Mengintip Sentra Pembuatan Telur Bebek Asin di Brebes

Nama telur asin mungkin sudah tidak asing bagi mereka yang sering melakukan perjalanan menggunakan kereta api ekonomi dan bisnis menuju ke jakarta atau sebaliknya. Makanan ini sering dijajakan oleh pedagang kaki lima yang berjualan di kereta api dan banyak ditemui di berbagai kota. Namun hanya sedikit orang yang tahu bahwa sebagian besar telur asin tersebut berasal dari Brebes. Telur asin ini kebanyakan terbuat dari telur bebek atau itik bukan dari telur ayam.

Telur Bebek (Itik) Asin merupakan hidangan khas dari Kabupaten Brebes. Brebes terkenal dengan sentra industri penghasil telur asin dan daerah penghasil bawang merah.

Berkunjung ke salah satu sentra industri pembuatan telur bebek asin yang terletak di Desa Limbangan Wetan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, kita bisa mengetahui aal usul dan cara pembuatan telur asin. Industri ini berskala rumah tangga dan menengah sehingga hampir setiap rumah di desa ini memproduksi telur asin. Kawasan industri ini berlokasi di pinggiran kota dan rencananya akan dikembangkan sebagai kawasan agrowisata.

Memasuki sebuah rumah sederhana yang didalamnya berjajar rak atau peti yang digunakan untuk penyimpanan telur. Dari tempat inilah kami mengamati proses pembuatan telur bebek (itik) asin dari persiapan alat dan bahan hingga telur bebek asin yang siap untuk dipasarkan.

Proses membuat telur bebek asin masih menggunakan cara yang sederhana, belum menggunakan peralatan modern.  Sebelumnya dilakukan pemilihan telur yang baik yaitu telur tidak mengalami retak atau pecah dan bukan telur yang telah dibuahi (telur tetas). Proses pemilihan ini dilakukan dengan menggunakan penglihatan mata biasa yang dibantu dengan senter untuk menerawang bagian dalam kerabang.

Telur bebek yang telah dipilih dan dibersihkan kemudian dilumuri dengan adonan tanah liat. Adonan tanah liat tersebut tersusun dari air, abu gosok, dan garam laut dengan komposisi yang telah diatur agar menghasilkan rasa telur asin yang enak. Telur bebek tersebut dilapisi adonan tanah liat kurang lebih 1cm tebalnya dan diakhiri dengan pemberian lapisan abu gosok agar tidak lengket dengan telur bebek yang lain.

Telur yang sudah selesai dilapisi adonan tanah liat kemudian dimasukkan kedalam sebuah tempat atau peti untuk disimpan selama 14 hari atau 2 minggu. Peti tersebut disimpan di dalam gudang penyimpanan telur asin yang dijaga kondisinya dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Setelah 2 minggu, lapisan tanah liat dibersihkan sampai bersih sampai tidak ada kotoran di pori-pori kerabang telur. Proses pembersihan telur bebek dari lapisan adonan tanah liat dengan cara direndam dalam air kemudian disikat hingga bersih.

Telur bebek yang yang sudah bersih kemudian dilakukan pemasakan. Ada beberapa teknik pemasakan telur bebek asin yaitu direbus, dipanggang, dan dioven. Ditempat ini sebagian besar telur bebek dimasak dengan teknik perebusan, pemanggangan telur bebek hanya dilakukan ketika ada pemesanan dari konsumen saja.

Perbedaan teknik pemasakan telur bebek asin mempengaruhi tekstur dan rasa. Telur bebek asin yang mengalami proses perebusan bertekstur basah dan berair. Telur bebek asin yang mengalami proses pemanggangan dan oven memiliki tekstur kesat dan memiliki rasa yang khas. Keunggulan telur bebek asin yang dimasak melalui proses pengovenan adalah lebih tahan lama dan kandungan nutrisi telur tetap terjaga. Setelah melewati proses pemasakan, telur bebek asin ini siap dikemas dan dipasarkan. Bila membeli dan merasakan telur bebek asin di sentra pembuatan telur asin, anda akan mendapati telur bebek asin yang masih hangat/panas karena baru saja melewati proses pemasakan. Rasanya sangat enak dan gurih, berbeda dengan telur bebek yang sudah dingin dan telah dikemas.

Telur bebek asin Brebes ini memiliki ciri khas yaitu gurih, rasa asin yang merata di sebuah bagian telur dan warna merah kecoklatan pada kuning telur yang kaya akan omega-3 dan protein. Cita rasanya sedikit berbeda dengan telur bebek asin biasa yang saat ini banyak dijumpai di daerah-daerah lain. Harga jual telur bebek asin di Brebes antara Rp1.800,- hingga Rp2.4000,- untuk telur rebus, antara Rp2.200,- hingga Rp3.000,- untuk telur yang dioven atau dipanggang. Bila dibandingkan denga harga telur bebek asin biasa yang dijual di pasar-pasar lokal, harga telur bebek asin dari Brebes sedikit lebih mahal. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share

Ada 56 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. xitalho:

    (doh) dadi pingin telur asin Brebes aku…. enak tenan dibanding telur asin lain daerah…

  2. soewoeng:

    kalo yang asli sampe masir ya mas istilah salaknya

  3. Bang Iwan:

    Telur asin?
    aku paling suka… ditempat saya sudah ada sentra produksi telur asin aroma daun sereh

  4. mawi wijna:

    saya malah penasaran sama telor pindangnya…

  5. atmo:

    enak sing panggang, rasa njerone abang kae, 
    nek sarapan ora ana lawuh, dimakan pake nasi hangat…enake…

  6. Anas:

    Anas lebih suka telur asin mas, murah meriah, makanannya wong cilik.. :D

  7. Etnize Journey:

    Kalo di tempatku justru yang banyak pemalsuan telur asin :( telur biasa disulap menjadi asin tp dengan harga yg sama , asem tenan.

  8. Triunt:

    telur asih yang saya suka itu bagian kuningnya aja.
    soalnya yang putih luarnya itu asin banget, tapi tetep aja doyan semuannya hehe :)

  9. ciwir:

    asemik…. kok ndisiki aku ki postinge (doh)

  10. geblek:

    ah jadi ngiler sayah hihihi, saya suka ngemil telor asin :D

  11. ciwir:

    soale posting award kuwi marai ngekek tenan (lmao)

  12. andi:

    itu telor kesukaan saya mas, enak sekali apalagi makan dengan nasi hangat :)
    salam,

  13. phiy:

    kalo di situ di jamin asli ya. Di pasar2 skrng banyak yg paslu :(

    • annosmile:

      iya dipasar banyak yang palsu nih
      kebanyakan yang dijual dipasar cuma telur direbus pake air garam :(
      klo disini 100% asli..:)

  14. quinie:

    bener ya kalo telur asin yang asli itu yang dari brebes ajah?

  15. munir ardi:

    ayo lomba makan telur asin, setelah itu lomba apa lagi ya

  16. antyo rentjoko:

    Saya terkesan sama stempel untuk telor bebek itu. Lebih dari itu, masih seneng kalau baca pengembaraan para penggembala bebek yang lintas daerah dari sawah ke sawah. Pembaca menunggu laporan Anda.

    BTW saya baru tahu kalau ada telur yang dioven. Ternyata yang kering masir itu to?

    • annosmile:

      iya paman, beberapa industri rumahan sudah memberikan cap pada produk telurnya.
      Mengenai telur yang dioven, rasanya kesat dan kering masir tapi teksturnya padat :)

  17. jun:

    gag doyan :D

  18. iwan:

    kalau saya doyan

  19. Darin:

    wah ke timur dikit bisa nyobain nasi jamblang pak :)

  20. HALAMAN PUTIH:

    telur asin memang enak, betul itu… anak saya pun suka.

  21. PRof:

    Jalan2 terus tapi gak mampir ke Bekasi toh BRo..?? Aku ketemu karo ki demang joglo abang neng bekasi

  22. HAPIA Mesir:

    wah enak bisa keliling2 ya sob. sampe brebes. kota kakak ipar saya…

  23. rae_zen:

    pengalaman yang sangat bagus sobat…bisa jalan2 sambil berbagi pengalaman..sukses selalu sob

  24. endar:

    sing dioven mesti luwih enak yo

  25. Sashy:

    Aku pernah dengar kalo gizi 1 telur puyuh = 2 telur ayam. Kalo telur bebek bagaimana kalo dibandingkan dengan telur puyuh?

  26. big sugeng:

    Karebna kandungan proteinnya tinggi jadi bisa nambah pinter ya… kalau makan telur asin

  27. Den Hanafi:

    sebagai penggemar berat telor asin.. pas liat artikel ini, langsung ngiler sayah… :D

    mantap sob.

  28. attayaya:

    nanlimo ga ikutan
    yg pergi cuma ber-4
    aku, fiko, ais, dan ijo/prof

  29. suryaden:

    payah, dioven barang to saiki

  30. alfondores:

    wah ini mengilhami saya untuk membuat telor asin di kota saya.

    sebuah peluang usaha mikro ni mas salam kenal

  31. ndop:

    iling jaman sd biyen… ndog e ndog biasa pitik lehorn… ee… tak deleh kulkas, dadakno karo ibukku digoreng… hahaha… ndog ceplokku dadi huwasin!

  32. waw:

    boleh dong di kirim ke saya telor asin nya.. :D

  33. zulhaq:

    saya gak begitu suk atelur asin

  34. phery:

    gak suka telor. Di Brebes juga ada yang khas. Tahu goreng

  35. Oyen:

    wahaaa…jadi inget suka dapat oleh-oleh temen dari brebes pas kuliah…emang uenak, woho…calon juragan telor asin sama bawang merah nih…huehehehhe

    mau dong di bagi…ane paling suka ma telor asin, dulu pernah sekali bikin jaman SD, pelajaran keterampilan….sekrang cuman pengen makannya ajah

  36. Mamah Aline:

    telor asin brebes rasanya enak, kuning telurnya gurih mas…

  37. eko magelang:

    iki ndok senenganku bos…….

  38. Nikmatnya Sate Blengong | TeamTouring:

    […] mendengar nama Sate Blengong? Ya, Sate Blengong merupakan salah satu makanan khas Brebes selain telur bebek (itik) asin dan teh poci. Biasanya Sate Blengong dihidangkan bersama-sama dengan Kupat Glabet, sejenis kupat […]

  39. Dino:

    Mas….. Saya butuh bebek afkiran/Karkas/bebek yang sudah tidak produktif lagi. Berapa yang harga per ekornya yang beratnya 1,6 kg ke atas? Dimana saya dapat info tentang itu.?

    Dino, di Malang, Jawa Timur

  40. najwa:

    kalo yang bikinnya pake batu bata itu gimana? sama aja gak rasanya? aku lagi nyoba bikin sendiri…terimakasih

  41. Pesatnya Perkembangan Peternakan Itik Petelur di Brebes | TeamTouring:

    […] melihat proses pembuatan telur bebek asin, akhirnya kami berkesempatan berkunjung ke peternakan itik (bebek) yang terdapat di Kabupaten […]

  42. daman huri:

    sori,,,gimana caranya aku bisa dapatkan telor2 itu,,aku kurang bahan mentah,
    tuban jatim.

  43. Rachid:

    Gimana ya,klo telor puyuh dibuat jd telor asin?

  44. toni:

    trima kasih infonya izin share

  45. aura:

    enak enak enak…

  46. yuli:

    aku butuh telur bebek buat telur. asin.berapa ya harga pertelurnya?

  47. Vina:

    Sy jg ada usaha telor asin, tp terkendala dana. Krn dari iseng2, mlah kbanjiran pesenan. Sy jg dpt inspirasi dr brebes pnya telor.. He he he.

  48. melia agustin:

    klo untuk pemanggangan butuh waktu berapa lama yaa?…..terima kasih

  49. Juntara Buggy:

    Kalau mau mampir beli telur asin brebes, yang enak di mana ya? Trims infonya.

  50. Rosid, Sang Penemu Telur Asin Panggang | TeamTouring:

    […] pasti berbeda dan unik, tekstur dan warna agak kasar, kesat, agak berminyak, dan lebih gelap dari telur bebek asin biasa. Selain itu tidak tampak bau amis khas telur bebek asin sehingga cocok buat orang yang tidak suka […]

  51. Mesin Tetas Sederhana | TeamTouring:

    […] on 9 March, 2010 No comments yet This item was filled under [ Agrowisata ] Ketika berkunjung ke industri rumah tangga pembuatan telur bebek asin, saya melihat sebuah mesin tetas sederhana dari hasil rakitan pemilik sendiri. Menurut penuturan […]

  52. royroyana:

    kula wong brebes losari pengen usaha telor asin ,sebagai generasi muda ingin meneruskan ciri khas tempat lahr ku Brebes………..soal lw plng k losari bnyk tmn2 kampus yang pesen telor asin….sayangnya saya harus…pengen bangt buat telor asin sendiri buat nambah2 bayar kuliah ning cerbon

  53. Mencicipi Soto Khas Tulungagung di Warung Soto Condong Raos | TeamTouring:

    […] Soto Ayam Condong Raos disediakan telur bebek asin sebagai makanan pelengkap dalam menikmati soto. Telur bebek asin yang disediakan sama seperti telur bebek biasa yang dijual di pasar atau di sentra pembuatan telur […]

Kirim pendapat