Pesona Waduk Wadaslintang

This item was filled under [ Danau ]

Nama Waduk Wadaslintang masih terdengar adem ayem dikalangan para wisatawan. Maklum akses menuju lokasi waduk ini cukup jauh dan hanya sedikit transportasi umum yang melewati kawasan waduk tersebut.

Waduk Wadaslintang terletak diantara kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Wonosobo namun sebagian besar masuk di dalam wilayah kabupaten Wonosobo. Dibangun pada tahun 1992 dengan luas sekitar 2.626ha.

Memasuki gerbang masuk kawasan wisata Waduk Wadaslintang atau juga disebut Bendungan Wadaslintang ini, disambut dengan jalanan aspal yang rusak. Sepertinya jalan untuk menuju ke tepi waduk sudah lama tidak mengalami perbaikan jalan. Keramaian aktivitas warga juga tampak karena jalan ini juga menjadi lalu lintas menuju perkampungan yang terdapat di sisi lain waduk.

Memasuki kawasan parkir wisata Waduk Wadaslintang, terdapat sebuah sebuah batu prasasti atau juga disebut monumen yang memuat sedikit cerita ketika pembangunan dan dibangun sebuah pagar yang mengelilinginya. Kondisi disekitar monumen terdapat beberapa tenda warung yang menjual makanan dan minuman. Makanan yang minuman yang disediakan tidak istimewa, hanya berupa minuman botol, kaleng, dan kelapa muda.

Melanjutkan perjalanan menuju ke tanggul yang terdapat sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dimana dari tempat tersebut kita bisa melihat pemandangan waduk yang membentang luas dengan langit yang begitu biru. Angin sepoi-sepoi menyapa dengan udara yang cukup bersih tanpa polusi.

Beberapa area Waduk Wadaslintang sepertinya cocok digunakan untuk berburu foto karena pemandangannya luas dan alami. Pemandangan kontur pegunungan yang ada di belakangnya membuat kesan bahwa waduk ini dikelilingi oleh gugus pegunungan yang luas. Di seberang tempat saya berdiri terdapat beberapa keramba apung yang digunakan untuk memelihara ikan.

Di hari-hari biasa, kondisi Waduk Wadaslintang tampak sepi dari pengunjung. Namun di beberapa sudut waduk, cukup banyak ditemui seseorang yang sedang memancing karena kawasan ini menjadi tempat yang favorit untuk olahraga memancing. Pemandangan alam yang cukup indah namun tidak ada fasilitas yang memadai, cukup disayangkan mengingat kawasan ini cukup berpotensi untuk dijadikan kawasan wisata yang strategis dan memiliki nilai jual yang tinggi. (text/foto: annosmile)


Incoming search terms for the article:

    waduk wadaslintang sejarah waduk wadas lintang
-----------
Bookmark and Share
Popularity: 5,220 views

Artikel yang Berkaitan

  • Pesona Telaga Menjer di Kaki Pegunungan Dieng Sebelum memasuki kawasan Dataran Tinggi Dieng, sebetulnya terdapat sebuah objek wisata yang tidak kalah menariknya. Namun sering terlewatkan oleh wisatawan […]
  • Welcome to Dieng Plateau 2093 M Kami memulai perjalanan melalui kota Yogyakarta menuju ke arah utara melewati Muntilan kemudian ke arah barat melalui jalan pintas yang tembus menuju daerah […]
  • Bendungan Gajah Mungkur Kini Rasa penasaran akan waduk yang berada di sebelah selatan arah hulu sungai Bengawan Solo akhirnya terjawab sudah. Kami melakukan perjalanan menujuWonogiri […]
  • Berwisata di Waduk Sermo Perjalan wisata di Kabupaten Kulon Progo kami lanjutkan menuju ke Waduk Sermo yang terletak disebelah barat laut kota Wates. Perjalanan melewati jalanan […]
  • Berwisata di Bendungan Selorejo Di bagian barat Kabupaten Malang terdapat sebuah bendungan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Bendungan tersebut bernama Bendungan Selorejo. Untuk menuju ke […]
  • Purwaceng, tanaman mujarab dari negeri awan Sambil menunggu upacara adat potong rambut gimbal dimulai. Kami menyempatkan diri untuk sarapan di area dekat obyek wisata Telaga Warna. Akhirnya kami memilih […]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Comment on “Pesona Waduk Wadaslintang”

  • arqu3fiq
    21 September, 2011, 12:33

    Pemandangan di atas waduk PLTA keren. Jadi kepengen nyemplung berenang lihat air biru yang membentang luas. Fotonya bagus.

Leave a Comment