Panorama Alam Kawah Gunung Bromo

This item was filled under [ Alam, Kawah ]

Setelah menikmati panorama sunrise Gunung Bromo dari Puncak Penanjakan, kami meneruskan perjalanan menuju Gunung Bromo untuk melihat langsung kawah Gunung Bromo dari dekat. Kami kembali mengendarai hardtop menuruni Gunung Penanjakan dan melewati padang pasir yang cukup luas. Adrenalin kami sempat naik ketika kendaraan yang kami naiki melewati medan pasir yang naik turun dan sesekali melewati lubang dan menerjang bebatuan.

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang terletak pada Pegunungan Tengger memiliki 2.392 meter di atas permukaan laut. Gunung Bromo terletak dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Daya tarik Gunung Bromo yang istimewa adalah kawah aktif yang mengepulkan asap putih dengan lautan pasirnya yang membentang luas di sekeliling kawah Bromo.

Hardtop yang kami naiki berhenti di kawasan parkir Taman Nasional Gunung Bromo yang berjarak 3 kilometer dari mulut kawah Gunung Bromo. Kami meneruskan perjalanan menuju Kawah Gunung Bromo dengan berjalan kaki. Bagi yang tidak kuat berjalan kaki, dari area parkir juga tersedia persewaan kuda untuk melewati lautan pasir menuju tangga naik ke Kawah Gunung Bromo. Harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan kuda cukup terjangkau meskipun kita harus menawarnya terlebih dahulu agar mendapatkan harga yang murah dan pantas.

Dalam perjalanan menuju Kawah Gunung Bromo, kami melewati sebuah bangunan peribadatan milik umat Hindu yang bernama Pura Luhur Poten. Pura ini terkunci dari luar karena sedang tidak ada peribadatan dan kami hanya bisa melihat isi bangunannya dari luar. Pemandangan pura ini tampak apik dengan latar Gunung Batok dibagian sampingnya. Perjalanan kami lanjutkan dengan mengikuti jejak langkah kaki dan jejak tapak kuda yang digunakan wisatawan untuk menuju tangga Gunung Bromo. Tangga ini dibangun untuk memudahkan wisatawan mencapai puncak Gunung Bromo.

Sejarah terbentuknya Gunung Bromo dan gunung-gunung yang ada disekitarnya berawal dari keberadaan Gunung Tengger (4.000 mdpl) yang merupakan gunung terbesar dan tertinggi saat itu. Kemudian terjadi letusan dahsyat yang menciptakan kaldera dengan ukuran diameter lebih dari 8 kilometer. Material vulkanik letusan gunung sekarang berubah menjadi lautan pasir, konon material tersebut pernah tertutup oleh air. Aktivitas vulkanik dengan munculnya lorong magma mengakibatkan terbentuknya gunung-gunung baru seperti Gunung Bromo, Gunung Widodaren, Gunung Batok, Gunung Watangan, Gunung Kursi dan Gunung Semeru

Di mulut tangga naik ke puncak kawah Gunung Bromo, suasana cukup ramai. Selain wisatawan yang mengantri menaiki tangga, tempat ini banyak terdapat orang yang menyewakan kuda untuk wisatawan yang akan kembali menuju pos parkir dan beberapa penjual makanan dan minuman. Terlihat hiruk pikuk wisatawan bergantian menaiki dan menuruni tangga yang tinggi dan sempit. Para wisatawan termasuk kami harus menaiki anak tangga yang berjumlah sekitar 250 buah untuk menuju puncak Gunung Bromo.

Udara dingin dan rendahnya kadar oksigen pada tempat yang tinggi membuat tubuh kami cepat lelah. Untung saja di beberapa titik tangga diberi ruangan sedikit lebih lebar yang berfungsi untuk tempat beristirahat walaupun hanya dengan berdiri. Dari titik pemberhentian tersebut, kita dapat menikmati pemandangan lautan pasir yang luas berlatar tebing gunung. Sebagian tebing gunung yang tertutup kabut perlahan-lahan mulai memudar ketika sinar matahari mulai menyengat.

Menurut mitos tentang asal usul Suku Tengger. Dahulu di pulau Jawa di perintah oleh Raja Brawijaya dari Majapahit yang mempunyai anak perempuan bernama Rara Anteng yang menikah dengan Joko Seger, keturunan Brahmana. Ketika terjadi pergolakan di pulau Jawa, sebagian masyarakat yang setia pada agama Hindu melarikan diri ke pulau Bali. Sebagian lainnya menarik diri dari dunia keramaian dan bermukim di sebuah dataran tinggi di kaki Gunung Bromo, dipimpin oleh Roro Anteng dan Joko Seger, jadilah mereka suku Tengger, kependekan dari AnTeng dan SeGer.

Rasa puas tercipta ketika tinggal beberapa anak tangga yang harus kami lalui dan tiba di Puncak Gunung Bromo. Dari Puncak Gunung bromo ini kami bisa melihat jelas kepulan asap kawah yang keluar dari mulut kawah. Di sekeliling mulut kawah Gunung Bromo dikelilingi oleh pagar beton sebagai batas aman pengunjung dan larangan untuk melewati pagar. Bila diperhatikan luas area kawah Gunung Bromo lebih kecil daripada luas area Kawah Ratu di Gunung Tangkuban Perahu, namun lubang kawah di Gunung Bromo lebih besar dan kepulan asap kawah lebih tebal.

Bau belerang cukup tebal saat kami berada tepat berada di mulut kawah Gunung Bromo. Banyak wisatawan mengabadikan munculan asap belerang dari lubang kawah Gunung Bromo tak terkecuali kami. Asap yang berwarna putih yang keluar dari mulut Kawah Gunung Bromo ini merupakan tanda bahwa aktivitas gunung berapi berlangsung normal, apabila berubah warna menjadi gelap terjadi peningkatan aktivitas.

Selain itu dari puncak Gunung Bromo, kami bisa melihat pemandangan alam berupa lautan pasir yang luas, padang savana dibagian ujung, dan Gunung Batok yang terletak di sebelah Gunung Bromo. Sungguh sebuah pemandangan yang sangat mempesona bagi kami dan wisatawan yang lain.

Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru ini memang layak menjadi obyek wisata andalan Indonesia di mata dunia. Dari waktu ke waktu jumlah wisatawan yang berkunjung ke taman nasional ini terus meningkat baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Wacana pembatasan jumlah pengunjung sepertinya perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dan ekosistem yang ada. Edukasi mengenai sampah juga perlu dilakukan agar wisatawan dapat membawa sampah mereka hingga penginapan dan tidak membuang sampah di area taman nasional. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 21,992 views

Artikel yang Berkaitan

  • Cemoro Lawang, Gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Nama Cemoro Lawang memang tidak asing lagi bagi wisatawan yang menyukai wisata pegunungan. Cemoro Lawang merupakan salah satu jalur menuju ke Taman Nasional Gunung Bro...
  • Puncak Penanjakan, Puncak Para Tower Pesona puncak Pananjakan memang memberikan daya magis bagi yang ingin menikmati pesona matahari terbit (sunrise) dengan pemandangan jajaran pegunungan Tengger seperti ...
  • Keindahan Sunrise Di Puncak Gunung Penanjakan Dini hari pukul 03.00 tiba saatnya untuk berangkat menuju ke Puncak Gunung Penanjakan yang jaraknya sekitar 6 kilometer dari Cemoro Lawang. Kami telah menyewa hardtop ...
  • Pasir Berbisik Bromo Ada sebuah kawasan di area Taman Nasional Gunung Bromo, Tengger, Semeru yang namanya tiba-tiba terkenal ketika dipopulerkan oleh film layang lebar nasional lebih dari ...
  • Indahnya Bukit Teletubbies Bromo Para wisatawan lebih mengenalnya dengan Bukit Teletubbies daripada kawasan perbukitan padang savanna Gunung Bromo. Penamaan Bukit Teletubbies mengacu pada kemiripan bu...
  • Serunya Naik Jeep Hardtop di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jeep dan Hardtop merupakan salah transportasi yang kami gunakan untuk berwisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini. Pukul 03.00 dini hari, pintu kamar kami sud...
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

59 Comments on “Panorama Alam Kawah Gunung Bromo”

  • ael
    11 February, 2010, 11:25

    dolan wae, ckckck

  • manusiahero
    11 February, 2010, 11:33

    weleh kapan ajak aku jalan nih… insyaallah liburan panjang mo jalan lagi ah kejawa hehe

  • Rozy
    11 February, 2010, 11:43

    belum kesampaian sampai sekarang ke Bromo

  • Bang Iwan
    11 February, 2010, 12:07

    Saya pernah mampir tahun 2003, jadi kangen untuk berkunjung balik.

  • xitalho
    11 February, 2010, 12:11

    Asemik… dolan terus… marai iri wae..hhehehe..

  • Xitalho
    11 February, 2010, 12:15

    Mantab tenan pemandangane G. Bromo, kapan ya bisa nyampe sono??

  • bambang catur
    11 February, 2010, 13:15

    woo…
    tutup wae bloge iki :(

    marai pengen :’o
    asem…asem.

  • mpokb
    11 February, 2010, 13:45

    dulu waktu kecil pernah bacar komik tentang legenda tengger.. :D foto dan artikel yang keren… bromo, salah satu tempat yang belum kesampaian didatangi… :(

  • mawi wijna
    11 February, 2010, 14:43

    terakhir kali ke Bromo itu kelas 6 sd sempet naik kuda juga. Semoga kapan tahun diijinkan untuk kesana lagi. :D

  • sedjatee
    11 February, 2010, 15:53

    lama tak berkunjung kepadamu, sahabat… semoga dirimu sehat selalu… makin mantaps saja… terus bertualang… salam sukses…

    sedj

  • kips
    11 February, 2010, 16:02

    Alhamdulillah bisa berkunjung kembali.
    Memang keren ya pemandangannya, sayang belum kesampaian :-D

  • Indra
    11 February, 2010, 16:03

    Terima kasih atas silaturahmi yang terjalin dengan baik.
    Salam hangat.

  • iLLa
    11 February, 2010, 17:11

    wihh pic yg pertama, yg berkabut itu terkesan “perkasa” amat yak…
    dan agak mistis :D

  • nahdhi
    11 February, 2010, 17:35

    Waw…. foto2ne bikin pengen kesana aja…

  • raiderhost
    11 February, 2010, 18:30

    dolan wae kowe kie ..

    kapan lulus’e :D

    xixixiix

    sok maneh yen dolan ak diajak

  • Zaiful Anwar
    11 February, 2010, 19:43

    sungguh panorama alam yang sangat indah gan,
    sayang saya belum kesana..

  • MacFamous
    11 February, 2010, 21:14

    seumur2 sy malah belum pernah ke bromo mas anno .. wahahha terlalu .. ;)
    btw klo g boleh mo minta dukungan kontes nih mas .. tp klo spaceny ud penuh ya ud gpp .. hehehe makasih mas .. ;)

  • PRof
    11 February, 2010, 21:43

    BRomo…..keindahan yang tak cukup sekedar didengar…..
    HARUS kesana pokok’e…!!!

  • Kang Sugeng
    11 February, 2010, 23:03

    asemik….! bar ko bromo yo..? ngunu ra gelem mampir mahku…

  • sauskecap
    11 February, 2010, 23:19

    wah kapan saya bisa kesini…. tapi masi ragu dengan kemampan mendaki gunungku…

  • ocy
    12 February, 2010, 0:47

    lama ga ke bromo,,
    *padahal yo belum pernah*hehehe,,jadi mupeng ne,,

  • shalimow
    12 February, 2010, 9:46

    jadi pingin kesini lagi, udah agak lama
    thanks ya bos

  • Ndoro Seten
    12 February, 2010, 13:34

    belum pernah kesana je…

  • adamroz
    12 February, 2010, 15:04

    wah.. luar biasa.. bromo adalah pemandangan yg indah.. mari kita jaga bersama

  • ciwir
    12 February, 2010, 16:48

    bocah kok dolan wae….

  • Edi Psw
    12 February, 2010, 17:15

    Ternyata dalam juga ya kawah gunung bromo itu.

  • soewoeng
    12 February, 2010, 17:37

    gung pernah mbrono bos….
    kapan iso mbrono ya?

  • ageonk70.net
    12 February, 2010, 20:27

    wuahh indah dan alami banget tuch pemandangannya keren-keren…
    jadi kepengen kesana tapi kapan yah? hohoho….

  • agoenk70
    12 February, 2010, 20:28

    wuahh indah dan alami banget tuch pemandangannya keren-keren…
    jadi kepengen kesana tapi kapan yah? hohoho….

  • intan rawit
    12 February, 2010, 21:14

    btw itu sewa hardcornya harus dibooking yah> kalo misal perginya cuma berdua or bertiga aja tarifnya gimana mas?

    annosmile Reply:

    kalau mau sewa tinggal dateng ke pangkalan jeep saja
    biaya sewa dihitung per kendaraan bukan perorang

  • Zay Ariefz
    12 February, 2010, 23:44

    Wah, keren bromo yah. . . ? Kayaknya besok hari Kamis mau kesana juga deh.

  • Andi
    13 February, 2010, 0:28

    wah saya sama sekali belum pernah ke bromo, pak.

  • Munir ardi
    13 February, 2010, 5:51

    Cantiknya bromo ya sahabat, jadi ngiler pingin kesana

  • geblek
    13 February, 2010, 9:46

    sya pengen kesana lagi pengen motoin awannya ituloh :)

  • Reza Fauzi
    13 February, 2010, 17:01

    ya ampun jadi pengen ke sana.. saya ga pernah kemana-mana nih hahaha

  • tomi
    13 February, 2010, 17:34

    wahhh jadi pengen…
    blm pernah kesana e

  • andry sianipar
    14 February, 2010, 15:21

    Salam super-
    salam hangat dari pulau Bali-

    mantabbbbbbbb……..
    indah banget ya…

  • Putra Eka
    15 February, 2010, 19:53

    wah keren banget panoramanya mas :)

  • yayat38
    21 February, 2010, 0:20

    Ini sebuah gunung yang membuat saya terpukau akan pemandangan yang indahnya. Jadi pengen ke sana lagi setelah membaca artikel ini :)
    Trims Mas.
    Salam hangat selalu :)

  • yangputri
    2 May, 2010, 7:22

    duh pengennya diriku ke sana tapi blm kesampean hingga saya komen diblog ini

  • senoaji
    7 May, 2010, 23:59

    titip peyek nek muleh!

  • cutie
    20 May, 2010, 11:58

    wiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhh kereeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnn
    jd pengen kesana deh……………………………

  • ta2
    25 May, 2010, 22:53

    tanggal 1jan 2010 kemarin saya n tunangan ke bromo naik sepeda motor dari malang-probolinggo, kita lebih suka di cemorolawang daripada di pananjakan soalnya lebih rame, saya berangkat jam 3 dari malang trus nyampe jam 7 di bromo, dapet penginapan 75rb, murah g???
    rencana tanggal 5 juni saya mau kesanan lagi, pemandangannya merindukan, saya memang alumni PA

  • Susan Hendrawan
    1 October, 2010, 11:26

    Subhanallah….. Panorama Gunung Bromo..Kerenzz buanget deh.. Jadi Pengen kesana lagi…^_^

  • ronigress
    14 February, 2011, 11:22

    kayanya seru banget petualangannya.sekaang kemana lagi nih.lam knal bro.ok

  • ika pratiwi
    25 March, 2011, 9:31

    ya allah gunung bromonya keren banget

  • fajar tanjung
    21 December, 2011, 10:20

    souvenir khas bromo apa ?
    kalau nyewa kuda itu tarinya dari mulai berapa ????
     mohon bantuannnya soalnya saya minggu depan mau menuju ke Gn bromo 

Trackbacks

  1. Mitos Seputar Gunung Bromo | TeamTouring
  2. Menengok Sekilas Pura Luhur Poten | TeamTouring
  3. Cemoro Lawang, Gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru | TeamTouring
  4. Keindahan Sunrise Di Puncak Gunung Penanjakan | TeamTouring
  5. Serunya Naik Jeep Hardtop di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru | TeamTouring
  6. Tips Berwisata di Gunung Bromo | TeamTouring
  7. Homestay Tengger Permai | TeamTouring
  8. Gunung Batok | TeamTouring
  9. Indahnya Bukit Teletubbies Bromo | TeamTouring
  10. Pasir Berbisik Bromo | TeamTouring
  11. Lokasi Gunung Bromo | Peta

Leave a Comment