Pantai Trenggole, Dibalik Keramaian Pantai Pulang Syawal

This item was filled under [ Story ]

Tidak banyak yang tahu bahwa dibalik keramaian Pantai Pulang Syawal (yang terkenal dengan cafe Indrayanti) terdapat sebuah pantai yang memiliki keindahan yang tidak kalah menarik. Pantai Trenggole namanya dan letaknya hanya dibalik bukit sebelah timur Pantai Pulang Syawal. Kondisi pantai ini tergolong sepi dan berbanding terbalik dengan Pantai Pulang Syawal yang terdapat di sebelah baratnya.

Pantai Trenggole terletak di dusun Ngasem, desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul.

Pemecah Ombak di Pantai Trenggole

Untuk menuju ke Pantai Trenggole bisa dilakukan dengan berjalan kaki dari Pantai Pulang Syawal atau menggunakan kendaraan pribadi melewati jalan tanah yang telah diperlebar untuk kelancaran transportasi. Jalan yang dilalui menuju ke Pantai Trenggole hampir sama dengan Pantai Goa Watulawang karena letak Pantai Trenggole hanya berada di sebelah baratnya.

Saat tiba di Pantai Trenggole suasana tampak sepi dan berbanding terbalik dengan kawasan Pantai Pulang Syawal yang penuh dengan wisatawan. Hanya terlihat beberapa wisatawan yang berkunjung di pantai dan sepertinya mereka berjalan kaki dari Pantai Pulang Syawal. Menurut pengamatan saya, sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pantai ini merupakan wisatawan yang jenuh dan kurang nyaman keramaian Pantai Pulang Syawal. Meskipun tidak menjadi kawasan wisata utama, kedepannya Pantai Trenggole cukup berpotensi menjadi kawasan wisata pelengkap Pantai Pulang Syawal seperti Pantai Somandeng yang berada disebelah barat Pantai Pulang Syawal.

Kolam Penampungan Air di Pantai Trenggole

Kondisi Pantai Trenggole yang mirip dengan Pantai Pulang Syawal karena berada disebelahnya membuat para wisatawan tidak perlu meragukan keindahannya. Batuan pemecah ombak di pinggir pantai memberikan keunikan tersendiri. Keberadaan batuan hitam berbentuk kubus tersebut jarang ditemui di pantai selatan Gunungkidul dan menurut informasi batuan tersebut sengaja diletakkan untuk mencegah abrasi saat ombak pasang. Di sudut barat terdapat beberapa bangunan mirip instalasi atau unit yang mengolah air laut untuk kolam/tambak. Beberapa kolam berukuran besar dibuat untuk menampung air laut sebelum diolah. Saat membaca papan nama tertulis Unit Budidaya Air Laut Pantai Sundak Kabupaten Gunungkidul. Sejauh yang saya ketahui, beberapa pantai disebelah timur Pantai Sundak dahulu merupakan bagian Pantai Sundak yang mengalami pemekaran.

Keberadaan bangunan pengolahan air laut, batuan pemecah ombak, dan pasir putih pantai memberikan daya tarik Pantai Trenggole yang sedikit berbeda dengan Pantai Pulang Syawal disebelah baratnya. Tidak adanya restoran dan cafe tidak mengurangi keindahan Pantai Trenggole dan menurut saya tanpa keberadaannya justru memberikan daya tarik pantai yang asri dan alami. Harapannya pengembangan Pantai Trenggole tidak merubah keindahan yang ada dan menjaga kelestarian alam yang ada disekitarnya. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 1,245 views

Artikel yang Berkaitan

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

One Comment on “Pantai Trenggole, Dibalik Keramaian Pantai Pulang Syawal”

  • marsudiyanto
    4 September, 2013, 14:09

    Nama Pantainya bener2 Njawani…
    Kalau di Pati ada desa namanya Rendole
    Kalau pantai ini namanya Trenggole
    Ada lagi Trondolo :D

Leave a Comment