Kraton Ratu Boko

Situs Kraton Ratu Boko yang lokasinya berada disebelah tenggara dari Taman Wisata Candi prambanan menjadi wisata favorit setelah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Kelompok Gapura Utama terletak di sebelah barat yang terdiri dari Gapura Utama I dan II, talud, pagar, candi Pembakaran dan sisa-sisa reruntuhan.

Kompleks Kraton Ratu Boko (Ratu Boko Palace) terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Sejarah keberadaan Kraton Ratu Boko masih misteri karena belum diketahui siapa, kapan, dan fungsi dibangun. Hanya ditemukan prasasti berangka tahun 792 Masehi berupa Prasasti Abhayagiriwihara. Kraton Ratu Boko ditemukan pertama kali oleh arkeolog Belanda, HJ De Graaf pada abad ke-17 dan dilanjutkan penggalian oleh Van Boeckholtz.

Perjalanan menuju ke Kawasan Wisata Kraton Ratu Boko cukup mudah, cukup banyak rambu penunjuk ke arah lokasi. Dari lampu lalu lintas pasar Prambanan kendaraan kami berbelok ke kanan melewati jalan penghubung Prambanan-Piyungan dan tidak lama kemudian memasuki area parkir wisata Kraton Ratu Boko. Terdapat dua area parkir wisata Kraton Ratu Boko, parkir sebelah bawah dan parkir sebelah atas dimana harus melewati jalan memutar terlebih dahulu.

Memasuki kawasan pertama disebut Gapura Utama yang merupakan gerbang masuk kawasan Kraton Ratu Boko. Kondisinya sudah mengalami renovasi dengan penggantian beberapa batuan asli yang sudah tidak dapat digunakan untuk menyusun bentuk bangunan gerbang. Sisa-sia batuan asli yang sudah rusak tersebut diletakkan di halaman dekat pos penarikan tiket masuk. Selain itu terdapat beberapa reruntuhan yang belum terekontruksi yang diperkirakan menurukan bangunan candi.

Bangunan Kompleks Kraton Ratu Boko diperkirakan terbuat dari batu dan kayu karena ditemukan sisa-sisa kayu yang telah lapuk saat proses ekskavasi dan banyak ditemukan batuan pondasi bawah dan tidak terlihat adanya reruntuhan atas candi di beberapa titik area Kraton Ratu Boko. Diperkirakan situs ini memiliki banyak fungsi sebagai tempat tinggal, peribadatan, istana, pemerintahan, pemandian, pertapaan, dan lain-lain.

Memasuki kawasan selanjutnya berupa candi pembakaran yang sedang mengalami rekonstruksi atau penyusunan ulang. Di sudut tenggara candi pembakaran terdapat salah satu sumur tua yang airnya mengandung misteri. Konon sumur ini bernama Amerta Mantana yang berarti air suci yang sudah diberi mantra. Menurut kepercayaan, air tersebut dapat berguna sesuai apa yang diinginkan dan sering dimanfaatkan untuk acara prosesi ritual keagamaan diantaranya pengambilan air suci untuk prosesi Tawur Agung umat Hindu.

Disebelah kiri dari Gapura Utama terdapat jalan menuju ke puncak bukit dimana bisa melihat pemandangan Kompleks Candi Prambanan dan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu bila tidak terhalang oleh kabut. Saat ini sudah dibangun sebuah gardu pandang sebagai tempat untuk melihat pemandangan dan sebagai tempat berteduh ketika hujan. Namun prilaku vandalisme wisatawan perlu mendapat teguran dan perhatian agar tidak mengurai keindahan kawasan wisata Kraton ratu Boko. Di sekitar bukit tersebut masih terpendam bagian Kompleks Kraton Ratu Boko yang belum dilakukan ekskavasi atau penggalian.

Perjalanan selanjutnya mengikuti arah petunjuk jalan menuju ke Kawasan Paseban. Kawasan Paseban konon digunakan sebagai tempat menunggu raja. Di dekatnya terdapat kompleks Pendopo yang dulu tiang penyangganya berupa kayu.

Kompleks Keputren sebagai tempat tinggal putri raja terdapat beberapa bangunan yang lebih tinggi yang diyakini sebagai pondasi tempat tinggal. Di bagian dalam dan dibagian bawah terdapat beberapa buah kolam pemandian.

Memasuki Kawasan Keputren, terdapat bangunan yang lebih tinggi yang terbuat dari batu sebagai tempat tinggal putri dan dibagian yang lebih rendah terdapat beberapa kolam sebagai tempat pemandian. Kolam tersebut juga merupakan sumber mata air yang selalu mengeluarkan air walaupun debitnya kecil. Kondisi batuan yang mengelilingi kolam ditumbuhi lumut dan berwarna kehijauan. Cukup disayangkan terlihat beberapa sampah bungkus makanan di dasar kolam akibat perilaku buang sampah sembarangan oleh para wisatawan.

Kelompok Gua di Kompleks Kraton Ratu Boko terdiri dari Goa Lanang dan Goa Wadon. Goa Lanang merupakan lorong persegi dibagian dalamnya terdapat relung seperti bilik. Dinding Goa Lanang terdapat pahatan berbentuk pigura persegi panjang. Goa Lanang berfungsi sebagai tempat meditasi laki-laki. Goa Wadon lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan Goa Lanang, di bagian belakang gua terdapat relung seperti bilik. Goa Wadon memiliki fungsi tempat meditasi perempuan. Dinamakan Goa Wadon karena ada semacam relief yang menggambarkan alat kelamin (lambang Yoni) di atas pintu.

Terakhir kami mengunjungi kawasan goa yang berada di area Kompleks Kraton Ratu Boko dibagian belakang. Sebelumnya kami mengira kompleks goa yang ada merupakan goa alami yang proses terbentuknya dari alam. Namun ternyata goa di Kompleks Kraton Ratu Boko merupakan sebuah lubang pada batu yang dipahat membentuk sebuah ruangan pada zaman dahulu. Lubang goa tersebut dinamakan dengan Goa Lanang dan Goa Wadonyang letaknya berdampingan.

== Harga Tiket

Dewasa: Rp 25.000,-

Kamera: Rp 5.000,-

== Informasi tambahan

  • Terdapat paket untuk tiket masuk terusan Taman Wisata Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko dengan harga yang lebih murah dibandingkan membeli tiket secara terpisah.
  • Terdapat paket wisata untuk menikmati pesona sunset di Kraton Ratu Boko dengan menghubungi pengelola karena tiket khusus ini berbeda dengan tiket biasa/reguler.
Bookmark and Share

Ada 9 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Candi Sojiwan | TeamTouring:

    […] jalan penghubung Taman Wisata Candi Prambanan dengan Kraton Ratu Boko terdapat banyak situs peninggalan sejarah. Dimana banyak lokasinya yang berada masuk ke sebuah gang […]

  2. Prosesi Upacara Tawur Agung di Candi Prambanan | TeamTouring:

    […] parkir Kraton Ratu Boko dengan membawa air suci yang diambil dari sumber air yang terdapat di Kawasan Kraton Ratu Boko. Prosesi arak-arakan membawa air suci (tirta suci) disebut prosesi Mendak Tirta yang dipimpin oleh […]

  3. Survei Bukit Bintang Prambanan | TeamTouring:

    […] Bintang Prambanan berada di belakang Kompleks Kraton Ratu Boko, kecamatan Prambanan, kabupaten […]

  4. Senja di Candi Barong | TeamTouring:

    […] Candi Barong sepertinya kalah populer dibandingkan dengan Kompleks Kraton Ratu Boko yang lokasinya berada di sebelah baratnya. Candi Barong terletak di kawasan perbukitan di selatan […]

  5. Situs Watugudig | TeamTouring:

    […] Situs Watugudig Posted by admin on 23 October, 2012 No comments yet This item was filled under [ Candi ] Tidak jauh dari Kraton Ratu Boko, terdapat situs purbakala yang berupa potongan batu yang mirip sebuah umpak atau pondasi bangunan. Situs purbakala yng bernama Situs Wtugudig ini berada di antara pemukiman penduduk dan area persawahan. Lokasi Situs Watugudig tidak jauh dari jalan raya penghubung Prambanan – Piyungan dan di sebelah barat Kompleks Kraton Ratu Boko. […]

  6. Situs Dharmasala | TeamTouring:

    […] situs purbakala di Dataran Tinggi Dieng yang diperkirakan memiliki luasan yang hampir sama dengan Situs Kraton Ratu Boko. (text/foto: annosmile) Incoming search terms for the article: Pesona Kompleks Candi Arjuna di […]

  7. Goa Payaman, Dari Masa Ke Masa | TeamTouring:

    […] Saat tiba di Goa Payaman, bentuk goa hanya sedalam 8 meter dan tidak terlihat adanya stalaktit dan stalakmitnya. Dengan ukuran panjang dan lebar sekitar 8 meter bisa diperkirakan goa tersebut berfungsi sebagai tempat tinggal. Dahulu Goa Payaman ada dua buah yaitu Goa Lanang dan Goa Putri, namun saat ini hanya tersisa Goa Putri karena Goa Lanang sudah tertutup tanah. Keberadaan nama Goa Lanang dan Goa Putri mengingatkan kami terhadap nama goa yang hampir sama di Kraton Ratu Boko. […]

  8. Air Terjun Tritis Prambanan, Sebuah Pencarian | TeamTouring:

    […] perbukitan di sebelah selatan dekat Kraton Ratu Boko dan Candi Banynibo terdapat sebuah air terjun tersembunyi yang membuat kami ingin menjelajahinya. […]

  9. Candi Banyunibo, Salah Satu Candi Dekat Ratu Boko - TeamTouring | TeamTouring:

    […] Banyunibo yang sepi padahal hari ini merupakan hari libur. Hal ini sangat berkebalikan dengan Kraton Ratu Boko yang letaknya tidak jauh dari Candi Banyunibo tampak ramai dengan pengunjung yang datang dari dalam […]

Kirim pendapat