Melihat Panorama Alam Gunung Kelud dari Puncak Gajah Mungkur

Sudah setahun kami berkunjung ke Gunung Kelud, akhirnya kami kembali mengunjungi Gunung Kelud untuk yang kedua kalinya. Kali ini cuaca cukup cerah sehingga tidak ada kabut yang menutupi puncak Gunung Kelud.

Gunung Kelud merupakan obyek wisata andalan di Kabupaten Kediri. Merupakan gunung berapi yang cukup aktif dengan waktu letusan tiap 10 tahun sekali.

Seperti biasa, kami harus melewati terowongan terlebih dahulu, kemudian kami mencoba mendaki tangga yang menuju ke salah satu puncak Gunung Kelud. Tangga demi tangga kami lewati disebelah kanan kiri kami merupakan jurang yang cukup dalam sehingga kami harus berhati-hati dalam menginjakan kami di tangga.

Beberapa puncak di Gunung Kelud antara lain Puncak Kelud (1731m), Sumbing(1518m), Lirang (1414m), Gajahmungkur (1488m) dan Kombang (1514m).

Akhirnya kami mencapai sebuah gardu pandang yang merupakan akhir dari anak tangga. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menginjakkan kaki ke 200 buah anak tangga. Sebetulnya perjalanan menuju puncak belum selesai karena masih ada gundukan tanah yang lebih tinggi. Dari gardu pandang kita dapat melihat kondisi kubah lava baru yang disebut anak gunung Kelud. Di sebuah sudut anak gunung Kelud, terdapat sisa-sisa dari air danau kawah yang menghilang akibat erupsi Gunung Kelud.

Dari gardu pandang kami dapat melihat puncak gunung yang lainnya seperti Puncak Sumbing yang tingginya mencapai 1518m dpl. Pemandangan cukup indah di gardu pandang ini. Sayang kondisi bangunan gardu pandang kurang terawat dan minim fasilitas.

-----------
Bookmark and Share

Ada 39 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. ciwir:

    kayake aku mbiyen ngetung 300 anak tangga mas

  2. mawi wijna:

    tulisanmu ringkas banget No, ndak ada hal yg bikin kontroversi :)

  3. ciput m:

    pemandangannya indah banget

  4. zenteguh:

    masih setia dengan kelud. Ngomong2 yang anak kelud itu tambah tinggi terus gak mas, apa stagnan segitu aja..

  5. Joko Setiawan:

    Aku durung tahu ee :(

  6. bambang catur:

    marai pengen iq :(

  7. and1k:

    mantap jaya pemandanganya

  8. Bang Iwan:

    panorama yang sangat indah.

  9. dedekusn:

    Pasti mengasikan tuh… berada diketinggian spt itu kadang membuat lutut gemeteran :(

  10. wahyu:

    wah3x.. serasa di jaman kerajaan dulu ya.. masih asri :)

  11. annosmile:

    kurang tau mas :D

  12. attayaya:

    sunggguh sangat disayangkan……
    aku ga bisa ngebuka gambarnya
    abisan net lelet
    huaaaaa…..

  13. Zaiful Anwar:

    Wah panorama alam yang sungguh menajukan..

  14. Andrik Sugianto:

    Aq malah belum pernah kesini mas, padahal calonku org kediri

  15. wibisono:

    tak kiraiin waduk gajah mungkur.. hehehe

  16. Hary4n4:

    Jadi pingin main ke Kediri Mas… :)

  17. Anas:

    Sungguh pemandangan yang indah mas. Anas belum pernah pergi ke sana. Tapi ini sudah tidak menjadi masalah. Walaupun tidak yahu, Anas sudah membaca postingannya sampeyan. hehehe

  18. Rakhmat Ari Wibowo:

    Puncak sumbing apik banget…mantep banget nih, ada rincian biayanya juga…

  19. dinoe:

    indah benar panoramanya…jadi kepengen jalan-jalan kesana…nice info

  20. WAWAN:

    Subhanallah,

    pemandangan yang luar biasa!

  21. moenas:

    wah jadi penget k4 itu tuh brow, abis enak banget udaranya SEJUKKKKKK beda sama jakarta

  22. Hasi Aulia:

    pemandangan nya sama hasil jepretan foto nya bagus bro…
    enak juga ya sering touring2 begini…
    jadi pengen..hee

  23. Just Bryan:

    Tumben gak ada foto yang narsis…hehe
    Foto pemandangan yang bagus…

  24. budies:

    weh cuma kepingin thok, tapi aku takut ketinggian
    kalau sama anakku pasti dia bilang seperti maen game empire earth

  25. zee:

    Hmm… ada kata2 mendaki tangga. Ga kuatlah, capek :D

  26. kumpulnet:

    indah sekaliya alamnya…sy hanya kenal g.kelud dari merk yg selalu dipakai produk gambaran klo bahasa cilacapnya umbul

  27. vany:

    wah, km udh sering ksna y?
    Saia malah blm prnh….hehehe
    Kpn2 klo ksna lg,saia diajak dong….. :)

  28. yudi:

    ternyata ada miliaran tempat di indonesia yang sangat indah dan perlu dikunjungi :D

  29. Darin:

    Cantiknya, memang negeri kita ini gudangnya tempat2 eksotis :) Lanjutkan bro!

  30. anna:

    bagusnya…
    apa lagi foto yang terakhir itu .. tebingnya kayak tembok penghalang gitu lho.. kalo ngliat dari atas lebih keren pasti..

  31. sunflo:

    subhanallaah indah bgt… aq paling demen ma wisata pegunungan nie…

  32. phery:

    anak e gunung kelud wes iso ngopo wae saiki?

  33. jun:

    wah, saia kok gag diajak sih ;)

  34. wahyu nurudin:

    selamat datang ke kota kami, kota blitar. oh, ya walau kelud masuk kediri saya siap menemani sampai ke puncak gunung.

  35. nuances pen:

    Membangkitkan jiwa pendakianku, enak sekali sudah ada jalan tangganya sampai puncak, dulu ribet harus super hati-hati!

  36. Membuktikan Kebenaran The Mysterius Road di Gunung Kelud | TeamTouring:

    […] kami melanjutkan perjalanan menuju ke puncak Gunung Kelud yang tinggal beberapa kilometer lagi. // Share| Popularity: 351 […]

  37. putu:

    kereeen. . sipz. .bagus,bagus. .jadi pngn ksana..hehehe. .

  38. kuswahyudi:

    well , i have never been there, but i will. Now i am really confused. How to get there. Shall we start from Kediri, Blitar or Ngantang? Any suggestion?Thks a lot

  39. admin:

    you can start from Kediri or Blitar :-)

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan TeamTouring. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.