Jejak Telapak Kaki Kuda Misterius

Dalam perjalanan menuju kawasan Desa Wisata Kemuning, kami melewati jalan yang cukup terbuka tanpa rerimbunan pohon. Pada sebuah tanjakan kecil, kami menemui sebuah batuan yang dikelilingi oleh pagar yang terbuat dari bambu. Dari papan informasi disebutkan bahwa batuan tersebut terdapat jejak mirip telapak kaki kuda yang masih misterius.

Dari legenda yang berkembang, konon pada zaman dahulu ada kuda sembrani sedang mencari minum ke arah Kali Oya yang tidak jauh dari tempat itu. Karena mencium bau bunga kemuning yang semerbak dan wangi, maka kuda tersebut lantas terpesona sambil berdiri diatas batu hingga meninggalkan jejak. Ada beberapa pendapat yang mengatakan kuda ini misterius dan merupakan kuda jelmaan yang menjadi kendaraan para dewa dengan suara kemerincing di saat berjalan atau mengangkat kakinya. Sampai sekarang beberapa penduduk masih percaya kuda tersebut kadang menampakkan wujudnya atau mengeluarkan ringkikan disekitar area ini.

Rasa penasaran kami membuat kami berhenti sejenak dan melihat jejak-jejak telapak kaki kuda misterius yang terukir pada beberapa batuan yang berdekatan di kawasan tersebut. Memang benar terdapat jejak mirip telapak kaki kuda pada batuan tersebut yang bentuknya berdekatan satu sama lain.

Namun setelah lama diperhatikan ada sedikit keanehan pada bentuk jejak telapak kaki kuda dimana jaraknya cukup rapat antara telapak yang satu dengan telapak yang lain dan tidak ada rongga kosong. Dari kejelasan mitosnya memang disebutkan bahwa itu merupakan salah satu keanehan kuda misterius dimana memiliki sifat yang tidak lazim seperti kuda biasanya.

Jejak-jejak telapak kaki kuda misterius tersebut memanjang dari ujung batu ke ujung batu yang lain dan membekas pada 5 batuan yang ada dikawasan tersebut membentuk garis aneh. Menurut informasi dari warga, bekas telapak kaki kuda tersebut memiliki kaitan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran karena terdapat jejak telapak kaki kuda misterius yang mirip di salah satu batuan di gunung purba tersebut.

Memang misteri jejak telapak kaki kuda misterius ini belum terpecahkan dan menjadi bagian dari legenda dan mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Namun dibalik itu semua tempat ini cukup menarik untuk dikunjungi dan menjadi tempat pemberhentian sebelum memasuki Desa Wisata Kemuning sambil menikmati pemadangan alam pegunungan seribu yang terlihat indah dari tempat ini. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. applausr:

    iya ya… datang dari mana tuh kuda ya….? meman kaya negara kita ini ya… harusnya tempat seperti ini di jaga dengan baik, bisa jadi tempat pariwisata yang bagus ya… salam.

  2. soewoeng:

    yang pasti bukan jejak kuda kepang

  3. arif:

    kuda misteri, jejak nya pun misteri

  4. Pesona Wisata Telaga Kemuning | TeamTouring:

    […] ketika saya mencari informasi kawasan wisata apa saja yang ada disana. Setelah melewati kawasan jejak telapak kaki kuda misterius, saya langsung mengarahkan kendaraan menuju ke Telaga […]

Kirim pendapat

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan TeamTouring. Redaksi berhak menyunting atau menghapus kata-kata yang berbau narsisme, promosi, spam, pelecehan, intimidasi dan kebencian terhadap suatu golongan.