Prasasti Canggal

Saya baru mengetahui bahwa salah satu prasasti tertua di Indonesia itu ditemukan di kawasan Candi Gunung Wukir. Prasasti tersebut bernama prasasti Canggal yang sering kita dengar dalam buku-buku sejarah saat menginjak sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Prasasti Canggal atau juga disebut Prasasti Gunung Wukir ditemukan di area Candi Gunung Wukir, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Prasasti Canggal berangka tahun 654 saka (caka) atau 732 Masehi. Prasasti ini ditulis menggunakan huruf pallawa dengan bahasa sansekerta.


Keberadaan prasasti Canggal di kawasan Candi Gunung wukir sudah tidak ditemukan lagi karena sudah dipindah ke Museum Nasional yang terletak di Jakarta. Namun kita masih dalam melihat teks isi prasasti Canggal dalam tiga bahasa (sansekerta, india, dan indonesia) dalam pigura yang di pajang dalam ruangan jaga petugas candi.

Isi Prasasti Canggal kurang lebih menceritakan bahwa pada tahun 654 saka atau 732 masehi, di tanah Jawa telah dipimpin oleh Raja Sanjaya yang memerintah kerajaan Mataram Hindu. Raja Sanjaya memerintah secara bijaksana dan memakmurkan rakyatnya ini menganut agama Hindu beraliran Syiwa. Inti dari isi prasasti Canggal menunjukkan bahwa Kerajaan Mataram Hindu sudah berdiri lama sejak dituliskan prasasti tersebut. Kita bisa memperkirakan bahwa peradaban manusia di tanah Jawa sudah ada jauh sejak prasasti tersebut ditulis dan ditemukan saat ini. Walaupun belum ditemukan bukti-bukti lain semacam prasasti yang menunjukkan keberadaan peradaban jauh sebelum prasasti tersebut. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Abed Saragih:

    Setidaknya pemerintah daerah segera membuat sebuah tanda bahwa prasasti tersebut benar-benar sejarah dan jangan sampai hilang dari tempat tersebut. :)

  2. Mencari Jejak Sejarah di Candi Gunungwukir | TeamTouring:

    […] hiasan kala yang letaknya berada di atas pintu masuk candi dan kopi tulisan yang tertulis pada Prasasti Canggal yang dituliskan dalam tiga bahasa, bahasa asli (Kawi), bahasa Indonesia, dan bahasa internasional […]

  3. HeruLS:

    Seandainya bisa dilacak lebih lama lagi, apa yang berjaya sebelum Hindu itu datang. Bakal banyak pelajaran yang berharga, mungkin

  4. Sebuah Cerita Tentang Candi Losari dan Bapak Badri | TeamTouring:

    […] Diperkirakan dibangun pada abad ke 7 pada zaman kerajaan Mataram HIndu dan berkaitan dengan Prasasti Canggal yang ada didekat candi […]

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan TeamTouring. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.