Purwaceng, tanaman mujarab dari negeri awan

Sambil menunggu upacara adat potong rambut gimbal dimulai. Kami menyempatkan diri untuk sarapan di area dekat obyek wisata Telaga Warna. Akhirnya kami memilih disebuah warung yang menyediakan nasi sayur. Sambil sarapan dan minum kopi hangat, pandangan saya tertuju pada tulisan berbunyi “Special : Jual Tanaman Obat Kuat Purwaceng” di warung sebelah.

Tanaman purwaceng (purwoceng) adalah sejenis ginseng yang hanya terdapat di Dieng Plateau, dan hidup pada ketinggian 2000-2500 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan jenis tanah yang mengandung unsur-unsur tertentu serta kelembaban dan cuaca tertentu pula.

Ternyata Purwaceng memiliki khasiat khusus untuk menambah gairah laki-laki, bedanya obat ini merupakan ramuan alami atau obat herbal yang memiliki kelebihan dibandingkan obat perangsang yang sering menimbulkan bermacam-macam efek samping. Selain itu, Purwaceng memiliki kandungan zat-zat tertentu yang mampu membangkitkan dan menjaga potensi vitalitas pria, menambah stamina tubuh, menghilangkan masuk angin, menghilangkan pegal linu.

Khasiat Purwaceng tidak kalah dengan ginseng yang berasal dari Korea (Panax Gingseng), atau Pasak Bumi (Eurycoma Longifolia Jack) yang berasal dari Amuntai Kalimantan Selatan. Tanamannya hampir mirip dengan tanaman ginseng, namun harga yang ditawarkan cukup mahal sehingga kami nggak jadi membelinya sebagai bahan koleksi. Selain itu takut bila tanaman tersebut malah mati ketika sampai di rumah mengingat tanaman tersebut hidup pada ketinggian 2000-2500 meter dpl.

Asal-Usul¬†Purwaceng (Pimpinella pruatjan) adalah tanaman asli Indonesia, yang berasal dari Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Spesies yang pernah dikabarkan nyaris punah ini sejak jaman raja-raja Jawa dahulu digunakan sebagai obat alami pendongkrak stamina dan pengobar gairah seksual. Sehingga ada yang menyebutnya dengan nama ‘Viagra van Java‘.

Kami penasaran dengan keberadaan tanaman Purwaceng yang konon ditemukan pertama kali di Dataran Tinggi Dieng. Namun sayang, ketika kami bertanya ke penjual tersebut mengenai asal-usul lokasi kebun atau tempat yang digunakan untuk menanam tanaman Purwaceng pemilik toko kurang tahu.

Saat ini Purwaceng sudah ada yang dikemas dalam bentuk kapsul, serbuk, kering, dan sebagainya. Namun kami tidak jadi membelinya, malah kami membeli tanaman kantong semar yang harganya cukup murah daripada membeli di pameran tanaman hias yang harganya selangit.

Bookmark and Share

Ada 47 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. jokteng:

    pantes lah ada ceng.. nya *cruing*

  2. muji:

    perlu dicoba tuh. hahahaha

  3. senoaji:

    wakakakkakakakk kayak bebrbaubau mistis kelamin gitu yak xixixiixixixixii, kang kalo touring ajak2 dung!

    • annosmile:

      Lain kali saya ajak deh..

  4. Edi Psw:

    Tapi kenapa pamornya koq masih kalah dengan ginseng ya?

    • annosmile:

      pengembangannya masih sebatas tanaman khas Dieng
      Belum dibudidayakan di tempat lain :(

  5. thegands:

    bisa buat “besar” gak? hahahaha

    • annosmile:

      nggak tau
      saya nggak nyoba n nggak beli :P

  6. Omiyan:

    kalau sama orang sunda akan beda mas nama tanamannya..jadi ga ah ntar bisa heboh hehehe tapi boleh juga dicoba tuh mas…eh beli ga waktu itu wakakak

    • annosmile:

      saya nggak beli bro
      saya juga tau nama sundanya :))

  7. arifudin:

    wah kalo minum jadi kuat ngangkat truck he..he..

    • annosmile:

      ngangkat pesawat ama gunung kuat bro :))

  8. achoey:

    wah wah wah
    kalo dah nikah sepertinya perlu dicabo
    tapi gak ah
    alamiah aja :D

  9. piyudh:

    wah wah..obat kuat..hihihihi….sama telor ayam kampung campur madu, mujarab mana ya mas..hihihihihi….

    • annosmile:

      Saya belum nyoba purwaceng mas :P

  10. muhamaze:

    wedew.. baru denger tuh purwaceng..
    kalo bener, perlu dikembangkan tuh..

  11. M. Surya Ikhsanudin:

    Kayaknya belum saatnya aku nyoba dech Pak………

    Belum ada salurannya (belum nikah)…..

    Salam kenal n bagus banget Blognya…

    • annosmile:

      saya juga belum nyoba

  12. aribicara:

    Dirimu dah pernah coba Belum Bro :D ckckckckck …

    Ada efek Sampingnya ga selain Ketagihan ? huekekekekekek … :)

    • annosmile:

      Saya belum nyoba
      takut..
      masih bujangan gini :))

  13. joe:

    beberapa tanaman memang berkhasiat sebagau afrosidiak, namun entah untuk Purwoceng ini apakah memang secara medis bisa membuat ‘kenceng’ ataukah hanya sugesti konsumen semata …

  14. aribicara:

    Kirimi aku satu aja :D ckckckck

  15. adeesign:

    Wah koq ga beli sekalian aja bro……
    biar bisa tahu khasiatnya…. he…. he…. he….

  16. wennyaulia:

    hah,,kantong semarnya punya khasiat kayak purwaceng?
    *fasriding :P

    • annosmile:

      ya nggak lah
      baca yang lengkap dung :P

  17. didut:

    sudah terbkti belon yah? :P

  18. suwung:

    namanya aja ada CENG nya

  19. nurrahman:

    bisa diberdayakan utk bisnis ga yah mas anno?

    • annosmile:

      bisa mas..

  20. arqu3fiq:

    Baru dengar kali ini obat PURWACENG.

  21. abee:

    hmmmmmmm…….produk dalam negeri yang musti dilestarikan nich… :D

  22. ndop:

    nggak jadi beli sebagai bahan koleksi???

    waduh, kenapa nggak diminum aja.. siapa tahu jadi kuat beneran.. hahahaha… lumayan buat pajangan… uhwakakkaka…

    • annosmile:

      aku takut ndop :))

  23. HumorBendol:

    Meningkatkan gairah laki-2? wah…ini dia nih….
    hehe….
    Berarti nyari kapsulnya aja neh……

    • annosmile:

      kapsulnya ada
      silakan klo mau nyoba.. :D

  24. budi:

    dari namanya saja sudah….greng…..pasti sugesti menjadi greng tidak ketinggalan. jadi pingin kesana

  25. download software hp:

    purwaceng sangat indah namanya, bisa buat ngaceng

  26. munawar am:

    cang cing cung ceng…..
    saya pernah mencoba itu purwaceng…; huebat khasiatnya Mas…

    • annosmile:

      makasih sharingnya mas :D

  27. Bisaceng:

    kok blum ada laporan hasil penelitian ilmiah yang menguatkan mitos purwaceng sebagai aphrodisiac / obat kuat lelaki ? Adakah efek sampingnya ? Atau 100% cuma efek depan aja ?

  28. budi:

    gimana tuh cara bikin jamunya

    • annosmile:

      Tinggal diseduh dan diminum :)

  29. Alfi:

    saya udah pernah baca di iklan di koran dan majalah………………. tapi belom nyoba sih………..

  30. attayaya:

    inilah tumbuhan saingan terhdap ginseng
    mantappppp

  31. Dinoe:

    Negara kita memang kaya ya kang ..akan tumbuh 2 yang bermanfaat….seperti tumbuhan tersebut yg tak kalah hebatnya dengan gingseng asal cina

  32. sibaho way:

    kang suryaden itu bisa-bisanya hahahaha…
    pernah liat di tipi sih diulas. jadi makin tau sekarang…

  33. Nikmatnya Purwaceng Susu | TeamTouring:

    […] Purwaceng merupakan tanaman obat sejenis gingseng yang hidup di Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau). Purwaceng Susu merupakan salah satu produk olahan dari tanaman obat Purwaceng. […]

Kirim pendapat