Jelajah Lereng Gunung Andong dan Gunung Telomoyo

Touring menelusuri lereng gunung bagi kami sungguh mengasyikkan, di antara lereng Gunung Andong dan Telomoyo sendiri menurut informasi memiliki pemandangan yang cukup menarik dan masih alami. Selain itu di dekat kawasan gunung tersebut terdapat beberapa obyek wisata yang cukup menarik.

Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini belum pernah mempunyai aktivitas meletus. Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorejo, Grabag dan berketinggian sekitar 1.463 m (sumber:wikipedia).

Perjalanan kami mulai dari Yogyakarta menuju ke Magelang dilanjutkan menuju ke kecamatan Grabag melewati perempatan Secang. Perjalanan menuju ke arah Grabag melewati jalan tembus dari Kecamatan Secang. Jalan tembus ini melewati daerah persawahan dan perbukitan yang pemandangannya cukup indah. Memasuki ibukota kecamatan Grabag, didepan kami berdiri kokoh Gunung Andong.

Dari sebuah perempatan yang terdapat kawasan pertokoan dan pasar Grabag, perjalanan saya teruskan lurus menuju ke arah Ngablak melalui jalan sempit dan menanjak. Namun kondisi jalan sudah berupa aspal hotmix dan sepi dari kendaraan. Mulai dari jalan menanjak inilah kami melihat pemandangan alam yang begitu indah ditambah dengan cuaca yang cukup cerah. Kiri kanan kami terdapat pemandangan berupa persawahan yang luas dengan berlatarkan gunung.

Sambil menikmati indahnya pemandangan kami mencoba mengabdikan keindahan yang ada dengan memotret keindahan alam beserta aktivitas para petani yang berada di lereng gunung yang cukup menarik. Perjalanan kami lanjutkan untuk menuju ke arah Air Terjun Seloprojo (Sumuran) karena salah berbelok akhirnya perjalanan tembus ke Jalan Raya Magelang-Kopeng yang berada di sebelah utara Gunung Merbabu.

Sempat bertanya, akhirnya kami menemukan jalan ke arah air terjun dan menelusuri lereng Gunung Telomoyo ke arah barat. Sebetulnya di lereng Gunung Telomoyo bagian timur terdapat pesona air terjun yang menarik yaitu Air Terjun Kali Pancur. Namun karena memburu waktu kami tidak singgah di air terjun tersebut dan langsung bergegas menuju ke Air Terjun Seloprojo.

Perjalanan menuju ke Air Terjun Seloprojo (Sumuran) melewati lereng Gunung Telomoyo sebelah selatan sungguh mengasyikan. Melewati kawasan pedesaan yang terlihat masih asri dan ditambah tanaman di ladang tumbuh dengan lebat dan terlihat hijau disana sini.

Gunung Telomoyo adalah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 m dpl dan merupakan gunung api yang berbentuk strato (kerucut) tetapi belum pernah tercatat meletus

Setelah cukup berkunjung ke Air Terjun Seloprojo, perjalanan diteruskan menuju ke arah lereng Gunung Andong bagian utara untuk kembali ke arah ibukota kecamatan Grabag. Kami baru tahu jalan ini tembus ke arah air terjun Sekar Langit. Namun kami tidak singgah karena hari sudah cukup sore dan meneruskan menuju ke Candi Umbul untuk mandi air hangat dan pulang ke arah Jogjakarta.

Foto: Annosmile dan Agung Widi

-----------
Bookmark and Share

Ada 8 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Pesona Air Terjun Sumuran (Seloprojo) | TeamTouring:

    […] Telomoyo, kami singgah di sebuah air terjun yang letaknya agak tersembunyi dari sebuah desa di kaki Gunung Telomoyo. Air terjun Sumuran yang lebih dikenal dengan air terjun Seloprojo karena namanya sama dengan nama […]

  2. Kesunyian Air Terjun Sekar Langit | TeamTouring:

    […] di desa Tlogorejo, kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, merupakan air terjun yang berada di lereng gunung Andong dan Telomoyo dengan ketinggian air terjun sekitar 25 […]

  3. anazkia:

    Kok gak ada foto air terjun, No?

  4. Rachmat:

    Jadi pengen turing nih sob, punya komunitas turing kah?

  5. Pesona Tersembunyi Air Terjun Kali Pancur | TeamTouring:

    […] Air Terjun Kali PancurĀ terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter di kaki gunung Telomoyo. […]

  6. Pemandian Air Hangat dan Situs Candi Umbul | TeamTouring:

    […] menjelajah lereng Gunung Telomoyo dan lereng Gunung Andong, kamipun singgah ke candi ini. Perjalanan ke arah barat melewati perempatan pasar Grabag, kendaraan […]

  7. Touring mengelilingi Gunung Merapi dan Merbabu | TeamTouring:

    […] saja, kami membutuhkan waktu 10 menit. Sampai di pos 3, kami melihat pemandangan yang cukup bagus. Gunung Telomoyo tampak jelas dari kejauhan. Sayangnya kami tidak bisa melihat puncak Gunung Merbabu karena tertutup […]

  8. rumputilalang:

    wah dapat langit cerah, sekarang sudah langka bisa dapat foto seperti ini mas.dulu sampai di tempat ini pas mendung

Kirim pendapat