Pesanggrahan Pracimoharjo

Ketika beberapa kali melewati Jalur Solo – Selo – Borobudur yang melalui lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, disebuah perempatan terdapat papan informasi menuju ke kawasan Pesanggrahan Pracimoharjo.

Petilasan atau Pesanggrahan Pracimoharjo terletak di Desa Paras, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Pesanggrahan Pracimoharjo merupakan petilasan shalat Sri Susuhunan Paku Buwono X dan tempat pertemuan dengan Pangeran Diponegoro.

Perjalanan menuju ke kawasan Pesanggarahan Pracimoharjo ini melewati gerbang Jalur Solo – Selo – Borobudur kemudian ada sebuah papan petunjuk arah kecil yang menuju ke pesanggrahan melewati jalan aspal sempit dan sedikit rusak. Memasuki gerbang Pesanggrahan Pracimoharjo yang kondisinya kurang terawat, suasana tampak sepi dan kendaraan kami berjalan melewati gerbang tersebut.

Kami berhenti melihat kawasan Pesanggrahan Pracimoharjo ini. Di beberapa sudut terlihat sebuah sumur tua, pagar atau tembok yang sudah rusak, beberapa sisa-sisa bangunan dan sebuah bangunan utuh yang kami perkirakan merupakan bangunan utama pesanggrahan. Bangunan utama Pesanggrahan Pracimoharjo yang merupakan rumah tua ini kondisinya kurang terawat dan terlihat kotor. Warna cat pintu dan jendela memudar dan beberapa bagian mengelupas.

Cukup disayangkan mengingat Pesanggrahan Pracimoharjo merupakan peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan keberadaannya dan berpotensi menjadi wisata sejarah dan ziarah karena berkaitan dengan sejarah Kasunanan Surakarta. Selain itu keberadaannya yang dekat dengan Jalur Solo – Selo – Borobudur cukup berpotensi menjadi kawasan wisata yang dilewati jalur wisata tersebut. Semoga pemerintah daerah segera melakukan pembenahan terhadap kawasan ini untuk mendongkrak pariwisata di daerahnya.

Bookmark and Share

Kirim pendapat