Patung Sura dan Buaya (Surabaya)

Saat kendaraan kami mengelilingi kota Surabaya, kami melihat sebuah patung yang terletak di tepi jalan bersimbol sura dan buaya (suroboyo) yang saling melingkari. Patung Sura dan Buaya berdiri kokoh di tengah-tengah sebuah taman itu saat ini merupakan salah satu landmark kota Surabaya.

Patung Sura (ikan hiu) dan Buaya yang terletak di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan ikon kota Surabaya. Kedua hewan tersebut menjadi inspirasi nama Surabaya.

Pada mulanya pembangunan patung Sura dan Buaya hanya sebagai penghias gerbang masuk Kebun Binatang Surabaya. Namun karena gesekan dari cerita masyarakat dan perkembangan zaman akhirnya patung tersebut menjadi salah satu ikon atau landmark kota Surabaya. Maka tidak heran bahwa banyak syuting film disekitar tempat ini untuk menunjukkan kesan bahwa syuting tersebut benar-benar dilakukan di kota Surabaya.

Bila diamati dengan teliti, bentuk patung Sura dan Buaya terlihat cukup sederhana tanpa terlihat ornamen-ornamen yang mengelilinginya. Tidak terlihat sebagai buah karya seorang seniman yang memiliki nilai seni dan penuh dengan makna. Sepertinya dibangun oleh para pekerja bangunan saat memperbaiki dan mempercantik kota Surabaya. Patung sura dan Buaya dibangun dengan bahan dasar berupa semen, pasir, dan batu bata. Tidak ada yang istimewa dari proses pengerjaan ataupun bahan pembuat patung. Namun demikian, patung suro dan boyo ini menjadi salah satu tujuan utama untuk berfoto ketika berkunjung ke kota Surabaya. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share

Kirim pendapat