Pengalaman Menginap Di Homestay Tengger Permai

Wisata Gunung Bromo saat ini telah menjadi primadona wisata di Indonesia. Tidak heran bila jalur menuju ke kawasan Gunung Bromo banyak dibangun lokasi hotel, resort, penginapan dan homestay. Beberapa hal yang cukup menguras biaya saat berwisata ke Bromo adalah masalah transportasi dan penginapan. Khususnya penginapan, kami sempat kebingungan menjadi tempat menginap yang murah dan akhirnya menemukan salah satu diantaranya di Homestay Tengger Permai.

Homestay Tengger Permai yang beralamat di Jalan Bromo Cemoro Lawang-Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo ini merupakan tempat yang kami pilih untuk menginap selama beriwisata di Taman Nasional Gunung Bromo, Tengger, Semeru.

Papan Nama Homestay Tengger Permai

Lokasi Homestay Tengger Permai berada di tengah-tengah kawasan Cemoro Lawang atau sekitar 200 meter dari pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bangunan Homestay Tengger Permai berdampingan dengan homestay-homestay yang lain. Bangunan homestay memiliki ciri bercat warna hijau muda. Dibagian depannya terdapat tanaman bunga dan sedikit ruang untuk parkir kendaraan roda dua.

Dari segi fasilitas, Homestay Tengger Permai masih cukup kurang. Fasilitas yang ada hanyalah TV (televisi), kamar mandi luar dan kamar mandi dalam. Kamar mandi yang ada pun belum dilengkapi dengan pemanas air ataupun shower. Selebihnya tidak ada fasilitas pendukung yang lain. Area parkir pun tidak terdapat dan tamu homestay terpaksa memarkir kendaraannya di luar homestay.

Bangunan Homestay Tengger Permai

Dari segi layanan, tamu Homestay Tengger Permai mendapatkan layanan berupa satu termos teh hangat pada saat sore atau malam hari dari pengelola homestay. Meskipun ala kadarnya, minuman ini cukup membantu menghangatkan tubuh dari udara kawasan Cemoro Lawang yang cukup dingin. Untuk layanan makanan, saat ini Homestay Tengger Permai hanya menyediakan makanan instan seperti mie instan rebus atau mie instan goreng saja. Bila ingin menu makanan lain dipersilakan mencari makanan diluar homestay atau di warung-warung yang banyak ditemukan disekitar Cemoro Lawang.

Dari segi harga, menurut beberapa informasi dan pengalaman kami disimpulkan bahwa Homestay Tengger Permai merupakan salah satu homestay paling murah di kawasan Cemoro Lawang, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Hal ini menjadi salah satu informasi yang cukup berguna pagi wisatawan yang berkunjung ke Bromo dengan dana yang terbatas atau biaya yang minim. Namun tidak perlu kaget karena harga yang murah berbanding lurus dengan fasilitas dan layanan yang akan didapat.

TeamTouring di Homestay Tengger Permai

Kamar yang kami pilih merupakan kamar bersama yang berisi 5 (lima) tempat tidur kayu dengan kasur dari kapuk. Didalamnya hanya terdapat sebuah lemari berukuran sedang dan penerangan dua lampu kecil. Kamar tipe ini tidak ada kamar mandi dalam dan disediakan kamar mandi luar yang jumlahnya sekitar 5 (lima) buah di belakang bangunan. Meskipun terkesan biasa, kondisi kamar seperti ini sudah cukup sebagai tempat beristirahat melepas lelah.

Homestay dengan harga murah kadang menjadi pilihan bagi sebagian orang saat berwisata di kawasan wisata terkenal semacam Gunung Bromo. Hal ini cukup berguna untuk mengurangi pengeluaran dan memaksimalkan biaya perjalanan yang dialokasikan. Homestay Tengger Permai dapat menjadi salah satu alternatif tempat menginap dengan fasilitas yang cukup minim. (text/foto: annosmile)

== Harga

Mulai Rp 100.000,-/kamar atau Rp 50.000/orang

== Info

Homestay and Cafe Tengger Permai

Jalan Bromo Cemoro Lawang-Ngadisari kec. Sukapura kab. Probolinggo

Hp: 085258140127, 085236418382

======

Untuk mengetahui informasi tempat menginap di kawasan Taman Nasional Bromo dapat dilihat di halaman dibawah ini.

Bookmark and Share

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Tips Berwisata di Gunung Bromo | TeamTouring:

    […] Ibu Iis kami diberitahu penginapan yang murah yaitu bernama Homestay dan Cafe “Tengger Permai” jl. Bromo Cemoro Lawang-Ngadisari Kec. Sukapura Kabupaten Probolinggo Telp. 0852 5814 0127. […]

Kirim pendapat