Pesona Air Terjun Seloprojo (Sumuran)

This item was filled under [ Air Terjun ]

Ketika menelusuri lereng Gunung Telomoyo, kami singgah pada air terjun yang letaknya agak tersembunyi dan berada di belakang sebuah pemukiman desa. Penduduk sekitar lebih mengenal dengan nama air terjun Seloprojo karena disesuaikan dengan wilayah tempat air tersebut berada. Dari informasi yang kami ketahui dari internet, Air Terjun Seloprojo merupakan air terjun alami yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Air Terjun Seloprojo (Seloprojo waterfall) terletak di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Ada juga orang yang menyebut Air Terjun Seloprojo dengan nama Air Terjun Sumuran. Aliran air dari Air Terjun Seloprojo bersumber dari Gunung Telomoyo.

Kami sempat kesulitan menemukan lokasi air terjun Seloprojo karena minimnya papan petunjuk informasi dan keberadaan air terjun tersebut jarang diketahui oleh penduduk disekitar Ngablak. Beberapa orang yang kami tanyai malah memberitahukan lokasi Air Terjun Kali Pancur dan kurang paham dengan Air Terjun Seloprojo. Akhirnya kami tidak menanyakan kembali nama Air Terjun Seloprojo melainkan lokasi desa Seloprojo tempat air terjun tersebut berada.

Titik terang pun muncul ketika memasuki Desa Seloprojo dan menanyakan lokasi Air Terjun Seloprojo kepada penduduk yang kami temui sedang berada di tepi jalan. Perjalanan kami lanjutkan dan memasuki sebuah perkampungan terlihat jelas gerbang masuk kawasan wisata Air Terjun Seloprojo.

Memasuki jalan menuju Air Terjun Seloprojo, terlihat ukuran jalan mengecil menjadi jalan setapak yang hanya bisa dilewati oleh sepeda motor. Bila membawa kendaraan roda empat, kita terpaksa memarkir kendaraan di halaman warga dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan setapak tersebut melewati kawasan perkampungan penduduk yang rapat dan pada suatu jalan menanjak kami disambut oleh petugas retribusi wisata air terjun. Setelah membayar retribusi, kami memarkir sepeda motor di halaman depan sebuah gubuk kecil kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Jalan setapak menuju ke area Air Terjun Seloprojo masih berupa jalan tanah yang cukup sempit dan panjang. Sempat kami berpas-pasan dengan beberapa petani yang selesai mencari rumput untuk pakan ternaknya. Perjalanan menyusuri jalan setapak ini melewati tebing bukit dan area persawahan. Dari tepi tebing, kami bisa melihat pemandangan Gunung Andong dari kejauhan bila tidak tertutup kabut. Tidak sampai 15 menit akhirnya kami tiba di kawasan Air Terjun Seloprojo.

Suasana Air Terjun Seloprojo tampak sepi dan hanya terlihat dua wisatawan lain selain kami. Sepertinya kawasan wisata Air Terjun Seloprojo ini masih belum banyak dikenal oleh wisatawan karena minimnya promosi, informasi petunjuk jalan, dan lokasi yang sedikit tersembunyi dari jalan utama. Pemandangan Air Terjun Seloprojo cukup indah, unik dan tidak kalah bila dibandingkan dengan Air Terjun Kali Pancur atau Air Terjun Sekar Langit yang tidak jauh dari air terjun tersebut.

Di bagian bawah Air Terjun Seloprojo terdapat dua buah kolam yang digunakan untuk menampung air dari air terjun. Kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar setengah meter dan sengaja dibangun untuk wisatawan yang ingin mandi dan bermain air dibawah air terjun. Di ujung kolam tersebut terdapat tiga patung kepala burung yang terdapat lobang air dibagian mulutnya. Air memancar deras keluar dari lubang tersebut mengarah ke sungai yang terdapat dibawahnya.

Kami menikmati sejenak di bagian bawah air terjun sambil mengabadikan keindahan bentuk air terjun. Sesekali mendekat ke bawah air terjun untuk menikmati segarnya air. Kemudian kami beristirahat di sebuah gubuk kecil yang dibangun di samping air terjun untuk menikmati bekal yang kami bawa sambil memandangi jatuhan air yang bunyinya  menyejukkan hati.

Didekat kawasan air terjun hanya terdapat dua buah kamar mandi yang digunakan untuk berbilas saja dan tidak ada fasilitas pendukung yang lain. Meskipun minim fasilitas, kawasan Air Terjun Seloprojo terlihat cukup alami dan menarik menjadi tujuan wisata bagi orang-oarang yang benar-benar menyukai suasana alam yang masih alami. Sebagai saran, bawalah makanan dan minuman sebelum menuju ke kawasan ini karena tidak ada penjual makanan dan minuman. Waktu semakin siang, akhirnya kami meneruskan perjalanan menelusuri lereng Gunung Andong. (text/foto: annosmile)

== Harga Tiket Masuk

Dewasa: Rp 3.000,-/orang

Motor: Rp 1.000,-


Incoming search terms for the article:

    rute menuju air terjun seloprojo
-----------
Bookmark and Share
Popularity: 4,138 views

Artikel yang Berkaitan

  • Jelajah Lereng Gunung Andong dan Gunung Telomoyo Touring menelusuri lereng gunung bagi kami sungguh mengasyikkan, di antara lereng Gunung Andong dan Telomoyo sendiri menurut informasi memiliki pemandangan […]
  • Keindahan Tersembunyi Air Terjun Senthong Semula kami pikir, Air Terjun Sumuran yang lebih dikenal dengan nama Air Terjun Seloprojo merupakan air terjun satu-satunya di kawasan wisata ini. Namun […]
  • Kesunyian Air Terjun Sekar Langit Wilayah Kabupaten Magelang banyak tersimpan pesona air terjun yang cukup indah dan jarang dikunjungi wisatawan karena aksesnya masih susah. Salah satunya […]
  • Curug Sigong Bila berwisata ke Curug Silawe sebaiknya tidak lupa untuk mengunjungi Curug Sigong yang letaknya satu lokasi dengan Curug Silawe. Perjalanan menuju Curug […]
  • Curug Silawe, Pesona Keindahan Alam dan Air Terjun Nama Curug Silawe yang terletak di Kabupaten Magelang ini kalah tenar dibandingkan dengan air terjun Kedung Kayang dan obyek wisata Ketep Pass yang letaknya […]
  • Pesona Tersembunyi Air Terjun Kali Pancur Setiap kali kami melakukan perjalanan menuju ke kota Salatiga melalui kota Magelang, kawasan wisata yang menonjol adalah Wisata Alam Kopeng. Namun disebuah […]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

5 Comments on “Pesona Air Terjun Seloprojo (Sumuran)”

  • Ayiph
    3 December, 2011, 10:53

    bismillah,mas
    keren sangat …
    kalau ke sini kmren kasih kabar tak ajak mampir rumah mas .. hehe deket rumahku yang magelang ,,, ^_^

  • mawi wijna
    31 December, 2011, 21:23

    nah ini air terjun yang masih ada airnya, hehehe

Trackbacks

  1. Jelajah Lereng Gunung Andong dan Gunung Telomoyo | TeamTouring
  2. Keindahan Tersembunyi Air Terjun Senthong | TeamTouring
  3. Pembuktian Air Terjun Sethong Pundong | TeamTouring

Leave a Comment