Milky Way dari Bukit Bintang Prambanan

Keberadaan Milky Way dari dataran di bumi sebetulnya bisa dilihat dengan mata telanjang. Namun kita jarang memperhatikannya dan hanya bisa terlihat jelas di tempat dengan kondisi cahaya yang minim dan langit bersih tanpa polusi cahaya. Kami harus mencari lokasi tersebut hingga sampai di kawasan Bukit Bintang Prambanan.

Milky Way dalam bahasa Indonesia berarti Galaksi Bima Sakti atau sering dikenal dengan nama Sabuk Orion ini merupakan galaksi terdekat dari tata surya kita dan berbentuk spiral.

Setelah mampir sejenak di tepi Bukit Bintang Prambanan yang terlihat banyak lampu-lampu pedesaan di bagian bawahnya. Kami mencari lokasi di sekitar bukit bintang yang suasana disekitarnya masih cukup gelap agar dapat menentukan posisi Milky Way.

Akhirnya kami menemukan tempat yang cukup gelap dan jauh dari lampu-lampu pemukiman. Sebuah halaman rumah penduduk yang luas dan gelap dikelilingi pohon-pohon yang cukup tinggi. Indera penglihatan kami harus beradaptasi dengan kondisi gelap terlebih dahulu untuk beberapa saat. Selanjutnya kami mempersiapkan peralatan untuk memotret Milky Way dengan menggunakan senter untuk bantuan penerangan..

Setelah menemukan posisi Milky Way, kami langsung mencoba mengabadikannya. Karena lagi tahap belajar, beberapa jepretan awal gagal mendapatkan foto Milky Way yang dimaksud. Selanjutnya kami sudah mulai mengerti cara memotret Milky Way. Namun karena kondisi langit kurang jernih dan ada polusi cahaya, detail gambar Milky Way tidak kami dapatkan.

Ketidakberuntungan datang kepada kami ketika tiba-tiba awan tebal datang menutupi langit. Kami mencoba bersabar dan menunggu beberapa puluh menit dengan harapan langit kembali bersih tanpa awan. Namun sepertinya awan yang menyelimuti langit terlalu tebal dan cukup lama untuk berpindah supaya tidak menutupi posisi Milky Way. Akhirnya kami mengakhiri berburu foto Milky Way dan mencobanya kembali di lain kesempatan. (text/foto: annosmile)

Bookmark and Share

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    nyebar godhong koro..sabar sak wetoro.. masdabroo… #mlumpat kalen..kabuuur…

Kirim pendapat