Pantai Kuwaru, Pantai yang Sarat Akan Hiburan

This item was filled under [ Bahari ]

Disebelah barat Pantai Pandansimo terdapat terdapat pantai yang terbilang cukup menarik dan menjadi salah satu andalan wisata keluarga saat ini. Pantai bernama Pantai Kuwaru ini cukup dikenal oleh para wisatawan yang pernah datang ke kota Yogyakarta karena digunakan sebagai wisata alternatif untuk mengurangi banyaknya pengunjung di Pantai Parangtritis.

Pantai Kuwaru yang terletak di Dusun Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DIY sederet dengan Pantai Pandansimo, Pantai Pandan Mino, dan Pantai Goa Cemara.

Perjalanan menuju ke Pantai Kuwaru cukup mudah dengan mengikuti Jalan Palbapang-Srandakan hingga simpangan tepat sebelum Jembatan Srandakan ambil jalan ke kiri ikuti papan petunjuk jalan. Berbeda dengan Pantai Goa Cemara yang pernah kami singgahi, saat pantai ini sudah ada penarikan retribusi objek wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah. Memasuki kawasan wisata Pantai Kuwaru terlihat suasana cukup ramai, tidak jauh berbeda seperti Pantai Parangtritis. Saat hari libur, kawasan parkir penuh sesak oleh kendaraan besar dan kecil karena akses jalan mudah dicapai dengan jenis kendaraan apa saja.

Saat berjalan menuju ke arah tepi Pantai Kuwaru, kami melewati sekumpulan pohon cemara udang yang ditanam di tepian pantai, mirip dengan kondisi Pantai Goa Cemara. Namun bedanya pohon cemara udang disini cukup renggang jarak antar pohon, tidak lebat, tidak seperti hutan, dan memanjang dari ujung yang satu ke ujung yang lain. Keberadaan pohon cemara udang yang cukup rindang ini masih membuat suasana tepi pantai tetap sejuk dan melindungi dari sinar matahari yang cukup menyengat. Selain itu fungsi utamanya adalah menahan kerasnya angin laut dan mengurai abrasi pantai selatan.

Di dekat sekumpulan pohon cemara udang, terdapat beberapa fasilitas penunjang yang dibangun oleh penduduk setempat dan investor lokal seperti warung makan yang menyajikan hidangan laut, warung yang menjual bermacam-macam souvenir, kolam renang khusus anak-anak yang jumlahnya ada beberapa buah, kamar mandi untuk berbasuh setelah bermain ombak, kereta api mini, arena mandi bola, dan masih banyak lain. Fasilitas yang ada terbilang paling lengkap diantara pantai-pantai lain yang berada di wilayah kabupaten Bantul.

Persewaan ATV juga tidak ketinggalan disewakan untuk berkeliling di lokasi pantai, sama seperti di Pantai Parangtritis. Bila kita menyewa ATV, kita bisa berkeliling kawasan Pantai Kuwaru dari ujung barat ke ujung timur atau sebaliknya dengan melewati jalanan yang cukup rindang oleh tingginya pohon Cemara Udang. Keberadaan ATV terbilang cukup menarik meskipun kekurangannya tidak terdapat jalur khusus untuk kendaraan ATV dan menggunakan jalan bersama dengan para pejalanan kaki di kawasan Pantai Kuwaru. Antara pengunjung Pantai Kuwaru dan pengendara ATV harus berhati-hati agar tidak tertabrak atau menabrak yang mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketika menengok ke tepian pantai, kontur pantai mirip dengan pantai-pantai lain yang terletak di kabupaten Bantul. Tepi Pantai Kuwaru memiliki kemiringan yang cukup curam dan pasirnya berwarna kecoklatan. Area tepi pantai ini cukup sempit apa lagi ketika pasang ombak naik hingga mendekati kawasan pepohonan cemara udang. Ombak di pantai ini cukup ganas karena tidak ada tebing atau karang yang memecah gelombang dan di dekatnya terdapat palung laut yang berbahaya. Larangan berenang dan penjagaan cukup ketat oleh tim SAR meskipun kadang beberapa wisatawan nekat bermain ombak laut.

Dampak negatif yang ditimbulkan oleh setiap wisata pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan yaitu masalah sampah. Di beberapa area pasir pantai dan pepohonan cemara udang, banyak ditemukan tumpukan sampah dan sebagian berserakan sehingga cukup menganggu pemandangan. Hal ini perlu mendapat perhatian bagi pengelola pantai untuk mempersiapkan petugas pembersih sampah dan menyediakan tempat sampah di beberapa titik lokasi strategis di Pantai Kuwaru. Diharapkan kesadaran wisatawan untuk turut serta menjaga kebersihan kawasan wisata agar tetap lestari dan bersih.

Wisata kuliner makanan laut pun terbilang cukup lengkap dan hampir sama dengan kawasan wisata Pantai Depok. Namun sebelumnya kita tetap harus berhati-hati untuk menanyakan harga terlebih dahulu. Kami berkesimpulan Pantai Kuwaru memang cukup menarik dan cocok digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga pada khususnya dan semua kalangan pada umumnya. Fasilitas yang ada terbilang cukup lengkap daripada pantai-pantai lain. Pengelola Pantai Kuwaru beserta pemerintah daerah masih perlu membenahi beberapa permasalahan yang muncul agar kawasan ini tetap menarik dan terjaga lingkungannya.

Sedikit saran untuk kedepannya, sebaiknya dibuat jalur khusus untuk pengguna ATV agar tidak berkeliaran di jalan untuk berjalan para wisatawan supaya meminimalisir terjadinya kecelakaan. Masalah abrasi Pantai Kuwaru yang cukup tinggi dibandingkan pantai-pantai lain di wilayah kabupaten Bantul harus ditangani secara serius agar terjaga lingkungannya dan wisatawan tetap nyaman berkunjung ke pantai ini. (text/foto: annosmile)

== Tiket Masuk

Dewasa: Rp 5.000,-/orang

Kendaraan: Rp 1.000,-/unit

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 5,370 views

Artikel yang Berkaitan

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

7 Comments on “Pantai Kuwaru, Pantai yang Sarat Akan Hiburan”

  • haris
    4 August, 2011, 10:47

    saya orang Solo, tapi jarang menjelajah pantai2 di sekitar DIY. ternyata sangat banyak. ini kali pertama saya dengar nama Pantai Kuwaru :D

  • Verdika
    5 August, 2011, 6:52

    Lorong pohon cemara udangnya bagus bangeet.. btw kalo dtng ke kuwaru sore2, bisa g kena tiket lho :D

  • suryaden
    23 August, 2011, 0:44

    pantai foya-foyakah?

  • kombor
    20 March, 2012, 20:51

    belum pernah ke pantai kwaru. orang pedukuhanku sih sering menyebut nama pantai ini. jebul di sebelah barat pantai pandansimo tah…

  • aprie
    12 December, 2012, 21:21

    wah..mash tetaggaan sama Pandansimo to…

    pohon2nya asyik tuh buat beteduh..

Trackbacks

  1. Pantai Goa Cemara, Rerimbunan Hutan Cemara di Tepi Pantai | TeamTouring
  2. Menengok Kawasan Mangrove Muara Sungai Opak | TeamTouring

Leave a Comment