Grojogan Watu Jonggol

This item was filled under [ Air Terjun ]

Bermula dengan informasi Desa Wisata Nglinggo yang memiliki pesona wisata yang menarik dengan lingkungan yang masih asri. Di kawasan desa wisata ini terdapat beberapa daya tarik wisata yang menarik seperti suasana pedesaan, tradisi lokal, air terjun, perbukitan, dan kebun teh. Kami mencoba menelusuri sebuah kawasan air terjun yang lebih dikenal dengan nama Grojogan Watu Jonggol di desa wisata Nglinggo.

Grojogan Watu Jonggol terletak di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Grojogan Watu Jonggol merupakan pesona wisata yang ditawarkan Desa Wisata Nglinggo.

Berbekal informasi dari kawan yang pernah berkunjung ke Grojogan Watu Jonggol, kami cukup bertanya dua kali selama perjalanan untuk menuju ke kawasan ini. Perjalanan dari kota Yogyakarta meleati jalan yang habis sama ketika menuju ke Puncak Suroloyo namun disebuah persimpangan kami harus lurus dan berbelok ke kiri ketika mencapai di sebuah pasar.

Dari pasar, kami menuju ke kawasan Desa Wisata Nglinggo kemudian mencari informasi keberadaan Grojogan Watu Jonggol. Tiba di jalan menuju ke Grojogan Watu Jonggol yang merupakan jalan setapak sempit, kami menitipkan kendaraan kami di halaman rumah penduduk terdekat dan meminta izin untuk mengunjungi lokasi air terjun tersebut.

Kami menyusuri jalan setapak dari tanah yang dikelilingi tanaman liar di tepi tebing. Jalan setapak berubah menjadi tangga menurun dan terlihat pemandangan alam yang indah. Dari kejauhan terlihat pemandangan Grojogan Watu Jonggol secara utuh dikelilingi tebing tinggi. Ditengah perjalanan, kami berpapasan dengan beberapa anak kecil yang pulang dari memancing ikan di area sungai dekat Grojogan Watu Jonggol.

Saat hampir tiba di area Grojogan Watu Jonggol, kami melewati jembatan yang terbuat dari bambu. Posisi jembatan bambu agak miring sehingga harus berhati-hati ketika melintasi jembatan ini. Di dekat jembatan terdapat gubuk kecil yang digunakan untuk duduk bersantai sambil menikmati air terjun (grojogan). Di sekitar gubuk ditanam beberapa tanaman bunga untuk mempercantik suasana. Sepertinya masyarakat sekitar serius mengembangkan wisata air terjun Grojogan Watu Jonggol menjadi salah satu daya tarik utama pariwisata di desa ini.

Pemandangan Grojogan Watu Jonggol dari dekat cukup indah dengan tebing batu yang cukup tinggi. Sebagian puncak Grojogan Watu Jonggol tidak terlihat karena area dibawah air terjun cukup sempit dan terhalang oleh bongkahan batu di dinding air terjun. Namun dibalik keterbatasan penglihatan, tersimpan pesona tersembunyi air terjun yang tampak alami.

Debit air Grojogan Watu Jonggol cukup deras dan aliran airnya mengalir ke sungai kecil yang berada di bawahnya. Grojogan ini dikelilingi oleh bukit atau tebing yang terletak di jajaran Pegunungan Menoreh.

Grojogan Watu Jonggol memang menarik dan terlihat alami, tempat ini merupakan kawasan air terjun yang masih bersih lingkungannya seperti Air Terjun Sidoharjo. Kawasan ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena akses jalan untuk menuju Desa Wisata Nglinggo lumayan sulit dengan tanjakan jalan yang tajam. Namun dibalik sulitnya medan untuk menuju Desa Wisata Nglinggo masih tersimpan misteri keindahan alamnya yang belum atau jarang dijelajahi (text/foto: annosmile)

== Lokasi/Peta

Informasi lebih lanjut baca artikel Lokasi Grojogan Watu Jonggol

== Informasi Tambahan

- Siapkan kendaraan anda untuk melewati jalan yang cukup menanjak

- Bawalah bekal yang cukup ketika menuju ke kawasan air terjun

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 3,781 views

Artikel yang Berkaitan

  • Eksotisme Curug Sidoharjo Kabupaten Kulon Progo ternyata memiliki banyak pesona tersembunyi salah satunya berupa air terjun yang belum dikenal luas sebagai obyek wisata. Curug atau air […]
  • Jelajah Pegunungan Menoreh Berawal dari sebuah keisengan, kami tertantang untuk menaklukkan jalur pegunungan Menoreh yang memanjang dari barat laut kota Wates hingga bagian selatan […]
  • Mengejar Matahari di Kalibiru Kalibiru menyimpan sejuta pesona yang terpendam di wilayah perbukitan Menoreh Kulon Progo. Sebuah wisata alam perbukitan ini memiliki daya tarik berupa pesona […]
  • Survei Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran Serasa tidak percaya ketika mendengar pegunungan seribu di Gunungkidul yang merupakan pegunungan karst dulunya terdapat gunung berapi purba raksasa. Nama […]
  • Berwisata di Waduk Sermo Perjalan wisata di Kabupaten Kulon Progo kami lanjutkan menuju ke Waduk Sermo yang terletak disebelah barat laut kota Wates. Perjalanan melewati jalanan […]
  • Curug Gedhe Lemah Abang Berkunjung ke kawasan air terjun Lemah Abang yang terdapat beberapa bagian air terjun yang memiliki nama sendiri-sendiri, sebaiknya tidak melupakan air terjun […]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Comments on “Grojogan Watu Jonggol”

  • Mila Said
    16 February, 2012, 8:16

    itu pasti belom pada mandi semuaaaa… hayoo ngaku. mukanya masih pada kucel gitu :D

  • jarwadi
    16 February, 2012, 10:14

    wah, sekarang teamtouring benar benar sedang menggarap edisi khusus curug grogogan, hehe

Trackbacks

  1. Jelajah Pegunungan Menoreh | TeamTouring
  2. Lokasi Grojogan Watu Jonggol | Peta

Leave a Comment