Keindahan Sunrise Di Puncak Gunung Penanjakan

Dini hari pukul 03.00 tiba saatnya untuk berangkat menuju ke Puncak Gunung Penanjakan yang jaraknya sekitar 6 kilometer dari Cemoro Lawang. Kami telah menyewa hardtop untuk melakukan perjalanan menuju ke Puncak Penanjakan. Medan jalan menuju Puncak Penanjakan cukup ekstrim dan menanjak dari Cemoro Lawang membuat jalanan cukup sulit dilewati oleh kendaraan biasa.

Gunung Penanjakan (Mount Penanjakan) yang kadang dikenal dengan nama Gunung Pananjakan ini memiliki ketinggian 2.770 meter di atas permukaan air laut. Dari Puncak Penanjakan ini wisatawan dapat menikmati pesona sunrise dan pemandangan jajaran gunung di pegunungan Tengger.

TeamTouring in Penanjakan Peak

Perjalanan melalui gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melewati lautan pasir dan jalan menanjak yang mengarah ke Puncak Penanjakan. Layaknya sebuah konvoi, dibelakang kendaraan kami terdapat hardtop-hardtop lain yang mengantarkan wisatawan yang ingin menikmati pesona sunrise di puncak Penanjakan. Ketika tiba dilokasi, kami dipersilakan keluar dari hartop terlebih dahulu dan sang sopir berkeliling mencari tempat parkir kendaraan yang masih tersedia.

Suasana area parkir Puncak Penanjakan mulai ramai dengan kedatangan para wisatawan dengan menggunakan hardtop. Di sekitar area parkir banyak penjual makanan ringan, souvenir bagi para wisatawan, dan persewaan jaket dan penutup kepala. Sepertinya menarik bila berhenti sejenak di warung-warung makanan dan minuman untuk sekedar menikmati secangkir minuman hangat untuk mengurangi efek kedinginan. Namun karena waktu yang terbatas, kami langsung berjalan menuju ke Puncak Gunung Penanjakan.

Matahari Terbit Dari Puncak Gunung Penanjakan

Jalan menuju ke puncak Gunung Penanjakan sudah dibangun dengan tangga permanen dan lampu penerangan yang memadai. Dibeberapa titik sudah dibangun mushola dan toilet umum. Kami cukup salut dengan pembangunan fasilitas wisata yang cukup memadai meskipun disisi lain menjadi kehilangan pesona alamiahnya. Dari kejauhan tampak ujung tangga berupa Gapura Gunung Penanjakan dan tidak lama lagi kami akan tiba di puncak.

Suasana Sebelum Matahari Terbit Di Puncak Gunung Penanjakan

Area Puncak Gunung Penanjakan saat ini telah dibangun beberapa fasilitas pendukung yang cukup lengkap.rumah gazebo dan tangga menurun yang berbentuk podium yang berfungsi untuk melihat panorama sunrise dan pemandangan jajaran gunung yang berjajar seperti gunung Bromo, Gunung batok, gunung Semeru, dan gunung-gunung yang lain. Suasana puncak Gunung Penanjakan ini sudah mirip dengan taman wisata biasa dan tidak terlihat seperti puncak gunung yang biasanya berupa tanah lapang.

Pemandangan Gunung Bromo Tengger Semeru Dari Puncak Gunung Penanjakan

Kami berjalan menuruni podium untuk melihat sunrise di Penanjakan dengan melewati beberapa anak tangga dan menuju ke arah ujung yang merupakan pagar batas. Di pagar batas puncak Gunung Penanjakan sendiri sudah berjajar wisatawan yang ingin melihat pesona sunrise langsung di depan. Untungnya ada celah pagar batas masih kosong yang akhirnya kami tempati.

Suasana tampak ramai dengan didominasi wisatawan dari mancanegara. Sesekali terdapat kilatan cahaya lampu kamera untuk mengambil sunrise moment jangan sampai terlewatkan satu detik pun. Batas cakrawala mulai terang namun matahari belum memunculkan wajahnya. Beberapa saat kemudian akhirnya matahari sedikit demi sedikit memancarkan sinarnya dari balik kumpulan awan. Kumpulan gunung yang terdiri dari Gunung Semeru, Gunung Widodaren, Gunung watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo sedikit demi sedikit mulai terlihat dengan jelas dengan kabut yang masih diam di dasar kaldera.

Kawasan Cemoro Lawang Dari Puncak Gunung Penanjakan

Para wisatawan yang melihat pemandangan yang indah ini langsung mengabadikan dengan kamera dan video kamera. Beberapa ada yang sekedar berfoto bersama dengan berlatak pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok yang paling terlihat jelas itu. Beberapa orang yang mengabadikan pemandangan yang indah ini dengan ponsel langsung mengupload foto ke internet untuk dipamerkan kepada kawannya. Karena disekitar kawasan puncak Gunung Penanjakan terdapat beberapa menara telekomunikasi untuk memudahkan komunikasi di kawasan ini.

Kabut yang berada di dasar kumpulan gunung yang terdiri dari Gunung Semeru, Gunung Widodaren, Gunung watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo perlahan-lahan mulai naik ke atas sehingga pemandangan gunung tertutup kabut. Cahaya matahari benar-benar menyinari bumi seluruhnya. Perjalanan wisata dilanjutkan menuju ke mulut kawah Gunung Bromo. (text/foto: annosmile)

Bookmark and Share

Ada 78 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Bang Iwan:

    panorama keindahan alam selalu tersaji dengan mantap disini.
    Kita seakan diajak untuk ikut larut dalam petualangan indah.

  2. Adrie:

    I Love Indonesiaku…

  3. Anuh:

    Suatu hari aku juga akan kesana. Aku belum percaya kalau tidak melihat langsung, hehehehhe

  4. mawi wijna:

    wakakakak, Anno kembali berpetualang ke timur pulau Jawa! :D

  5. thedollarcorner:

    uihhhhh, kren bro poto2nya…
    emang makin mantap nie perjalanannya…

  6. azaxs:

    wah… indah bget mas… bromo tengger semeru…tempat wajib untuk touring :)

  7. anna:

    waaa…bagus banget..blom pernah ke sana.
    blm lama ini di trans7 bahas panorama di bromo lho.. makanya pas liat postingan ini jadi makin pengen ke sana.. wah kapan yaa.. bisa ambil cuti panjang dan jalan2 ke sana?

  8. Omiyan:

    Indah memang Indonesia kita dan alangkah indahnya bila hutan itu tetap lestari

  9. wi3nd:

    annoooooooooooooooooo..!

    doooch foto fotona inda ban9eedd..
    hiks,aku pen ke bromo tapi belum kesampean
    waktu itu 9a9al karena ada trouble ..

    aduuchh..jadi makin kan9eeennn ..
    duucchh..
    subhanlooh ba9us ban9ed yaahhh :)

  10. Triunt:

    wah fotonya bagus banget.
    gunung yg udah Triunt daki baru 2.
    Gunung Lawu dan Merbabu hehe.

  11. iLLa:

    kwerennnn…. kapan yak bisa kesana? huhuhu… gambarnya jg mantab euy! ^_^

  12. geblek:

    ouh ngiri ngiri

  13. attayaya:

    hiiiihihihi
    baru ngeh kalo itu namanya pananjakan

  14. nurrahman:

    aku ngiri jadi kepengen :D

  15. nahdhi:

    Uapig polll…. Ning kapan ya saya bisa kesana. Oh ya. buat kesana habis berapa duit tuh….

  16. helga indra:

    waaaah

    seru bner deh
    mengingatkanku waktu ke bromo dulu

  17. sauskecap:

    wah saya baru denger ada puncak pananjakkan…. itu salah satu anak gunung semeru yah… pemandangannya inda…

  18. soewoeng:

    kapan iso dolan bareng ya?

  19. rio seto:

    the wonders of Indonesia! tidak ada duanya… sudah didokumentasikan yang rapi ‘kan ya mas annosmile; syukur kalau ada tambahan petanya segala. salam
    :D

  20. intan rawit:

    wah obsesi maen ke bromo belum terearilasi nih, Keren sekali!!

  21. Yunus Chalim:

    BROMO pesonamu memang indah…

  22. Dinoe:

    Nice info mas….Tempat yang indah…palagi lihat keindahan sanset itu…saya jd kepengen ke sana mas…..

  23. Rakhmat Ari Wibowo:

    gagal dapet petromaks..amankan page one dulu daah :D
    kayae seru nih jalan2 ke pegunungan tengger..tapi ak kok g tau jalan ke sananya ya… (doh)

  24. katakataku:

    mantap iki, 2770 mdpl yah – 6km dari lawang naik hartop. sekejap mata pun cepet nyampe yah *heheheee* kapan-kapan ajakin saya dong :)

  25. MQ Hidayat:

    lho walah.. dadi wingi teka kono to?
    ngunu kok aku ra diajak seh? :((

  26. tukangpoto:

    I love the blue of Indonesia. Salam jepret!

  27. arifudin:

    wah pemandangannya sangat bagus kang, jadi pingin kesana ;)

  28. spydeeyk:

    btw, TeamTouring klo jalan-jalan di luar pulau jawa udah pernah lom si?, kayaknya sumatra, kalimantan dll.. ga kalah sama pulau jawa.. :D

  29. Pojok Pradna:

    selalu suka liat pemandangan negeri di awan seperti ini

  30. Anas:

    Subhanallah… Indahnya..

  31. yusa:

    kl sy baru denger2 aja ttg gunung bromo..blm sempet kesana berhubung jauh juga nih..:) teringat lagu nya dewa 19 kalo mengenai gunung bromo ini.. kalo tanpa hartop apa bisa juga sampai kesini mas?

  32. ian:

    jadi inget lagunya katon bagskara :P

  33. Erik:

    Wow.. indah sekali view dari puncaknya ya..

    Nice post bro…

  34. demoffy:

    jika seandainya tiap hari bisa melihat..
    alangkah senangnya..:)

  35. abeecdick:

    wah indah sekali pemandangannya, apalagi sunrisenya mantap sekali :)

  36. Aribicara:

    Awannya keren yach :D

    Ak kox jadi ngebayangin seandainya gue bisa tiduran diatas awan sono yach… ? wkwkwkwkwkk :D

  37. Zippy:

    Itu yang terakhir fotonya keren banget yah…
    Hmmm…kapan gue bisa kesana..??
    Aduh..jauhnya… :(

  38. Dunia Hape:

    Buseeet…tingga amat tu gunung….
    Pantesan namanya gunung penanjakan, nanjak mulu sih :D

  39. ndop:

    ya Alloh, kok kayak wallpaper di komputer… uwapik…

  40. Bung Eko:

    Wah, asyik tenan kuwi. Kapan ya bisa ke Bromo an tentu saja menikmati petualangan ke Gunung penanjakan seperti yg dialami Kang Anno yang suka smile ini. :D

  41. T. Wahyudi:

    mantap mas… pemandangannya….

  42. trendy:

    udah lama nggak melakukan perjalanan ke gunung, jadi kepengen naik lagi!
    wekekekkeke!

  43. Blogger Terpanas:

    dulu ketika bulan madu. istri ngajak kesana, tapi karena dananya nggak cukup hehe…..nggak jadi deh……

  44. Cemoro Lawang, Gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru | TeamTouring:

    […] Comments Blogger Terpanas: dulu ketika bulan madu. istri ngajak kes…trendy: udah lama nggak melakukan perjalanan ke …T. Wahyudi: mantap mas… […]

  45. topanz:

    dulu pernah tuh 2x kesana..sayang ngga lihat sunrise-nya

  46. julie:

    mas anno, dari dulu aku pengen banget naek gunung tapi selalu inget pesan alm bapak, kalo mati jangan nyusahin orang hehehhe soalnya aku asthma
    jadi pengeeeeeen

  47. faruq:

    hiking…. pasti seru… :-)

  48. quinie:

    huawwww… pengen juga poto dipuncak gunung, tapi ogah mendaki gunung :D. btw, daku tunggu kehadirannya di amprokan blogger yaaa

  49. zee:

    Mas,
    KOk puncak gunungnya biru sekali ya, mencurigakan soalnya kayak di studio hehehee…

    • annosmile:

      itu menjelang sunrise mbak
      emang biru banget warnanya
      itulah pesona keindahan sunrise dari penanjakan :)

  50. Minanube:

    Saya gak pernah ikut gini2an hiks

    Kapan2 kalo ada kesempatan boleh lah saya di ajak ya om ^^

  51. - H -:

    itu bromo??
    hah?

    dingin gak?

  52. Embun777:

    waw.. mangstabss tenan pemandangannya..
    jadi pengin muda lagi.. hee..hee..

  53. vikhi:

    wah lama skali aku gak ksini..
    kangennnn … :D

    ntar klo ada spot yg bagus lg dijatim jgn lupa di upload disini ya bos… :)

  54. macangadungan:

    sebenarnya sudah lama pingin ke sana. tepatnya ke gunung bromo. tapi apa daya, sebagai anak perempuan satu2nya susah banget dapet ijin untuk naik gunung XDDD kecuali klo acara kampus. lah ini udah lulus, mo pake alesan apa ya… *lagipula saya sepertinya ndak akan tahan dengan udara dingin di sana*

  55. Seno:

    Indah sekali pemandangannya sob, nyaman sekali liat fotonya, apalagi kalo berada disana langsung ya.

  56. caride:

    jadi waktu terakhir kali naik gunung, jadi pengen lagi kapan ya…kapan kapan :D

  57. D-gadget:

    keren bgt pemandangannya…jadi pgn mengabadikan diri sendiri disitu (poto2 maksudnya hehehehe)

  58. Didien®:

    dulu selama pengalaman saya naik gunung, belum pernah nemu keindahan seperti ini…jadi penasaran kesana

    salam, ^_^

  59. Panorama Alam Kawah Gunung Bromo | TeamTouring:

    […] Comments Hari Mulya: mertamu aLias berkunjung.. saLam dari P…Didien®: dulu selama pengalaman saya naik gunung,…D-gadget: keren bgt pemandangannya…jadi pgn meng…caride: jadi waktu terakhir kali naik gunung, […]

  60. Mitos Seputar Gunung Bromo | TeamTouring:

    […] Comments Hari Mulya: mertamu aLias berkunjung.. saLam dari P…Didien®: dulu selama pengalaman saya naik gunung,…D-gadget: keren bgt pemandangannya…jadi pgn meng…caride: jadi waktu terakhir kali naik gunung, […]

  61. Aldy:

    Uhhh… pemandangan yang menakjubkan, dan tentu menyenangkan bisa melihat secara langsung pemandangan tersebut.
    Sudah lama tidak melihat secara langsung pemandangan seperti ini.

  62. sedjatee:

    enaknya jadi sampeyan… jalan-jalan… kumpul-kumpul.. foto-foto… makan-makan… uenak tenan… salam sukses..

    sedj

  63. budies:

    memang kepuasan pendakian adalah saat-saat rajasiang bangun atau menuju peraduan
    2770m, wah pasti serasa dalam kulkas ya mas

  64. budiesastro:

    kalau waktu sma dulu saya ada beberapa kali, naik ke gunung muria
    itu saja sudah dingiiiiin sekali

  65. gajah_pesing:

    nekmu njupuk poto kok apik-apik?

  66. Serunya Naik Jeep Hardtop di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru | TeamTouring:

    […] Bromo Tengger Semeru kemudian melewati lautan pasir dan menuju ke arah jalan menanjak menuju ke Puncak Penanjakan. Jalanan gelap gulita, penerangan jalan hanya berasal dari lampu Jeep saja. Jeep diparkir dan kami […]

  67. Tips Berwisata di Gunung Bromo | TeamTouring:

    […] Disarankan mengunjungi pada musim kemarau karena bila musim hujan akan kesulitan menikmati panorama sunrise di Penanjakan […]

  68. Avi:

    Saya orang Solo, pernah ke TNBTS tetapi lewat jalur Pasuruan-Tongas dstnya. Menurut anda, lebih dekat mana dari arah Solo lewat Malang ataukah lewat Pasuruan? Soalnya saya bermaksud kembali ke sana dgn keluarga. Thanks infonya. Ditunggu.

  69. Susan Hendrawan:

    GUNUNG BROMO…TOP BANGET deh……

  70. Homestay Tengger Permai | TeamTouring:

    […] dan tempat menyimpan barang bawaan yang dirasa tidak perlu untuk dibawa dalam tour melihat panorama sunrise di Penanjakan dan Kawah Gunung […]

  71. sinarwan:

    saya ingat pertama kalo ke bromo tahun 2002 via pasuruan,, di sepanjang lereng menuju penanjakan dipenuhi bunga edelweis,,,, tapi sayang terakhir saya ke sana sudah tidak ada lagi

  72. Muhammad Hatta Mulyoaji,S.E:

    Emang mantap,,,,,,,,!!!! puncak penanjakan dengan pesona panorama yang sanggat indah, saya bangga menjadi warga lereng penjakan,,,,,,,,

  73. rita:

    subhanallah bagus banget potonya, indah banget tempatnya.
    sungguh menakjubkan,, :)

    kapan yah aku bisa kesana ??? :)

  74. Sunrise dari Puncak Sikunir | TeamTouring:

    […] bukit Sikunir memang menakjubkan. Pemandangannya tidak kalah dengan pesona matahari terbit dari puncak Gunung Pananjakan yang berlatar Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Semeru, dan gunung-gunung kecil lainnya. Tidak […]

  75. Lokasi Puncak Penanjakan | Peta:

    […] – Keindahan Sunrise dari Puncak Gunung Penanjakan […]

  76. Puncak Penanjakan, Puncak Para Tower | TeamTouring:

    […] puncak Gunung Penanjakan. Dari sebelah kita berdiri menikmati keindahan matahari terbit atau sunrise di kawasan puncak Penanjakan, berdiri kokoh beberapa menara atau tower stasiun […]

Kirim pendapat