Goa Rancang Kencono

This item was filled under [ Alam, Goa ]

Akhir-akhir ini semakin banyak obyek wisata baru yang dikembangkan oleh masyarakat seetempat. Obyek wisata baru yang kami kunjungi ini tertuju pada wisata goa yang terletak di Kabupaten Gunungkidul yang bernama Goa Rancang Kencono.

Goa Rancang Kencono terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Merupakan wisata baru yang sepaket dengan Air Terjun Srigethuk.

Perjalanan dari kota Yogyakarta menuju Goa Rancang Kencono menghabiskan waktu selama kurang lebih satu setengah jam. Perjalanan menuju lokasi melewati jalanan aspal yang sempit dan berlobang sehingga perlu berhati-hati. Memasuki desa Bleberan, jalanan yang semula aspal mulai berubah menjadi jalan berbatu dan jalan tanah yang cukup licin. Kerusakan jaman dan sulitnya akses menuju ke daerah pelosok merupakan masalah klasik yang biasa ditemui ketika berwisata ke Gunungkidul.

Memasuki mulut Goa Rancang Kencono, suasana tampak sepi. Tidak terlihat seorang pun pedagang maupun petugas yang mengawasi kawasan wisata. Kami menduga bahwa obyek wisata ini baru dikembangkan dan kurang promosi sehingga masih sedikit wisatawan yang mengetahui bahwa daerah ini terdapat obyek wisata. Goa Rancang Kencono memang eksotis, di mulut goa terdapat sebuah pohon tua raksasa yang tumbuh dari dalam goa yang keluar melewati mulut goa.

Menurut informasi, Goa Rancang Kencono digunakan pada zaman pra sejarah, awal peradaban, dan zaman perjuangan. Di sekitar Goa Rancang Kencono pernah ditemukan bukti-bukti peninggalan zaman Megalitikum, zaman awal mula peradaban di Indonesia (klasik) , dan zaman perjuangan melawan penjajah.

Memasuki dalam Goa Rancang Kencono yang cukup gelap dan semakin sempit, akhirnya kami menemukan ujung goa yang jaraknya hanya beberapa puluh meter dari mulut goa. Memasuki sebuah celah kecil, kami menemukan sebuah dinding goa yang bertuliskan “Prasetya Binnekaku” berikut isinya. Tulisan pada dinding goa menggambarkan goa ini pernah digunakan untuk berlindung dan bersembunyi para pejuang kemerdekaan saat berperang melawan penjajahan Belanda. Bukti yang lain pada salah ruangan di dalam Goa Rancang Kencono ditemukan arca yang bentuknya mirip dengan arca nandhi dan batuan fosil.

Goa Rancang Kencono cukup menarik untuk disinggahi karena memiliki bentuk yang unik dengan mulut goa yang lebar dengan pohon raksasa dibagian tengah. Dinding goa terbuat dari batuan kapur khas pegunungan seribu ini cukup menarik untuk dilihat struktur dan lekukannya. Sedikit disayangkan pada beberapa bagian penuh corat-coret akibat ulah tangan jahil. Akhirnya kami meneruskan perjalanan wisata menuju Curug Srigethuk yang lokasinya tidak jauh dari Goa Rancang Kencono.

== Lokasi/Peta

Informasi lebih lanjut baca artikel Lokasi Goa Rancang Kencono dan Curug Srigethuk

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 5,601 views

Artikel yang Berkaitan

  • Keringnya Luweng Sampang Sudah lama saya penasaran dengan keberadaan sebuah air terjun yang lokasinya berada di wilayah Gunungkidul yang berbatasan dengan kabupaten Klaten. Sebuah tempat yang ...
  • Mencoba Rakit Wisata di Curug Srigethuk Setelah sebelumnya pertama kali mengunjungi Curug Srigethuk di musim penghujan, kali ini kami kembali lagi mengunjungi Curug Srigethuk ini dimusim kemarau. Kami menden...
  • Petilasan dan Situs Gembirowati Tidak jauh dari Pantai Parangtritis terdapat sebuah situs purbakala yang menarik untuk ditelusuri. Namanya Situs Gembirowati yang terletak disebuah perbukitan timur Pa...
  • Segarnya Curug Srigethuk Berwisata di Goa Rancang Kencono tidak lengkap kalau tidak berkunjung ke Curug Srigethuk yang terdapat tidak jauh dari lokasi goa itu berada. Objek wisata berupa air t...
  • Situs Penampungan Sokoliman dan Peradaban Pra Sejarah Berwisata menjelajah alam memang asyik, namun semakin asyik bila dibarengi dengan menengok kembali sejarah pada masa lampau dan mencari kebenarannya. Itulah yang kami ...
  • Asal Usul Goa Pindul Asal-usul Nama Goa Pindul sendiri berasal dari kisah perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan yang dutus oleh Panembatan Senopati di Mataram untuk membunuh ba...
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

12 Comments on “Goa Rancang Kencono”

  • Andy MSE
    23 February, 2011, 23:09

    sumpah! rung tau mrana… (doh)

  • budies
    24 February, 2011, 7:00

    mas bisa dikasih info arti kata nama goa, menurut masyarakat sekitar, soale kok ada kata kencono itu apa memang ada kaitannya dengan emas?

  • Bisnis Online
    24 February, 2011, 7:21

    wah cocok dipake untuk bertapa tuh :)

  • sibair
    25 February, 2011, 17:14

    Mas anno yang ganteng.. klo dari surabaya jauh ndak? :D

  • jarwadi
    26 February, 2011, 13:27

    wah, goa ini deket sama rumahku, ngga ding, masih selisih jarak 12 km jarak terbentang :D

  • yohandi
    8 March, 2011, 13:40

    menyimpan mesteri masa lampau dari nenek moyang kita, sekarang kita bisa melihatnya

  • Han
    15 June, 2012, 9:48

    Biar dapat dikenal, mungkin pemerintah daerah disini bisa membuat akses jalan yang memadai, agar ekonomi masyarakat sekitar gua dapat ditingkatkan.

Trackbacks

  1. Segarnya Curug Srigethuk | TeamTouring
  2. Jelajah Goa Pindul | TeamTouring
  3. Lokasi Goa Rancang Kencono dan Curug Srigethuk | Peta
  4. Mencoba Rakit Wisata di Curug Srigethuk | TeamTouring
  5. Situs Penampungan Sokoliman dan Peradaban Pra Sejarah | TeamTouring

Leave a Comment