Pesona Telaga Warna Puncak

Telaga Warna Puncak yang terdapat di kawasan Puncak Bogor masih sedikit yang mengetahui keberadaannya. Sebagian besar wisatawan yang mengunjungi kawasan Puncak Bogor hanya terpaku pada wisata perkebunan teh, tempat peristirahatan (villa dan hotel), dan Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor. Padahal Telaga Warna Puncak ini memliki daya tarik yang beragam mulai dari panorama alam yang khas, indah, dan unik serta fenomena alam yang penuh dengan misteri.

Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Warna Puncak terletak didekat perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dari tepi jalan Raya Puncak selama 10 menit. Posisinya berada di ketinggian 1.400mdpl berupa kawasan danau alam yang dikelilingi hutan.

Papan Nama Taman Wisata Alam Telaga Warna Puncak

Lokasi Taman Wisata Alam Telaga Warna Puncak berada di tengah-tengah kawasan perkebunan teh Puncak Bogor. Gerbang masuk obyek wisata ini sedikit tersembunyi karena tertutup bangunan warung-warung yang berjajar disepanjang jalur Puncak-Cipanas. Banyak orang yang tidak menyangka bila dibalik warung tersebut terdapat gerbang atau jalan masuk menuju ke Taman Wisata Alam Telaga Warna.

Saat menelusuri jalan setapak menuju Telaga Warna Puncak, kita bisa melihat pemandangan indah berupa hamparan perkebunan teh disebelah kiri dan kanan jalan. Perkebunan teh ini cukup luas dan merupakan bagian dari kawasan perkebunan teh milik PTPN. Sedikit informasi yang diketahui, area perkebunan teh ini mengelilingi kawasan Taman Wisata Alam Telaga Warna.

Menurut misteri yang berkembang, di Telaga Warna hidup dua ekor ikan purba yang menurut kepercayaan masih hidup dan bila da orang yang mampu melihat ikan tersebut segala cita-citanya akan terkabul.

Perkebunan Teh Di Sekitar Telaga Warna Puncak

Jalan setepak yang melewati area perkebunan teh berakhir pada kawasan yang dipenuhi rerimbunan pohon. Akhirnya kami tiba pada loket masuk kawasan Taman Wisata Alam Telaga Warna Puncak. Retribusi atau biaya masuk TWA Telaga Warna cukup murah dibandingkan dengan obyek wisata lain di sekitar Puncak Bogor.

Disekitar loket masuk TWA Telaga Warna Puncak dipajang puluhan tanaman bonsai di pinggir jalan. Tanaman bonsai tersebut dipamerkan sekaligus dijual bagi para pengunjung yang berminat membelinya. Bila ingin membelinya atau menanyakan harga bonsai dipersilakan menghubungi petugas jaga di loket masuk. Harga bonsai yang ditawarkan cukup beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Tanaman Bonsai Yang Dijual Disekitar TWA Telaga Warna Puncak

Dari pintu masuk, kami menelusuri jalan menuju ke tepi telaga yang disebelah kiri dan kanan kami terdapat taman yang dihiasi oleh ayunan. Beberapa ayunan terlihat masih terawat dengan baik dan di beberapa sudut kawasan disediakan kursi kayu untuk tempat beristirahat dan bersantai. selain itu fasilitas pendukung lumayan lengkap dan diinformasikan jelas di papan informasi dan papan petunuk arah. Tidak berapa lama akhirnya kami tiba di tepi Telaga Warna Puncak.

Pemandangan Telaga Warna Puncak terlihat alami dan dikelilingi oleh pepohonan yang lebat hingga bibir telaga. Air Telaga Warna tidak berwarna alias airnya berwarna bening sehingga kita jangan kaget ketika keadaannya tidak sepertinya yang diharapkan yaitu telaga yang memiliki beberapa warna. Menurut informasi yang ada, alasan disebut Telaga Warna karena pantulan dari jernihnya air telaga memantulkan warna warni tanaman bunga dan pepohonan yang berada di sekelilingnya.

Di sekitar TWA Telaga Warna Puncak, kita bisa menjumpai beberapa jenis flora asli hutan tropika pegunungan diantaranya Puspa (Schima walichii) dan Kihiur (Castanopsis javanica) serta beberapa tumbuhan tingkat rendah seperti Paku Tiang (Alsophyta glauca), Rame (Lycopodium cemum), Rotan (Calamus sp), dan masih banyak lagi. Sedangkan jenis fauna atau satwa liar yang dapat ditemui meliputi mamalia, primata, aves, reptilia. Adapun jenis mamalia meliputi macan tutul (Panthera tigris), babi hutan (Sus serova), musang (Paradoxiurus aygula), dan lain-lain. Jenis primata antara lain kera abu-abu (Macaca fascicularis), surili (Presbytis aygula), dan lutung (Presbytis cristata)

Salah Satu Sudut Telaga Warna Puncak Bogor

Pemandangan air terlihat tenang dan tidak terlihat riakan air seperti di danau. Disekeliling telaga sengaja tidak dibuat dinding beton sehingga terlihat seperti kubangan air raksasa yang dikelilingi rerimbunan pohon. Sebagai gantinya pada dinding telaga ditanami rumput untuk memperindah suasana. Namun kita harus berhati-hati bila berjalan di tepi Telaga Warna Puncak karena struktur tanah yang basah dan mudah amblas bila terinjak oleh kaki. Duntuk menginjak jalan yang telah dibuat dan menghindari berjalan di area rerumputan di tepi telaga.

Ketika bersantai disebuah kursi kayu di tepi Telaga Warna Puncak , suasana terasa nyaman dan sejuk. Udara panas ketika berjalan melewati tepi perkebun teh berubah menjadi sejuk ditempat ini yang sangat rindang dan terlindung dari sinar matahari. Bunyi burung-burung liar dan hewan lain terdengar saling bersahut-sahutan khas alam liar memberikan keunikan tersendiri.

Pantulan Air Telaga Warna Puncak

Suasana TWA Telaga Warna Puncak ini cukup sejuk dan tenang jauh dari keramaian, sangat cocok buat bersantai bersama keluarga dan kawan-kawan. Lingkungannya masih bersih dan terawat dengan baik, bak-bak sampah tersedia di beberapa lokasi strategis yang memudahkan pengunjung untuk membuang sampah ditempatnya.Diharapkan dengan banyaknya lokasi untuk membuang sampah, diharapkan kesadaran pengunjung untuk membuang sampah di tempat yang disediakan.

Fasilitas seperti track alam, shelter, pos jaga, Information center dan menara pengintai dengan tinggi 13,5 meter yang terletak di sebelah timur telaga tepatnya di Blok Gunung Masigit yang sering digunakan mengamati berbagai jenis burung masih terawat dengan baik. Burung-burung sepertinya betah tinggal di area TWA Telaga Warna Puncak setelah beberapa bagian kawasan hutan di area Puncak berubah menjadi kawasan hunian dan tempat peristirahatan.

Area Outbound Taman Wisata Alam Telaga Warna Puncak

Beberapa rintangan outbond masih cukup baik kondisinya, itulah bukti bahwa cukup banyak orang yang tertarik melakukan outbond disini. Kami yang hanya bertiga tidak bisa mencoba rintangan outbound karena ada batasan minimal jumlah orang untuk melakukan kegiatan outbond yang harus dipandu oleh pemandu wisata outbound ini. Akhirnya kami memilih untuk hunting foto di sudut-sudut telaga yang cukup mempesona buat belajar atau yang hobi dengan fotografi.

Taman Wisata Alam Telaga Warna Puncak merupakan kawasan konservasi hutan diambang kritis dengan luas area yang sempit karena kawasan hutan yang ada disekitarnya telah beralih fungsi menjadi area perkebunan dan pemukiman (hotel dan villa). Dengan ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA) setelah sebelumnya berstatus Cagar Alam (CA) diharapkan alam beserta flora dan fauna tetap terjaga dan dapat hidup di dalamnya dengan nyaman. Tempat ini cukup strategis digunakan sebagai tempat berwisata atau penelitian para mahasiswa hingga dosen. (text/foto: annosmile)

== Tiket Masuk

Rp 2.000,-/orang

== Informasi Lebih Lanjut

  • Balai KSDA Jawa Barat I. Jl. Gede Bage Selatan No.  117 Bandung Telp: 022-7567715
  • Seksi Konservasi wilayah II. Jl. Ir. H. Juanda No. 100 Bogor Telp: 0251-323972
PAKET WISATA

6 Jam Di Hutan Hujan Tropis
Jungle Tracking (Interpreasi Jalur)
Pengenalan Vegetasi Hutan Tropis
Pengamatan Primata
Flying fox, Perahu Karet, V Bridge, Elvis Bridge, Low game

Bermalam Berkawan Rimba
Bermalam di tengah rimba (camping)
Jungle Tracking (Interpreasi Jalur)
Pengenalan Vegetasi Hutan Tropis
Pengamatan Primata
Flying fox, Perahu Karet, V Bridge, Elvis Bridge, Low game

Paint Ball Plus
Rp 150.000,-/orang
Min 20 orang

Bookmark and Share

Ada 30 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Rakhmat Ari Wibowo:

    Bonsaine apik-apik ki..

  2. arit:

    “Menurut misteri yang berkembang, di Telaga Warna hidup dua ikor ikan purba yang menurut kepercayaan masih hidup dan bila da orang yang mampu melihat ikan tersebut segala cita-citanya akan terkabul.”
    …hanya kepercayaan kan…hehe…asal jangan berujung ke hal syirik…

    wah pengen mrono..

  3. citromduro:

    sungguh pemandangan yang indah yang didapaat disana
    dan pengalaman yang menantang dengan permainan outbondnya

    selamat berakhir pekan dan salam dari pamekasan madura

  4. achen:

    subhanalloh.. thanks sharenya…

  5. buwel:

    Telaga yang indah, ingin segera kesanah…

  6. munir ardi:

    indahnya betul-betul menikmati ciptaan Tuhan agar kita lebih bersyukur

  7. Zaiful Anwar:

    sunguh pemandangan yang sangat indah gan.

  8. munir ardi:

    bonzainya aja udah indah banget

  9. AeArc:

    enak banget niih, jalan” teruuss..

  10. Deka:

    mmm jadi iri nie, jalan-jalan mulu.

  11. munir ardi:

    selamat pagi indahnya

  12. prof. helga:

    indah sekali pemandangannya
    kapan ya gue bisa kesana!

    bonsainya juga lucu

  13. julie:

    foto yang di pinggir telaga warna itu lho mas annoooooo
    bikin ngiriii

  14. Realodix:

    Pemandangan yg sangat indah… :)

  15. achen:

    wah thanks sanget neh, selalu informatif tentang tempat wisata ea, keep share!

  16. buwel:

    naksir bonsainya, he

  17. jarwadi:

    di Jawa barat ada telaga warna juga tah? kirain yang ada cuman di dieng saja, hehe

  18. arifudin:

    kapan ni jalan2 kerumah ku he…he..

  19. mawi wijna:

    weleh, telaganya bisa berubah warna kayak di Kalimutu sana? apa malah kayak di Dieng yang warnyanya berubah karena ada belerangnya?

  20. Jalan - Jalan Ke Kawasan Puncak Bogor | TeamTouring:

    […] Commentsmawi wijna: weleh, telaganya bisa berubah warna kayak di Kalim…arifudin: kapan ni jalan2 kerumah ku he…he…..jarwadi: di Jawa barat ada telaga warna juga tah? […]

  21. nurrahman:

    wah durung tau tekan kono jhe

  22. junjung:

    bonsai…bonsai… :)

  23. Legenda Telaga Warna Kawasan Puncak | TeamTouring:

    […] <— digabung mas………k'ntez: wah seru bngetz kayak'na… jd peengeeeeeeenn……..junjung: bonsai…bonsai… :)…nurrahman: wah durung tau tekan kono […]

  24. zenteguh:

    ngiri pol karena blum sempat kesana dulu…

  25. Misteri Telaga Warna Puncak | TeamTouring:

    […] Telaga Warna hidup dua ekor ikan purba yang konon hidup sampai sekarang dan menjadi penghuni telaga. Ikan purba […]

  26. budies:

    kapan ya kalimantan dapat kunjungan dari tim touring

  27. nohara:

    bonsainya mantab…

  28. Telaga Warna Dieng | TeamTouring:

    […] Warna di Dieng Plateau ini berbeda dengan Telaga Warna yang berada di kawasan Puncak Bogor. Telaga Warna di Dieng Plateau ini merupakan danau kawah yang […]

  29. adimaryanto:

    Telaga warna, klo dari arah gadog ntu sbelah kanan yah, sebelum mesjid ta’awun….. nama tempat masup nya gunung mas khan……?

  30. helmi:

    jngan sampai merusaknya

Kirim pendapat