Menikmati Durian Ngantang

This item was filled under [ Kuliner, Makanan ]

Saat mengunjungi Bendungan Selorejo, kami menyempatkan diri mampir di rumah seorang teman yang dekat dengan obyek wisata tersebut. Beruntung, bulan kami mengunjungi tempat ini merupakan musim panen durian. Ketika tiba dirumahnya, kami diberi masing-masing satu buah durian khas Ngantang bernama durian Jingga.

Durian Jingga atau juga disebut Durian Ngantang merupakan durian khas Kabupaten Malang sebelah barat. Memiliki struktur daging tebal, berwarna jingga, rasanya manis legit dan terasa kesat.

Ketika kami mencoba merasakan Durian Ngantang, rasanya memang lain dengan durian yang biasa kami beli di Yogyakarta. Rasa manis legit yang unik ini memang menarik lidah untuk kembali mencoba kembali. Disetiap daerah memang memiliki varietas durian sendiri-sendiri, jadi tidak heran di setiap tempat memiliki rasa yang khas.

Buah Durian berasal dari Asia Tenggara dan Indonesia merupakan sumber plasma nutfah durian. Sejak tahun 1984 -2006 sudah dipatenkan sebanyak  67 varietas buah durian oleh Departemen Pertanian. Durian Jingga sendiri pernah diteliti oleh Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang.

Ukuran durian Ngantang atau durian Jingga ini tidak besar, ukuran tanggung sebesar ukuran bola sepak ini memiliki warna kulit luar hijau kekuningan. Ukuran buahnya cukup besar namun bijinya juga berukuran besar. Karena rasanya yang lain ini, kami tidak henti-hentinya makan durian hingga kekenyangan.

Cukup disayangkan bila di Indonesia ini malah dibanjiri produk durian monthong yang berasal dari Thailand. Padahal dengan banyaknya varietas jenis durian unggul tersebut memiliki potensi untuk dikenal di masyarakat Indonesia dan menjadi komoditas ekspor. Menurut saya, kualitas dan rasa durian tanah air melebihi durian impor. Semoga pemerintah lebih memperhatikan perkembangan durian lokal supaya kedepannya mampu menjadi komoditas ekspor. Sudahkah anda mencoba Durian Ngantang atau Durian Jingga ini?

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 8,464 views

Artikel yang Berkaitan

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

68 Comments on “Menikmati Durian Ngantang”

  • iiN
    21 February, 2010, 8:32

    wah dikirim dog ke sini..

  • Bang Iwan
    21 February, 2010, 8:34

    jadi ngiler….. mau makan duren juga,…
    kabur deh…..

  • yudi
    21 February, 2010, 8:56

    aduh saya malah ga tahan sama bau duren :mrgreen:

  • tomi
    21 February, 2010, 9:22

    wahhhhhhhhhhhhhhhhh,.,,,
    lempar kesini donk broo duriannya hehehe

  • raiderhost
    21 February, 2010, 9:36

    wach jadi pengen gan !!

  • bee
    21 February, 2010, 10:12

    kemaren makan durian…eh perut panas…

  • alief
    21 February, 2010, 10:47

    durian kita kalah sa,ma durian montong karena mungkin sudah menjadi sifat bangsa ini yang suka sesuatu yang berbau impor, selain itu kita juga kurang sosialisasi bahwa kita sebenernya memiliki berbagai produk yang tidak kalah bila dibandingkan dengan negara lain

  • pelintas batas
    21 February, 2010, 10:48

    sini udah gak musim durian lagi……, tapi masih pengen ngrasain durian….. :(

  • andry sianipar
    21 February, 2010, 12:03

    salam super-
    salam hangat dari pulau Bali-
    wah,, kayaknya mantabbbb…
    jadi pengen juga neeh…

  • bend
    21 February, 2010, 12:30

    mau mau mau :D

  • andre
    21 February, 2010, 15:35

    saya gak suka durian tapi keliatannya seru juga ya ngumpul2nya

  • cebong ipiet
    21 February, 2010, 16:19

    waah ndak doyan duren 

  • Anas
    21 February, 2010, 17:15

    Mudah-mudahan pemerintah benar-benar memperhatikan industri/pedagang buah lokal. kayaknya durene enak iki.. mau dunk!

  • budies
    21 February, 2010, 17:42

    di kalimantan ada mas, buahnya seperti durian berwarna tembaga daging buahnya, tapi orang sini menyebutnya papaken. dijawa saya belum pernah melihat..apa ada ya

  • mawi wijna
    21 February, 2010, 17:53

    mungkin orang kita merasa tertipu, sebab durian Jingga tak berwarna Jingga :p

  • wahyu
    21 February, 2010, 20:21

    aku juga suka durian yang kesat, bukan durian yg lebih banyak airnya. kalau ditanya kenapa? ya itu seleraku.hehe

  • nurrahman
    21 February, 2010, 21:47

    wadow, ra doyan duren sob

  • SemutGeni
    21 February, 2010, 21:59

    anjrit pengen durennya euy

  • Tukang Nggunem
    22 February, 2010, 0:32

    wingi bar tuku duren 3 glundhung, sing 2 apik sing siji kapusan..wedhuss tenan..

  • kank_ripay
    22 February, 2010, 3:03

    kayanya enak banget tuh.. bagi donkk… ekekekekeeee

  • elmoudy
    22 February, 2010, 9:38

    durian.. gw suka dengan baunya…
    tapi gak kuat makan durian banyak2…
    sedikit tapi sudha memuaskan.

  • anna
    22 February, 2010, 10:08

    baru tau kalo durian montong bukan dari Indonesia toh?
    ternyata dari thailand…

    kayaknya duriannya yummy banget mas.. :)

  • Amink
    22 February, 2010, 10:19

    sayang ane kurang sreg ama durian…
    ngga tau tuh kenapa…

    btw nice info

  • intan rawit
    22 February, 2010, 11:24

    wah mauuuuu dunkkss duriannya, wah baunya mpe sini nih, hehehe

  • sarahtidaksendiri
    22 February, 2010, 12:43

    kmrn aQ dp hadiah durrian Palopo (sulawesi). akhirnya aQ eneggh karena aQ dikasih nya terlallu terlalu terlalu banyaaakkkkkkkkkkkkkkkkk

  • rumah blogger
    22 February, 2010, 13:57

    eaannaaakkk tennaannn…minta donk..

  • sabirinnet
    22 February, 2010, 13:57

    enak sekali ya, adduhh bikin ngileer aja mas

  • blogdotblog
    22 February, 2010, 15:27

    jadi pingin durianya bos

  • shalimow
    22 February, 2010, 15:27

    ingat masa kul nich
    mantabbb

  • penulis genit
    22 February, 2010, 15:28

    wowowo
    uenak yo duren ngantang

  • Mas Ben
    22 February, 2010, 15:44

    Tuh kan bukti kalau buah Indonesia sekarang makin banyak yang unggulan. Contohnya duren jepara,duren kasongan kalteng, duren kendal dan sekarang ada duren ngantang. Nggak perlu beli duren montong yang mahal kan hehhee

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

  • Aris Heru Utomo
    22 February, 2010, 15:55

    wah enak sekali kelihatannya, sayang saya sudah tidak makan duren … tapi bolehlah dibawa ke Bekasi untuk teman-teman.

  • indratie
    22 February, 2010, 16:21

    belom pernah nyobain durian ngantang mas, kirim-kirim dong :D
    salam knal

  • jejak annas
    22 February, 2010, 17:40

    sulit dibayangkan kenikmatannya mas. soale lidah ini belum menyentuhnya he he he

  • arifudin
    22 February, 2010, 19:53

    wah aku lek muleh mesti lieat kunu ;0

  • ario saja
    22 February, 2010, 23:23

    mantab durennya om… dikirim dong ke jakarta

  • Hariez
    23 February, 2010, 0:36

    kalo durian monthong saya ga suka sob..*harganya nyekek kantong* makanya saya lebih suka durian daerah :mrgreen:

    selamat malam & selamat beritirahat sob

    -salam hangat-

  • nahdhi
    23 February, 2010, 6:34

    Dua kali musim duren terakhir, say belum pernah makan duren sedikitpun…..

  • MacFamous
    23 February, 2010, 11:59

    haduh bikin ngiler2 aja abang2 ini .. kirim satu dong bang ke jogja hahahah .. ;)

  • Andy MSE
    23 February, 2010, 16:05

    jujur saja mas@ montong itu nggak enak, cuma menang besar dan tebal daging buahnya… soal rasa kalah jauh sama durian lokal…
    dua hari lalu saya nemu varitas asli lokal (boyolali)… rupane rak sepiroa, rasane top markotop….
    *pengin duren ngantang ki*

  • ofaragilboy
    23 February, 2010, 16:41

    wah maudunxdurian, bagi2 pak,,,

    salam kenal ya/ :D

  • febriyanto
    23 February, 2010, 17:18

    duren gratisan emang enak… hha

  • vulkanis
    24 February, 2010, 7:33

    Waw..durian
    Enak dong

  • suklowor
    24 February, 2010, 10:31

    wah.. blog yang menarik… Widget2nya mingini (membuat) pingin… salud deh…

    Mas kalo touring biasaanya pakai apa ya?

    annosmile Reply:

    kadang naek motor, kadang juga pake kendaraan umum :D

  • yangputri
    24 February, 2010, 11:53

    maaf saya tidak suka buah duren, tapi kalo duren (duda keren) saya suka….. xixixixiii

  • fanz
    24 February, 2010, 12:42

    asik nih belah duren :lol:

  • ciwir
    24 February, 2010, 16:05

    saya nggak doyan duren mas

  • kips
    24 February, 2010, 16:25

    Kok saya gak kebagian ya, padahal ada yang nenteng dua tuh haha…

  • Just Bryan
    25 February, 2010, 6:06

    Waa…pingin…
    Waktu kemarin di makassar juga sedang mus durian tapi gak sempat beli..
    Dan gak ada uang…hehe

  • ndop
    25 February, 2010, 6:50

    wow, emangnya nggak pernah dieksport to mas???
    jangan jangan masnya yang nggak ngerti?

    hehehe… becanda mas…

    btw, di Nganjuk juga ada durian Cepoko, rasanya juga enak…

    annosmile Reply:

    pengen nyoba durian cempoko :D

  • Budi Hermanto
    25 February, 2010, 8:33

    hmm..
    jadi ngiler neh.. ;)

  • prof. helga
    25 February, 2010, 8:34

    wahh durian?
    hoek cuih.

    buah yang paling gue benci..
    brapa hari di malang mas?

  • antokoe
    25 February, 2010, 10:50

    penasaran jadinya, tapi jauh ya kalo mau makan….?

  • itempoeti
    25 February, 2010, 13:28

    tak kiro mbahas duren = duda keren…

  • a-chen
    25 February, 2010, 14:43

    wooow, mantab neh durian ngantangnya.. meski sayah agak nggak suka.. ;-)

  • buwel
    25 February, 2010, 14:44

    Durian ngantang bikin ngiler bagi yang suka yak..

  • kucingkeren
    25 February, 2010, 19:12

    wah..jadi inget wkt makan durian di tengah hutan di Aceh… Gak tau namanya durian apa, tapi rasanya enakk bangett, soalnya langsung makan dari durian yg baru dipetik… mmm..nyem..nyem..

  • endar
    27 February, 2010, 1:41

    waduh aku saiki trauma mangan duren, pernah mangan siji dewe. langsung wetenge mules 2 dino

  • sunflo
    1 March, 2010, 23:08

    iya keknya enak durian lokal dech, lebih manis…. sayang aq blom bs nikmati durian, jauuuuuuhhhh…. n ga ada… :-(

  • anie
    29 March, 2010, 12:02

    emang durian Ngantang dan Kasembon mau dijadiin andalan Unggulan Malang., durian ngntg masih kalah ma Kasembon lhoo., udah pernah nyoba yg dr ksmbon blm, durian jingga , kunir, bajul. rasanya gg kalah ma monthong. saat ini lagi dikembangin lho

  • ice’
    1 April, 2010, 12:33

    pngen…
    q ska bnget ma durian…
    kpan isa mnikmati durian lgi???

  • zee
    22 April, 2010, 7:07

    Seperti katamu, tiap daerah punya rasa durian yang khas. Tapi yang paling terkenal itu durian medan ya. Apa krn memang paling legit atau karena musimnya terus-terusan jadi relatif lebih mudah didapat dibanding durian lain?

    Entah apa bedanya, seharusnya kita cobain semua durian dulu biar tahu mana yg terbaik.

    admin Reply:

    saya malah belum pernah nyoba durian medan mbak..
    kayaknya setiap durian memiliki ciri khas sendiri2 jadi tidak ada yang terbaik..
    tinggal mana yang cocok di lidah kita.. :)

  • mawan aremania
    22 September, 2010, 22:20

    “KALAU NGOMONG DURIAN GUE SUKA “DURIAN““`MONTONG“`
    NGANTANG““`KARENA DINGANTANG KOTAYA SEJUK“SEHINGA“DURIANYA MATAP“LOK NGAK PERCAYA “BOLEH““ASAL DIBELI“`

  • der_dei
    24 May, 2011, 14:46

    wai …jadi kpngen mkn duren,

Trackbacks

  1. Berwisata di Bendungan Selorejo | TeamTouring

Leave a Comment