Galabo, Kuliner Malamnya Solo

Ketika berada di Solo, kami ingin menikmati suasana malam kota Solo. Akhirnya kami mengelilingi kota Solo dimulai dari arah barat. Melewati kawasan Manahan yang bagi kami kurang cocok untuk nongkrong, akhirnya kami menuju daerah Gladag yang katanya enak buat nongkrong.

Gladag Langen Bogan (Galabo) terletak di Jalan Mayor Sunaryo dekat Alun-Alun Utara Kraton Surakarta, bersebelahan dengan Patung Slamet Riyadi. Merupakan tempat yang cocok buat nongkrong pada malam hari dengan konsep menggabungkan semua jenis wisata kuliner dalam satu area di daerah Gladak. Di jalan tersebut terdapat Pusat Grosir Solo (PGS) yang buka disiang hari sebagai pusat perbelanjaan baru selain Pasar Klewer.

Papan Kawasan Galabo (Gladak Langen Bogan)

Lokasi Galabo atau Gladak Langen bogan cukup strategis karena berada di pusat kota Solo. Letaknya berada di sebelah utara dari kawasan Alun-Alun Utara Kraton Kasunanan Surakarta dan di sebelah selatan Benteng Vastenberg. Kawasan Galabo menempati area jalan di dekat kompleks perbelanjaan Gladak Solo.

Memasuki kawasan Gladag, suasana cukup ramai. Dari ujung jalan terlihat banyak sekali penjaja makanan dan minuman. Kesan kuliner tampak karena banyak makanan unik yang ditawarkan masing-masing kedai makanan. Kami berjalan mengelilingi galabo sambil mencari sesuatu yang unik yang dijual di tempat ini.

Tenda Tempat Duduk Galabo Solo

Banyak kaum muda-mudi duduk dan menikmati bermacam-macam kuliner di tempat itu. Kami memilih kopi di sebuah kedai kopi sebagai minuman kami untuk nongkrong dan makanan sebagai teman minum kopi. Malam yang indah, pancaran sinar bulan purnama dan kelip-kelip lampu membuat kami nyaman untuk nongkrong lama-lama di Galabo.

Setiap hari pengunjung Galabo mencapai 1000-2000 orang di akhir pekan dikunjungi dua kali lipat dari jumlah pengunjung harian. Jalan Mayor Sunaryo ditutup pada malam hari sehingga suasana tidak terganggu lalu lalang kendaraan.

Nongkrong Di Gladak Langen Bogan Solo

Kami memilih duduk di tikar yang disediakan di tepi jalan daripada tenda gazebo yang dipasang di tengah jalan. Kebersihan lokasi ini cukup terjaga karena banyak tong sampah yang diletakkan di depan trotoar. Kawasan Galabo ini cukup nyaman digunakan untuk nongkrong dan bersantai menghabiskan malam di kota Solo. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share

Ada 35 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. keboaja:

    Kopinya kurang lengkap kalau nggak ada rokok.

  2. ifoel:

    waw.. ngumpul….asyik ya nongkrong bareng teman2…

  3. Atca:

    Sepertinya asyik tempatnya…kalo pas mudik mau deh mampir kesitu…
    juni ini rencana mudik sih…

  4. Seno:

    Emang asik, apa lagi sambil ngombe wedhang ronde, wuih nyamleng tenan.

  5. Taktiku:

    Indah banget ternyata kota solo di waktu malam

  6. masnoer:

    mantab nie mas sambil ngopi tapi kalau belum ada udunya belum semangat biasanya. . .nggak tau kalau belum biasa

  7. Khairuddin Syach:

    Bermalam panjang di Galabo sambil main kartu dan ditemani secangkir kopi panas plus sebungkus rokok mild sambil main kartu pulak…

    Bener2 mbuat aku ngiler sobat…. *menyeka ludah yg keluar dari tepian bibir*

  8. marsudiyanto:

    Wah, tiwas pas ning Solo rak mampir Galabo…
    Kapan2 wis, nek menyang Solo maneh…

  9. doelsoehono:

    salam …wah kulo sampun kapang sanget dateng kuto solo
    amargi kulo sampun dangu mboten wangsul dateng solo
    meni Berseri lugi ngangeni salam kagem rencang -rencang wonten Solo .
    kuto solo selalu jadi kenangan .

    • annosmile:

      rumahnya dimana sekarang mas :)

  10. Ramdan:

    Makan dipinggir jalan dimalam hari enak juga tuhhhhhhhhhh

  11. gwgw:

    wah…tempat menarik pak anno, ntar gw kalo tugas ke solo, mo mampir ahh…
    biasanya gw cuman nongkring makan disekitar univ. solo, sekalian cuci mata…:-)….
    buat tombo ngantuk…:-)

  12. rozy:

    asyik tenan, minum kopi di pinggir jalan
    jadi ingat waktu ikutan gank motor dulu hihihih

  13. Easy Mafia:

    Wah sohibku ini keknya jalan2 terus, apa emang kerja di dunia yang penuh dengan jalan2 ya he..he.. temenku juga ada dia kameramen acara si Bolang, namanya Peppy Qohar, pulangnya paling seminggu sekali, asik deh tiap hari bisa lihat pemandangan baru.

    • annosmile:

      wah..keren dung :)

  14. endar:

    aku pas bali solo mampir neng solo galabo mlaku soko kulon tekan pol. wetan milih panganan akhire milih rasido mangan.. heheheheh

  15. Eka Situmorang-Sir:

    yeeeah !! Setuju bgt gladak tempat yang asiik buat konhkow. Btw review hotelnya skalian dunk mas. And pasar yg jual2 batik itu lho, apa namanya ya… lali

  16. masjaliteng:

    sayang, kalo lewat solo nggak pernah malem, jadinya belum ngrasain yang begituan…

  17. Raffaell:

    Owww, dugem ala solo begini toh, hehehe, seru juga yah, wah jadi pengen nih dugem kaya gini, kalo dugem yang laenya ga suka

  18. Fetra:

    terakhir ke galabo lupa bayar nasi liwet sama coffemis wkkkwkwkwkk

  19. zam:

    omahku Solo, tapi malah rung tau mrono.. wakakakakakak…

  20. masiqbal:

    banyak banget menu makanan yang ada di galabo ini, lokasinya pun enak buat nongrong, pesenmu opo wae kang?

    • annosmile:

      Kopi apa gitu
      lupa namanya :D

  21. mursid:

    Selain gaLABO yang terkenal dengan Kuliner Malamnya..
    ada juga Night Market Ngarsopuran Lho mas.. tempat barang antik dijualbelikan…
    silahkan mampir ke Solo….
    kalo ada yang kesulitan jalan Bengawan siap membantu…

  22. Choiri Setyawan™:

    Contoh – contoh makanan dan minumannya apa aja om?

    • annosmile:

      Banyak deh pokoknya
      seperti makanan tradisional dan modern ada disini
      burger, bakso, soto, steak, mie jawa, sebagai macam kopi, jus, float, dll :D

  23. gombonk:

    paling enak nasi goreng hindustani nya. maknyus. uenak. gerrrrrrrh

  24. mimin:

    Wah…jadi kepingin pulang kampung… Tapi berhubung nggak punya duit,ngiler aja deh ngebayangin enaknya makan nasi liwet plus wedang rondenya… Uuuangete neng awak….

  25. wiwin:

    ok soloo aq datanggg,,,,,,,,,,,,,waiting 4 me yoooooooooooooooo

  26. Menikmati Bebek Bakar di Galabo | TeamTouring:

    […] untuk yang kesekian kali di malam hari, membuat kami berkeinginan untuk kembali menikmati suasana malam di Galabo yang terletak di jantung kota […]

  27. ridho:

    mas mau nanya aku dapet tugas dari skolahku di suruh nyari sejarah galabo,,,
    ini sejarah berdirinya galabo gimana yah??
    mohon bantuannya,,
    matur suwun..

  28. gadget review:

    mantap jd pengen ke solo

  29. Menengok Festival Dolanan Bocah | TeamTouring:

    […] saya menengok sebentar acara Festival Dolanan Bocah (FDB) yang digelar di dekat pusat jajanan Gladak Langen Bogan Solo atau di Jalan Jendral Sudirman, depan Kantor Pos Gladak. Acara ini diselenggarakan setelah pukul […]

  30. Bersantap Malam Di Pusat Kuliner Kartika Sari Magelang | TeamTouring:

    […] lama kelamaan pengunjung akan meninggalkan Pusat Kuliner Kartika Sari Magelang. Sama seperti kasus Pusat Kuliner Solo Galabo yang saat ini mulai sepi dan mulai ditinggalkan pengunjung. (text/foto: […]

Kirim pendapat