Pesatnya Perkembangan Peternakan Itik Petelur di Brebes

Setelah melihat proses pembuatan telur bebek asin, kami berkesempatan berkunjung ke peternakan itik yang terdapat di Kabupaten Brebes. Peternakan itik di Kabupaten Brebes sebagian besar merupakan peternakan milik perseorangan atau pribadi. Pemerintah Brebes sengaja membatasi gerak perusahaan peternakan skala nasional yang berencana membangun kandang di wilayahnya karena dapat mematikan usaha peternakan rakyat.

Peternakan Itik (Bebek) di Kabupaten Brebes merupakan sektor vital penyuplai bahan pembuatan telur bebek asin. Beberapa sentra ternak itik di Brebes yang terkenal adalah di Desa Limbangan Wetan, Pakijangan, dan Gandasuli. Bahkan, KTTI Maju Jaya di Desa Limbangan Wetan, Kecamatan Brebes, tahun 2004 meraih predikat sebagai KTTI terbaik tingkat nasional.

Sungai Tempat Penggembalaan Itik

Para peternak khususnya ternak itik berinisiatif membentuk kelompok ternak untuk mempermudah pemasaran agar tidak dikuasai tengkulak dan menjaga stabilitas harga telur. Selain itu keberadaan kelompok ternak mempermudah hubungan dengan pemerintah khususnya dinas terkait dan antisipasi bersama apabila sedang musim wabah penyakit ternak seperti flu burung. Kami mendapat ijin kunjungan di kawasan kandang ternak itik setelah menghubungi salah seorang pengurus dan penanggungjawab kelompok ternak itik.

Pintu Kandang Peternakan Itik Petelur

Salah satu ciri khas peternakan itik di Brebes adalah para peternak itik membangun kandang itik berdampingan satu sama lain biasanya. Selain itu bangunan kandang itik berdekatan dengan aliran sungai. Alasannya karena beternak itik membutuhkan banyak air dalam pemeliharaan. Fungsi sungai sendiri digunakan untuk area berenang oleh itik saat digembala atau diumbar walaupun tidak mutlak harus tersedia. Ketika kami mengunjungi sebuah peternakan itik pada kelompok tani itik, terlihat itik petelur sedang digembalakan di aliran sungai yang terdapat disebelah kandang. Itik-itik tersebut sengaja dibiarkan bebas berkeliaran di sekitar aliran sungai meski dalam pengawasan anak kandang.

Bangunan Kandang Itik Petelur

 

Saat itik digembalakan di sungai, peternak mengambil telur-telur yang betebaran di dalam kandang sebagai tempat bertelur itik. Telur-telur itik yang sudah dikumpulkan kemudian dimasukkan ke dalam box untuk disalurkan ke industri pembuatan telur asin. Dari informasi yang didapat, telur-telur itik yang dipanen seluruhnya disalurkan kepada industri pembuatan telur asin tanpa perantara. Bahkan stok yang ada belum dapat memenuhi permintaan pasar untuk telur itik mentah. Setelah dilakukan pemanenan telur, kandang itik tersebut dibersihkan oleh anak kandang.

Itik Petelur Di Dalam Area Kandang

Ketika waktu pengembalaan itik sudah cukup, itik-itik petelur digiring menuju ke dalam kandang. Melihat pemandangan itik berjalan menuju ke kandang cukup menarik perhatian kami. Itik bisa berbaris dengan tertib saat berjalan menuju ke kandang, bahkan ketika memasuki pintu masuk kandang itik-itik saling bergantian memasuki kandang tanpa saling serobot. Melihat perilaku itik yang bisa antri dengan tertib, harusnya kita malu yang kadang suka menyerobot antrian. Setelah memasuki kandang, itik kadang diberi kece (keong kecil) yang disebar di halaman kandang dengan takaran tertentu.

Ternak Itik yang diternakan berjenis Itik Tegal atau itik lokal. Di pengunjung tahun 2009, populasi ternak itik di Kabupaten Brebes sudah melebihi 1 juta ekor. Lebih dari setengah dari total penduduk Kabupaten Brebes yang mencapai angka 1,8juta.

Itik Petelur Sedang DIberi Makan

Mengenai manajemen pakan, pakan yang diberikan terdiri dari campuran dari rajangan enceng gondok (sayuran), ikan laut cacah, dedak halus, dan kece (keong kecil). Pakan ini diberikan sehari dua kali yaitu diwaktu pagi dan sore hari. Bahan penyusun ransum itik petelur cukup tersedia di area peternakan. Enceng gondog bisa dipanen disepanjang aliran sungai dan kolam-kolam ikan milik petani ikan. Ikan laut cacah merupakan ikan sisa yang kurang laku untuk dikonsumsi dan dibeli oleh para tengkulak di Tempat Pelelangan Ikan yang tidak jauh dari lokasi peternakan. Dan hanya membutuhkan dana sedikit untuk membeli dedak halus sebagai campuran ransum. (text/foto: annosmile)

== Lokasi Peternakan Itik

  • Kelompok Tani Ternak Itik Adem Ayem Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes
  • Kelompok Tani Ternak Itik Maju Jaya Desa Limbangan Wetan, Kabupaten Brebes
Bookmark and Share

Ada 26 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. endar:

    brebes tekenal dengan telur bebek. belum pernah saya liat itik2 seperti itu di brebes

  2. geblek:

    njis banyak bener bebeknya, yg punya pasti perkasa dopengnya telor bebek terus dab

  3. Putra Eka:

    Keren mas, saya lagi belajar beternak lele neh.. hehehe berhubung sama2 beternak

  4. mawi wijna:

    halah-halah, praktik lapangannya anak peternakan …

  5. alief:

    jadi inget masa lalu dimana sodara ternak bebek, walo sering medapat jatah telor asin, tapi baunya itu yang membuat aku eneg…

  6. nurrahman:

    wah bisa bikin sendiri sekrang bro?
    hehe

  7. julie:

    bebek dan itik itu sama gak sih mas? aku pernah makan telur bebek warna kuningnya itu lebih orange dan rasanya beda enak kalo dijadiin telor asin

  8. ALRIS:

    Brebes emang terkenal sama telur asinnya.
    wow keren, bebek banyak amat. salam

  9. Blogger Terpanas:

    brebes memang kota bebek dan telor asinnya ya?

  10. Cipu:

    Thanks sudah main ke blog saya

    Travel ke Vietnam dan Kamboja yang saya lakukan juga bukannya tanpa persiapan Bro. Saya juga harus nabung untuk ke sana. Nyari tiket murah dll dsb. Saya rajin online cari tiket, hasilnya saya dapat tiket 600 ribu PP Jakarta – Ho Chi Minh. Di sini pun, saya tidak tinggal di hotel mahal, saya milih hotel yang untuk backpackers jadi bisa meminimalisir budget. Intinya bagi saya, bukan dimana saya menginap, tapi apa yang saya alami.

    Kadang travel itu bisa menjadi murah jika kita berusaha menyiasatinya

  11. munir ardi:

    aku paling suka daging itik mas kalau telurnya sih agak ngeh

  12. buwel:

    moga bisia itik bisa berkembang dan maju terus… :-)

  13. suryaden:

    mau dong telurnya…

  14. Hasi Aulia:

    ngeliat pembuatan telur asin secara langsung pengalaman yang unik juga tuh, secara langsung lagi biasanya kan lewat tv aja,,
    sukses bro buat touring nya!

  15. Mancing ikan bandeng, di Brebes | TeamTouring:

    […] jalan disebelah kiri terdapat sungai yang membujur panjang sejumlah peternakan itik. Memasuki sebuah pemancingan yang merupakan tambak ikan bandeng, kami segera meminjam alat pancing […]

  16. arief:

    terimakasih telah berbagi ilmu nya,,,,,,buat teman yg mempunyai ilmu beternak bebek tolong kira nya dapat berbagi ilmu dgn sy,,,,,saya membutuh kan informasi seluas luas nya,dari mulai i hulu sampai hilir mengenai peternakan bebek petelur sy ucapkan terima kasih,,,(zerograffity@yahoo.com)

  17. Soca Priyadi:

    Terima kasih atas berbagi ilmunya, saya mau tanya mengenai kursus beternak itik dimana saya bisa menghubungi…….

    • admin:

      coba anda kunjungan tempat ini
      semoga membantu

  18. Nikmatnya Sate Blengong | TeamTouring:

    […] Commentsadmin: coba anda kunjungan tempat ini semoga membantu…Soca Priyadi: Terima kasih atas berbagi ilmunya, saya mau tanya …sugeng: wis tau rono, apik tenan […]

  19. Pradan:

    Sy ada order bbek afkir hidup 1000e/hari utk djkt bagi para ptrnak yg mau mnjual bbek afkirnya bs tlp/sms di 08569904058

  20. Rina:

    Saya lagi membutuhkan bebek jantan 1000 ekor / minggu. Klo ada tolong confirmasikan saya di 081381022832 / 021 91367858. Trima Kasih.

  21. sustin:

    ajari caranya dong! sekaligus bagi-bagi ilmunya ok

  22. awan:

    mantaab,.itiknya banyak sekali,.:)

  23. churdaini:

    bebeknya banyak…apa ga salah masuk kandangnya ya…..

  24. Menikmati Teh Poci di Alun - Alun kota Brebes | TeamTouring:

    […] kami beranjak menuju ke alun – alun ibukota kabupaten Brebes. Kami kembali melewati sebuah peternakan itik dan melewati jalur pantura. Menuju ke pusat kota Brebes, akhirnya kami berhenti di Alun-Alun kota […]

Kirim pendapat