Mblusuk ke Candi Pringapus

This item was filled under [ Candi ]

Akhirnya kami diajak juga mblusuk candi bareng wijna dan kawan-kawan. Kali ini candi yang akan dituju adalah Candi Pringapus yang terletak di barat laut dari Temanggung.

Candi Pringapus pertama kali dikenal oleh peneliti asing yaitu Junghuhn tahun 1844, tulisan lainnya oleh Hoopermans pada tahun 1865 dan Veth pada tahun 1878. Deskripsi agak lengkap pada tulisan Knebel tahun 1911/1912. Selanjutnya pada tahun 1930 Dinas Purbakala melakukan pemugaran terhadap Candi Pringapus.

Lokasi Candi Pringapus berdekatan dengan pemukiman penduduk dan persawahan. Candi ini menempati lahan seluas 30m x 20m dan hanya terdapat sebuah candi yang kondisinya masih utuh walaupun atapnya sudah tidak lengkap.

Latar belakang pendirian Candi Pringapus belum diketahui namun dapat ditarik kesimpulan dari prasasti yang ditemukan di Candi Perot yang lokasinya 300 meter dari Candi Pringapus. Prasasti tersebut bernama Tulang Air I dan II yang telah disimpan di Museum Nasional Indonesia. Isi prasasti menyebutkan bahwa prasasti dikeluarkan pada tanggal 2 bulan Asada paroterang hari Aditya, Pahing, Tunglai (Minggu Pahing parikelan Tunglai) tahun Saka 772 atau 15 Juni 850 Masehi. Selain itu juga disebutkan Raja Rakai Pikatan.

Sebagaimana candi pada umumnya, candi Pringapus merupakan replikasi Mahameru tempat tinggal para dewata. Untuk memberi penekanan pada hal tersebut, maka Candi Pringapus dihiasi dengan antefiq atau simbar dan relief Hapsara-Hapsari. Dibagian atas pintu masuk terdapat ukiran Kala yang merupakan perwujudan raksasa sakti yang dapat mengalahkan semua dewa.

Ukiran Kala ini memiliki cakar dan rahang bawah dapat dijumpai pada candi-candi yang dibangun pada periode awal seperti Kompleks Candi Dieng, namun tidak berkembang di daerah Prambanan dan sekitarnya melainkan berkembang pada candi-candi yang terdapat di Jawa Timur.

Ada persamaan dengan Candi Dieng dan Candi Gedongsongo, seluruh bagian depan dinding Candi Pringapus dalam kondisi tertutup. Hanya dinding sebelah barat,yang terbuka karena berfungsi sebagai pintu keluar masuk. Dibagian kiri kanan terdapat motif sulur-suluran dan relief dewa. Memasuki pintu masuk Candi, terdapat sebuah arca Nandhi di bagian dalamnya. Kondisi arca masih cukup terawat walaupun dinding bagian dalam candi basah akibat rembesan air hujan.

Sebenarnya kami ingin menuju Candi Perot, namun menurut keterangan petugas jaga, semua reruntuhan candi sudah dipindahkan ke halaman Candi Pringapus.

== Tiket Masuk

Gratis, Hanya mengisi buku tamu

== Lokasi

Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung


Incoming search terms for the article:

    sejarah candi perot
-----------
Bookmark and Share
Popularity: 7,527 views

Artikel yang Berkaitan

  • Menengok Rekonstruksi Candi Prambanan Penasaran dengan perkembangan rekonstruksi Candi Prambanan pasca gempa yang melanda kawasan Jogja dan sekitarnya pada tanggal 27 Mei 2006, kami langsung […]
  • Mencari Jejak Sejarah di Candi Gunung Wukir Candi Gunung Wukir ini yang merupakan salah satu candi yang ditemukan di kabupaten Magelang. Keberadaannya cukup penting mengingat sebagai tempat […]
  • Situs Candi Klero Di tepi jalan raya yang menghubungkan antara kota Semarang dengan kota Surakarta terdapat sebuah situs candi yang bernama Candi Klero/Tengaran. Nama candi […]
  • Candi Sojiwan Diantara jalan penghubung Taman Wisata Candi Prambanan dengan Kraton Ratu Boko terdapat banyak situs peninggalan sejarah. Dimana banyak lokasinya masuk ke […]
  • Mendaki Tingkatan Candi Gedongsongo Belum lengkap rasanya ketika berwisata di Bukit Cinta dan Museum Kereta Api Ambarawa, tidak mengunjungi Kompleks Candi Gedongsongo. Candi Gedongsongo […]
  • Candi Banyunibo, Salah Satu Candi Dekat Ratu Boko Candi Banyunibo merupakan salah satu situs candi yang sering terlewatkan saat berwisata keliling candi diseputaran Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko. […]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

67 Comments on “Mblusuk ke Candi Pringapus”

  • Bang Iwan
    28 January, 2010, 16:08

    ternyata masih sangat banyak kekayaan budaya kita yang saya tidak tahu.
    makasih banyak sobat.

  • eko magelang
    28 January, 2010, 16:24

    informasi yang bikin hati pingin menengok kesana,Temanggung..kota tetangga yang cantik.

    d: terima kasih sdh berkunjung ke blog saya, salam pershabatan….

  • budies
    28 January, 2010, 16:27

    wah kalau dareah temanggung gak punya gambaran aku, sip-sip memang kudu sering kesini supaya tahu
    sukses

  • eko magelang
    28 January, 2010, 16:36

    salam kenal sahabat… tulisanmu sungguh membikin rindu hati saya untuk pulang ke kota tetangga

  • ciwir
    28 January, 2010, 16:48

    wah aku malah durung pernah mrono kie

  • Abula
    28 January, 2010, 16:55

    kalo ke Jateng saya akan menyempatkan ke Candi Pringapus

  • dasir
    28 January, 2010, 17:02

    Asik ya jalan2 terus ano. Kpn ya bs ikut?
    Salam

  • bayuputra
    28 January, 2010, 17:46

    candi memang peninggalan sejarah / nenek moyang yang sangat berharga dan mesti di lestarikan yah mas…

  • SaipulHamdi(dot)com
    28 January, 2010, 17:50

    Waah. mantabb brow…. punya banyak cerita tentang kebudayaan negri kita. Salam kenal brow, sukses buat anda

  • anazkia
    28 January, 2010, 18:48

    Assalamu’alaikum.. Salam ukhuwah.. gembira sekali bisa berkenalan dengan sahabat. terimakasih, atas kunjungannya ke blog saya :)

    Sepertinya, pemilik blog orang yang suka jalan yah? dan memfokuskan ke Candi? Begitu luasnya Indonesia.. Subhanallah.. bentar yah, aku lihat2 lagi postingan2 sebelumnya :)

  • yayat38
    28 January, 2010, 18:53

    saya baru denger mas kalo candi ini. Perasaan dulu gak ada di pelajaran ya? apa saya lupa kali ?Trims banget atas infonya.

  • mawi wijna
    28 January, 2010, 19:05

    wekekeke, keduluan bikin artikelnya :D pakai kata mblusuk pula.

    annosmile Reply:

    lha kan mblusuk bareng kamu :D

  • nurrahman18
    28 January, 2010, 21:13

    tumben pake kata mblusuk bro…btw, pakde ku asli temanggung, tp ane durung tau jalan2 ke situ (doh)

  • rudis
    28 January, 2010, 22:05

    maju terus biar kebudayaan kita dikenal sampai internasional, mantab

  • Ardy Pratama
    28 January, 2010, 22:20

    dah lama banget gak wisata ke candi2 :(

  • Hary4n4
    29 January, 2010, 0:32

    Ati2 kalo blusak-blusuk mas, khawatir bisa masuk..gak bisa keluar lho…hehe :-D

    kenapa namanya Pringapus yaa, apa dulu disitu banyak pohon bambunya ya mas…?

  • wahyu
    29 January, 2010, 1:56

    kok g asing ya dengan patung lembunya? hmmm

  • lambang
    29 January, 2010, 5:59

    wah, situs peninggalan yg belon Q ketahui nich!

  • Dangstars
    29 January, 2010, 7:44

    Wah asik bisa mejeng di Candi Pringapus :D
    Jadi kpingin tuh :)

  • soewoeng
    29 January, 2010, 8:51

    6ternyata temanggung ada candi juga ya?

  • BlagaBloGer
    29 January, 2010, 9:28

    Alhamdulillah masih terjaga, deta cuma tau candi2 yang terkenal aja, tp disini banyak info candi2 yg gak deta tau nie….
    semoga candi2 kita ttp terjaga….

  • spydeeyk
    29 January, 2010, 10:26

    mblusuk itu arti nya mengunjungi yah?

    annosmile Reply:

    mblusuk itu artinya mengunjungi dengan keluar masuk kampung :D

  • ardyan
    29 January, 2010, 10:42

    wah boleh di jadikn referensi ni kalau pas main2 ke temanggung

  • zee
    29 January, 2010, 10:56

    pOSTINGAnnya sama temanya dgn wijna ya.
    Sip dehh

    annosmile Reply:

    memang saya diajak mblusuk ama wijna :D

  • greengrinn
    29 January, 2010, 12:01

    saya senang nemu ini =3 saya mau rajin-rajin baca di sini, deh. temanya asik =3

  • bayuputra
    29 January, 2010, 12:30

    kapan yah saya bisa berkunjung ke candi2 yang ada di seluruh Indonesia…

  • Ndoro Seten
    29 January, 2010, 13:41

    wah cocok buat kopdaran blogger nih….

  • sauskecap
    29 January, 2010, 15:37

    wah ceritanya penjelajahan candi nih… beberapa hari ini topiknya candi2…. candi yang ini saya jarang denger…

  • Ardhiansyam
    29 January, 2010, 16:05

    mesti dijaga kelestariannya, ingin berkunjung bila ada kesempatan :)

  • ahmad rosidi
    29 January, 2010, 16:37

    beuhh melanglang buana ke berbagai tempat wisata kih
    kalao boleh tau yang paling jauh kemana mas?

  • ichaelmago
    29 January, 2010, 16:39

    huhuhuu. belom pernah kesini juga :(

  • pelitas baas
    29 January, 2010, 18:20

    jad makin tau kekayaan budaay indonesia nie…

  • alief
    29 January, 2010, 18:22

    pengen jalan jala, ta[pi gak punya waktu…

  • arihevea
    29 January, 2010, 19:18

    Mantaaappp…. benar2 buanyaaak peninggalan candi d jawa ini yaahh…

    *berharap bisa minjem mesin waktunya doraemon buat jalan2 ke masa lalu.. hehehhe

  • HAPIA Mesir
    29 January, 2010, 19:49

    wah suka touring ya sob.. mantab. ane juga dl suka maen2 gt..hampir semua candi dijawa tengah udah ane singgahin.. mantab sob..

  • oelil
    29 January, 2010, 21:12

    wah Temanggung ada juga ya…blm pernah ke sana ..padahal cedak..hehehehe

  • yangputri
    29 January, 2010, 21:16

    asyik jalan jalan terus…. ajak2 atuh

  • wibisono
    30 January, 2010, 0:44

    wah kok aku baru tahu ya ada candi pringapus.. Kalo dolan ngajak-ngajak kang..

  • PRof
    30 January, 2010, 1:21

    Bener2 team touring neh…….marai pengen Bro….!!!

  • Lekdjie,dab…mau ikutan..
    30 January, 2010, 7:50

    No.42…wah,baru tau kalo ada namanya candi pringapus.kalo yg di UII itu namanya candi apaan ya?

  • quinie
    30 January, 2010, 10:17

    wew… serrrunya… kapan sayah kesana ya?

  • grandchief
    30 January, 2010, 11:24

    wah keren nich ternyata banyak juga ya cagar budaya yang belum sempet saya kunjungi,bahkan belum saya kenal,thanks bro dah kasih infonya :)

  • Zippy
    30 January, 2010, 12:21

    Baru tau ni soal keberadaan canndi ini, heheh…
    ‘Maklum, jarang di publikasi kayaknya :D
    Tapi keren yah candinya :)

  • didtav
    30 January, 2010, 15:40

    wah asik nya bisa blusukan :D

  • dobleh yang malang
    30 January, 2010, 17:45

    semoga banyak yg sellau melestarikan cagar alam serta seni dan kebudayaan negri kita……….heheh
    kapan kapanblue diajak dong
    salam hangat dari blue

  • Ersis Warmansyah Abbas
    30 January, 2010, 18:05

    Menelisik kehebatan masa lalu menatap masa depan … mantap

  • aRai
    30 January, 2010, 19:43

    candinya cuman satu doank ye

  • Anang
    30 January, 2010, 20:07

    aku meluuuu….. kapan?

  • Anang
    30 January, 2010, 20:07

    kapan aku bakal dijak dolan2.. hehe

  • ALRIS
    30 January, 2010, 22:44

    Saya juga baru tahu ada candi ini. Masuk buku sejarah gak ya.
    Salam

  • Blog Terpanas Menjadi Dofollow
    30 January, 2010, 22:48

    nama candinya seperti nama kecamatan tempat saya tinggal hehe…..

  • Just Bryan
    30 January, 2010, 23:37

    Waa….memang mblusuk…
    Karena saya juga baru pertama kali dengar…

  • Joko Setiawan
    31 January, 2010, 3:37

    HHmm..jawa Tengah Memang menyimpan peninggalan candi yang terhitung jumlahnya…dan keren2 pula.. :)

  • thedollarcorner
    31 January, 2010, 20:07

    wah jalan2 terus nie bro…
    asik juga foto2nya… mantap gan

  • Megan Garnieri
    1 February, 2010, 13:02

    gile nih jalan2 terus, mantab gan.. hehe..

  • liza
    1 February, 2010, 14:37

    ditunggu jalan2nya ke Aceh… namun tempat bersejarahnya sudah berkurang karena tsunami silam

  • Didien®
    1 February, 2010, 20:44

    ternyata jawa tengah banyak sekali candinya yah? padahal saya org jateng, tp ndak byk tau ttg candi² di jateng.
    trimakasih mas, krn infonya yg lengkap membuat saya semakin tau.

    salam, ^_^

  • Caride™
    1 February, 2010, 20:47

    wahh saya harus byk cari informasi ttg candi² di indonesia di blog ini…lumayan buat referensi nanti piknik…

  • d-Gadget™
    1 February, 2010, 20:47

    kapan² kesana deh…menarik juga buat di kunjungi

  • omagus
    2 February, 2010, 14:20

    seumur-umur saya baru sekali ke temangung..!
    itupun mampir sebentar sepulang dari sindoro sumbing..!
    saya malah baru dengaer candi pringapus dari sini..!(doh)

  • bondan
    3 February, 2010, 12:17

    Kalau candi Aso tahu mas?

  • ranystarry
    4 February, 2010, 14:48

    mas nya pencari batu juga ya kayak mas Wijna? :)

  • faruq
    5 February, 2010, 5:56

    terima kasih… bisa dijadikan referensi untuk jalan-jalan…

  • reza
    6 November, 2010, 13:39

    mari kita jaga peninggalan nenek moyang kita

Leave a Comment