Jika aku menjadi “Peternak Ayam Petelur”

This item was filled under [ Agrowisata ]

Ketika berada di Blitar, kami tinggal di rumah seorang peternak ayam petelur mandiri yang bernama om itus. Rumahnya berada di daerah Talun, terletak di sebelah timur dari arah kota Blitar. Sekalian saja kami mencoba bagaimana cara beternak ayam petelur itu. Pagi hari, kami sudah berada di kandang ayam petelur yang terletak agak jauh dari rumah, yaitu masuk Kecamatan Wlingi, sebelah timur dari Talun.

Blitar merupakan daerah penghasil telur terbesar se Jawa Timur. Hasil produksinya dipasarkan hingga ke Jawa Barat dan Jakarta. Daerah Wlingi merupakan salah satu sentra peternakan rakyat khususnya ayam petelur. Usaha peternakan ayam petelur di daerah Blitar sebagian besar merupakan peternak mandiri dan sebagian kecil merupakan peternak plasma

Pagi-pagi kami harus berada di area kandang karena cukup banyak pekerjaan yang harus di lakukan hari ini. Pekerjaan pagi hari adalah mengambil telur dari kandang dan dimasukkan ke dalam wadah satu per satu. Dalam satu wadah atau krat dapat diisi oleh telur hingga 30 butir. Dengan kapasitas kandang 4000 ekor, cukup lama dan melelahkan bagi kami untuk mengambil telur.

Telur dimasukkan ke dalam pick up untuk dikumpulkan di gudang untuk diambil oleh distributor, namun sebelumnya dilakukan pemisahan telur berdasarkan ukuran. Setiap hari dan kadang dua hari sekali distributor yang bekerjasama dengan peternak mengambil telur yang telah dikumpulkan. Harga penjualan telur ditentukan oleh peternak dan distributor sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Setelah selesai mengambil telur, pekerjaan kami belum selesai. Kami kembali menuju ke kandang dan memberi makan ayam petelur supaya kebutuhan energi dan nutrisinya tercukupi sehingga hari esok bisa bertelur kembali. Bila kebutuhan nutrisi tidak tercukupi, dikhawatirkan produksi telur akan terhambat karena ayam berhenti bertelur. Masing-masing tempat pakan diberi pakan dengan jumlah yang telah ditentukan supaya tidak berlebihan dan tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Kegiatan dikandang dilanjutnya melakukan vaksinasi pada ayam yang baru dipindah dari tempat lain. Vaksinasi dilakukan secara rutin untuk mencegah penyakit pada ayam selain itu membuat ayam lebih sehat dan lincah. Ayam yang baru dipindahkan tersebut merupakan ayam yang siap untuk bertelur karena baru saja memasuki waktu dewasa kelamin. Ayam petelur tersebut dipindahkan dari kandang starter yang lokasinya terpisah dengan kandang layer. Memvaksin satu per satu ayam dengan tetes mata pada ayam yang jumlahnya ribuan ini cukup sulit bagi kami.

Vaksin ND diberikan saat ayam berumur 3-7 hari. Merupakan vaksin inaktif. Cara pemberian ke ayam adalah diteteskan ke mata sebanyak 2-3 tetes. Sebelumnya vaksin ini dincerkan terlebih dahulu dengan cairan pengencer yang berwarna biru keunguan.

Siang hari, kami menuju ke kandang lain, untuk mengambil ayam fase layer untuk dipindahkan ke kandang utama agar bertelur. Cukup berat juga mengangkat keranjang kandang yang berisi 25 ekor sekitar 30 kg, berulang kali dinaikkan ke mobil pick up. Kemudian memindahkan telur yang sudah dimasukkan ke dalam box untuk dibawa ke gudang sebelum diambil oleh pembeli. Rasanya tubuh ini serasa mau patah karena kami jarang melakukan pekerjaan berat.

Malam hari, kami masih membersihkan keranjang kandang yang tadi digunakan untuk memindahkan ayam fase layer di sungai kecil depan kandang. Keranjang kandang ini kami bersihkan dengan sikat dan sabun. Kami tetap bersemangat mengerjakannya walaupun kondisi sudah lelah dan waktu sudah gelap. Secara teori, air sungai tidak steril untuk peralatan ternak unggas yang rawan terhadap penyakit. Namun dalam prakteknya, ternak ayam petelur jarang terkena penyakit karena sudah rutin di vaksin dan di dalam pakan juga sudah terdapat obat.

Kegiatan ini kami lalukan selama dua minggu sehingga kami menjadi lebih tahu mengenai usaha peternakan rakyat khususnya ayam petelur. Peternakan rakyat khususnya ayam petelur di Blitar cukup makmur, penghasilannya melebihi gaji pejabat pemerintahan daerah. Semoga eksistensi para peternak tidak terganggu oleh isu flu burung yang melanda negeri ini. (text/foto: annosmile)


Incoming search terms for the article:

    ??????? ???? ? ??? ???? ternak ayam petelur sukses ternak ayam petelur skala kecil ternak ayam petelur mekanis penjual baterai ayam petelur daerah jombang pakan ayam telur lampung pajak peternaknan ayam obat ayam biru mencari pekerja peternak di tulungagung konstruksi kandang ayam petelur kandang baterai ayam kampung cara usaha ayam kampung petelur cara buat kandang ayam peteur ukm peternak ayam telur di bekasi
-----------
Bookmark and Share
Popularity: 54,404 views

Artikel yang Berkaitan

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

94 Comments on “Jika aku menjadi “Peternak Ayam Petelur””

  • adit
    1 May, 2009, 0:10

    cerita yang menarik om.. ditunggu cerita2 n pengalaman lainnya

  • zenteguh
    1 May, 2009, 1:12

    wah sudah menjelajah Blitar to mas, ditunggu cerita tentang peternakan sapi perah atau kebun rambutannya….

  • SanG BaYAnG
    1 May, 2009, 3:49

    Telor ayam bundar-bundar,ternyata mas mutar-mutar di blitar..ehehehe..

  • faisal
    1 May, 2009, 5:27

    wah jadi kangen istri di blitar….

    baru tahu kalo blitar pengahasil telur terbesar di jaaw timur. maksih sob informasinya

    annosmile Reply:

    sama-sama bro :)

  • suwung
    1 May, 2009, 7:24

    ngak neimpal telek ma?
    itu pekerjaan berat bagi peternak ayam

  • zee
    1 May, 2009, 7:31

    Gilee annosmile emg ga ada matinya. Jalan terussss….. ada aja apdetannya :), mantep mantep…

    Kalo beli di situ, dapat diskon gak mas.

  • mawi wijna
    1 May, 2009, 7:39

    wah enaknya jadi peternak telur, tiap hari bisa makan telur gratis…

  • Huang
    1 May, 2009, 7:42

    Yang lahir dulu: ayam atau telur?
    :D

    annosmile Reply:

    Tanya kenapa :P

  • Seno
    1 May, 2009, 7:52

    Tapi hati2 sekarang lagi musim flu burung, kemarin di kampung saya seorang perternah semua ayamnya mati kena flu.

    annosmile Reply:

    sekarang masuk zaman flue babi mas :)

  • grubik
    1 May, 2009, 8:02

    kapan maen ke peternak ayam kampus, hehe…

  • Atca
    1 May, 2009, 8:56

    aku jadi pembeli saja..

  • enhal
    1 May, 2009, 9:04

    hehehehehehehe…enak dunkz bisa tiap hari maem teluuur….sukses deh moga2 cita-citanya tercapai :D

    annosmile Reply:

    Amiinnn.. :)

  • Catra
    1 May, 2009, 9:31

    wah lagi panen telur sepertinya nih mas… hehehe

  • yusdi
    1 May, 2009, 9:32

    telur…..bahan makanan yang wajib ada dirumah…..tinggal siapin nasi+kecap atau mie instan dah cocok banget…….

  • deena
    1 May, 2009, 10:02

    cuma mo tanya nih pak…. bau gak si? beli telur di supermarket aja bauk apalagi kandang ayamnya….. haduh… dulu punya bokap ada, tapi karena aku ga tahan bauknya ya potoong semua deh tu ayam… hehe

    annosmile Reply:

    bau itu relatif
    klo udah terbiasa udah gag terasa bau lagi :)

  • hryh77
    1 May, 2009, 11:21

    wew.. mantab.. telornya bayak amat he..he..

  • Eka Situmorang-Sir
    1 May, 2009, 12:52

    Gak takut kena flu burung ?

    annosmile Reply:

    nggak..:D

  • nyubi
    1 May, 2009, 13:22

    spertinya ayam skarang bisa jadi solusi bagus
    swalnya flu burung sudah tergantikan dgn flu babi
    knapa mas gag coba aza jadi bener2 peternak ayam
    hee,,hee,,,hee

    annosmile Reply:

    terima kasih doanya :)

  • JAUHDIMATA
    1 May, 2009, 13:44

    wah bisa ikutan belajar ternak ayam …
    tapi saya lebih suka ayam KampuSng aja ah..

  • mel
    1 May, 2009, 14:07

    emang Blitar terkenal dg ayam petelur yah??? temen aq yg nikah ama org sana aja sekarang jd peternak sukses lho…

  • sarah
    1 May, 2009, 14:25

    kayaknya seru banget y… bisa makan telur tiap hr…hehehe

  • imoe
    1 May, 2009, 15:08

    beternak ayam bukan perkara mudah lho mas….kalo gak dapat caranya, bisa rugi….

  • JONK
    1 May, 2009, 15:39

    wah , seru punya nih, jadi pingin berwirausaha :)

  • mas stein
    1 May, 2009, 15:51

    weh, jadi inget masa kecil. dulu bapak saya pernah beternak ayam petelur walaupun ndak banyak, masih di kisaran ratusan ekor.

  • madi
    1 May, 2009, 16:32

    ini bisnis yang menggiurkan..
    jd mau buat peternakan ayam..

  • gdenarayana
    1 May, 2009, 16:39

    wah..kayake menjanjikan tuh jadi peternak ayam petelur mas :D

  • ivan
    1 May, 2009, 16:41

    Boleh donk saya copy materi ini. jadi kepingin ternak ayam…..

  • Taktiku
    1 May, 2009, 20:01

    hahaha… muantap tuh mas telurnya banyak banget

  • haris
    1 May, 2009, 20:58

    semoga tak ada lagi isu flu burung yang bikin peternak2 kita kesusahan. maju terus ayam Indonesia! he2.

  • dwina
    1 May, 2009, 21:28

    hmmm kalo peternak telur di blitar penghasilannya gede asikk juga tuh bisa dunk maen blitar ngeliat proses nelor na

    nice info nih mas.. thanks ya kunjungannya

  • racheedus
    1 May, 2009, 21:50

    Wah, asyiknya juga tuh. Berkelana ke Bilitar, pulang-pulang dapat ilmu tentang beternak ayam petelur. Sukses, deh. Semoga selamat dalam perjalanan.

  • almascatie
    2 May, 2009, 0:01

    akju pengen banget beternak ayam petlur neh.. *cita-cita yang belom kesampaian iks*

  • aNGga Labyrinth™
    2 May, 2009, 7:14

    Vaksin ND itu buat apa to mas?
    wah klo ayamnya banyak repot juga ya di kasih kayak gitua satu2

    Trus, tiap hari makan telr dong :D

    annosmile Reply:

    pencegah penyakit Newcastle Disease :)

  • Ani
    2 May, 2009, 9:28

    Nanti kalau pas ke Blitar mampir aaah

  • sibaho way
    2 May, 2009, 11:20

    para peternak itu sebenarnya bisa tetap eksis di tengah serangan krisis global lho… saat ini untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri saja masih keteter. kebetulan teman seorang peternak ayam petelur juga :)

  • HumorBendol
    2 May, 2009, 14:54

    Jadi Wlingi tempatnya telur yaa?
    Guru SMA ku dari sana, tapi kok gak pernah cerita ya?
    Takut telurnya dihabisin muridnya kali…
    Ditunggu cerita berikutnya bro…

  • Uchan
    2 May, 2009, 15:32

    Wah2 udah dapat bayangan mekanisme peternakan ayam. Tinggal nyari anak buahnya aja tuh bro, buat ngebentuk taipan baru industri daging dan telur ayam Indonesia :D

    (amin amin)

  • prameswari
    2 May, 2009, 18:38

    seru ceritanya….jadi mbayangin martabak telor. hihihi….

  • adis
    2 May, 2009, 18:41

    Wah protein tinggi tuh…

  • andi
    2 May, 2009, 19:18

    wahh… enak tuh, bisa sehat makan telur terus tiap hari…. :-D

  • sunarno
    3 May, 2009, 9:27

    jadi ingat teman satu kost dulu, jadi peternak ayam (bukan petelur), tiap habis panen pasti bawa pulang beberapa ekor dan karena semua cowok (tanpa ibu kost) masak bareng-bareng. Saya satu-satunya yang gak boleh ikut masak, tapi harus keluar modal untuk beli bumbu-bumbu

    annosmile Reply:

    asyik tuh :)

  • nA
    3 May, 2009, 11:03

    wahhh jadi kepengen ayam bakar, dimakan pake sambel super pedes,makan di sebuah gubuk di tengah sawah yang membentang luas………………. yummyyyyy

  • phiy
    3 May, 2009, 18:02

    hihi, judulnya dah kek reality show di transtipi :D
    tapi kalo gajinya bisa melebihi pejabat, boleh juga tuh, daripada jadi pejabat, rentan sama duit haram, mending jadi peternak :)

    annosmile Reply:

    iya..

  • Lala
    3 May, 2009, 18:35

    punya sodara di TulungAgung juga punya usaha ternak ayam petelur, jadinya sering dikirimin telur heheh :D

  • Rusa Bawean™
    4 May, 2009, 0:05

    kalo melihat foto2nya
    seperti acara bosan jadi karyawan itu lohhhh
    :)

    annosmile Reply:

    wah..bosen jadi mahasiswa bro :D

  • wahyu ¢ wasaka
    4 May, 2009, 8:12

    kyk reality show aku ingin menjadi di salah satu stasiun televisi indonesia..
    nice post…

  • warm
    8 May, 2009, 10:59

    saya kira sampeyan sang pemilik peternakan keren itu,
    sampe hapal soal vaksin Newcastle Disease itu sgaala sih :mrgreen:

  • erik7595
    8 May, 2009, 15:01

    Wah kebayang susahnya megangin kepala ayam untuk divaksin.

    Besar banget peternakannya ya

    annosmile Reply:

    kapasitas 4000 ekor itu termasuk kecil
    disana juga ada kandang yang isinya puluhan ribu ekor
    nggak bisa dibayangkan :)

  • aji
    26 June, 2009, 17:58

    bisa nich turun ilmunya……..!!!!!!!!!!!!!!

  • handra juntak
    13 July, 2009, 10:44

    Wah enak nih mas,di peternakan ayam petelur,bisa tiap hari makan telur..hehehe..
    oya mas,punya alamat ato pengusaha ayam petelur lagi ga??klo punya tolong kasi tau saya lewat email aja ya mas..Terima Kasih Sebelumnya Mas..

  • fapet ipb44
    7 August, 2009, 21:35

    sanitasi ny perlu dperhatikan jga tuwh,…ga bsa jga tuwh bersih2 dsungai,…..

  • belnas
    10 September, 2009, 15:08

    para komentator cari info nih lokasi ternak telor ayam negri baik di jawa barat dan jawa tengah n terbuka untuk informasi distributor krn saya berminat membuka agen telur di jakarta mohon bantuan dari saudara – saudara sekalian. email graund27@yahoo.com

    terima kasih

  • belnas
    8 October, 2009, 16:21

    boleh tanya nih mas harga perpetinya berpa sih, saya ada niat mau dagang makasih nih infonya email saya graund27@yahoo.com.
    beri kabarnya mas segera

  • kend
    17 October, 2009, 14:03

    Mas ada gak pengusaha telur yg mau bagi ilmunya bagi kita yg baru mau mulai usaha ayam petelur,misalkan dikasih kesempatan belajar dan praktek langsung di peternakan tsb,mohon infonya Mas?Saya mau mulai dg 5000 ekor dulu,selama ini hanya tau teori saja,so mesti dimatengin dg praktek langsung nih.terimakasih sebelumnya Mas/pak.

  • kend
    17 October, 2009, 14:04

    Kawan2 semua ada gak info dimana alamat dan telpon pembuat kandang battery,thx all.

  • dio
    24 October, 2009, 22:04

    mas no hp orangx itu berapa ya ( peternakx) saya mau ternak juga nih. mw belajar….. kirim lewat email yah mas makasih dio.nova@gmail.com

  • Solikan
    28 October, 2009, 20:16

    saya juga ingin membuka usaha peternakan ayam petelur. tolong saya diberi informasi yang berhubungan dengan usaha peternakan tsb. berapa modal awal yang dibutuhkan (untuk peternakan skala kecil dulu karena masih pemula). Bagaimana bentuk dan cara pembuatan kandangnya? atau siapa yang bisa membantu membuatkan(tukang)?
    alamat tepatnya peternakan ayam petelur di Wlingi itu di mana? bisakah saya mendapatkan nomor HP pemiliknya?
    Tolong kirim lewat email thekde@yahoo.com
    Terima kasih……..

  • zaky..
    15 November, 2009, 11:01

    wah..
    this my dream friends…
    i wanna make this.

  • Tri Adi Purna
    9 January, 2010, 7:43

    saya baru merintis usaha dalam menjual telur ayam. saya mencari produsen (peternak) telur sebagai pemasok telur. terimakasih
    hub;085221496931

  • siti julaliha
    28 January, 2010, 10:31

    sya jadi sangat ingin jadi pengusaha ayam petelur seperti anda, tapi sayang saya hanya punya keinginan dan ada sebidang tanah saja, sedangkan untuk modal yang lain saya gak punya, mahon bimbingannya ya bozzzzzzzzzzzzzzzzz…………. syukron katsiroooooooooon……………………terimakasaih hatur nuhun………………………………

  • siti julaliha
    28 January, 2010, 10:35

    eeeeeeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhh kirain abang ni yang punya peternakan,,,,,,,,,,,,,,,hehe……………………..

  • ketut
    25 March, 2010, 15:57

    kepingin nyoba ni mau ngak join ama saya buka cabang dibali saya menyediakn lahan aja……gimana?

  • Alisan
    3 April, 2010, 8:49

    Mas minta no telp dan alamat bpk peternak ayam petelur..

  • imran
    7 May, 2010, 17:27

    kira-kira apa cocok beternak ayam petelur jika lokasinya dekat laut, ada tidak no telpon bisa di hubungi untuk konsultasi cara beternak ayam petelur

  • hendri
    25 August, 2010, 16:24

    bagus banget cara kerjanya, bisa donk bagi2 informasi buat pemula seperti saya…
    bisa tau buat modal awalnya, atau rincian modalnya termia kasih……

  • anche
    21 September, 2010, 7:51

    siang mas, saya mo tanya jadi kalau saya beli buat dijual lagi harganya berapa ?? trus bisa diantar ga , aku tinggal daerah bekasi, 0812-195-30787

  • hadiwijaya
    1 October, 2010, 0:36

    Senang bisa baca teman2 kita yg mau belajar menjadi peternak ayam telur. Kebetulan saya juga baru 1th ini buka usaha peternakan ayam kampung jenis arab dan kampung asli. Jumlah produksinya baru 1000telur per hari. Bagi teman2 berminat mencoba telur ayam kampung saya boleh dan silahkan telpon di 0811983006 dg hadi.
    Terima kasih.

  • Adi
    12 January, 2011, 14:00

    Dimana ya beli bibiat ayam nya tuk daerah jwa barat.

  • wahed
    4 February, 2011, 15:25

    ya itu yg anda catat kan yg sukses,apa g ada catatan peternak yg gagal,maksud saya yg gagal apa penyebabnya jadi kan bisa di antisipasi,,ada gak

  • ifa
    13 February, 2011, 15:35

    tapi lw diliad tuh, sebenrenya tenak ayam tuh bukan hal yang mudah.
    selama ini og gzak ad peran pemerintah untuk mendukung para peternak yang ada di blitar eaaaaaaa.
    padahal itu bisa di jadikan pendorong ekonomi di blitar looooo
    sayang banyak peternak-peternak yang gulung tikar karena kenaikan bahan baku pakan
    toolong dung …..

  • yutha
    19 February, 2011, 16:19

    kapan2 main ke blintar ah…belajar beternak ayam…hehehehhe…..

  • Noviano Cahyo Sulistio
    26 April, 2011, 2:44

    Jadikanlah kota Blitar sebagai kota pengekspor telur ayam di dunia ! mampukah?

  • yudi apriansyah
    5 June, 2011, 16:22

    aq pengen jdi peternak ayam ,,,,,,,,,
    tpi aq bingung gak ada modal,,,,,,,,,,,
    gimana yha caranya agar jadi peternak

  • fahmy
    9 September, 2011, 19:48

    kalo blh tau apakah faktor cuaca berpengaruh kepada kesehatan ayam or penetesan telur..
    kalo untuk pemasaran yang bagus langsung ke pasar2 or toko mas..mohon di bantu.

  • ahmad
    29 September, 2011, 0:36

    mas, mau tanya donk, klo aku mau beli telurnya ada nomor yg bisa
    d hubungi g ya, thx

  • nasruddin
    30 December, 2011, 16:54

    aku ingin coba bisnis ayam petelur… dri mna hrus mmulai

  • moh. nur aini
    11 March, 2012, 22:23

    enak tenan yo mas jadi pengusaha ayam petelur
    kalau pengen telur kan gak usah beli tinggal masak ja

  • Rian
    16 August, 2012, 10:57

    pasti menjadi pengalaman yang tak terlupakan ya :)

  • Asih Yuni Kurniasari
    25 October, 2012, 19:54

    Wah, tampaknya aku kenal sama wajah2 ini…dulu kuliah bareng, gak nyangka sekarang sudah jadi orang sukses..
    Semoga nular ke aku juga..Amin.

Trackbacks

  1. Pemisahan Telur Ayam Layer Berdasarkan Ukuran | TeamTouring
  2. Belajar Vaksinasi ND | TeamTouring
  3. Budidaya Lele di Kandang Ayam Petelur | TeamTouring

Leave a Comment