano. “Ketika mencicipi daging blengong atau titok, rasanya lebih enak daripada daging ayam maupun daging bebek. ” wah, jadi pingin ke brebes utk wisata kuliner, nih. maknyus tenan kayaknya.

  35. delia:

    wahhh satenya kuahnya lain nih..
    di kota lain ada jual nggak ya ??……..

    makasih infonya.. baru kali ini tau ada sate blengong.. :)

  36. Amink:

    dohh….bikin ngiler aja pagi2…

    kunjungan balik…

    :cool:

  37. elmoudy:

    gw slalu suka dengan sate..
    apalagi ada sambal kacangnya yang gurih..
    jadi pengen.. udah lama jg gak makan sate tuh

  38. Rakhmat Ari Wibowo:

    Maknyuus banget nih…maem sate plus teh poci..apalagi kalo ngetehnya pake gulo batu… (mmm)

  39. AeArc:

    wah.. bikin ngiler aja nih blog

  40. audy:

    waduh mas…sorry comment lagi, yang kemaren tu saya salah nulis url, masa nulis .com kliru .coom hihihi thank u yaah

  41. prof. helga:

    beeeh mangtabs gan
    jadi laper ngeliatnyaaa

    sate bebek pula. siipp

  42. attayaya:

    aseli… aku jadi laperrrrr berat neh

  43. d-Gadget™:

    sumpah kang jadi laper neh… *krucuk-krucuk*

  44. Caride™:

    layak di coba euy…keknya maknyuss rasanya

  45. ALRIS:

    Enak nih kayaknya, di jkt ada gak. Salam

  46. munir ardi:

    wih perut saya bunyi nih laperrrrrrr

  47. OpenIdea:

    lama gak kemari disuguhin sate siiip :D

  48. neorenggana:

    kalo saya gak berani nyoba kalau selain daging ayam, sapi dan kambing, entah kenapa :D

  49. doelsoehono:

    salaam kangen buat shobat yang telah berkunjung dan maaf kunjungannya telat .

    sebagae pengoba rindu …langsung menuju TKP ..Bebek goreng lunak jl : ahmad yani

  50. Pojok Pradna:

    baru tau istilah blengong
    baru tau kalo bumbunya kayak opor

    belum tau rasanya..

  51. ciwir:

    ternyata seneng bebek barang to, tak pikir hanya seneng sate wedus balap lan sate badak (lmao)

  52. mursid:

    walah, ini sate blasteran ceritane….
    wah misal yang blasteran manusia itu pasti jadinya kayak rianti catwright..
    hehe…

  53. mila:

    ga ngebayangin wujud binatang aslinya gimana.. beda’in itik, entog, bebek aja gw ga bisa, gmn bedain blasterannya yak? hihiii….
    tapi klo diliat potongannya yg besar2 itu jd ngacai saia (mmm)

  54. soewoeng:

    bumbunya kayak sa,bel kacang ya mas ano?

  55. Pecinta Kuliner:

    wah sate blengong pasti lezat dan rendah lemak. kebetulan PK juga pernah posting tentang Tiktok

  56. genthone kontrakan:

    asem dadi pengin mulih nooo

  57. andre:

    enak dan besar, mungkin langsug kenyang ak makan sate blengong

Kirim pendapat