Menengok Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo masih terdengar asing ditelinga wisatawan yang berlibur ke kawasan wisata di lereng Gunung Lawu ini. Menurut informasi yang ada, air terjun ini baru saja dikembangkan sebagai kawasan wisata setelah dibukanya Air Terjun Jumog. Dengan ketinggian air terjun yang cukup tinggi, Air Terjun Parang Ijo berpotensi menjadi kawasan wisata unggulan seperti Air Terjun Grojogan Sewu.

Air Terjun Parang Ijo berada di daerah wisata Parang Ijo, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

Kawasan Wisata Air Terjun Parang Ijo ini sebenarnya satu jalur dengan kawasan wisata Air Terjun Jumog, Candi Sukuh, Kebun Teh Kemuning, dan Candi Cetho. Namun akses jalan menuju lokasi Air Terjun Parang Ijo yang sempit, menanjak, dan hanya mampu dilalui kendaraan roda empat membuat sebagian besar wisatawan melewatkan wisata air terjun ini. Bahkan pada hari-hari biasa suasana terlihat sepi saat memasuki kawasan parkir dan pintu masuk.

Perjalanan menuju ke area Air terjun Parang Ijo menyusuri jalan setapak dan menuruni tebing. Di sepanjang aliran sungai menuju kawasan air terjun dibangun taman yang indah dan menarik. Tidak lama kemudian, akhirnya kami tiba di area Air Terjun Parang Ijo. Ukuran Air Terjun Parang Ijo terbilang lebih kecil atau rendah daripada Air Terjun Grojogan Sewu.. Walaupun lebih rendah, Air Terjun Parang Ijo memiliki ketinggian yang cukup lumayan dan indah untuk dipandang.

Yang unik di kawasan Air Terjun Parang Ijo yaitu di dekat air terjun terdapat tebing dimana air muncul dari sela-sela bagian puncaknya. Debit air di air terjun ini lumayan deras, mirip dengan Air Terjun Jumog walaupun intensitasnya lebih sedikit.

Fasilitas penunjang kawasan wisata ini masih dalam kondisi baik, entah karena masih sedikit jumlah pengunjungnya, atau karena baru selesai dibangun. Jalanan dan taman masih terawat dengan baik, kondisi area yang cukup bersih, beberapa mainan anak-anak, kolam renang, dan gardu pandang di beberapa sudut.

Air Terjun Parang Ijo menawarkan pemandangan yang indah tidak kalah dengan air terjun lainnya di kabupaten Karanganyar. Suasana wisata air terjun yang masih sepi membuat nyaman pengunjung yang ingin berfoto ria maupun bermain air sambil menikmati ketenangan alam ini. Lokasi ini mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi roda dua dan roda empat namun belum dapat ditempuh dengan bus pariwisata karena jalanan cukup sempit dan melewati perkampungan penduduk.

== Tiket Masuk

Dewasa : Rp 2.500,-/orang

Bookmark and Share

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Aming:

    gunung lawu…ohh…gunung lawu, sayang sekali waktu itu batal dirimu kunaiki….
    top gan artikelnya….

  2. luxsman:

    aku diajak mrono yoh mene,,,

  3. arif:

    wah baru ya, berarti vandalisme masih minim :D

  4. shan shan:

    dah pernah ke sana jg,..di atasnya ada semacam tempat sesajen, ada arca nya, waktu itu masih sepi pengunjung,..

  5. arqu3fiq:

    Nice info. Kapan ya bisa ke air terjun paran ijo. Apakah jalan menuju ke air terjun tersebut mudah?

  6. Chici:

    Tiketnya murah ya no…
    Tapi tiket pesawat ke sananya yang mahal (–” )

  7. dinda:

    Apakah bisa diakses menggunakan mobil sedan?

Kirim pendapat