Pemandian Air Panas Kalianget, Kalibening

Hampir setahun kami tidak berkunjung ke Kalibening, ketika kami kembali menengok suasana Kalibening, ternyata banyak hal yang telah berubah. Kondisi ibukota kecamatan yang bertambah ramai seiring dengan pembangunan beberapa minimarket dan toko baru.

Kalianget merupakan sebuah tempat pemandian air panas yang terletak di sebelah selatan dari ibukota kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara. Berada di area Perhutani, RPH Kalibening.

Pintu Masuk Pemandian Kalianget, Kalibening

Lokasi Pemandian Air Panas Kalianget berada di sebelah selatan dari ibukota kecamatan Kalibening. Waktu tempuh perjalanan dari ibukota kecamatan Kalibening kurang dari sepuluh menit. Akses jalan berupa jalan aspal yang dapat dilalui hingga kendaraan roda empat. Kondisi jalan sebagian mengalami kerusakan akibat sering dilalui kendaraan jenis truk yang mengangkut beban berlebih. Saat ini belum ada rencana perbaikan jalan menuju kawasan pemandian ini.

Ketika kami tiba di pemandian air panas Kalianget, pemandian ini sudah dikelola oleh Dinas Kehutanan karena lokasi obyek wisata ini berada di lahan Departemen Kehutanan. Saat ini telah dibangun sebuah gapura lengkap dengan loket karcis tiket masuk.

Pembangunan faslitas Pemandian Air Panas Kalianget Kalibening dilakukan oleh masyarakat sekitar bekerjasama dengan RPH Kalibening. Fasilitasdibangun secara bertahap mulai dari pos retrbusi masuk dan area parkir. Kedepannya akan ditambah fasilitas lain seperti kamar mandi/wc dan kamar ganti.

Mata Air Panas Kalianget, Kalibening

Dahulu ketika kami pertama kali mengunjungi Kalianget, belum terdapat gapura pintu masuk, sekarang sudah dibangun sebuah gapura yang terbuat dari kayu beserta loket tanda masuk Obyek Wisata Pemandian Air Panas Kalianget.

Menurut orang-orang sekitar, retribusi obyek wisata ini hanya ada pada hari minggu saja. Kami yang datang di hari sabtu tidak dikenai biaya. Petugas juga tidak tampak menjaga obyek wisata ini.

Kandungan mineral dari air panas Kalianget dapat mengobati dan menyembuhkan penyakit kulit, pegal-pegal, dan capek. Tidak sedikit orang yang menggunakan air panas Kalianget untuk terapi pengobatan dan wisata penghilang rasa stres.

Bilik Mandi Pemandian Kalianget, Kalibening

Di dekat pintu masuk sudah dibuat lahan untuk parkir kendaraan sepeda motor dan sekarang motor sudah tidak dapat turun mendekati ke lokasi pemandian. Kondisi bilik mandi masih sama seperti dahulu, hanya dibatasi oleh sekat dinding setinggi kepala orang dewasa, tidak beratap dan berpintu. Belum ada pembangunan bilik mandi tertutup di Pemandian Kalianget Kalibening ini.

Sungai Di Bawah Pemandian Air Panas Kalianget, Kalibening

Mengenai sumber air panas sudah rutin dibersihkan dari ganggang dan tanaman liar yang dapat menyumbat pipa-pipa penyalur air panas. Mengenai kualitas obyek wisata yang dirasa kurang layak memang dapat dimaklumi mengingat retribusi hanya sekitar Rp 1.000,- per pengunjung. Cukup murah biaya retribusinya dibandingkan obyek wisata yang lain.

-----------
Bookmark and Share

Ada 57 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    wuih, jauh amat mpe Banjarnegara segala. Ndak sekalian nyari dawet No? :D

  2. yayat38:

    ini juga saya baru denger tu Mas. Banyak banget ya di negeri ini tempat wisata yang belum terpromosikan dengan optimal.Terima kasih atas infonya.
    Salam hangat selalu :)

  3. kampoeng:

    menarik sekali mas….dan mungkin akan semakin membantu kalau ada peta lokasinya, kecamatan, kabupaten, dsb ..(bagi yg ingin berkunjung spt saya :)

  4. antokoe:

    ayo bapak2 yang punya kuasa di Banjarnegara, ini ada potensi wisata yang bagus, kenapa gak dikembangkan…

  5. Budy Santoso:

    Harusnya lebih dipelihara dan dilestarikan cagar budaya seperti ini dimana nih pihak departemen pariwisata daerahnya kok punya obyek wisata sangat bagus dibiarkan saja.

  6. hpnugroho:

    wah, sayang banget ya, banyak obyek wisata yg bagus tapi kurang terawat …
    mungkin orang lebih suka sama obyek wisata yg modern ..

  7. zee:

    Wajar sih, bayarnya aja 1000 perak. Parkir aja udah 2000 skrg di Jkt hehe.. Tp retribusinya itu masuk kas pemda ato jgn2 masuk kantong si masnya? Kadang kala terlalu sedikit jg dianggap utk uang jaga si mas aja.

  8. Anas:

    mudah-mudahan pemerintah memperhatikan obyek wisata yang satu ini. Semoga kondisi alam yang ada, tidak semakin rusak..

  9. Setiawan DirgantaRa:

    Sayang sekali kalau obyek wisata yang menawarkan panorama indah seperti ini tidak mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

  10. rio seto:

    wow… beautiful! di-inggeris-kan untuk menarik turis, di-lengkapi data seperti usul mas kampoeng di atas (google map, hotel terdekat, restoran, transportasi, dll.) dan usulan sarana perbaikan bagi pemda.. wah, blognya bisa jadi duit nih!

    salam,

  11. pakne galuh:

    kelihatannya tempatnya kurang bersih yah mas :)

  12. gajah_pesing:

    muantab sumantab dalam usaha mengenalkan pariwisata Indonesia, semoga ada donatur yang akan membiayai segala perjalananmu untuk menyusuri kota-kota yang ada di Indonesia seluruhnya, amin!

  13. azaxs:

    wah liat photone rasane wes anget kang.. pingin runu.. hehe

  14. Yusuf Hermawan:

    kok dadi pengen rono yo? tor rareti dalane. . hehehe

  15. Pencarian:

    waduh sepertinya kok tamasya terus. wah pintu masuknya seperti bangunan di sumatera

  16. arifudin:

    wah bisa buat berendam ngilangin pegal-pegal nich ;)

  17. Bhirawa:

    Mandi air panas emang menyegarkan dan menyehatkan
    salam kenal mas dari Surabaya

  18. katakataku:

    bukan hanya pemerintah saja, tapi semua unsur juga yah :D

    KAMI; siapa aja yah (thinking)

  19. Irawan:

    Wah belum pernah kesana, jauh bener…. kok kayanya sepi bener…. di foto ga ada penampakan orang… Tapi kayanya kalo foto orang mandi bisa dihajar rame-rame…

  20. Angga Labyrinth:

    Hmm,,, tempat pemandian nya keliatan nya ngkabisa leluasa ya :)
    wajar sih bayarnya juga murah

    yang jelas perjalanan nya yang menyenangkan
    :)

  21. racheedus:

    Mas Anno kayaknya perlu juga mengunjungi obyek wisata pemandian air panas yang banyak terdapat di Jawa Barat, seperti Cipanas di Garut, Ciater, Sekarwangi, dan lain-lain. Sebagian obyek wisata sudah dikelola dengan baik.

  22. wahyu:

    gerbangnya bagus.. tapi tempat pemandiannya kok gitu ya? hehe..piss! ya benar semoga pemerintah jangan mikirin uang uang uang tok, tapi pikirin wisata, warisan budaya, ama pendidikan di daerahnya :)

  23. tukangpoto:

    Sayang jika wisata lokal yang bisa menghasilkan pendapatan daerah tidak dikelola dengan baik, apalagi alamnya masih asri.

  24. soewoeng:

    sayang ya mas… ora terawat

  25. Hary4n4:

    Maaf, maksud saya..yg di pacet itu lebih terawat..hehehe :)

  26. meylya:

    sayang sekali bilik²nya gak terawat

  27. Eka Situmorang-Sir:

    Weeeh.. kalo pemandaiannya begitu…
    Kayaknya saya gak jadi mandi deh :(

  28. bisnis online ala eros:

    patut disayangkan kondisi seperti ini
    mestinya dikembangkan sehingga menjadi objek wisata potensial

  29. bali guide:

    wah sangat disayang kan yah…padahal ini potnsi wisata yang menjanjikan.

  30. cah ndeso:

    duuhh…. romantis banget dah tempatnya. Kapan yak bisa kesana? :roll:

  31. achmad sholeh:

    kayaknya damai banget tempat ini, untuk refereshing

  32. andif:

    pemeliharan tempat/daerah wisata tidak bisa lepas dari peran pemerintah kota, mari kita lestarikan tempat tempat wisata di daerah kita
    salam,

  33. ALRIS:

    Bener-bener masih alami. Sayang kurang resik, ya.

  34. nurrahman:

    belum pernah kesana juragan…pengen

  35. narno:

    dari dulu nama Kalianget hanya dengar namanya saja, saat berada di Dieng saya tak sempat main ke kalianget, malah teman-teman yang KKN di Kalianget banyak yang main ke Dieng

  36. sedjatee:

    muantaps… tak terlalu jauh dari rumah (temanggung) tapi belum pernah kesana,…. tahunya juga dari blog ini… hehehe… salam sukses….

    sedj

  37. HAPIA Mesir:

    subhanallah indahnya. jadi kangen indo ni

  38. HumorBendol:

    Sumber Air Panasnya kok kayak kotor ya bro?

  39. omagus:

    hampir sama liburannya tapi saya kemren ke ciseeng bogor..!
    sama tempat pemandian air panas juga..!

  40. spydeeyk:

    saya kapan bisa jalan2 yah.. :( , klo kesini pasti cembokur liat teamtouring koq bisa ya jalan2 teroz… :D

  41. zulhaq:

    harus di promosiin lebih kenceng nih biar rame

  42. Curug Baru itu Bernama Curug Kasinoman | TeamTouring:

    […] Terakhir Agus: Bung mg sukses dgn kalianget nya. Guspu…zulhaq: harus di promosiin lebih kenceng nih bia…spydeeyk: saya kapan bisa jalan2 yah.. :( , klo […]

  43. Bung Eko:

    Wah, kayanya lebih bagus dan lebih tenang ketimbang pemandian air panas di Guci, Tegal. Jadi pengen mampir ah kapan2. :D

  44. arwanasatria:

    kalianget kalibening adalah salah satu dari obyek wisata yang derada di kecamatan kalibening banjarnegara sayang ya baru sedikit orang yg baru tahu,bahkan banyak dari pengunjung yang datang bukan orang banjarnegaranya melain kan dari daerah lain spt, pekalongan,pemalang batang ,jakarta dsb.semakin hari,semakin bulan semakin tahun, kalianget semakin ramai,bahkan semakin banyak yg ingin berkunjung. untuk menik mati keindahan panoramanya srta kesejukan alamnya, yg masih asli dan alami,buat yg penasaran ayo kunjungi obyek wisata kali anget kalibening.

  45. ja'far shodiq:

    mas aku asli kalibening ne…

    setiap hari aku kesitu…

    kali anget udah dibangun mas..
    udah bagus..

    tempatnya aja bersih ga kotor kok….

    untuk ket lebih lanjut hub saya di facebook…. http://www.facebook.com/jafar.peckok

    atau di group kami http://www.facebook.com/jafar.peckok#!/group.php?gid=122579414524&ref=search&sid=ceqoVndWR_0RVCmyBxYcdw.626359660..1

  46. ja'far shodiq:

    groupnya wajik klethik kalibening

  47. puji solikhin:

    kalibening selalu tingkatkan pariwisata kita supaya menjadi sebuah kecamatan yang lebih maju dari yang lain.

    wing kalibening asli kemrangen

  48. WISNU SAPTO NUGROHO:

    tempatnya deket sama curug sinoman ga???

  49. aripujianto:

    jgn lpa nex ke kalianget mampir tmpat ku…..yg pasti aku bangga jd orang kalibening…walau pun di desa.

    • aripujianto:

      air panas di kalianget bisa menyembuhkan penyakit kulit lho…….maka nya buruan maen ke kalibening….

  50. achay:

    wah hebat ternyata desaku sudah menjadi obyek wisata n udah online di internet aq bangga plus terkagum kagum…. nanti kalo ke kalibening lagi mampir ke rumahq yaa

  51. achay:

    coba tahun ini ber kunjung kesana lagi udah lebih brobah lagi kemaren aq habis dari sana malah rencananya tahun 2011 akan dibangun secara permanen… amien sukses buat kalibening…

  52. iyek:

    jadi kangen pengen adus kali anget

  53. iya iryandi:

    saya asli kalibening dan dari rumah ke kalianget hanya membutuhkan waktu antara 10-15 menit saja,, memeng kalianget sekarang beda dg kalianget yang dlu… skrg lbh cihuiyy,, adem dan wahhh ga kebayang deh suasananya seger dan jauh dari yang namanya polusi, cobain saja ke TKP

  54. jo:

    sya asli kalibening, kabar terbaru kalianget sekarang dah berbenah kolam sudah di bangun berbentuk setengah linkaran dan kawasan wisata sudah dikembangkan , lebih bersih, ada gua jga lo disana, bilik kamar mandi berdinding tembok tinggi, lebih seru lagi ditemukan sumber mata air hangat yg baru…………semoga pemerintah daerah bisa lebih aktif lgi untuk mengembangkan sektor wisata kalianget, kalibening, Banjarnegara

Kirim pendapat