Keunikan Goa Gong

Setelah cukup lama berada di Pantai Srau, akhirnya kami meneruskan perjalanan menuju ke Goa Gong. Perjalanan cukup singkat, dalam setengah jam kami sampai di obyek wisata ini. Jalanan sudah diperbaiki memudahkan kami untuk segera sampai ke obyek wisata Goa Gong.

Goa Gong merupakan objek wisata andalan Kabupaten Pacitan. Memiliki pesona stalaktit dan stalakmit yang indah dan unik.

Memasuki kawasan ini, suasana tampak lebih ramai daripada saat kami berkunjung ke Pantai Srau. Untuk menuju ke mulut Goa, pengunjung harus melewati tangga-tangga naik terlebih dahulu. Karena posisi Goa berada dibagian atas dari bukit. Sebelum sampai ke mulut Gua, pengunjung melewati pedagang yang menjual jajanan khas Pacitan, cinderamata, dan sebagainya. Akhirnya kami mencapai di mulut gua, dan tanpa menunggu lama kami memasuki Goa Gong.

Deru kipas yang berfungsi untuk sirkulasi udara di dalam goa cukup mengganggu komunikasi kami. Namun saat kami melihat stalaktit dan stalakmit yang terbentuk di dalam goa, hati saya berdecak kagum. Sungguh indah pemandangannya ditambah ornamen-ornamen yang berbentuk lipatan yang mempesona kami. hampir semua bagian goa yang menjadi jalur wisata keliling goa telah dipasang lampu yang warnanya kebiruan dan kehijauan. Mungkin memberikan kesan dramatis bagi para wisatawan yang melihat keindahan stalaktit dan stalakmit goa.

Perjalanan di dalam goa dilanjutkan menuruni ratusan anak tangga, semakin indah pemandangannya. Lampu-lampu warna warni menambah nilai exotis goa ini. Dibagian dasar goa terdapat beberapa sendang dan sumber mata air. Memasuki ruangan marmer dan kristal, kami melihat sebuah batu besar yang berwarna putih bening seperti kaca yang bisa ditembus oleh cahaya. Selain itu adalah sebongkah batu yang bentuknya mirip dengan gong yang bila dipukul akan menghasilkan bunyi.

Dibeberapa bagian goa terdapat beberapa genangan air yang disebut dengan sendang. Ada sendang yang terisi air dan ada pula yang terlihat kering. Diantara sendang tersebut dibatasi oleh dinding batuan yang besar dan pengunjung berjalan melewati dianatar celah batuan yang ada.

Perjalanan sampai ujung Goa kemudian diarahkan menuju tangga naik. Tur berkeliling di dalam Goa Gong ini berakhir seiring dengan menaiki tangga naik menuju mulut goa untuk keluar. Namun anda bisa berhenti sejenak atau mengulangi tur tersebut untuk mengabadikan bagian-bagian goa yang terlewatkan.

== Tiket Masuk

Dewasa: Rp5.000,-/orang

-----------
Bookmark and Share

Ada 29 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mas novi:

    yang tersembunyi selalu menyimpan keindahan.

    sayang fotonya cuma 1 yang didalam goa itu

  2. Seno:

    Gongnya g ada fotonya sob, penasaran pingin liat kayak apa sih batu yang kalo dipukul bunyi itu :)

    • annosmile:

      Cuma stalaktit doank kok bro
      tapi dipukul mengeluarkan bunyi :)

  3. yudi:

    seruuu…semoga suatu saat bisa kesana :-D

  4. IHSAN:

    gambar2 yang lain mana?

    kan katanya unik, jadi pengen lihat juga yang uniknya itu bagaiamnana

    • annosmile:

      gara2 hanya memakai kamera hp
      cuma beberapa gambar yg berhasil ditangkap :(

  5. masnur:

    gan secreensuit dalem goa nya nggak ada gan, kalau dah lihat pixnya kan bisa ngebayangin kalau goa goong itu seperti itu , . . .yess…yess

  6. delonelybie:

    i….waw… :mrgreen:
    duch kapan ya bisa ikutan touring kek gini????

  7. latree:

    aku sudah tiga kali ke sana. satu-satunya goa yang aku merasa nyaman memasukinya. biasanya paling ga tahan berada di dalam goa yang lembab dan pengap…
    bagus banget!

  8. xitalho:

    Mantab udah mulai merambah Pacitan….. budhal neh…. hehehe

  9. racheedus:

    Perjalanan ke berbagai tempat wisata bisa dijadikan buku, tuh. Buku Panduan Wisata. Wah, pasti menarik.

  10. Hary4n4:

    Jadi pingin jalan2 lagi mas.. Sayang waktu dan kesempatannya belum ada. Oh ya mas.. Kita tukeran link yuk. Trims

  11. marshmallow:

    stalaktit dan stalakmit tak lagi sekadar hasil sedimentasi tetesan air, melainkan menjadi karya seni instalasi maha indah pahatan sang maha pencipta.
    pengalaman yang sangat berharga, mas.
    terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

  12. Wongbagoes:

    Goa Gong memang menawarkan pemandangan yg indah dan sebuah penglaman yg menarik bisa berkunjung kesana..

  13. Irfan:

    batu yang disebut mirip gong mana bro?

  14. kw:

    wow.. aku dah pernah ke sini mas… 10 th lalu mungkin
    perjalanannya sangat menyeramkan… hujan-hujan
    tapi emang indah isi goa di dalamnya…

  15. Cengkunek:

    waw.. mantap
    kok bisa warna biru gitu ya..?

    • annosmile:

      itu lampu..

  16. hamka:

    cerita lanjutan dari pacitan kemarin ya? oleh2nya ditunggu dunk, kelelawar hitam Ya :D

  17. masarif:

    Kok nampaknya serem, ya…

  18. hade:

    Hhhmmm.., menarik banget fotonya. Itu stalaktit bisa panjang banget gitu…

  19. suwung:

    belom pernah…
    mboke rangga kalo diajak ngak mau

  20. cirux:

    itu warna nya kek gitu dikasih lampu sorot ya

  21. sof:

    asik… back to nature. Kapan2 kesini ah…

  22. Danta:

    Wuihh.. serem ga ya di dalem goa.. tapi jadi pingin ke sana

    • annosmile:

      malah mengagumkan :)

  23. wisnuwd:

    Pemandangan yang bagus,kapan kapan saya bisa gabung kan dengan touringnya mas?

    Salam kenal

  24. hafiz:

    kayaknya bagus tuh,

Kirim pendapat