Mancing Ikan Bandeng, di Brebes

Setelah melakukan perjalanan dari Kuningan ke Brebes sambil berhenti di Waduk Malahayu, akhirnya kami memutuskan untuk memancing ikan di sebuah pemancingan yang terletak di sebelah utara kota Brebes. Pemancingan ikan tersebut merupakan kawasan pemancingan tambak yang lokasinya tidak jauh dari laut.

Memancing (fishing) adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan pekerjaan, hobi, olahraga luar ruang (outdoor) atau kegiatan di pinggir atau ditengah danau, laut, sungai dan perairan lainnya dengan target seekor ikan. Atau bisa juga sebagai kegiatan menangkap ikan atau hewan air tanpa alat atau dengan menggunakan sebuah alat oleh seorang atau beberapa pemancing.

Perjalanan ditempuh selama 15 menit melewati jalanan desa yang menembus jalur pantura. Selanjutnya kami berbelok ke kiri melewati jalan disebelah kiri terdapat kawasan peternakan itik. Memasuki sebuah pemancingan yang merupakan tambak ikan bandeng, kami segera meminjam alat pancing beserta umpan. Waktu berjalan selama lebih dari satu jam, kami sama sekali belum mendapatkan satu ikanpun. Walaupun tempat ini merupakan kolam pemancingan dan tambak ikan bandeng, ternyata sangat sulit sekali mendapatkan seekor ikan bandeng.

Sejak waktu menjelang sore, kami berkeliling kolam untuk mencari spot yang banyak terdapat ikan berkumpul. Matahari telah berada di ujung barat, akhirnya salah seorang dari kami yaitu Reza mendapatkan sebuah ikan yang cukup kecil yang kurang layak untuk dimakan. Sayup – sayup terdengar adzan maghrib, akhirnya kami menyerah. Acara memancing kami akhiri sampai disini.

Kami langsung memesan satu kilo ikan bandeng bakar untuk dimakan bersama – sama dilokasi pemancingan. Memilih tempat makan disebuah gubuk dipinggir kolam, menambah keasyikan tersendiri. Sambil menunggu pesanan tiba, kami kembali mencoba memancing namun hingga pesanan tiba tak satupun ikan kami dapat. Rasa kecewa tidak mendapatkan ikan ada didalam benak kami. Kami pun tertawa dengan kenyataan itu, sambil bernyanyi meminjam sebuah gitar dari pegawai pemancingan.

Rasa kecewa hanya mendapatkan satu ikanpun akhirnya hilang dengan enaknya ikan bandeng bakar. Perut yang kelaparan ini memaksa kami menambah satu porsi nasi untuk mengenyangkan perut kami. Akhirnya perut kami telah kenyang. Jam telah menunjukkan angka delapan malam. Kami mengakhiri makan di pemancingan dan membayar tagihan makanan. (text/foto: annosmile)

Bookmark and Share

Ada 14 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. cebong ipiet:

    weee enaknyaaa
    kangen suasana alami ky gitu
    dulu mah suka mancing di kali

  2. kawaii ayua:

    waaa….kawaii ayu paling suka makan ikan……

  3. masaguz:

    weh, uwenak';e rek mancing … nyamleng tuenan

  4. tenyomimut:

    wow, tuh poto yang pertama bagus banget bro..
    soulnya dapet ;)
    enjoy mancing bro.. gue juga agak suka mancing
    *dan gue adalah orang yang sering mancing sekaligus sering ga dapet ikan*
    *ga tau kudu bangga apa kudu nelangsa*

  5. dikma:

    wah asyiknya, apalagi matahari mo terbenam tuh

    • annosmile:

      sunset bro :D

  6. pandjoel:

    wah, mancing, enaknya emang pas bagian makan, hehe

    • annosmile:

      apalagi dibayarin bro :D

  7. thekry:

    Waduh ini yang mancing, sampai senja tiba…nampaknya belum dapet nih….fotonya!
    Salah umpan neh keknya, harus nya ganti umpan tuh mas…..atau jangan2 empangnya tak ditanami ikan??

  8. gdenarayana:

    sama dengan hobi saya neh kang, sayang sekarang udah jarang bisa mancing, dulu biasa mancing di laut, pagi2 berangakat…nyari hari yang pas..

    hikzz kuangen bisa mancing :(

  9. bejo:

    waow asyik tuh mancing dapat langsung di santap…maunya ya…
    tapi untung aja di tempat jual juga ya….nasib….

  10. Menikmati Teh Poci di Alun - Alun kota Brebes | TeamTouring:

    […] cukup puas makan ikan di pemancingan ikan bandeng, kami beranjak menuju ke alun – alun ibukota kabupaten Brebes. Kami kembali melewati sebuah […]

  11. addiehf:

    aku jg pernah lho kesana :D

  12. Rosid, Sang Penemu Telur Asin Panggang | TeamTouring:

    […] mengunjungi toko ini untuk membeli oleh-oleh setelah kami berkeliling kota Brebes dan menikmati kuliner ikan di kawasan tambak yang terletak di sebelah utara kota […]

Kirim pendapat