Menikmati Sejuknya Kebun Raya Bogor

Berkunjung ke Kota Bogor tidak lengkap kalau tidak mengunjungi Kebun Raya Bogor yang terletak di pusat kota Bogor. Sebuah tempat yang kaya akan koleksi tanaman karena telah dikembangkan sejak zaman penjajahan Inggris dan Belanda.

Pada mulanya, Gubernur Jenderal Inggris Thomas Stamford Raffles yang mendiami Istana Bogor di era tahun 1800an memiliki minat mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah taman flora yang cantik. Dengan bantuan ahli botani, W. Kent, yang ikut membangun Kew Garden di London, Raffles menyulap halaman istana menjadi taman bergaya Inggris klasik yang menjadi cikal bakal Kebun Raya Bogor.

Gerbang Masuk Kebun Raya Bogor

Memasuki gerbang masuk Kebun Raya Bogor yang bernuansa Eropa kami melihat kesejukan yang dipancarkan dari dalam area Kebun Raya Bogor yang banyak terdapat pohon-pohon besar dan rindang. Berjalan ke dalam area Kebun Raya Bogor kami menemukan monumen berupa bangunan melingkar yang dinamakan Tugu Lady Raffles.

Tugu Lady Raffles adalah sebuah bangunan uni yang mempunyai nilai sejarah. Thomas Stamford Raffles (1811-1816) mendirikan monumen kenangan bagi istrinya Lady Olivia Mariamne Raffles yang meninggal pada tahun 1814 di area Kebun Raya Bogor.

Tugu Raffles Di Kebun Raya Bogor

Sepanjang jalan mengeilingi Kebun Raya Bogor banyak sekali pohon tua yang berukuran besar dan membuat suasana tampak sejuk dan nyaman untuk bersantai. Pohon-pohon raksasa dan berumur ratusan tahun ini cukup menarik untuk diamati dan menjadi objek fotografi.

Pepohonan di Kebun Raya Bogor

Melewati sebuah kolam yang jernih, dari kejauhan terlihat sebuah bangunan gedung yang berwarna putih yang dinamakan Istana Bogor. Ketika mendekat area Istana Bogor, disekeliling area tersebut diberi pagar besi dan dijaga sehingga pengunjung Kebun Raya Bogor tidak diperbolehkan memasukinya. Pengunjung hanya diperbolehkan melihat dari luar pagar saja.

Istana Bogor merupakan salah satu dari enam istana negara di Indonesia. Memiliki keunikan berupa  rusa – rusanya yang indah yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang.

Pemandangan Istana Bogor dari Kebun Raya Bogor

Perjalanan kami teruskan kembali melewati Tugu Reindward dilanjutkan melewati sebuah pemakaman tua dan dilanjutkan menuju ke Taman Teisjmann. Di lokasi ini cukup indah dan cocok digunakan untuk foto pre-weeding atau ajang fotografi. Memasuki area Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum) tidak tampak satupun Bunga Bangkai yang mekar, yang ada hanyalah sebuah tunas kecil yang baru tumbuh. Karena waktu sudah sore akhirnya kami mengakhiri perjalanan wisata di tempat ini.

== Tiket Masuk

Pengunjung : Rp 9.500,-/orang

Keliling/Parkir Mobil roda 4 : Rp 15.500,-

Parkir Motor roda 2 : Rp 3.000,-

== Lokasi

Kebun Raya Bogor

Jl. Ir. H. Juanda No 13, PO Box 309 Bogor 16003, Indonesia

Telp (0251) 8322187, 8322220

Bookmark and Share

Ada 47 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. PRof:

    pernah sekali ke sana…
    Pengen mbaleni….

  2. endar:

    yen iki aku wis pernah dolan. dari rumah saya sekitar 1,5 jam

  3. Pradna Cahbagus:

    belum pernah kesana…*dadi isin*

  4. pinkparis:

    belum sempat muterin semua isinya, tapi aku paling suka cafe dedaunan yang ada di tengah kebun raya bogor. 

  5. wibisono:

    belum pernah ke bogor.. apalagi mengunjungi kebun raya bogor..

  6. referensi blog:

    pengin sekali kesana kapan yah soalnya saya suka banget daerah sejuk

  7. munir ardi:

    kebun raya bogor masih sebatas angan-angan makasih sudah memberi infonya disini

  8. nurrahman:

    lum pernah kesana om

  9. aurora:

    saya sempat beberapa kali ke bogor, tak bisa sering2 sih, ongkos padang-bogor mahal… hehe…. namun sekali-kali kesempatan itu, sangat menyesal rasanya tidak pernah mengunjungi kebun raya bogor… huuhh…sampai sekarang hanya bisa denar cerita-cerita orang yang bikin iri.,…

    namun setelah membaca tulisan ini, saya jadi…. MAKIN IRI SAJA…. ahahaa

  10. ciwir:

    angker ora mas?

  11. bambang catur:

    weleh…kapan kui kang?
    bareng Kopdare bengawan kae po?

  12. Amink:

    kebun raya bogor…
    hhhmmm…jadi inget waktu SMA,

    mistisnya masih kental ngga yak…

  13. prof. helga:

    someday gue bakal kesana!

  14. SemutGeniNet:

    bulan depan mo merapat ke tempat sini (evil_grin)

  15. ardian eko:

    wah,, aku malah wingi ra sido mlebu kebun raya mas.. hikz… Goro2 udan pas kopdar kae…

  16. AeArc:

    dulu smpat kesana

  17. Andy MSE:

    untung ada Rafles….
    raja solo tinggalane cuma mbalekambang, bon rojo sriwedari, dan taman njurug… keadaane jauh banget sama kebun raya mbogor…

  18. ndop:

    biyuh, sampeyan teko bogor barang? ck ck ck… uwadoh ya blakrakane, hohoo… nek peninggalan wong luar negeri, mesti bangunane duwur-duwur lan gedi gedi…

  19. mawi wijna:

    tumben langitnya biru :D

  20. geblek:

    kok kayaknya adem gitu mas, hik blm pernah kesana saya

  21. Didien®:

    kebun raya bogor memang teduh banget..enak pake tiker trus tidur siang di bawah pohon²nya hehehe..
    nice info sob…

    salam ,^_^

  22. PRof:

    Keep sharing <— komen spam (lmao)

  23. mila:

    banyak orang pacaran disono hehehee

  24. hariyanto blog:

    kapan 2 deh gan klo sempet tak maen kesana

  25. Mariska Ayu:

    Saya kok jadi pengin dolan ya kak?

  26. Wandi thok:

    Sayangnya tahun kemarin waktu anyak-anyak wisata ke Bogor aku nggak masuk daftar mas, jadi baru tahu kebon raya Bogor ya di blog ini. Tengs yah. :lol: Dadi isin aku :lol:

  27. Perawan Desah:

    Asyik ya mas bisa dolan-dolan. Gimana kalau kali lain aku diajak.

  28. zee:

    Wowwww saya waktu kecil dulu ke KRB. Pengen kesana lagi ah…

  29. Tour, Food, and Health:

    dulu cuma sempat lihat dari luar, belum sempat masuk…jadi pingin berkunjung…

    salam kenal berkunjung balik ya ke blog ku…

    salam,
    tfd

  30. nuansa pena:

    Saya suka sekali wisata ke kebun raya seperti ini!

  31. dedi:

    nabung dulu kalo mo kesana…

  32. alief:

    belum pernh ke sanan…, jadi pengen nie

  33. Jalan - Jalan Ke Kawasan Puncak Bogor | TeamTouring:

    […] Commentsalief: belum pernh ke sanan…, jadi pengen nie…admin: saya malah belum pernah nyoba durian medan mbak.. …dedi: nabung dulu kalo mo […]

  34. buwel:

    pernah mengunjunginya dah lama sekali, waktu smp, saat itu sejuk banget hawanya…

  35. achen:

    wah tiketnya masih murah juga yak, duh jadi pengen kesana lagih….

  36. Sejarah Kebun Raya Bogor | TeamTouring:

    […] Commentsachen: wah tiketnya masih murah juga yak, duh jadi pengen…buwel: pernah mengunjunginya dah lama sekali, waktu smp, …GRAZZMEY: wahh tyata dieng […]

  37. attayaya:

    kapan di temp[patku ada kebun raya seperti itu ya?

  38. as raharjo:

    ak pernah ga sengaja lewat situ, sejuk, banyak hewan2nya, banyak pemandangan hijau. tp sayangnya ga sempat masuk

  39. wiwi:

    w udah prnh k sana sm temn2 w, tp di sana ada apa yah?kan gak ada apa2!tp sejuk jg sih di tambah qt hujan2n…..kpn2 mau deh k sana lg…

  40. Wisata Flora di Kebun Raya Cibodas | TeamTouring:

    […] wisata Cipanas yang bersebelahan dengan Puncak, terdapat objek wisata yang merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor. Objek wisata ini bernama Kebun Raya Cibodas yang merupakan tempat pariwisata, pendidikan, […]

  41. Pemandian Air Panas Tirta Tapta | TeamTouring:

    […] wisata yang merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor. Objek wisata ini bernama Kebun Raya Cibodas …Menikmati Sejuknya Kebun Raya Bogor (40)Berkunjung ke Kota Bogor tidak lengkap kalau tidak mengunjungi Kebun Raya Bogor yang terletak […]

  42. itemgeseng:

    BAH ujan mlo

  43. Retribusi Kamera di Kawasan Wisata dan Ruang Publik, Resmikah??? | TeamTouring:

    […] Kebun Raya Bogor (Resmi, dicantumkan dalam brosur wisata) […]

  44. Istana Bogor | TeamTouring:

    […] bisa dinikmati dari balik jeruji pagar Kebun Raya Bogor, Istana Bogor ini tertutup untuk umum dan kunjungan wisatawan. Tidak seperti istana negara yang […]

  45. rotyyu:

    Beberapa kali dari Bogor tapi belum sempat ke kebun raya

  46. Bersantap Pagi di Ketupat Sayur Surya Kencana | TeamTouring:

    […] kembali berjalan di sekitar kawasan pertokoan dekat Kebun Raya Bogor dengan harapan menemukan warung atau rumah makan yang menyediakan kuliner menarik khas Bogor. […]

  47. sumitra:

    Hutan dijantung kota dengan varietas pohon yang lengkap sebagai produsen oksigen bagi warga Bogor. bersebelahan dengan Istana Bogor merupakan warisan budaya yang wajib kita jaga

Kirim pendapat