Hucap Mirasa, Sajian Kuliner Khas Kota Kuningan

Hucap Mirasa Beringin merupakan salah satu daya tarik kuliner di pusat kota kecil Kuningan Jawa Barat. Warung hucap ini telah lama berdiri di sekitar Taman Kota Kuningan dan cukup mendapat perhatian penikmat kuliner di sekitar kota. Alasannya di kota Kuningan sendiri belum banyak warung yang khusus menjual kuliner khas Kuningan karena masyarakat lebih memilih untuk membuat sendiri.

Warung Hucap Mirasa Beringin berada di pusat kota Kuningan Jawa Barat dan berdekatan dengan Taman Kota Kuningan serta Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan.

Warung Hucap Mirasa Khas Kuningan Jawa Barat

Lokasi Warung Hucap Mirasa berada di dekat kawasan Taman Kota Kuningan dan Masjid Agung Kuningan. Letaknya berdekatan dengan pohon beringin tua sehingga dikenal dengan nama Hucap Mirasa Beringin.  Warung Hucap Mirasa menempati sebuah bangunan kecil yang berhimpit dengan bangunan warung yang lain. Warung ini cukup sempit dan ruangan di dalamnya hanya dapat menampung kurang dari sepuluh orang. Namun warung ini sering dipadati oleh pengunjung yang lebih memilih untuk dibungkus ketimbang dnikmati di tempat.

Penjual Warung Hucap Mirasa cukup sigap dalam melayani tamu sehingga tamu yang datang tidak merasa ditelantarkan. Menu yang tersedia di warung ini hanya sdatu macam yaitu sajian hucap khas Kuningan saja. Untuk minumannya pun tidak ada pilihan lain yaitu hanya disediakan teh tawar hangat saja. Pengunjung yang ingin menikmati minuman jenis lain dipersilakan membawa dari luar. Sepertinya sempitnya bangunan warung dan banyaknya pembeli membuat penjual hanya mampu mempersiapkan sajian teh tawarhangat saja.

Hucap merupakan makanan yang memiliki beberapa kemiripan dengan Ketoprak atau Kupat Tahu. Hucap terdiri dari tahu goreng yang renyah, bumbu kecap tradisional, dan kupat khas Kuningan yang sangat kenyal ketika memasuki mulut.

Sajian Hucap Warung Mirasa Kuningan Jawa Barat

Seporsi Hucap khas Warung Mirasa Beringin akhirnya tersaji di meja makan. Penyajian hucap dari warung ini terlihat biasa dengan menggunakan piring kaca berwarna putih. Dalam seporsi hucap terlihat mirip seperti kupat tahu namun tanpa menggunakan tauge dan kerupuk terasi. Irisan kupat nasi dengan tahu goreng yang renyah hampir menmenuhi piring. Bumbunya pun terlihat kental menggunakan sambal kacang yang dicampur dengan kecap hitam kental.

Rasa hucap khas Kuningan cukup gurih bercampur manis dan sedikit asam. Berbeda rasa dibandingkan tahu kupat biasa yang banyak ditemui di sekitar Jawa Barat. Sajian hucap di Warung Mirasa Beringin memang terlihat kurang menarik namun rasa yang ditawarkan membuat orang akan kembali menyantapnya di lain waktu. Harga yang ditawarkan pun cukup murah untuk harga kuliner di pusat perkotaan. (text/foto: annosmile)

Bookmark and Share
INFORMASI
Hucap Mirasa Beringin
Jalan Siliwangi (seberang Masjid Syiarul Islam Kuningan), Kota Kuningan, Jawa Barat

Ada 45 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Rita:

    Keliatannya enak yaa…. jadi pengen…..:D

  2. harianku:

    mendadak dangdutan nih perut saya mas, traktir saya yah kayanya wenak tuh :P

    • annosmile:

      memang enak bro :D

  3. mima:

    em.. yummy..
    kapan2 nyobain ah….

  4. aNGga Labyrinth™:

    Pernah nyobain sie, emang enak,

    Apalagi diriku orang majalengka, penggemar kecap

    • annosmile:

      wah, deket ama kuningan dunk’s :D

  5. winona:

    ooo..hucap itu maksudnya tahu kecap ya…mm.kyknya enak tuh. tp klo teh, aku prefer teh manis deh drpd teh tawar…….maklum, lidah2 jawa kan lbh suka yg manis gitu :)

  6. info resep:

    we enak’e…mas, sekalian tolong tanyain apa aja tuh bumbunya

  7. jadul:

    pesan 1 mas, kirim ke email

    • annosmile:

      udah saya kirim :D

  8. casual cutie:

    sy br tau tuh, maklum sy dr NTB. itu sejenis apa ya mas. kynya enak deh.

  9. wi3nd:

    dimana tuch hucap? tempatna? jauu nda?
    nanti klu kekunin9an mampir akh..

  10. vaepink:

    Emmm… pasti enak :D

  11. Didien®:

    waduhhhh…gemecerrrrrr……. :mrgreen:

  12. SUWUNG:

    kok jadi laperrrr

  13. yodama:

    hmmm… mupeng :roll:

    pasti endang bambang gulindang nih. Kalo ke kuningan, saya diajak ya.

  14. sawali tuhusetya:

    harga yang bener2 murah nih, mas. jadi kepingin, hiks.

  15. FaNZ:

    keknya enak tuh :D

  16. rozy:

    enaknya jalan dan makan2 terus :p
    mas anno, dapat award dan PR dari ku
    cek di blog ku ya :)

    • annosmile:

      makasih bro
      udah saya cek

  17. galih:

    utnung aja barusan udah makan…jadinya nggak ngiler dan meneteskan air liur…

  18. bang diod:

    alahamdulillah, bisa masuk sini lagi..

    hucap nya ntu kuuah kacang ya kang ???

  19. venusv3:

    jadi lapar…
    Salam kenal….

  20. rela:

    walah…bikin ngiler aja bang. mulutq jadi kemecer show

  21. Dias:

    wah…..nyami.,.,.,.,.,.

  22. Hanif:

    Teh tawarnya gratis ya? terus kalo minta teh tawarnya aja dikasih ga ya? :D

    • annosmile:

      dikasih bro
      teh basi :D

  23. nina:

    kaya’nya enak niy…
    pedes ngga..??

  24. inidanoe:

    Hucap..?? kok keinget kecap yak…???
    apa makanannya banyak pake kecap mas…???
    mmmmm….bisa delivery order ke jogja gk ya…??? :D

  25. lathifulamri:

    jadi laper.. :(

  26. Daniel:

    Jadi laper neh. Kyknya enak buanget tuh

  27. hamka:

    hucap ??? tahu kecap???

    • annosmile:

      anda benar :D

  28. sawali tuhusetya:

    hucap, walah, baru kali ini dengar istilah makanan ini, hhehehe …. sekali pun beklum pernah mencicicpi. tapi kayaknya nendang juga tuh rasanya, mas.

  29. katakataku:

    wah kalo ini seeh makanan favourite saya, kalo siang2 keluar kantor [istirahat gitu] trus makan siangnya pake Hucap bro, seringnya seeh di Hupam Mi Iroh. Tengs ya udah mempopulerkan makanan khas kota saya di weblog kamu :D ****salut

  30. elmo:

    jadi lapar *krucuk* :D

  31. zooro:

    hmmm….maknyus bro….

  32. Nongkrong di taman kota Kuningan | TeamTouring:

    […] Asyik juga nongkrong di taman, suasananya cukup enak, jalanan kota Kuningan tidak seramai kota lain. Sehingga tidak ada polusi suara kendaraan. Sambil nongkrong, kami menyempatkan diri menikmati makanan khas Kuningan, Hucap. […]

  33. Bp:

    Waduh jadi pengen pulang kampung euy kangen sama hucap juga nih bro #-o

  34. nd:

    weleh weleh……..jadi pengen pulang kampung………..makan HUcap

  35. naura dhiya sifa:

    Aku suka Hucap

    • naura dhiya sifa:

      Dan aku makanan faforit nya adalah Hucap
      yang sangat mantappp :)

  36. naura dhiya sifa:

    Salam kenal
    aku asalnya dari kuningan
    aku suka makan sama Hucap tahu
    aku suka beli di jalan terus makan di jalan
    bersama orang lain se mobil

  37. pakepe:

    kalo mau, main ke kuningan aja. Paling pas itu kalo sekalian undangan terus ada hiburan. Pasti ada yang jual tuh.

Kirim pendapat