Joger, Salah Satu Ikon Souvenir Pulau Bali

Salah satu souvenir yang tidak terlupakan saat berkunjung ke Bali adalah berkunjung ke Pabrik Kata-Kata Joger yang berada di daerah Kuta, Bali. Pabrik Kata-Kata Joger merupakan tempat penjualan souvenir seperti t-shirt dan aneka souvenir lainnya. Saat ini menjadi kunjungan wajib para wisatawan ketika berwisata ke kawasan Pantai Kuta Bali.

Demi mengenang kebaikan Mr. Gerhard Seeger yang memberikan dana sebesar US $ 20.000 sebagai hadiah pernikahan JOseph Theodorus Wulianadi. Nama JOGER (huruf E-nya dibaca seperti “E” dalam menyebut “ENAK” atau “EKONOMI“) itu adalah penggabungan antara 2 huruf nama depan JOseph Theodorus Wulianadi dengan 3 huruf nama depan Mr. GERhard Seeger, di mana di samping memang benar-benar berbunyi baru (Source:jogerjelek.com).

Ketika memasuki pintu masuk outlet Joger, setiap pengunjung disapa dengan ramah dan ditempel sebuah stiker di bajunya sebagai tanda masuk outlet. Stiker yang ditempel warnanya berbeda-beda disesuaikan dengan tanda sebagai rombongan mana atau hanya perorangan yang berkunjung. Kadang anda harus bersabar menunggu giliran masuk karena didalam outlet dipenuhi pembeli.

Memasuki ruangan pertama, terdapat banyak souvenir yang ditawarkan mulai dari hiasan rumah hingga gantungan kunci. Hiasan rumah seprti jam dinding, jam meja, bingkai, asbak rokok, mug, gelas, dan lain sebagainya. Di bagian dinding terpasang contoh jam-jam unik dari Joger dimana beberapa ada yang putaran arah berlawanan jarum jam. Jam dinding yang putaran penunjuk waktunya berlawanan ini sangat disuka pengunjung karena jarang ditemukan di toko-toko penjual jam. Joger sendiri mengklaim sebagai satu-satunya penjual jam dinding yang putaran arah jarumnya berlawanan.

Ada beberapa ruangan di dalam outlet, ada sebuah ruangan yang khusus memanjang berbagai macam t-shirt, ada sebuah ruangan yang memajang berbagai souvenir seperti mug, sandal, hiasan dinding, serta sebuah oleh-oleh unik berupa jam terbalik. Jam terbalik inilah menjadi salah satu oleh-oleh khas Joger karena satu-satunya tempat yang menjual jam terbalik di Indonesia.

Pindah ke ruangan di sebelah dalam terdapat ruangan yang menyediakan bermacam-macam kaos, kemeja, celana, dan jaket dengan berbagai ukuran. Jangan kaget dengan ukuran pakaian disini lebih besar daripada ukuran biasa yang digunakan. Rata-rata ukuran yang disediakan untuk dewasa adalah ukuran XL hingga XXXL. Ukuran yang lebih kecil seperti L dan M jumlahnya sedikit dan desainnya terbatas. Maka kita harus cermat dalam memilih model kaos beserta ukurannya.

Disebuah ujung terdapat ruangan kecil yang menawarkan beberapa jenis hiasan rumah. Sepertinya produk yang ditawarkan di area ini cukup eksklusif. Beberapa guci dengan berbagai ukuran dan hiasan dipajang dan ditawarkan di tempat ini. Selain itu ada beberapa hiasan lampu, hiasan pedang, dan hiasan lain yang terbuat dari logam. Semua produk yang ditawarkan di area ini sebagian memiliki ciri khas Joger berupa logo yang tertempel pada produknya.

Layaknya kaos Jangkrik85, Joger memberikan ciri khas tersendiri yaitu dengan desain kata-kata aneh dan unik. Tulisan kaos yang unik dan lucu yang beraneka macam itu diproduksi secara terbatas dan setiap kali berkunjung diwaktu yang berbeda sering tidak menemukan tulisan dan desain dan kaos yang sama. Disebuah ujung terdapat ruangan yang menyediakan kaos Joger yang khusus buat anak balita dan anak kecil dengan desain yang lumayan lucu dan menarik. Selain itu terdapat juga ruangan Joger Ekslusif yang dipajang koleksi pakaian berupa kemeja dan celana panjang khas Joger yang tampak elegan tanpa mengurangi keunikan produk Joger.

Selain itu sudah banyak jenis merchant yang ditawarkan. Namun perlu diingat bahwa Joger tidak dibuka cabang di tempat lain dan hanya di jual di Pabrik Kata-Kata Joger yang terletak di Kuta, Bali. Anda juga harus siap-siap kecewa karena stok terbatas dan beberapa ukuran terlalu besar buat tubuh anda. Tips bagi anda yang mengunjungi outlet ini, datanglah ketika bukan musim liburan pelajar sehingga jauh dari keramaian dan kehabisan stok barang. (text/foto: annosmile)

== Info Tambahan

Saat ini telah dibuka cabang Joger di Jalan Raya Luwus (Tabanan-Singaraja) karena outlet Joger di kawasan Kuta sudah tidak mampu lagi menampung banyaknya pengunjung yang datang.

-----------
Bookmark and Share

Ada 27 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Pencerah:

    Bawain atu kang… Kaos ane abis nich

  2. marsudiyanto:

    Kaos Joger ning awak penak, adem tur alus…
    Kaos Jangkrik ya sama.

  3. geblek:

    blm pernah punya joger saya

  4. Andri Journal:

    Serupa dengan dagadu di jogja. :)

  5. phiy:

    dagadu-nya bali..
    eh apa dagadu itu jogernya jogja yak :D

  6. ~noe~:

    kayanya dagadu itu jogernya jogja, soale diriku lebih duluan kenal joger dibanding dagadu.

  7. mawi wijna:

    Sayangnya harga kaosnya mahal, tapi kualitasna dan desainna oke punya sih. Anak kos ngga bisa borong banyak kaos deh :p

  8. suwung:

    males suk sukane

  9. gajah_pesing:

    ndang dipatenke selaku durung di klaim
    *khawatir bakal nge-klaim KOTEKA*

  10. morishige:

    saya pernah masuk ke dalam toko joger sekali. nemenin temen nyari baju.
    suasananya bagus. semua pegawai tokonya senyum. suasana cerianya itu juga didukung oleh asesoris2 gokil yang ditempelin di dinding2.. :D

  11. Munawar AM:

    lama gak berkunjung nieh…
    tempo hari katanya KKN di luar jawa… atau sekedar touring hingga upload Joger? Pendetnya belum yaahhh….. emang Bali penuh citarasa Seni

  12. sunarno:

    saya belum pernah ke Bali Mas

  13. dendin:

    wah sampai juga di bali ya mas…mang joger kreatif dan bertahan hanya dengan satu tempat biar spesial kesannya….

  14. ciwir:

    mari berjoget di bali sama2

  15. Darus:

    ane pengen banget beli kaos joger..ada yang jualan ga ya di kota jakarta? klo ke bali kan jauh pisan euy..

  16. ACEN AJA:

    Yang lucunya diruang khusus untuk baju anak-anak, pintu masuknya tingginya sepinggang orang dewasa jadi klo mo masuk harus tunduk, trus barangnya gokil-gokil, ada jam terbalik, ada kalkulator raksasa dan barang-barang aneh lainnya, saran lebih baik jangan bw anak kecil karena penuh sesak pengunjung dan gocek anda bisa bablas (pasti pengen dibeli semua)

  17. Berbelanja di Jangkrik 85 Bali | TeamTouring:

    […] souvenir dari Bali berupa pakaian seperti kaos, celana, kemeja, dan sebagainya. Tidak seperti Joger, Jangkrik85 Bali memberikan konsep yang cukup berbeda daripada Joger sebagai pesaing […]

  18. ice':

    pngen kaos n sandal joger…tapi kok jauh amat yaw ampe bali..
    solo gag da yaw kaos n sandal joger yg jualan…walaupun harganya mahal yg penting kn kualitasnya bgus….

  19. Kang Bondan:

    Joger dari sisi bisnis emang kreatif!

  20. wahyu:

    TOP MARKOTOP,SIP MARKISIP,POKOKE GK NYESEL DEH BELI KAOS JOGER

  21. reny:

    Wuih soal kualitas mah no ! kreatifitas Pa lagi gak diragukan deh JOGER T O P B G T

  22. phra:

    januari InsyaAllah ke bali, gk ada daftar harga ama barang2 joger ya?

  23. Aldie ( Dirah Tour ):

    Untuk Pelayan di Pintu masuk TEMAN JOGER di daerah Bedugul Galak banget waktu masang stiker seperti kita diberi kupon antri sembako aja
    ( Petugasnya cowok agak gemuk )
    aku ke situ tgl 2 jan 2011

  24. Central Parking Kuta, Terminal Pemberhentian Bus Pariwisata | TeamTouring:

    […] Selanjutnya para wisatawan diangkut dengan komotra, sejenis shuttle bus untuk menuju ke Joger dan Pantai […]

  25. Fotodeka:

    mas itu foto jaman muda ya? oooo

  26. Menunggu Senja Di Pantai Kuta Bali Tetap Istimewa | TeamTouring:

    […] jalan sempit tersebut banyak berdiri cafe, restoran, hotel, resort, bahkan pusat perbelanjaan. Joger sebagai salah satu pusat oleh-oleh khas Bali juga berada di kawasan Kuta. Tidak heran bila kawasan Kuta Bali merupakan kawasan […]

  27. Erlangga, Salah Satu Tempat Favorit Membeli Oleh-Oleh Khas Bali | TeamTouring:

    […] kemeja hingga pakaian adat khas Bali. Jangan berharap menemukan produk Joger di tempat ini karena Joger hanya diperjualbelikan di outlet Joger saja.¬†Harga pun bervariasi disesuaikan dengan kualitas […]

Kirim pendapat