Menikmati Keindahan Pantai Srau

This item was filled under [ Bahari ]

Pantai Srau merupakan salah satu pantai alami yang masih terjaga di kabupaten Pacitan. Merupakan salah satu wisata favorit bagi para petualang ataupun pemburu foto karena lokasinya yang sedikit terpelosok dan memiliki keindahan alam berupa pantai yang mengagumkan.

Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, berjarak kurang lebih 25 Km arah Barat Pacitan. Pantai Srau mungkin obyek wisata yang tak boleh terlewatkan apabila kita berwisata ke kota Pacitan. Pantai Srau terkenal dengan pasir putihnya yang sangat indah.

Setelah cukup mengenang sejarah di Monumen Tumpak Rinjing, kami meneruskan perjalanan menuju ke Pantai Srau. Perjalanan melalui jalanan sempit dan medannya naik turun melewati bukit-bukit kecil. Sesekali terdapat lubang ditengah-tengah jalan yang cukup membahayakan. Sehingga kami perlu berhati-hati dalam mengendalikan sepeda motor kami.

Perjalanan serasa sepi melewati hutan-hutan dan semak belukar yang tinggi, selain itu semakin jarang rumah-rumah penduduk. Namun jalanan yang sepi tidak ada transportasi umum membuat kami cepat sampai tujuan. Akhirnya kami memasuki kawasan Pantai Srau setelah membayar retribusi di pos.

Kita dapat menuju ke obyek tersebut dengan mengendarai kendaraan umum seperti bus, truk, atau kendaraan beroda dua. Biaya masuk ke pantai Srau cukup murah, cukup Rp 2.000,- per orang.

Pantai Srau masih merupakan pantai yang masih perawan karena jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Akses jalan yang sulit membuat obyek wisata ini tidak dikenal oleh para wisatawan. Pemandangan pantai ini sangat indah, hamparan pasir putih yang memanjang keujung. Deburan ombak yang keras dan berirama khas pantai selatan yang menghadap samudera nan luas.

Tebing-tebing yang tinggi dan banyak tanaman liar khas pantai yang masih terlihat lebat dan alami. Belum tampak aktivitas pengrusakan oleh manusia. Selain itu, banyak sekali pulau-pulau kecil yang tak berpenghuni yang setiap kali dihujam oleh kerasnya ombak.

Bangunan pendukung seperti pendapa dan masjid sedang dibangun, sementara itu fasilitas lain seperti WC Umum dan tempat duduk sudah banyak yang rusak. Gubuk-gubuk liar dibiarkan kosong dan tidak berpenghuni. Fasilitas yang rusak mungkin karena jarang direnovasi dan perbaikan, karena saat saya berkunjung kesana tidak ada satu orang petugas pun yang mengawasi pengunjung di pantai.

Kami memarkir motor di pinggir jalan, merasa was-was karena tidak ada seseorang yang bertugas menjaga kendaraan pengunjung pantai. Akhirnya kami merasanya lembutnya pasir pantai dan ombak pantai selatan. Ombak yang keras membuat kami harus berhati-hati saat bermain di air. Apalagi tidak ada petugas SAR yang tampak berada di tempat ini.

Setelah cukup merasakan pasir pantai yang berwarna putih nan lembut ini, kami mencoba menaiki tebing melalui jalan setapak yang tersedia. Kami ingin mengetahui seperti apa pemandangan yang tampak dari bagian lain dari tebing tersebut.

Akhirnya kami mencapai puncak dan tempat yang cocok untuk menikmati lautan yang luas. Tanpa terhalang oleh tebing, maupun tanaman yang menutupi pandangan kami. Di beberapa ujung tebing terlihat beberapa orang sedang memancing di laut. Sepertinya pantai Srau cocok digunakan sebagai tempat memancing. Dari kejauhan kami melihat ada beberapa pulau kecil yang berada cukup jauh dari tempat kami berada.

Saya merasa pulau-pulau tersebut tidak berpenghuni karena berukuran cukup kecil dan sekeliling pulau tersebut adalah tebing. Hantaman ombak keras yang terus menghujam pulau-pulau tersebut serasa pulau tersebut bergeser letaknya. Sambil merasakan pemandangan yang indah, saya iseng-iseng melihat ponsel untuk membaca sms. Ternyata jaringan seluler belum masuk ke obyek wisata ini. Sehingga kami tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui ponsel. Semoga para operator mau berinvestasi ke obyek wisata ini dengan membangun tower jaringan seluler.

Akhirnya setelah cukup menikmati pantai ini kami segera mencari masjid karena akan menjalankan ibadah shalat jumat. Alangkah kagetnya saat mengikuti ibadah jumat di masjid di perkampungan dekat pantai Srau, para jamaah hanya berjumlah 20 orang termasuk kami. Baru kali ini kami merasakan ibadah shalat jumat dengan jamaah sesedikit ini.

Incoming search terms for the article:

pantai srawu pacitan jalan menuju pantai srau Pantai serau pantai srau pantai srau pacitan
-----------
Bookmark and Share
Popularity: 8,476 views

Artikel yang Berkaitan

• Keunikan Goa Gong Setelah cukup lama berada di Pantai Srau, akhirnya kami meneruskan perjalanan menuju ke Goa Gong. Perjalanan cukup singkat, dalam setengah jam kami sampai di […]
  • Homestay Dewi Sri di Pantai Teleng Ria Kebingungan memilih penginapan yang tidak dibatasi jumlah orang per kamar. Akhirnya kami memutuskan untuk mencari homestay yang dekat dengan Pantai Teleng […]
  • Monumen Palagan Tumpak Rinjing Yang Terlupakan Dalam perjalanan menuju ke Pantai Srau, kami melewati sebuah monumen yang berdiri di pinggir jalan. Sekilas bila dilihat, monumen tersebut tidak terawat dan […]
  • Hilangnya Eksotisme Pantai Teleng Ria Perjalanan ke Pacitan, sebuah kota kecil yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan. Perjalanan kami tempuh dengan waktu 1 jam dari Wonosari. Akhirnya kami […]
  • Touring Ke Pantai Kukup Lama tidak mengunjungi pantai selatan di Gunungkidul akhirnya kami berangkat menuju ke salah satu pantai yang bernama Pantai Kukup. Pantai Kukup merupakan […]
  • Sebuah Kisah Tukang Tambal Ban yang Baik Hati Setelah bermain bola di pantai Teleng Ria, dalam perjalanan menuju homestay tiba-tiba ban motor saya bocor. Terpaksa saya mendorong motor saya untuk mencari […]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

58 Comments on “Menikmati Keindahan Pantai Srau”

• zam
    13 May, 2009, 19:20

waa… aku wis tau mrene!!! juga pas ke Teleng itu.. hihihihi…

pernah liat ada anak kecil tersengat ubur-ubur di pantai ini dan pingsan dengan suksesnya!

• itempoeti
    13 May, 2009, 19:27

Sing nang Panggul, Trenggalek yo apik pantaine…

• Andy MSE
    13 May, 2009, 19:31

Wuih… watune gede-gede… elok tenan cah!

• mawi wijna
    13 May, 2009, 19:58

wuiiih pantai yg ada batu karangnya! mantaap! kayak di Gunungkidul! jadi kepingin nyoba berburu sunset ama sunrise disana deh.

• s H a
    13 May, 2009, 20:03

Emang ya pantai di pacitan tuh bagus2! Pengen ke sana…….

• adis
    13 May, 2009, 20:20

Kok jalan-jalan terus seh…profesi sampeyan pelancong ya?

Wisatawan..:D

• toekang
    13 May, 2009, 20:25

saya belum pernah kesana

• Pencerah
    13 May, 2009, 21:04

sayang belum pernah kesana…..

• DJ
    13 May, 2009, 22:38

aku pernah kesana, enak sepi bisa berenang telanjang seharian baca buku, tidur di pasir kasar sambil mungutin cangkang kerang

wew..

• arikaka
    13 May, 2009, 22:41

aseli mas saya jadi pengen banget touring2 gitu…. :D

• SanG BaYAnG
    14 May, 2009, 3:16

Memang alami mas..,tp ampuuunnn..deh..medane bikin sepedaku kempis-kempis napase mas..wkxkxkxkx..

wah..hati-hati mas :d

• AgusNaim
    14 May, 2009, 4:20

tau gak bos,pertama kali saya baca,kirain titlenya pantai SARU, ternyata pantai Srau wekekekekew

• Lala
    14 May, 2009, 6:02

Cool…
    Asli cantik panoramanya :D

• haris
    14 May, 2009, 6:34

indah, mas! jarang2 ada pantai yang masih perawan.

• Syahuri
    14 May, 2009, 6:55

wah… pemandangannya asik tuh… jadi pengen ke sana neh .. :D

• erik14593

Pantai yang indah, cuma belum dijadikan tempat pariwisata ya?

Sudah..
    tapi belum dikelola dengan baik :(

• keboaja
    14 May, 2009, 7:50

Mudah-mudahan keindahannya bisa lestari, tidak seperti pantai pacitan yang kemarin dikunjungi.

• Septian
    14 May, 2009, 8:14

Suer…keren abis bro pantai nya…daku dah lama nih gak ke pantai…ke gunung molo seh…kekekekeee :D

• preaxz
    14 May, 2009, 8:53

Wah .. nampilin foto-foto travelling/turing asik juga yah ..

hmmm keknya harus segera menyelesaikan proyek tertunda nih … hihi

cek tkp :D

• Xitalho
    14 May, 2009, 9:13

Weks… itu di Endonesi yaa…??
    Asli keyen banget kang……hehehehe

• Aribicara
    14 May, 2009, 9:30

Bro,kalau dirimu mau komitmen ngurus blog ìni,saya menyarankan untuk cri sponsor aja,saya yakin akan byak yg dkung,khususnya wisata2 yg dirimu posting ini :-)

• nasori
    14 May, 2009, 9:45

apik yo mas…kapan2 aku ta dolan rono ah..

• Kus Andriadi
    14 May, 2009, 12:39

indah,perlu dilestarikan…

Btw saya pernah baca klo sering2 kepantai bisa ngilangin stres looh…. terus menghirup udara pantai di pagi hari bisa melancarkan pernafasan…^^

• tarjo
    14 May, 2009, 13:04

alowww …… hei nih akutambahin untuk pantai srau-nya ^_______^;

jalan kesono kayaknya perlu diperluas “menakutkan” untuk yg bawa mobil besar…

salah satu photo yg bisa aku SUMBANG-KAN …hohoho

• Irfan
    14 May, 2009, 14:13

kereeeennn bro!
    kapan saya bisa kesana ya! arghh……

• Omiyan
    14 May, 2009, 16:41

wah asyik pengalaman shalat berjamaah nya itu lho…semoga bisa jadi pembelajran buat kita juga

sama-sama :D

• yudhamovic
    14 May, 2009, 18:48

waah jadi pengen kesana..

• cebong ipiet
    14 May, 2009, 19:37

si bolang…. ayok mreneo ning pante jakarta wkwkwkw

• andrie callista
    14 May, 2009, 19:42

wah.. bro, pemandangan yang keren, andaikan saya memilki pintu keman saja?!

• Ani
    14 May, 2009, 19:47

Lihat poto2nya jadi pingin mampir ke sana. Kayaknhya tempatnya bagus banget gitu ya? Semoga bisa mampir deh kalau pulkam. Thanks mas infonya

• gempur
    14 May, 2009, 22:01

mantab dab! perawan ting ting pantainya. btw, ngapain juga jum’at2 plesiran, mbok mesisan malam jumuwah kliwon hehehehehe

• mas8nur
    15 May, 2009, 1:16

Aku belum pernah kesini sepertinya tak kalah asyik dengan Teleng Ria, coba mas…pergi ke pantai wawaran, disana bisa bercengkerama dengan para nelayan kalo pagi hari. BUkan obyek wisata resi tapi pantainya indah sekali bisa mengejar ikan2 kecil dan bnatang laut lain disela-sela karang.

Sebelah mana itu

Pemandangan alamnya sungguh menakjubkan

• Alief
    15 May, 2009, 6:14

SAR nyambangi srau lok hr lbr doank mas.Disana tu paling enak mancing sama nyari degan.Plus ngintipin pasangan mesum yg ada di dlm pandan berduri yg membatasi areal pantainya

• attayaya
    15 May, 2009, 8:18

cantik nian
    ada batu tepi pantai
    ombak yang lembut
    hmmm indahnya Indonesia

• sof
    15 May, 2009, 8:18

tebing-tebingnya mirip tanah lot ya…

• zee
    15 May, 2009, 11:26

wahhh ternyata banyak sekali pantai indah di Indonesia ini ya….

• macangadungan
    15 May, 2009, 15:18

hahh… padahal Indonesia punya banyak banget potensi alam dan daerah wisata yang indah dan nggak kalah ama bali. tapi malah nggak diperhatiin.
    klo wisata kita diangkat, bisa jadi sumber dana untuk negara yang sangat besar loh…

• ~noe~
    15 May, 2009, 17:45

keknya aku pernah ke pantai ini nih. lewat gunungkidul.

• hanifarrul
    15 May, 2009, 18:56

Wah…pantainya indah banget !
    Sudah lama aku tidak merasakan deburan ombak…angin kencang dan buih lembut air laut

• wahyoe
    15 May, 2009, 20:10

walah wes setahun gak dolan mrono
    marai pengen ae :D

• Wawan
    15 May, 2009, 22:19

wah, andai saja pantai batakan masih sperti itu, pasti banyak yang bekunjung

• Rusa Bawean™
    16 May, 2009, 0:37

wew indahnya
    ntar kalo ke Madiun tak mampir ke Pacitan deh

• cirux
    16 May, 2009, 1:38

wah keren bagus banget
    buaruan mas kaplingin pulaunya hehehehe

• sautparl
    22 June, 2009, 12:52

paronama yang indah

• gojeg
    8 July, 2009, 22:23

Kalo di daerah saja ada juga pantai yang asik.. bekas gunung berapi dulu, jadi masih keliatan bekas2 batuan vulkaniknya.. :D

• attayaya
    30 May, 2010, 13:53

waaaah tahun lalu aku juga ke pantai ini
    sama ke pelabuhan penjualan ikan

indah
    mantap

• kartunmania
    9 March, 2012, 14:40

just info gan… untuk kondisi sekarang, sinyal dr operator ponsel sudah bisa dinikmati… kebetulan aku bawa xl dan simpati… bahkan dari tepian tebing tempat maniak rock fishing ini, sinyalnya bagus…