Curug Indah Tegalrejo

Sudah lama saya mendengar kabar bahwa di dekat ibukota kecamatan Bayat kabupaten Klaten terdapat sebuah curug atau air terjun. Setelah mengunjungi Luweng Sampang yang sedang kering kondisi airnya, saya langsung bergegas menuju ke curug yang bernama Curug Indah Tegalrejo yang lokasinya tidak jauh dari ibukota kecamatan Bayat.

Curug Indah Tegalrejo secara administratif terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.

Perjalanan melewati jalan kabupaten yang menuju ke ibukota kecamatan Bayat. Ketika tiba di ibukota kecamatan Bayat saya langsung bertanya kepada penduduk sekitar dan mereka lebih mengenalnya dengan sebutan Curug Bayat. Perjalanan kami lanjutnya menuju ke lokasi Curug Indah Tegalrejo hingga berujung kepada gapura perbatasan propinsi dan kami telah memasuki wilayah kabupaten Gunungkidul. Saya kira salah jalan ternyata benar, tidak lama kemudian saya sudah tiba di area parkir Curug Indah Tegalrejo setelah membayar retribusi masuk.

Meskipun bernama Curug Indah Tegalrejo, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Bayat karena lokasinya tidak jauh dengan ibukota kecamatan Bayat dan berada dibawah pegunungan seribu yang berada di kabupaten Gunungkidul. Setelah memarkir kendaraan, saya langsung bergegas menuju pintu masuk. Di sepanjang jalan menuju pintu masuk Curug Indah Tegalrejo tidak terdapat informasi nama obyek wisata air yang biasa kita jumpai ketika berkunjung ke kawasan wisata. Sepertinya kawasan wisata ini baru mulai dikembangkan sebagai kawasan wisata.

Dari pintu masuk, saya harus berjalan menyusuri jalan setapak yang terbuat dari tanah untuk menuju ke area Curug Indah Tegalrejo. Di tengah-tengah perjalanan saya bertemu dengan orang sekitar yang sedang membangun rumah. Sempat saya mengobrol sejenak dan menanyakan sejarah dan perkembangan kawasan wisata Curug Indah Tegalrejo.

Dari informasi yang saya dapat diketahui obyek wisata Curug Indah Tegalrejo dikelola oleh warga sekitar. Tanah lokasi obyek wisata merupakan milik salah satu warga Tegalrejo (Gedangsari) dan bukan milik pemerintah. Warga pengelola kawasan wisata menyewa lahan atau tanah untuk dikembangkan fasilitas pendukung seperti mushola dan kamar mandi.

Memasuki area Curug Indah Tegalrejo yang berupa aliran sungai dibawah tebing, terlihat air terjun memiliki bentuk bertingkat-tingkat. Bentuk air terjun yang bertingkat ini mirip dengan Air Terjun Tujuh Bidadari yang terletak di dekat Bandungan, kabupaten Semarang.  Bedanya jarak antar cekungan dan tingkatan lumayan berjauhan daripada Air Terjun Tujuh Bidadari yang relatif berdekatan.

Di setiap tingkatan membentuk cekungan air yang cocok digunakan untuk mandi dan berenang. Namun harus berhati-hati karena beberapa cekungan cukup dalam dan tidak disarankan bagi yang belum bisa berenang. Diperkirakan dasar cekungan air tersebut sedalam dua sampai tiga meter dan tertutup oleh lumut sehingga tidak terlihat dasar cekungannya.

Debit air di Curug indah Tegalrejo cukup kecil di musim kemarau, sehingga kami tidak dapat menikmati derasnya air terjun. Namun air yang mengalir di tempat ini tidak mengering dan tetap ada air yang mengalir jatuh dari atas. Batuan yang terdapat disepanjang aliran Curug Indah Tegalrejo cukup unik dengan tekstur batuan kapur yang tergerus air, sama seperti batuan di Luweng Sampang.

Karena minim informasi dan papan petunjuk arah, kami hanya mengunjungi tingkatan air terjun yang dekat dengan jalan setapak dari pintu gerbang. Sebetulnya bila menelusuri alur sungai yang melewati air terjun akan menemui bagian tingkatan Curug Indah Tegalrejo yang paling tinggi namun kami baru mengetahui informasi tersebut setelah meninggalkan lokasi.

Curug Tertinggi Yang Belum di Jelajah

Yang cukup disayangkan adalah banyak tindakan buang sampah sembarang yang merusak pemandangan. Selain itu ketika saya sedang bersantai bersama pengunjung lain, tiba-tiba ada segerombol mahasiswa geologi yang sepertinya sedang praktikum meneliti batuan curug dengan cara dipukul-pukul dengan palu sehingga beberapa batuan sungai menjadi rusak teksturnya. Entah mengapa mereka tidak memperhatikan keasrian alam dan malah merusak lingkungan. Semoga kedepannya baik mahasiswa maupun pengunjung dalam menjaga kelestarian alam khususnya di Curug Indah Tegalrejo karena sayang bila keindahan curug ini pudar akibat tindakan yang tidak terpuji tersebut. (text/foto: annosmile)

== Lokasi/Peta

Informasi lebih lanjut baca artikel Lokasi Curug Indah Tegalrejo

== Tiket Masuk

Dewasa: Rp2.000,-/orang (retribusi hari libur)

Parkir Motor: Rp2.000,-

Bookmark and Share

Ada 13 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. jarwadi:

    sama sri gethuk tinggi mana mas?

    • admin:

      tinggi ini..soalnya bertingkat-tingkat :)

  2. marsudiyanto:

    Brarti lewat Kecamatan Wedi ya Mas…
    Saya pol hanya sampai Wedi, saat terjadi gempa dulu

  3. arif:

    murah, tp vandalisme nya ya yg ga nguatin gt

  4. Zippy:

    Tempat wisatanya murah meriah banget ya.
    Hanya 4rb (biaya masuk + parkir) udah bisa menikmati indahnya air terjun :D
    Btw, tapi kok tempatnya nyeremin ya mas?
    Kayak sepi gitu :D

  5. bayuputra:

    tempat wisata yang indah sekali ….
    jadi penasaran ingin kesana …

  6. mawi wijna:

    Gedangsari dari arah Bayat, bukan Gedangsari dari arah Pathuk. Beda jalur, beda medan tempurnya :D

  7. rumputilalang:

    Gunung Kidul punya.Mantap….

  8. agus:

    sri gethut dan curug indah untuk debit air banyak sri getuk mas bro, ada perahu juga di sri gethuk, saya orang asli sekitar curug indah masbro di sana camping jg oke….

  9. agus:

    adasatu lagi air terjung ter tinggi di sekitar curug indah namanya air terjun larangan, dan memang terkenal angker……. menurut legenda untuk pembuangan pesugihan di sekitar air terjun larangan itu…..

  10. Lokasi Curug Indah Tegalrejo | Peta:

    […] – Curug Indah Tegalrejo […]

  11. Curug Tertinggi di Kawasan Curug Taman Wisata | TeamTouring:

    […] dan beberapa berjauhan. Saat pertama kali berkunjung ke Curug Taman Wisata yang dahulunya bernama Curug Indah Tergalrejo, saya hanya sempat menelusuri curug-curug kecil yang ada dan belum sempat menemukan area curug […]

  12. Keringnya Luweng Sampang | TeamTouring:

    […] tempat yang dikenal Luweng Sampang ini memang belum dijadikan sebagai kawasan wisata. Tidak seperti Curug Indah Tegalrejo yang berada dalam satu kecamatan namun telah dikembangkan menjadi kawasan […]

Kirim pendapat