Pesona Air Terjun Pantai Jogan di Tepi Laut

This item was filled under [ Air Terjun, Bahari ]

Satu lagi pantai di Gunungkidul yang membuat kami kembali kagum akan pesonanya. Sebuah pantai secara keseluruhan berupa tebing karang dimana pada bagian tengah terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut. Pantai dengan sebutan nama Pantai Jogan ini memberikan pesona pantai lain daripada yang lain di wilayah Gunungkidul. Keberadaannya mulai dikenal ketika beberapa fotografer mengupload foto pantai ini ke internet.

Pantai Jogan (Jogan Beach) atau ada yang menyebutnya pantai Jogan Wetan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini memiliki keunikan berupa air terjun Jogan (dulu dikenal dengan nama Grojogan Nganten) bersumber dari mata air tawar setinggi 10 meter yang langsung jatuh ke tepi laut.

Perjalanan menuju pantai Jogan hampir sama dengan perjalanan dengan pantai Siung, bedanya sebelum memasuki kawasan pantai Siung terdapat jalan sempit yang terbuat dari semen cor ke arah kanan. Bila dilihat dari garis pantai, lokasi pantai Jogan hanya beberapa ratus meter dari pantai Siung. Hanya saja keberadaan Pantai Jogan hanya sedikit orang yang mengetahuinya karena masih minim informasi dan petunjuk lokasi.

Jalan menuju ke pantai Jogan hanya mampu dilewati sepeda motor dan tidak disarankan menggunakan kendaraan roda empat atau lebih karena ukurannya cukup sempit. Meskipun kendaraan roda empat bisa dipaksakan dan beresiko terperosok bila kurang hati-hati. Memasuki area parkir hanya terdapat sebuah warung kecil dan gubuk untuk memarkir sepeda motor. Menurut informasi yang kami dapat saat beristirahat di warung, rata-rata pengunjung pantai Jogan merupakan para pemancing ikan yang sering bermalam di pantai ini.

Tidak jauh dari lokasi parkir pantai Jogan terdapat sebuah air terjun yang mengalir dengan derasnya, disitulah keberadaan air terjun di pantai Jogan yang sedang diperbincangkan banyak orang. Dari tebing sebelah barat di dekat area parkir sebetulnya bila dinikmati dari sisi sebelah barat namun sedikit tertutup tebing karena aliran jatuhnya air terjun sedikit menghadap ke arah timur. Maka disarankan untuk melihat pemandangan air terjun pantai Jogan yang jatuh ke tepi laut tanpa terhalang, kami harus berjalan menyeberangi sungai yang mengalir diatas air terjun. Ada alternatif menuruni tebing untuk melihat air terjun Pantai Jogan dari bawah karang saat air laut sedang surut namun perlu kehati-hatian karena belum tersedia jalan turun dan harus memanjat dari tebing karang.

Adrenalin kami meningkat karena arus sungai yang deras dan bila terseret arus akan jatuh dari air terjun yang dibawahnya terdapat karang-karang yang tajam. Namun ketika berhasil menyebrangi sungai dan sedikit berjalan di tebing karang disebelahnya, kita bisa melihat pemandangan air terjun pantai Jogan yang jatuh langsung ke tepi laut dan ketika gelombang air laut yang pasang akan menerjang jatuhnya air terjun tersebut dan menimbulkan kesan yang lain dan jarang ditemui di kawasan pantai lain.

Air terjun Pantai Jogan cukup unik, airnya berasal dari sumber mata air tawar yang lokasinya tidak jauh dari tempat pengutan retribusi masuk pantai Siung. Bentuk tebing karang yang dilewati oleh aliran air terjun cukup menarik karena membentuk hiasan seperti payung. Sepertinya bentuk hiasan yang seperti payung itu diakibatkan senyawa batuan kapur yang mengendap di ujung air terjun. Proses ini berlangsung cukup lama karena terlihat ada beberapa lapisan batuan yang berbeda warna dari sedikit gelap ke terang.

Ombak laut selatan cukup ganas, saat kami tiba sedang mengalami pasang dan menutup sedikit daratan yang terdapat disebelah bawah air terjun Jogan. Kami berencana untuk menuruni tebing yang terdapat sebuah bekas jalan di sebelah barat namun karena derasnya ombak pasang membuat kami mengurungkan niat untuk menuruni tebing dan melihat dari depan jatuhnya air terjun Pantai Jogan.

Menurut penuturan orang yang kami temui di warung. Di dekat mata air yang mengalir di Air Terjun Pantai Jogan, terdapat sebuah tanggul diatasnya dimana airnya dimanfaatkan untuk mengisi truk pengangkut air bersih. Di musim penghujan tanggul tersebut dibuka karena truk tangki pengangkut air bersih tersebut berhenti atau jarang beroperasi.

Dari tebing sisi timur pantai Jogan, kita juga bisa melihat pemandangan lautan yang luas, pulau-pulau karang yang tidak berpenghuni, dan pantai lain yang ada di dekatnya. Selain itu, dari kejauhan terlihat batuan karang yang terletak di ujung timur pantai Siung. Ketika kami meninggalkan sisi timur Pantai Jogan untuk kembali ke lokasi air terjun, kami bertemu dengan petani yang sedang mencari rumput untuk ternaknya.

Ketika mengunjungi tebing di sisi barat Pantai Jogan, ada beberapa orang yang sedang memancing ikan dan menjaring lobster. Pemandangan yang terlihat di sisi sebelah barat adalah lautan lepas dan Watu Panjang atau Pulau Timang yang digunakan untuk mencari lobster. Tebing sebelah barat tersebut hampir dipenuhi oleh tanaman pandan laut yang merupakan ciri khas tumbuhan yang hidup di pantai selatan. Kawasan pantai Jogan dari dahulu sudah dikenal sebagai pantai yang cocok untuk lokasi memancing dan baru tahun terakhir ini dibuka resmi menjadi kawasan wisata pantai alternatif di kabupaten Gunungkidul. (text/foto: annosmile)

== Update Informasi

Tahun 2013 Pantai Jogan telah dibangun sebuah jembatan bambu sederhana untuk memudahkan pengunjung untuk menyeberang ke sisi yang lain. Selain itu telah dibuatkan jalan menurun ke bagian bawah Air Terjun Jogan dengan pengaman dari kayu. Meskipun sudah diberi kemudahan dalam fasilitas, kita tetap harus berhati-hati untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

==Lokasi/Peta

Informasi lebih lanjut baca artikel Lokasi Pantai Jogan

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 8,962 views

Artikel yang Berkaitan

  • Pantai Ngetun, Harga Yang Dibayar Mahal Untuk Sebuah Keindahan Nama Pantai Ngetun sepertinya belum masuk dalam daftar nama-nama pantai di kawasan Gunungkidul. Pantai ini memang belum dikembangkan sebagai kawasan wisata dan tergolo...
  • Keindahan Pantai Siung Pesona pantai-pantai yang terletak di sebelah selatan kabupaten Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Kami mencoba menyambangi beberapa pantai yang terdapat di pesisi...
  • Pantai Celeng Tibo Nama Pantai Celeng Tibo sepertinya terdengar aneh dan asing pagi para pecinta wisata pantai di Gunungkidul. Sebuah pantai yang terletak di kecamatan Panggang ini hanya...
  • Pulau Timang, Bukan Wisata Biasa Beberapa waktu lalu ketika saya bertemu salah seorang fotografer yang memamerkan sebuah foto yang cukup menarik bagi saya. Sebuah pantai yang merupakan tebing dan ada ...
  • Curug Gedhe Lemah Abang Berkunjung ke kawasan air terjun Lemah Abang yang terdapat beberapa bagian air terjun yang memiliki nama sendiri-sendiri, sebaiknya tidak melupakan air terjun yang ser...
  • Pesona Pantai Sundak Menjelajah pantai-pantai di Gunungkidul memang selalu mengasyikkan. Kali ini kami kembali menelusuri jalur wisata pantai yang berderet mulai dari pantai Baron, Kukup, ...
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

13 Comments on “Pesona Air Terjun Pantai Jogan di Tepi Laut”

  • Jidat
    5 March, 2012, 21:38

    kelana alam dan fotogrfer landscape!! wiss dadi PRO ini!!

  • Fajar
    5 March, 2012, 22:23

    gunung kidul banyak potensi wisata yang indah.. selain pantai juga ada air terjun sri gethuk…

  • masipoeng
    6 March, 2012, 0:22

    Gunungkidul surganya wisata alam, masih banyak potensi yang blm terjamah

  • Mila
    6 March, 2012, 8:00

    ah sial, bikin gw tambah ngiri -____-”

  • rumputilalang
    9 March, 2012, 9:06

    wah sudah sampai sini mas, saya tertarik air terjunnya.kapan-kapan saya kunjungi

  • rumputilalang
    9 March, 2012, 9:11

    kalau turun di bawah air terjun bisa gak mas?

    admin Reply:

    bisa kalau gak pasang..
    tapi susah turunnya :)

  • HeruLS
    15 March, 2012, 19:39

    Mauuu ke situuuu

  • fotodeka
    11 November, 2013, 12:45

    bagaimana caranya untuk tiba disini kak kalau sendirian?
    takutnya malah kesasar karena galau je

Trackbacks

  1. Mengintip Pantai Nglambor | TeamTouring
  2. Pesona Pantai Toroudan | TeamTouring
  3. Mblusuk Air Terjun Njurug Pajangan | TeamTouring
  4. Annosmile in Jogan Beach | TeamTouring! Gallery Photo

Leave a Comment