Nikmatnya Sate Blengong

This item was filled under [ Kuliner, Makanan ]

Pernahnya anda mendengar nama Sate Blengong? Ya, Sate Blengong merupakan salah satu makanan khas Brebes selain telur bebek (itik) asin dan teh poci. Biasanya Sate Blengong dihidangkan bersama-sama dengan Kupat Glabet, sejenis kupat yang banyak ditemukan di sepanjang kota Brebes, Tegal, dan Pemalang.

Blengong atau dikenal masyarakat sekitar dengan sebuah tiktok, adalah ternak unggas hasil persilangan antara bebek jantan dengan menthok (enthog) betina. Enthog memiliki sifat mengeram dan ukuran lebih besar daripada bebek.

Penyajian Sate Blengong cukup berbeda dengan sate-sate pada kebanyakan. Tusuk Sate Blengong berasal dari batang bambu yang ukurannya lebih besar dan panjang. Berbeda dengan tusuk sate kebanyakan yang menggunakan tusuk yang terbuat dari lidi. Potongan daging Blengong cukup besar dan banyak dalam satu tusuk sehingga dalam satu porsi hanya terdapat dua buah tusuk saja.

Dengan cita rasa yang khas, sate blenggong ini tetap dibakar diatas bara api seperti membakar sate biasa. Namun sebelumnya dilakukan perebusan daging blengong terlebih dahulu agar lebih empuk dan bumbunya lebih meresap. Kombinasi Sate Blengong dan Kupat Glabet dengan kuah yang tidak kental membuat cita rasa yang cukup unik. Kuah sate Blengong berasal dari santan dan beberapa bumbu dapur mirip seperti kuah opor, berbeda dengan Sate Madura yang menggunakan kuah bumbu kacang.

Ketika mencicipi daging blengong atau titok, rasanya lebih enak daripada daging ayam maupun daging bebek. Potongan serat daging yang cukup tebal dan rasa unik dari daging blengong itu sendiri. Bau amis tidak tampak saat kita menikmati makanan ini, mungkin karena proses memasaknya yang sempurna. Beberapa orang mengatakan daging blengong ini memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada daging itik sehingga aman dikonsumsi orang dewasa. Sate Blengong dan Kupat Glabet ini banyak ditemukan di beberapa sudut kota Brebes. Selamat mencoba dan berburu sate Blengong. (text/foto: annosmile)


Incoming search terms for the article:

    resep sate tiktok
-----------
Bookmark and Share
Popularity: 10,679 views

Artikel yang Berkaitan

  • Nikmatnya Sajian Sate Bebek Tambak Banyumas Bicara mengenai kuliner yang berasal dari daging bebek atau itik, di daerah Banyumas Selatan terdapat kuliner menarik bernama Sate Bebek Tambak. Kuliner Sate […]
  • Mencicipi Sate Sapi Suruh Ketika berada di Salatiga, tidak lupa kami berburu kuliner di kota ini. Setelah berkeliling dahulu di sekitar kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, akhirnya […]
  • Mengintip Sentra Pembuatan Telur Bebek Asin di Brebes Nama telur asin mungkin sudah tidak asing bagi mereka yang sering melakukan perjalanan menggunakan kereta api ekonomi dan bisnis menuju ke jakarta atau […]
  • Mancing Ikan Bandeng, di Brebes Setelah melakukan perjalanan dari Kuningan ke Brebes sambil berhenti di Waduk Malahayu, akhirnya kami memutuskan untuk memancing ikan di sebuah pemancingan […]
  • Sarapan Pagi di Warung Soto Ayam Pak Gareng Warung soto ayam yang berada diseberang timur Stasiun Tugu Yogyakarta seperti menjadi perhatian saya ketika melintasi Jalan P. Mangkubumi. Lalu lalang […]
  • Sajian Sederhana Mie Ayam Bu Edi Sutrisno Nama panjang warung Mie Ayam Ibu Edi Sutrisno sempat membuat saya hampir lupa dengan nama warung tersebut. Informasi keberadaan warung mie ayam tersebut […]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

63 Comments on “Nikmatnya Sate Blengong”

  • morishige
    14 March, 2010, 18:05

    wah, enak nih kelihatannya. di jogja ada nggak ya kira-kira? 

  • Bung Eko
    14 March, 2010, 18:17

    Wah, sampe Brebes ya, Bos?
    Hmmm, makin lama makin ke Barat nih petualangannya. Lama-lama sampai Merak trus nyebrang deh ke Sumatera. Btw, satenya looks delicious tuh. :D

  • Bang Iwan
    14 March, 2010, 18:21

    Enak banget nih…
    jadi ngiler.

    Bang Iwan Reply:

    Selamat malam sobat, sory baru sempat mampir.

  • eko magelang
    14 March, 2010, 18:57

    aduh bikin ngiler mas…..btw piye rasane enak pora

  • Deka
    14 March, 2010, 19:40

    Waduhhhhhh jadi tambah laper nie, mana belum makan lagi.

  • jejak anans
    14 March, 2010, 19:51

    sate blengong. kata blengongo itu artinya apa mas? dulu waktu saya di kampung, orang nyebutin blengong itu artinya bodoh.

    annosmile Reply:

    klo di brebes itu nama ternak persilangan itik dengan entog :)

  • mawi wijna
    14 March, 2010, 20:13

    Itik dengan Entok dibuat sate? dan cuma setusuk???

    annosmile Reply:

    ketauan fast reading :P

  • kakve-santi
    14 March, 2010, 20:34

    sate apa ini, kok cuma satu… mana keyang.. :)

  • alief
    14 March, 2010, 21:24

    jadi keinget temen yang dibrebes…., dulu aku juga dikasih suguhan sate tiktok saat maen kerumahnya. andai bisa main main lagi kesana…..

    duh…, lha kok malah nglantur dw????

  • pelintas batas
    14 March, 2010, 21:27

    jadi laper nie bacanya….., secara aku belum makan ditambah seharian ini online terus….

  • Kika
    14 March, 2010, 22:11

    Sate rasa annos enak ga yaa…

  • megi
    14 March, 2010, 22:52

    jadi kepingin… laper nih… :p
    salam kenal yah :D

  • geblek
    14 March, 2010, 23:57

    porsinya mirip sate jumbo di batam, seporsi hanya 3 tusuk. ukuran daging dan tusuknyapun juga jumbo.

    eh blengong itu apa sih mas

  • masad
    15 March, 2010, 4:39

    wah kaya e enak ni

  • kips
    15 March, 2010, 8:03

    Kelihatanya mantep, sayangnya pencernaan sy kurang baik jadi gak pernah makan daging itik ataupun bebek :-D

  • iLLa
    15 March, 2010, 8:17

    rasanya masih aneh tuh kalo makan sate gak pake bumbu kacang, *dah kebiasaan yg pake kacang soalnya*
    bdw blengong itu yg kek gimana siy?

  • gajah_pesing
    15 March, 2010, 8:51

    beberapa postingan terakhir kok banyak tentang kuliner bro? sejujurnya, saia lebih suka pengalamanmu tentang touring, bagaimana pun juga, I LOVE RIDE !

    annosmile Reply:

    sementara ini saya lagi seneng wisata kuliner bro :D

  • Seno
    15 March, 2010, 13:22

    Blengong itu hewan apa ya Sob? Baru denger saya :)

  • bidan yuni
    15 March, 2010, 14:02

    wahhhh jadi laper nich

    bidan yuni Reply:

    satu porsi harganya berapa tuch mas

  • Bang Aswi
    15 March, 2010, 15:29

    Ya, pertanyaan saya hampir sama dengan kawan2 yang lain. Blengong itu sejenis hewan apa, yang pasti bersayap ya? Itik bukan, ayam bukan? Lalu?

  • Sashy
    15 March, 2010, 17:55

    sate badak gimana rasanya mas? ? ?

    udah di Brebes mampir Purwokerto dong, nanti di bawain Empinge Estiko… hahaha (lmao)

  • Bang Aswi
    15 March, 2010, 22:33

    Saya pun langsung bertanya pada seorang teman asal Brebes. Jawaban Mas kurang lengkap. Katanya, Blengong adalah ras jantan sedangkan Tongki adalah ras betinanya. Pejantannya adalah Itik sedangkan betinanya adalah Entog karena Entog lebih mau mengerami. Hatur nuhun atas perhatiannya….

    annosmile Reply:

    terima kasih atas koreksinya mas
    komentar ini saya gunakan untuk melengkapi artikel diatas. terima kasih:)

  • Oyen
    16 March, 2010, 9:34

    weee…Oyen dulu tinggal di pemalang kagak tahu yang beginian, dulu ke brebes juga tahunya cuman telor asin sama bawang merah..ho..ho

    entar deh kalo kesana lagi bakalan dicari…thanks inpohnya :)

  • Jun
    16 March, 2010, 9:50

    enaknya ya touring mulu–bisa nyoba makanan” daerah laen :D

  • Oyen
    16 March, 2010, 9:52

    oh ya, salam kenal dari MBAK Oyen..ho..ho
    jangan panggil mas ya…tengkyu :)

  • Abu Ghalib
    16 March, 2010, 10:30

    daging bebek atau mentog saja udah enak bgt, gimana hasil persilangannya, pasti lebi yummy
    btw, boleh dibungkus ga bro?
    ngiler nih…

  • anna
    16 March, 2010, 12:40

    yummy… apalgi dengan penyajian yang beda bikin pengalaman unik yah.. :)
    tapi terus terang aja kalo bebek saya gak begitu cocok mas.. jadi saya menyimak aja ya :)

  • Darin
    16 March, 2010, 12:43

    wah seumur-umur belum pernah denger ni sate jenis ini :D padahal deket dari cerbon haha. jadi pengen juga nih, mantap!

  • inuel
    16 March, 2010, 13:11

    maaf, kemaren bacanya ngga begitu teliti, aku baca ada tiktok, nah tiktok thu aku ngga paham, ternyata enthok heheheh :D

  • Jidat
    16 March, 2010, 15:51

    Wah. . . Asik tuh mas enak tenan

  • audy
    16 March, 2010, 16:26

    waduuh….namanya lucuuu…mirip2 bengong hehehe… kapan ni paket sate blengongnya nyampe sby?

  • Mamah Aline
    16 March, 2010, 16:44

    gak bisa makan sate blengong mas, mamah gk suka yang ada bebeknya… :( padahal keliatannya enak ya…

  • Andrik Sugianto
    16 March, 2010, 18:19

    oalah mas, saat ini aq lagi lapr poll, pic satenya bikin pengen aja. mau donk!!!

  • sawali tuhusetya
    16 March, 2010, 23:18

    jujur saja saya belum pernah mencicipi sate blengong, mas ano. “Ketika mencicipi daging blengong atau titok, rasanya lebih enak daripada daging ayam maupun daging bebek. ” wah, jadi pingin ke brebes utk wisata kuliner, nih. maknyus tenan kayaknya.

  • delia
    17 March, 2010, 2:37

    wahhh satenya kuahnya lain nih..
    di kota lain ada jual nggak ya ??……..

    makasih infonya.. baru kali ini tau ada sate blengong.. :)

  • Amink
    17 March, 2010, 8:30

    dohh….bikin ngiler aja pagi2…

    kunjungan balik…

    :cool:

  • elmoudy
    17 March, 2010, 8:55

    gw slalu suka dengan sate..
    apalagi ada sambal kacangnya yang gurih..
    jadi pengen.. udah lama jg gak makan sate tuh

  • Rakhmat Ari Wibowo
    17 March, 2010, 11:27

    Maknyuus banget nih…maem sate plus teh poci..apalagi kalo ngetehnya pake gulo batu… (mmm)

  • AeArc
    17 March, 2010, 20:01

    wah.. bikin ngiler aja nih blog

  • audy
    17 March, 2010, 21:59

    waduh mas…sorry comment lagi, yang kemaren tu saya salah nulis url, masa nulis .com kliru .coom hihihi thank u yaah

  • prof. helga
    18 March, 2010, 7:37

    beeeh mangtabs gan
    jadi laper ngeliatnyaaa

    sate bebek pula. siipp

  • attayaya
    18 March, 2010, 14:52

    aseli… aku jadi laperrrrr berat neh

  • d-Gadget™
    18 March, 2010, 16:38

    sumpah kang jadi laper neh… *krucuk-krucuk*

  • Caride™
    18 March, 2010, 16:39

    layak di coba euy…keknya maknyuss rasanya

  • ALRIS
    18 March, 2010, 17:06

    Enak nih kayaknya, di jkt ada gak. Salam

  • munir ardi
    18 March, 2010, 17:40

    wih perut saya bunyi nih laperrrrrrr

  • OpenIdea
    18 March, 2010, 20:37

    lama gak kemari disuguhin sate siiip :D

  • neorenggana
    18 March, 2010, 21:52

    kalo saya gak berani nyoba kalau selain daging ayam, sapi dan kambing, entah kenapa :D

  • doelsoehono
    19 March, 2010, 0:14

    salaam kangen buat shobat yang telah berkunjung dan maaf kunjungannya telat .

    sebagae pengoba rindu …langsung menuju TKP ..Bebek goreng lunak jl : ahmad yani

  • Pojok Pradna
    19 March, 2010, 2:41

    baru tau istilah blengong
    baru tau kalo bumbunya kayak opor

    belum tau rasanya..

  • ciwir
    19 March, 2010, 14:10

    ternyata seneng bebek barang to, tak pikir hanya seneng sate wedus balap lan sate badak (lmao)

  • mursid
    19 March, 2010, 20:42

    walah, ini sate blasteran ceritane….
    wah misal yang blasteran manusia itu pasti jadinya kayak rianti catwright..
    hehe…

  • mila
    20 March, 2010, 21:10

    ga ngebayangin wujud binatang aslinya gimana.. beda’in itik, entog, bebek aja gw ga bisa, gmn bedain blasterannya yak? hihiii….
    tapi klo diliat potongannya yg besar2 itu jd ngacai saia (mmm)

  • soewoeng
    22 March, 2010, 15:09

    bumbunya kayak sa,bel kacang ya mas ano?

  • Pecinta Kuliner
    23 March, 2010, 14:44

    wah sate blengong pasti lezat dan rendah lemak. kebetulan PK juga pernah posting tentang Tiktok

  • genthone kontrakan
    7 April, 2010, 23:55

    asem dadi pengin mulih nooo

  • andre
    25 April, 2010, 13:46

    enak dan besar, mungkin langsug kenyang ak makan sate blengong

Leave a Comment