Jalan – Jalan Ke Kawasan Puncak Bogor

Di sebelah timur kota Bogor terdapat jalur wisata Puncak – Cipanas yang memancarkan pesona wisata yang cukup mengagumkan. Kawasan Puncak ini menjadi tujuan utama orang-orang Jakarta untuk mengisi liburan karena lokasinya cukup dekat dan fasilitasnya cukup lengkap. Beberapa objek wisata baik widsata alam hingga buatan banyak ditemui di Kawasan Puncak ini. Kami menyempatkan mengunjungi kawasan Puncak Bogor setelah mengunjungi Kebun Raya Bogor.

Puncak merupakan daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Daerah ini sudah sangat terkenal baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Daerah ini dikenal sebagai tempat peristirahatan, wisata, dan daerah perkebunan teh yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda.

Salah Satu Tikungan Jalan Raya Puncak Bogor

Perjalanan kami lalui dengan menggunakan kendaraan umum berupa angkot yang banyak tersedia di Bogor. Dari Ciawi menuju ke Jalan Puncak Raya, Mega Mendung – Cisarua – Puncak. Di daerah Cisarua terdapat Taman Safari Indonesia I (pertama), namun kami tidak jadi mengunjunginya dan meneruskan perjalanan menggunakan angkot naik menuju ke Puncak Pass.

Disebuah tepi jalan yang terdapat kebun teh, kami turun dari angkot dan berjalan menyusuri tepi jalan aspal menuju ke arah Puncak Pass sambil menikmati pemandangan kebun teh. Pemandangan kebun teh cukup luas hingga ujung bukit dan berada di sebelah kiri kanan jalan. Suasana jalan raya Puncak cukup sepi karena hari masih pagi dan bukan hari libur. Namun menjelang hari libur, kawasan Puncak selalu ramai oleh wisatawan yang di dimonasi oleh warga Jakarta dan sekitarnya.
Aktivitas Di Perkebunan Teh Puncak Bogor

Pagi yang cerah membuat kami menikmati jalan di tepi jalan raya. Cuaca yang cerah dengan udara yang segar ini membuat tubuh tidak cepat lelah. Kawasan Puncak terdapat beberapa perusahaan yang mengelola perkebunan teh. Sambil berjalan, kami mengamati kegiatan para petani teh yang sedang memetik daun teh di perkebunan. Dari kejauhan para petani yang memetik daun teh terlihat berjajar rapi dan sebaris.

Kami melihat kegiatan tersebut di area Perkebunan Gunung Mas PTP Nusantara VIII. Lokasi kebun teh ini berada di seberang jalan raya Puncak – Cipanas dan pemandangannya terlihat jelas dari tepi jalan. Walaupun beberapatepi jalan sudah beralih fungsi menjadi warung-warung penjual makanan.

Pemandangan Perkebunan Teh Puncak Bogor

Kami mencoba menelusuri kebun teh tersebut dan sedikit berjalan ke atas untuk menikmati pemandangan dan suasana kebun teh. Hawa yang cukup sejuk khas pegunungan ini memang nyaman dan membuat kami betah berlama-lama ditempat ini. Akhirnya kami mencoba berjalan menelusuri kebun teh ini untuk mencari lokasi yang pas buat berfoto ria. Namun kita harus hati-hati karena jalanan di perkebunan teh cukup licin. Sebetulnya di dekat kawasan kebun teh ini terdapat agrowisata petik teh, namun kami tidak berkunjung ke tempat tersebut karena keterbatasan waktu dan dana.

Annosmile Di Perkebunan Teh Puncak Bogor

Cukup puas berburu foto, akhirnya kami kembali ke pinggir jalan untuk kembali meneruskan perjalanan ke sebelah atas jalan Puncak – Cipanas melewati kawasan warung makan dan penjual buah-buahan segar yang berjajar disepanjang jalan dan mengunjungi sebuah objek wisata alam yang dinamakan Telaga Warna Puncak yang terletak disebuah jalan menikung di jalur puncak-cipanas. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share

Ada 29 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. PRof:

    Photone wes ono nda……(worsip)

  2. Pojok Pradna:

    wah…pemandangannya kayak yg di pelem-pelem

  3. neorenggana:

    Kapan mas ke Bandung :D

    • admin:

      udah bro
      coba cari artikelnya di blog ini :)

  4. addiehf:

    jalan2 mulu neeh om :D

  5. atmo:

    dolan dolan neng yo kerja, penak yo kang !

  6. omagus:

    touring terus..!
    jangan lupa pesen jaket touringnya ke aku aja..!

    *mlebu spam pora iki..?* :D

  7. ardian eko:

    kebun teh e kaya neng kemuning ya mas…

  8. big sugeng:

    Wah pasti hawanya segar pemandangannya indah
    ingat 93 saya diklat di megamendung selama 3 bulan tiap hari lari pagi
    sehat dan segar

  9. amri:

    ke Puncak itu paling enak mencoba wahana naik kuda menyusuri kebun teh di daerah gunung mas. Cobain deh

  10. budies:

    saya teh cuma pingin

  11. zenteguh:

    mangstaff mas. Puncak memang asyik. Kok foto masjid di puncak pas gak disertakan juga..??

  12. gadgetboi:

    wihh … enaknya ngeliatin yang ijo-ijo …. pasti mata segar ….

  13. Omiyan:

    Ajib banget emang puncak ga bakal ngebosenin dah

  14. Realodix:

    Jalan-jalannya asik bener nh… :)

  15. joe:

    sejuk deh…

  16. ikhsan:

    wah,kenapa gak sekalian ke Sukabumi :)

  17. andre:

    kelihatannya sejuk sekali ya, bisa tidur sepuasnya huuaaaaam:P

  18. Deka:

    Saya dulu sering ke bogor karena da keluarga disana tapi jarang maen ke puncak. heheheh

  19. koplak:

    wegah keetemuan lho soewoeng kan disana waktu itu?

  20. soewoeng:

    kok gak ketemu?

  21. Pesona Telaga Warna Puncak | TeamTouring:

    […] atau berwisata ke Kawasan Puncak, kurang lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Taman Wisata Alam Telaga Warna. Di tempat ini kita […]

  22. Wisata Flora di Kebun Raya Cibodas | TeamTouring:

    […] kawasan wisata Cipanas yang bersebelahan dengan Puncak, terdapat objek wisata yang merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor. Objek wisata ini bernama Kebun […]

  23. Pesona Kebun Teh Kemuning | TeamTouring:

    […] Kebun Teh Kemuning terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar menyimpan pesona wisata alam berupa perkebunan teh yang panoramannya mirip dengan perkebunan teh yang terdapat di kawasan Puncak Bogor. […]

  24. ary:

    sejuk…………………………….enak banget kalo punya rumah disana…….

  25. chacha:

    wah asik…. ajak-ajak dooonk…..

  26. ziaa:

    kalo kesitu naek angot apa gan?
    terus nama tempatnya apa? bagus deh.. pengennn

  27. ziaa:

    hm turun angkotnya dimana ya gan?

Kirim pendapat