Menikmati Sunset di Tanah Lot

This item was filled under [ Bahari ]

Siapa yang tidak mengenal Pantai atau Pura Tanah Lot ketika berlibur ke Pulau Bali. Sebuah pura yang berada di sebuah pulau kecil tepi laut ini menjadi primadona pariwisata di Pulau Bali. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara pasti meluangkan waktu sejenak untuk berkunjung ke kawasan wisata ini. Selain memiliki pesona pantai yang unik karena terdapat sebuah pura yang dibangun diatas pulau kecil tepi laut, pantai Tanah Lot menjadi salah satu kawasan di pulau Bali yang cocok untuk menikmati keindahan sunset atau matahari terbenam.

Obyek wisata Tanah Lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari Pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Dari kota Denpasar, perjalanan menuju ke Pantai Tanah Lot ditempuh dalam waktu 30 menit apabila lalu lintas lancar. Memasuki obyek wisata Tanah Lot, tidak serta merta langsung berada di tepian pantai karena area parkir cukup jauh dari tepi pantai. Para wisatawan harus berjalan beberapa ratus meter untuk menuju ke tepi laut atau tepi pantai.

Dalam perjalanan menuju ke Pura Tanah Lot, kami berjalan melewati area pertokoan yang menjual bermacam-macam barang berupa cinderamata hingga makanan dan minuman. Beberapa toko menjual beberapa barang yang khusus ditujukan untuk wisatawan asing yang berkunjung ke tempat ini. Meskipun banyak juga wisatawan lokal yang melihat-lihat dan berbelanja di toko tersebut. Di sebuah sudut jalan terdapat pedagang keliling yang menjajakan makanan tradisional khas Bali yang layak untuk dicoba. Dari kejauhan tampak sebuah gapura yang merupakan gerbang masuk Pura Tanah Lot dan area pantai.

Menurut legenda, pura Tanah Lot dibangun seorang brahmana bernama Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau dan menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben ‘akhirnya’ menjadi pengikut Danghyang Nirartha (Selengkapnya baca: Legenda Pura Tanah Lot).

Setelah melewati gerbang masuk pantai dan Pura Tanah Lot, terlihat sebuah pulau kecil yang berdiri sebuah bangunan pura diatasnya. Di sisi kanan dan sisi kiri pantai terdapat beberapa pura kecil yang digunakan untuk beribadah. Di bagian tengah terdapat tangga turun untuk menuju ke pulau Pura Tanah Lot dan tepi pantai yang berhubungan lautan samudra. Menjelang sore gelombang laut pasang dan ombak besar menghempas batuan karang yang berada di sekitar pantai dan pulau Pura Tanah Lot.

Disekitar area Pura Tanah Lot, saya melihat ada beberapa orang melakukan foto buat pernikahan alias preweeding. Memang tempat ini sangat cocok buat foto semacam itu, selain panorama alam yang cukup indah dikala sore hari, arsitektur bangunan pura pendukung yang terdapat di sekitar pura memang unik dan bernilai seni tinggi. Tidak heran bila calon pengantin meluangkan waktunya agar bisa mengabadikan moment preweddingnya di pulau Bali nan indah ini.

Pantai tanah lot ini tidak berupa pasir tetapi berupa batu-batu karang, sehingga harap berhati-hati karena agak licin dengan lumut dan rumput-rumput lautnya.

Para wisatawan dilarang masuk ke dalam Pura Tanah Lot, yang diperbolehkan masuk hanyalah umat berpakaian adat dan bertujuan untuk beribadah. Para wisatawan hanya diperbolehkan berada di area bawah pura. Kami hanya berfoto sebentar dan kemudian berpindah ke tempat untuk mengabadikan foto sunset ditempat ini. Kemudian kami berkunjung celah-celah batu untuk melihat ular suci penjaga penjaga pura yang ditunggui oleh pawangnya.

Obyek wisata Pura Tanah Lot sangat cocok dinikmati di kala matahari akan tenggelam atau sunset, karena bayangan sunset yang memantul di laut di belakang Tanah Lot akan menimbulkan pemandangan yang indah sekali dengan Tanah Lot yang berupa siluet. Para wisatawan banyak yang menyaksikan pemandangan ini dari area batuan karang yang berada diantara pantai Tanah Lot dengan pulau yang terdapat Pura Tanah Lot. Akhirnya matahari terbenam dengan sempurna dan di kawasan pantai Tanah Lot masih tedapat hiburan lain yaitu pertunjukkan Tari Kecak. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 10,653 views

Artikel yang Berkaitan

  • Menikmati Senja di Pantai Mengening Keindahan Pantai Mengening ketika senja memang sudah tidak diragukan lagi bagi para penikmat matahari terbenam dan para pemburu foto. Sebuah pantai yang […]
  • Menikmati Sunset di Pantai Parangtritis Barangkali ingin melihat seberapa bagusnya sunset di pantai Parangtritis, membuat saya dan kawan - kawan berangkat menuju pantai Parangtritis di sore hari. […]
  • Keindahan Sunset dari Puncak Mercusuar Pandansari Keberadaan mercusuar di Pantai Pandansari sudah terhitung cukup lama, namun baru kali ini kami ada kesempatan menyambangi kawasan ini. Berangkat sore hari, […]
  • Legenda Pura Tanah Lot Pada zaman Kerajaan Majapahit, hidup seseorang begawan yang bernama Dang Hyang Dwijendra atau Dang Hyang Nirarta. Beliau dikenal sebagai Tokoh penyebaran […]
  • Mendaki Tingkatan Candi Gedongsongo Belum lengkap rasanya ketika berwisata di Bukit Cinta dan Museum Kereta Api Ambarawa, tidak mengunjungi Kompleks Candi Gedongsongo. Candi Gedongsongo […]
  • Jalan-Jalan ke Pantai Sanur Pantai Sanur memang menjadi salah satu primadona pariwisata ketika berkunjung ke pulau Bali selain pantai Kuta. Tempat ini hampir tidak terlewatkan dalam […]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

57 Comments on “Menikmati Sunset di Tanah Lot”

  • mawi wijna
    26 June, 2009, 13:04

    Wuih mantap kali sunsetnya, tapi pas saya kesana ndak sempet motret sore soalnya dah ngiler pingin ke Kuta, he3.

    annosmile Reply:

    padahal keren lho :)

  • mas8nur
    26 June, 2009, 13:21

    Kapan ya…kesana, indah dan damai
    Tempat sekitar pantai kumuh nggak Mas…….

    annosmile Reply:

    Bersih kok mas :)

  • ~noe~
    26 June, 2009, 14:38

    wah posting ini jadi membuatku pengen ke sana lagi.
    lanjutkan, bro…
    suka banget catatan perjalanannya :-)

  • AlvienRizki
    26 June, 2009, 16:27

    keren!!!!!!!!!!

    sayang pas di bali tanggal 2 kemaren aku gak liat sunset di TanahLot aku liatnya di Kuta…

    Di kuta sial lagi, di kuta yang aku liat bukan sunset, tapi sunslip…

  • jidat
    26 June, 2009, 22:15

    wah kere,, seru,, pasti asik nihh.. jadi pengen liburan

  • arifudin
    27 June, 2009, 9:31

    top markotop ;)

  • cebong ipiet
    27 June, 2009, 20:32

    cuman sekali thok maen ke sana , kapan lagi ya

  • balisugar
    27 June, 2009, 22:34

    Aduh udah ke tanah lot yah kok gak mampir ke rumahku :sad:

  • sunarno
    28 June, 2009, 8:29

    waktu saya ke pantai tegal tak sempat nunggu matahari hilang, udah pegel-pegel pingin pulang

  • adis
    28 June, 2009, 11:51

    Hehe hubungannya tanah lot sama joko susilo apa ya? :)

    annosmile Reply:

    Gak ada :P

  • Uleng utari
    28 June, 2009, 14:34

    kapan jalan-jalan ke makassarnya mas,…

    annosmile Reply:

    Kapan-kapan klo ada dana :)

  • Nafis
    28 June, 2009, 18:17

    tempatnya keren habis brarti ya!
    .-= Nafis´s last blog ..Review menjelang kebangkitan =-.

  • nurrahman
    28 June, 2009, 20:12

    wew…yang baru dari bali…senjanya mantap coy
    .-= nurrahman´s last blog ..Bung Karno =-.

  • MOTROCOM
    29 June, 2009, 0:51

    Tempat ini membuat setiap orang yang pernah datang selalu ingin kembali lagi…….

  • fraders
    29 June, 2009, 12:55

    memang…

    bali is paradise..
    .-= fraders´s last blog ..Over Positive =-.

  • Just Bryan
    29 June, 2009, 14:42

    Lama gak mampir kesini..
    Waa..jadi teringat pas perpisahan SMP dulu..
    .-= Just Bryan´s last blog ..Pilpres satu putaran?! =-.

  • siwi
    29 June, 2009, 15:49

    Whoaaa.. sunsetnya keren abiss..!
    :D

  • emfajar
    30 June, 2009, 9:39

    wuiihh emang indah,, jadi pengen kesana menikmati sunset :)
    .-= emfajar´s last blog ..Sebuah Objek Tontonan Baru Masyarakat Yang Bernama Kemiskinan =-.

  • suwung
    30 June, 2009, 13:52

    peningkatan saiki nang mbali

  • mas stein
    1 July, 2009, 16:11

    mantab bener sunsetnya. sayang dulu saya 5 tahun di probolinggo malah ndak pernah ke bali, padahal udah deket.

    annosmile Reply:

    Sayang sekali mas :)

  • Rakhmat Ari Wibowo
    2 July, 2009, 18:51

    edyaan sunsetnya apiik tenan..tak tunggu oleh2e lho,no..kekekeke

  • nurrahman
    3 July, 2009, 8:18

    saya jadi teringat waktu piknik di bali nih,…jalan2, naik kapal, “mabok” di hotel….hehe…ga kok…cuma nonton ajah :D
    .-= nurrahman´s last blog ..Kehidupan tidak Matematis =-.

  • Sari
    3 July, 2009, 16:16

    yayy.. liburan awal agustus ntar juga rencananya ke Bali.. moga bisa mampir lagi ke tanah lot.. :D

  • anas
    4 July, 2009, 12:08

    dulu pas ke Bali gak sempat ke tanah lot ini.:(
    keren bro ulasannya.foto terakhir mantab bgt tuh…

    BTW pkbr nih?lama gak bersua ya…

  • Seno Rasca
    4 July, 2009, 17:47

    Untung aku pernah ke tanah lot, jadi ga penasaran lagi. By de way, sori bro baru bisa masuk ke blog ini, coz setiap mampir kesini eror trus, tapi untung sekarang bisa, jadi bisa numpang turing :)

  • sarah
    5 July, 2009, 10:24

    sumpah, indah banget…..sunst cantik nian….

  • G – Carinoo
    5 July, 2009, 15:34

    subhanallah ..
    pengen ngeliat lanksunk ..

  • phiy
    6 July, 2009, 8:29

    i love sunset.. cantik :]
    apalagi diliat bareng sama orang spesial ^^

    annosmile Reply:

    ihiiyyy.. :D

  • racheedus
    6 July, 2009, 11:25

    Ingat laut Bali, jadi ingat seorang Raja Bali yang menunjukkan kesaktiannya di tengah laut beberapa waktu lalu di sebuah stasiun tivi.

  • ian
    6 July, 2009, 13:00

    pengennya pergi ke bali :P

    kapan ya aku bisa kesana ;)

  • Prof
    7 July, 2009, 23:33

    Wow…….BALI…!!!!

  • IHSAN
    8 July, 2009, 10:28

    wah indahnya

    saya rindu melihat pemandangan kaya gitu

  • ajengkol
    8 July, 2009, 17:14

    Wah wah emang sunset bikin ngiler .. sunset di Kuta apalagi jadi kangen Bali

  • ciwir
    8 July, 2009, 17:16

    tanah kok alot?

    annosmile Reply:

    alot gimana? pernah makan :))

  • kucingkeren
    9 July, 2009, 13:45

    cuma satu kata: Keren!

  • kabol
    9 July, 2009, 22:04

    wao satu ke indahhan sanset

  • NeARie
    11 July, 2009, 5:24

    OK..ditunggu touringnya ke Kebumen. :)

  • arkasala
    14 July, 2009, 22:08

    wah rindu aku kesana lagi. Bali memang indah, dan di tanah lot ini punya kenangan tersendiri. Trims atas artikelnya. Salam kenal.

  • lalacan
    18 July, 2009, 3:00

    Wah suasanya romantis tuch, cocok untuk pasangan pengantin baru yg lagi hanimun :D

  • rindy
    31 October, 2009, 11:08

    beautiful location

  • tini
    4 December, 2009, 14:57

    klo berkunjung ke Tanah Lot inget nyobain 69 ice candy, tempatnya di sunset foodcourt, dijamin segerrr

  • wongcerbon
    8 January, 2010, 15:45

    wah pengen deh ke situ kalo tabungan paypalnya udah penuh nih

  • Denny
    14 February, 2010, 10:09

    terakhir kesana, cuman lewat.. tapi sempat menikmati keindahannya.. kapan kesana lagi ya.. ada yang mau ngajakin :D

  • fifin
    7 August, 2010, 19:25

    keren bgt pas sunset..!!kemarin boleh naik ke pura tp mesti dibasahi air suci (holy water) oleh para penjaga pura..deburan ombakna kadang kenceng dan kadang pelan, tapi para penjaga selalu siap menolong wisatawan..pokok na keren banget…love bali :)))

  • anny
    19 June, 2011, 23:14

    woooowwww

Trackbacks

  1. Night in Garuda Wisnu Kencana | TeamTouring
  2. Berbelanja di Jangkrik 85 Bali | TeamTouring
  3. Touring Ke Pantai Kukup | TeamTouring
  4. Menikmati Senja di Pantai Mengening | TeamTouring
  5. Legenda Pura Tanah Lot | TeamTouring

Leave a Comment