Jalan-Jalan di Sekitar Gedung Sate dan Cihampelas

Setelah musibah berlalu, hari berikutnya kami berencana berjalan – jalan di Bandung sebelum kembali ke Yogyakarta. Perjalanan kami mulai dari daerah Bandung Barat menuju ke pusat kota. Tujuan pertama kali adalah melihat gedung sate. Melewati sebuah jembatan layang dan lapangan Gasibu, terus melaju menuju Gedung Sate.

Gedung Sate Bandung merupakan bangunan pertama yang menggunakan konstruksi beton bertulang , juga merupakan bangunan instansi pemerintahan Pusat Kolonial Belanda. Dinamakan Gedung Sate, karena ornamen atap berbentuk tusukan sate. Sekarang gedung ini dijadikan pusat pemerintahan Gubernur Jawa Barat. Dirancang dan dibangun pada tahun 1920, oleh arsitek J. Gerber.

Sampai di Gedung Sate, kami pun memarkir di parkiran pegawai setelah meminta izin sama petugas parkir. Sayang sekali, ini bukan hari libur. Kami hanya boleh mengambil foto di luar pagar. Kami berjalan dari tempat parkir menuju gerbang masuk Gedung Sate.

Perjalanan kami lanjutkan menuju ke jalan Cihampelas. Tempat yang cukup terkenal bagi para wisatawan, khususnya kami. Pusat perbelanjaan yang sudah terkenal lama ini sekarang ditambah dengan sebuah city walk. Mall yang sedang mengalami penambahan fasilitas ini bernama Cihampelas Walk atau disingkat CiWalk.

Cihampelas

Kota Bandung sangat identik dengan Kawasan Cihampelas. Berdasarkan legenda, sebutan Cihampelas berasal dari nama kolam pemandian yang terletak di sisi jalan kecil Cihampelas, yaitu Jalan Taman Hewan. Kata Cihampelas konon berasal dari nama pohon Hampelas yang pada saat pembuatan kolam tahun 1904 banyak tumbuh di sekitar kolam. Pencitraan Cihampelas sebagai pusat perbelanjaan busana mulai berlangsung sejak 28 tahun lalu. Pada tahun 1980, Kawasan pertokoan Cihampelas terkenal dengan produk khasnya , yaitu pakaian berbahan kain denim atau sering disebut jeans.

Seiring berkembangnya sejumlah factory outlet atau FO pada tahun 2000 yang banyak menawarkan pakaian jadi sisa ekspor, kawasan pertokoan Cihampelas ikut menghanyutkan diri dengan menamai diri menjadi FO. Waktu itu, keramaian jalanan Cihampelas sempat terpecah karena banyaknya FO yang bertebaran di penjuru Kota Bandung.

Disini kami lebih memilih factory outlet yang ada di pinggir jalan Cihampelas. Mencari celana jeans yang harganya lebih murah daripada di tempat lain. Namun, harus teliti dalam memilih karena banyak barang cacat produksi yang dijual di daerah tersebut.

-----------
Bookmark and Share

Ada 12 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. ichaawe:

    kebandung …emang rasanya wajib ke cihampelas.
    jaman dulu siy barang2 di outlet cihampelas tuh murah2 dan bagus2…tapi katanya kan jaman sekarang ihampelas barang2 disana dah sama harga2nnya dengan di mall.

    saya kangen bandung…. kangen jagung serut kejunya….yummy :P

    • annosmile:

      beli dimana jagung serut kejunya
      saya malah nggak tau nih

  2. Benlah:

    Wah jadi pengen jalan-jalan juga nih :smile:

  3. ndop:

    sayang rumahku jauh banget dari bandung… pengen juga sih ke bandung.. ntar aja kalo banyak duwit.. hehehe…

    • annosmile:

      rumah saya juga jauh ndop
      di Jogja :D

  4. Gelandangan:

    wahhh asik yah bandung. kapan yah aku juga bisa ke bandung :( pengen banget dan ketemu dengan blogger2 batagor :D

  5. lathifulamri:

    saya tgl 6-8 juga ke bandung..

    mau jalan2..

    (*penting nih) hehehe

  6. RItool:

    Matur nuwun …

    Gedung Sate ono hantu ne nggak yo ……..

  7. Agus Kuswara:

    Kami setiap tahun kalau pulang secara pribadi & keluarga pas hari besar yaitu Hari raya Idhul Fitri ke kota cimahi Utaranya Bandung tentu tidak jauh jaraknya dari kota bandung kalau dari Station Bandung bisa naik angkot warna hijau lebih murah meriah , turun di Jl. Central Cibabat Cimahi disitulah kami bertempat tinggal. Kami baru saja pada tgl. 30 Juli 2009 s/d tgl 2 Agustus 2009 bersama rombongan melakukan kunjungan kerja atau istilahnya Study banding untuk pengembangan /peningkatan SDM InsanPers Kabupaten Sidoarjo menuju ke Kodya bandung dan sekaligus melihat pusat mode atau perbelanjaan di Jl. Cihampelas & Wisata di Situ Patenggang , Kawah Putih , Taman strawberry & FO 2 kota bandung , khas makanan Camilan dan Jenis kueh atau Roti produk Kartika Sari . Dan karena kami kebetulan bekerja di bidang pelayanan yaitu Kantor P3M ( bidang pengaduan ) yang operasionalnya di bawah Sekretariat Daerah yaitu Humas dan Protokol Kabupaten Sidoarjo jadi hal ini merupakan kesenangan tersendiri bagi kami disamping melakukan kunker juga kami bisa memanfaatkan waktu luang untuk pulang kampung meski semalam kami menginap dirumah tapi sangat senang karena bisa bertemu dengan keluarga terutama Ibu kami sendiri dan kakak adik bersaudara . Namun dari sisi pengalaman kami untuk Kota Bandung khasnya sangat bagus kalau kita melihat nya di malam hari tetapi kalau disiang hari nampak gersang karena banyak bangunan lamanya yang masih asli terutama pemukiman warga yang ada diwilayah kota bandung belum tertata ASRI atau masih banyak yang belum tertata dengan penghijaun jadi nampak gersang , sangat berbeda dengan wilayah bandung selatan dan utara dimana tempat wisatanya masih banyak penghijauan yang alami yang benar-benar bisa dinikmati pemandanganya dan segar udaranya. Dan kami sebagai warga masyarakat asli dari jabar hanya memberikan masukan masih banyak PR bagi Pemkab Jabar untuk pembenahan Kota Bandung dan sekitarnya . a.l . masalah arus lalulintas yang macetnya sering berjam-jam karena kami coba sendiri dari station bandung ke Cimahi yang jaraknya dekat kalau bersepeda motor paling lambat setengah jam (30 Menit) tetapi kami kemarin coba 2 Jam lebih baru sampai ditujuan . Dan disamping itu di beberapa sudut kota bandung masih banyak tumpukan sampah meskipun Volumenya tidak sebesar yang terdahulu . Untuk itu semoga dengan adanya perjalan kami ini kebandung , agar wilayah kota bandung pun menjadi lebih sejuk dan lebih hijau serta terutama indah dan bagus kalau dipandang atau dilihat disiang hari. Demikian , tulisan kami ini kami buat agar kota bandung bukan hanya sekedar wisata dan modenya saja terkenal tetapi kebersihan dan penghijauannya diwilayah pemukiman kota lebih bagus lagi. Terimakasih.

  8. Jalan-Jalan di Bandung | TeamTouring:

    […] cukup berbelanja pakaian di Cihampelas, kami meneruskan perjalanan menuju Masjid Raya Bandung. Setelah memarkir motor di samping masjid, […]

  9. Herdoni Wahyono:

    Beberapa waktu yang lalu kami ke Sukabumi kemudian menginap dan mampir ke Kota Bandung. Sayang sekali kami tidak sempat mengunjungi Gedung Sate. Kami berkunjung ke Cibaduyut, Lembang, Tangkubanparahu dan Cihampelas. Sebuah perjalanan wisata yang sangat mengesankan.

    Salam sukses buat Team Touring. Trims sharingnya yang sangat menarik.

  10. mamin:

    Dari Cihampelas akan lebih mantep jika melanjutkan perjalanan ke PVJ :D

Kirim pendapat