Galabo, Kuliner Malamnya Solo

This item was filled under [ Kuliner, Makanan, Minuman ]

Ketika berada di Solo, kami ingin menikmati suasana malam kota Solo. Akhirnya kami mengelilingi kota Solo dimulai dari arah barat. Melewati kawasan Manahan yang bagi kami kurang cocok untuk nongkrong, akhirnya kami menuju daerah Gladag yang katanya enak buat nongkrong.

Gladag Langen Bogan (Galabo) terletak di Jalan Mayor Sunaryo dekat Alun-Alun Utara Kraton Surakarta, bersebelahan dengan Patung Slamet Riyadi. Merupakan tempat yang cocok buat nongkrong pada malam hari dengan konsep menggabungkan semua jenis wisata kuliner dalam satu area di daerah Gladak. Di jalan tersebut terdapat Pusat Grosir Solo (PGS) yang buka disiang hari sebagai pusat perbelanjaan baru selain Pasar Klewer.

Memasuki kawasan Gladag, suasana cukup ramai. Dari ujung jalan terlihat banyak sekali penjaja makanan dan minuman. Kesan kuliner tampak karena banyak makanan unik yang ditawarkan masing-masing kedai makanan. Kami berjalan mengelilingi galabo sambil mencari sesuatu yang unik yang dijual di tempat ini.

Banyak kaum muda-mudi duduk dan menikmati bermacam-macam kuliner di tempat itu. Kami memilih kopi di sebuah kedai kopi sebagai minuman kami untuk nongkrong dan makanan sebagai teman minum kopi. Malam yang indah, pancaran sinar bulan purnama dan kelip-kelip lampu membuat kami nyaman untuk nongkrong lama-lama di Galabo.

Setiap hari pengunjung Galabo mencapai 1000-2000 orang di akhir pekan dikunjungi dua kali lipat dari jumlah pengunjung harian. Jalan Mayor Sunaryo ditutup pada malam hari sehingga suasana tidak terganggu lalu lalang kendaraan.

Kami memilih duduk di tikar yang disediakan di tepi jalan daripada tenda gazebo yang dipasang di tengah jalan. Kebersihan lokasi ini cukup terjaga karena banyak tong sampah yang diletakkan di depan trotoar. Kawasan Galabo ini cukup nyaman digunakan untuk nongkrong dan bersantai menghabiskan malam di kota Solo. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 12,626 views

Artikel yang Berkaitan

  • Berburu Kuliner Sate Kere di Pujangga (Pusat Jajanan Gading) Kebanyakan para wisatawan yang berkunjung ke Solo, hanya mengenal area kuliner malam yang terletak di seputaran Gladak atau sering disebut Galabo. Padahal di dekat Alu...
  • Menikmati Bebek Bakar di Galabo Berkunjung ke Solo untuk yang kesekian kali di malam hari, membuat kami berkeinginan untuk kembali menikmati suasana malam di Galabo yang terletak di jantung kota Solo...
  • Mencicip Kuliner Timlo Solo Sastro Mencoba kuliner di kota Solo memang tidak ada habisnya. Di salah satu sudut pasar Gedhe terdapat warung yang menyediakan kuliner khas Solo yang bernama Timlo. Warung y...
  • Senja di Pasar Ngarsopuro Mengelilingi kota Solo di waktu sore memang mengasyikkan. Di tengah perjalanan kami melewati sebuah jalan yang dipenuhi hiasan seni dan hiburan. Kami baru mengetahui b...
  • Solo Batik Carnival 2011, Antara Kegembiraan dan Kekecewaan Seperti tahun-tahun sebelumnya, perhelatan Solo Batik Carnival merupakan event yang sangat dinanti-nantikan oleh berbagai pihak. Event yang konon merupakan event terbe...
  • Masjid Agung Surakarta Hampir setiap kali berkunjung ke kota Solo, saya selalu menyempatkan diri mengunjungi Masjid Agung Surakarta yang terletak di sebelah barat Alun-Alun Utara Keraton Kas...
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

34 Comments on “Galabo, Kuliner Malamnya Solo”

  • keboaja
    3 May, 2009, 5:33

    Kopinya kurang lengkap kalau nggak ada rokok.

  • ifoel
    3 May, 2009, 7:29

    waw.. ngumpul….asyik ya nongkrong bareng teman2…

  • Atca
    3 May, 2009, 7:37

    Sepertinya asyik tempatnya…kalo pas mudik mau deh mampir kesitu…
    juni ini rencana mudik sih…

  • Seno
    3 May, 2009, 8:20

    Emang asik, apa lagi sambil ngombe wedhang ronde, wuih nyamleng tenan.

  • Taktiku
    3 May, 2009, 9:01

    Indah banget ternyata kota solo di waktu malam

  • masnoer
    3 May, 2009, 11:36

    mantab nie mas sambil ngopi tapi kalau belum ada udunya belum semangat biasanya. . .nggak tau kalau belum biasa

  • Khairuddin Syach
    3 May, 2009, 12:24

    Bermalam panjang di Galabo sambil main kartu dan ditemani secangkir kopi panas plus sebungkus rokok mild sambil main kartu pulak…

    Bener2 mbuat aku ngiler sobat…. *menyeka ludah yg keluar dari tepian bibir*

  • marsudiyanto
    3 May, 2009, 12:43

    Wah, tiwas pas ning Solo rak mampir Galabo…
    Kapan2 wis, nek menyang Solo maneh…

  • doelsoehono
    3 May, 2009, 22:15

    salam …wah kulo sampun kapang sanget dateng kuto solo
    amargi kulo sampun dangu mboten wangsul dateng solo
    meni Berseri lugi ngangeni salam kagem rencang -rencang wonten Solo .
    kuto solo selalu jadi kenangan .

    annosmile Reply:

    rumahnya dimana sekarang mas :)

  • Ramdan
    4 May, 2009, 7:09

    Makan dipinggir jalan dimalam hari enak juga tuhhhhhhhhhh

  • gwgw
    4 May, 2009, 7:34

    wah…tempat menarik pak anno, ntar gw kalo tugas ke solo, mo mampir ahh…
    biasanya gw cuman nongkring makan disekitar univ. solo, sekalian cuci mata…:-)….
    buat tombo ngantuk…:-)

  • rozy
    4 May, 2009, 8:46

    asyik tenan, minum kopi di pinggir jalan
    jadi ingat waktu ikutan gank motor dulu hihihih

  • Easy Mafia
    4 May, 2009, 8:51

    Wah sohibku ini keknya jalan2 terus, apa emang kerja di dunia yang penuh dengan jalan2 ya he..he.. temenku juga ada dia kameramen acara si Bolang, namanya Peppy Qohar, pulangnya paling seminggu sekali, asik deh tiap hari bisa lihat pemandangan baru.

    annosmile Reply:

    wah..keren dung :)

  • endar
    4 May, 2009, 15:47

    aku pas bali solo mampir neng solo galabo mlaku soko kulon tekan pol. wetan milih panganan akhire milih rasido mangan.. heheheheh

    annosmile Reply:

    payah :P

  • Eka Situmorang-Sir
    4 May, 2009, 22:05

    yeeeah !! Setuju bgt gladak tempat yang asiik buat konhkow. Btw review hotelnya skalian dunk mas. And pasar yg jual2 batik itu lho, apa namanya ya… lali

  • masjaliteng
    4 May, 2009, 22:14

    sayang, kalo lewat solo nggak pernah malem, jadinya belum ngrasain yang begituan…

  • Raffaell
    4 May, 2009, 22:15

    Owww, dugem ala solo begini toh, hehehe, seru juga yah, wah jadi pengen nih dugem kaya gini, kalo dugem yang laenya ga suka

  • Fetra
    5 May, 2009, 0:11

    terakhir ke galabo lupa bayar nasi liwet sama coffemis wkkkwkwkwkk

  • zam
    5 May, 2009, 2:39

    omahku Solo, tapi malah rung tau mrono.. wakakakakakak…

  • masiqbal
    6 May, 2009, 8:51

    banyak banget menu makanan yang ada di galabo ini, lokasinya pun enak buat nongrong, pesenmu opo wae kang?

    annosmile Reply:

    Kopi apa gitu
    lupa namanya :D

  • mursid
    6 May, 2009, 9:19

    Selain gaLABO yang terkenal dengan Kuliner Malamnya..
    ada juga Night Market Ngarsopuran Lho mas.. tempat barang antik dijualbelikan…
    silahkan mampir ke Solo….
    kalo ada yang kesulitan jalan Bengawan siap membantu…

  • Choiri Setyawan™
    20 May, 2009, 9:07

    Contoh – contoh makanan dan minumannya apa aja om?

    annosmile Reply:

    Banyak deh pokoknya
    seperti makanan tradisional dan modern ada disini
    burger, bakso, soto, steak, mie jawa, sebagai macam kopi, jus, float, dll :D

  • gombonk
    2 June, 2009, 18:54

    paling enak nasi goreng hindustani nya. maknyus. uenak. gerrrrrrrh

  • mimin
    9 July, 2009, 11:44

    Wah…jadi kepingin pulang kampung… Tapi berhubung nggak punya duit,ngiler aja deh ngebayangin enaknya makan nasi liwet plus wedang rondenya… Uuuangete neng awak….

  • wiwin
    30 July, 2009, 15:55

    ok soloo aq datanggg,,,,,,,,,,,,,waiting 4 me yoooooooooooooooo

  • ridho
    29 January, 2011, 21:11

    mas mau nanya aku dapet tugas dari skolahku di suruh nyari sejarah galabo,,,
    ini sejarah berdirinya galabo gimana yah??
    mohon bantuannya,,
    matur suwun..

  • gadget review
    24 March, 2011, 1:03

    mantap jd pengen ke solo

Trackbacks

  1. Menikmati Bebek Bakar di Galabo | TeamTouring
  2. Menengok Festival Dolanan Bocah | TeamTouring

Leave a Comment