Pesona Air Terjun Seloprojo (Sumuran)

Ketika menelusuri lereng Gunung Telomoyo, kami singgah pada air terjun yang letaknya agak tersembunyi dan berada di belakang sebuah pemukiman desa. Penduduk sekitar lebih mengenal dengan nama air terjun Seloprojo karena disesuaikan dengan wilayah tempat air tersebut berada. Dari informasi yang kami ketahui dari internet, Air Terjun Seloprojo merupakan air terjun alami yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Air Terjun Seloprojo (Seloprojo waterfall) terletak di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Ada juga orang yang menyebut Air Terjun Seloprojo dengan nama Air Terjun Sumuran. Aliran air dari Air Terjun Seloprojo bersumber dari Gunung Telomoyo.

TeamTouring Di Gapura Masuk Air Terjun Seloprojo

Lokasi Air Terjun Sumuran Seloprojo cukup tersembunyi di lereng Gunung Telomoyo. Minimnya papan petunjuk arah dan informasi keberadaan air terjun tersebut membuat pengunjung kesulitan untuk mengunjunginya. Saat bertanya kepada warga tentang lokasi Air Terjun Sumuran Seloprojo malah memberitahukan lokasi air terjun yang lain seperti Air Terjun Kali Pancur dan Air Terjun Sekar Langit. Sepertinya cukup banyak warga sekitar yang kurang mengetahui lokasi wisata Air terjun Sumuran Seloprojo.

Titik terang mengenai keberadaan Air Terjun Sumuran Seloprojo pun muncul ketika kami memasuki wilayah desa Seloprojo. Gapura bertuliskan Air Terjun Seloprojo kami dapati ketika melewati hamparan sawah yang luas menuju sebuah pemukiman penduduk. Dari gapura tersebut barulah terdapat papan petunjuk arah menuju lokasi Air Terjun Sumuran Seloprojo. Perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan beraspal rusak di tengah-tengah pemukiman penduduk. Beberapa ratus meter berselang tiba di ujung jalan beraspal rusak dan berganti dengan jalan setapak yang hanya dapat dilalui kendaraan roda dua saja.

Kawasan Wisata Air Terjun Seloprojo terdapat dua buah air terjun yaitu Air Terjun Sumuran dan Air Terjun Senthong. Namun banyak orang menganggap Air Terjun Sumuran adalah Air Terjun Seloprojo dan tidak banyak yang tahu lokasi Air Terjun Senthong karena sulitnya akses jalan menuju lokasi.

Pos Retribusi Masuk Air Terjun Seloprojo

Pengguna kendaraan roda dua dipersilakan melewati jalan setapak tersebut dengan hati-hati karena banyak warga yang lalu lalang di jalan tersebut. Sedangkan pengguna kendaraan roda empat dipersilakan memarkir kendaraannya di sekitar pemukiman warga dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan setapak tersebut melewati pemukiman warga yang padat dan semakin menanjak. Sebagian jalan setapak tersebut sudah dicor semen dan sebagian lagi masih berupa jalan tanah.

Ujung jalan setapak yang dapat dilalui kendaraan roda dua terdapat pos retribusi masuk wisata Air Terjun Seloprojo. Petugas pos retribusi langsung menyambut pengunjung atau wisatawan yang menuju arah pos retribusi. Retribusi masuk wisata Air Terjun Seloprojo ini resmi dari pemerintah daerah setempat yakni kabupaten Magelang. Kendaraan pengunjung dipersilakan parkir di area parkir disebelah pos retribusi. Area parkir kendaraan roda dua yang disediakan tidak cukup luas dan hanya mampu menampung sekitar 30-an sepeda motor.

Pemandangan Gunung Andong Dari Sekitar Air Terjun Seloprojo

Perjalanan menuju Air Terjun Sumuran Seloprojo kembali menyusuri jalan setapak tanah yang cukup sempit dan panjang. Perlu hati-hati dalam melangkah karena jalan tanah tersebut cukup licin karena basah oleh air. Selain itu sisi sebelah kanan jalan setapak adalah jurang dengan kedalaman sekitar 5 meter. Bila datang pagi hari di tempat ini akan melihat aktivitas warga setempat yang mencari rumput untuk pakan ternak atau mengurusi ladang persawahannya.

Selama perjalanan menuju ke Air Terjun Sumuran Seloprojo, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan alam yang apik. Pemandangan Gunung Andong, area persawahan, dan atap bangunan pemukiman warga yang tampak tersusun rapi menjadi pembuka saat tiba di pos retribusi masuk. Selanjutnya dalam perjalanan menuju ke Air Terjun Sumuran Seloprojo akan disambut dengan indahnya terasering persawahan dari depan dan suasana lereng Gunung Telomoyo. Dari kejauhan mulai tampak pemandangan Air Terjun Sumuran Seloprojo yang tampak tinggi.

Pemandangan Air Terjun Sumuran Seloprojo

Suasana Air Terjun Seloprojo tampak sepi dan tidak seramai wisata air terjun lain yang ada di dekatnya. Hanya tampak beberapa wisatawan yang berkunjung saat hari libur. Sepertinya kawasan wisata Air Terjun Seloprojo masih belum banyak dikenal oleh wisatawan. Minimnya promosi, informasi, dan lokasi yang sulit dijangkau menjadi penyebab utamanya.

Pada bagian dasar Air Terjun Sumuran Seloprojo terdapat dua buah kolam yang digunakan untuk menampung air dari air terjun. Kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar setengah meter dan sengaja dibangun untuk wisatawan yang ingin mandi dan bermain air dibawah air terjun. Menjelang siang hari, banyak anak-anak dari desa setempat datang ke air terjun ini untuk bermain air .

Dinding Air Terjun Sumuran Seloprojo

Hal menarik lainnya dari Air Terjun Sumuran Seloprojo adalah tiga patung kepala burung di ujung kolam. Setiap patung burung tersebut yang terdapat lobang air dibagian paruh atau mulutnya. Patung tersebut bentuknya unik dan mirip seperti batuan candi. Banyak wisatawan yang tertipu karena patung tersebut hanyalah replika saja untuk menambah daya tarik wisata Air Terjun Sumuran Seloprojo. Air memancar deras keluar dari lubang patung tersebut mengarah ke sungai yang terdapat dibawahnya.

Sebuah gazebo dibangun di samping kolam dan Air Terjun Sumuran Seloprojo sebagai tempat beristirahat pengunjung. Namun sayang kondisinya tidak terawat dan sebagian atapnya mengalami kerusakan. Dua buah kamar mandi yang letaknya tidak jauh dari Air Terjun Sumuran Seloprojo kondisinya telah rusak dan tidak dapat digunakan. Selain gazebo dan kamar mandi, tidak ada fasilitas lain yang disediakan untuk pengunjung Air Terjun Seloprojo.

Air terjun lain yang masih satu kawasan dengan Air Terjun Sumuran Seloprojo adalah Air Terjun Senthong Seloprojo. Air terjun tersebut sulit dijangkau karena melewati rerimbunan hutan lereng Gunung Telomoyo dan belum dibuatkan akses jalan secara resmi. Bila ingin menuju ke air terjun tersebut sebaiknya meminta pertolongan warga setempat untuk mengantarkan atau menunjukkan jalan. Sedikit informasi diantara Air Terjun Sumuran dengan Air Terjun Senthong terdapat area untuk berkemah atau camping.

Air Terjun Seloprojo memberikan pemandangan yang indah dan tidak mengecewakan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Keberadaannya cukup berpotensi untuk dikembangkan sebagai wisata unggulan. Namun cukup disayangkan kondisinya kurang terawat dan terkesan diabaikan oleh pemerintah daerah setempat. Sebagai saran, bawalah makanan dan minuman sebelum menuju ke kawasan ini karena tidak ada penjual makanan dan minuman. (text/foto: annosmile)

== Harga Tiket Masuk

Dewasa: Rp 3.000,-/orang

Motor: Rp 1.000,-

Bookmark and Share

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Ayiph:

    bismillah,mas
    keren sangat …
    kalau ke sini kmren kasih kabar tak ajak mampir rumah mas .. hehe deket rumahku yang magelang ,,, ^_^

  2. Jelajah Lereng Gunung Andong dan Gunung Telomoyo | TeamTouring:

    […] yang berada di lereng gunung yang cukup menarik. Perjalanan kami lanjutkan untuk menuju ke arah Air Terjun Seloprojo (Sumuran) karena salah berbelok akhirnya perjalanan tembus ke Jalan Raya Magelang-Kopeng yang berada di […]

  3. mawi wijna:

    nah ini air terjun yang masih ada airnya, hehehe

  4. Keindahan Tersembunyi Air Terjun Senthong | TeamTouring:

    […] menurut informasi dari petani tersebut lokasinya sedikit tersembunyi dan lebih tinggi dibandingkan Air Terjun Sumuran. Rute menuju ke Air Terjun Senthong ini melewati jalan setapak yang sebagian jalannya telah […]

  5. Pembuktian Air Terjun Senthong Pundong | TeamTouring:

    […] yang kami tahu, nama air terjun ini sama dengan air terjun yang pernah kami kunjungi di kawasan Air Terjun Seloprojo, yakni air terjun Senthong. Entah apakah ini cuma kebetulan atau memang disengaja karena […]

  6. warm:

    jd penasaran, mumpung masih musim hujan, debit air sedang banyak, wisata air terjun memang pilihan yg asik ..

Kirim pendapat