Pemandian Air Panas Tirta Tapta

This item was filled under [ Park ]

Siapa bilang berwisata di Pulau Bangka hanyalah berwisata di daerah pantai? Kami menemukan tempat menarik didaerah Pemali, sebelah barat ibukota Kabupaten Sungailiat berupa sumber air panas. Perjalanan ditempuh selama 30 menit dari kota Sungailiat melewati beberapa bekas kolong.

Objek wisata Pemandian Air Panas Tirta Tapta terletak didesa Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, sekitar 20 km dari Kota Sungailiat. Lokasi sumber air panas di Pemali pertama kali ditemukan pada zaman kolonial Belanda. Pada saat itu dilakukan eksplorasi timah oleh perusahaan B.T.W. (Bangka Tin Winning Bedrijt) yaitu perusahaan milik Belanda yang khusus bergerak disektor pertambangan timah di Pulau Bangka.

Kami heran dengan keberadaan sumber air panas di Pulau Bangka ini, mengingat di daratan Pulau Bangka tidak terdapat gunung berapi karena tidak dilewati jalur gunung berapi.  Darimanakah panas bumi itu berasal? Selain itu keunikan tempat ini telah dikelola sejak zaman penjajahan Belanda.

Setelah kemerdekaan RI perusahaan penambangan timah diambil alih dari pemerintahan kolonial menjadi sebuah perusahaan penambangan yang dimiliki oleh negara, yakni PT. TIMAH dan secara otomatis keberadaan lokasi sumber air panas menjadi bagian kepemilikan dan pengelolaan PT Timah. pada era dasa warsa 70-an, air panas pemali dipugar dan dikembangkan oleh perusahaan Timah, yang selamabeberapa tahun sempat terawat dengan baik dan menjadi salah satu tempat rekreasi masyarakat . Air panas ini berasal dari air tanah aktif yang mengeluarkan belerang yang sangat cocok bagi wisataan yang datang untuk kesehatan.

Memasuki objek wisata ini terlihat objek wisata ini telah terkelola dengan baik. Ada beberapa fasilitas dan arena yang terdapat menarik minat pengunjung. Diantaranya waterboom, sepeda air, panggung, flora fauna, kandang satwa, cafe, danau pemancingan, dan tentunya kolam air panas.

Tidak seperti objek wisata air panas yang lain, Tirta Tapta ini memberikan keunikan pada bau yang dikeluarkan dari sumber air panas. Tidak ada bau belerang di sumber air panas Tirta Tapta.

Saya mencoba memasukan kaki kedalam kolam air panas dengan pelan-pelan. Air panas bersuhu 42 derajat celcius ini dapat mengobati penyakit kulit karena mengandung mineral yang cukup tinggi. Dibagian dasar kolam terdapat batuan berwarna hitam yang berfungsi untuk menggosok kulit. Selain itu sumber air panas alami ini cocok untuk menghilangkan rasa pegal-pegal tubuh dengan cara berendam.

Di sebelah kolam air panas terdapat waterboom yang terdapat beberapa buah papan seluncur. Cukup luas arena waterboom ini walaupun fasilitas yang diberikan tidak selangkap dengan waterboom yang ada di kota-kota besar di pulau Jawa. Kekurangan di arena ini adalah kualitas air kolam yang buruk sehingga menyebabkan gatal-gatal pada kulit manusia yang sensitif. Hal ini tampak pada salah satu teman kami yang bermain di waterboom.

Pada bagian ujung terdapat penangkaran Rusa Totol yang merupakan sumbangan dari Istana Bogor yang terletak di Kebun Raya Bogor. Pengunjung hanya bisa melihat rusa totol dari balik pagar kawat.

Dari berbagai fasilitas yang ada, nama sumber air panas seakan tenggelam dengan arena penunjang yang justru melebihi daya tarik yang dipancarkan oleh sumber air panas itu sendiri. Kolam air panas seharusnya diperlebar dilengkapi fasilitasnya sehingga para pengunjung mengetahui bahwa itulah objek wisata utama yang menjadi ciri khas tempat ini.

== Tiket Masuk

Dewasa Rp 8.000,-/orang

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 6,753 views

Artikel yang Berkaitan

  • Kemewahan Pantai Parai Tenggiri Di sebelah timur kota Sungailiat, terdapat sebuah pantai yang didalamnya dibangun resort mewah. Kami berangkat menuju resort tersebut yang terletak di pinggir […]
  • Berlibur ke Owabong Waterpark Purbalingga, sebuah kota kecil di sebelah timur kota Purwokerto ternyata menyimpan pesona wisata yang cukup menarik. Sebuah wahana air yang dikabarkan […]
  • Senja Di Pantai Penyusuk Di bagian lain di ujung utara Pulau Bangka ada sebuah pantai yang cukup indah. Perjalanan sekitar satu jam dari dusun Pesaren. Dalam perjalanan kami melewati […]
  • Eksotisme Pantai Batu Dinding Pantai Batu Dinding memang terasa asing bagi saya, setelah saya berputar-putar di Pelabuhan Belinyu tidak ditemukan papan penunjuk arah untuk menuju kesana. […]
  • Pemandian Air Panas Kalianget, Kalibening Hampir setahun kami tidak berkunjung ke Kalibening, ketika kami kembali menengok suasana Kalibening, ternyata banyak hal yang telah berubah. Kondisi ibukota […]
  • Berendam Air Panas Sejenak di Kolam Renang Air Panas Candi Gedongsongo Bila mengelilingi kawasan Candi Gedongsongo secara penuh, pasti anda akan menemui sebuah kawah kecil yang berada di lempitan lereng Gunung Kendalisodo. […]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

28 Comments on “Pemandian Air Panas Tirta Tapta”

  • ciwir
    6 November, 2009, 11:26

    jarene KKN kok malah dolan nonton wong adusss (doh)

    annosmile Reply:

    itu berendam dan itu temen-temenku :P

  • ciwir
    6 November, 2009, 11:27

    lha endi komentku kiye???

  • katakataku
    6 November, 2009, 11:51

    […] Tidak ada bau belerang di sumber air panas […] kecuali baunya owner neeh blog yah (lmao) *kabuurrrrrrrrr*

  • pakne galuh
    6 November, 2009, 16:20

    koyokke seru yo mas :)

    KKN plus plesir

    wekekkeke

  • mawi wijna
    6 November, 2009, 19:02

    bekas keruk timah kalau dibuat kolam renang mungkin bisa juga kali ya?

  • Pradna
    6 November, 2009, 20:46

    trus KKN-e ngopo to, sak liyane piknik?

  • nahdhi
    6 November, 2009, 22:07

    Owalah mas. KKN bereske disik….

  • rudis
    7 November, 2009, 1:54

    wah asyik juga ni piknik di kolam renang

  • mel
    7 November, 2009, 10:12

    haih,,,,keren abis euy,,kapan2 dech kesana

  • coolgle
    7 November, 2009, 10:13

    ditempatku juga ada yg ginian,,,airnya bs buat pijit refleksi

  • alpicola
    7 November, 2009, 10:14

    jauh bro……..kalo deket langsung ke TKP neh mumpung liburan

  • fanz
    7 November, 2009, 13:57

    wah jadi pengen kesana deh
    :)

  • dafhy
    8 November, 2009, 1:28

    sekali-kali aku mbokya di ajak touring dung mas :-)

  • endar
    8 November, 2009, 15:52

    saiki isih ono kkn to. tak kiro wis ra ono

  • chibogacrew blog
    8 November, 2009, 22:45

    ih ada waterbom nya

  • Wong Jalur
    9 November, 2009, 19:59

    Ternyata di Bangka ada tempat rekreaasi selain di laut ya?? baru tahu nih.

  • nurrahman
    9 November, 2009, 22:02

    cadangan tulisanmu sisa dari babel sajake seh akeh ya bro..hehehe

  • Wandi thok
    10 November, 2009, 5:02

    Asyik banget ya mas. Kapan aku isa dolan mrono ya? :lol:

  • munawar am
    10 November, 2009, 7:12

    Kalau Tirta berarti air, kalau Tapta apa kira2 artinya yahhhh?
    Apa air panasnya juga bisa dibikin “obat gatal-gatal” seperti layaknya sumber air panas di Jawa yang diyakini mengandung unsur-unsur obata-obatan?

  • wibisono
    10 November, 2009, 9:10

    wow keren kang… dolan terus.. kapan2 ajak2 dong…

  • ivan
    11 November, 2009, 12:20

    salam kenal

  • haris
    11 November, 2009, 20:22

    saya selalu ingin berendam air panas yang ada belerangnya. belum pernah soalnya. * katrok* :D

  • komuter
    12 November, 2009, 14:22

    bangka….
    ternyata ada pemandian air panasnya juga, kirain cuma pantai.

  • noersam
    16 November, 2009, 1:02

    wah enak banget nie mandi disini…

  • wahyoe
    16 November, 2009, 11:15

    hmmmmm…jadi pngennnnn :D

  • Aribicara
    21 November, 2009, 0:06

    Aku ngelirik aturan soal pelarang membawa makanan ke dalam lokasi :D

    itu biar beli makanan di sono yach bro ? atau memang ga ada penjual makanan ? :D

    salam :)

  • wi3nd
    30 November, 2009, 14:12

    penuh ya tempat pemandiannya?

    ada rusanya ju9a yah,waa..seruu yo :)

Leave a Comment