Berwisata di Bendungan Selorejo

Di bagian barat Kabupaten Malang terdapat sebuah bendungan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Bendungan tersebut bernama Bendungan Selorejo. Untuk menuju ke lokasi, kami menggunakan jalur Malang-Batu yang menuju ke Taman Wisata Bendungan Selorejo.

Taman Wisata Bendungan Selorejo terletak di Desa Selorejo Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Bendungan ini dikelilingi oleh beberapa gunung antara lain Gunung Kelud, Gunung Kawi, dan Gunung Anjasmoro. Bendungan Selorejo dikelola oleh PT Jasa Tirta dan digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Pemandangan Salah Satu Sisi Bendungan Selorejo Malang

Perjalanan menuju ke Bendungan Selorejo dari Malang melewati jalanan yang berliku dan perbukitan, ditempuh selama satu jam dari kota Malang. Ketika tiba di Taman Wisata Selorejo, suasana bendungan terasa sejuk. Keindahan alam terpancar ketika kami tiba di tepian bendungan, hamparan bendungan yang luas dikelilingi oleh perbukitan dan gunung.

TeamTouring Di Jembatan Gantung Kawasan Wisata Bendungan Selorejo

Memasuki Taman Wisata Bendungan Selorejo, kami disambut suasana yang teduh di tepi bendungan. Area parkir yang luas dan teduh cukup membuat kami terkesan ketika memasuki obyek wisata ini. Setelah memarkir kendaraan kami berkeliling kawasan Taman Wisata Bendungan Selorejo. Suasana tampak sejuk dan segar karena hampir semua kawasan Taman Wisata Bendungan Selorejo tertutup oleh pohon-pohon besar yang rindang.

Disekitar bendungan banyak orang yang melakukan aktivitas memancing baik di tepian bendungan maupun ditengah-tengah bendungan dengan menggunakan perahu kecil.

Para Pencari Ikan Di Bendungan Selorejo Malang

Saat tiba di tepi Bendungan Selorejo terhampar pemandangan alam pegunungan yang mengelilingi bendungan. Pada sebuah ujung jalan dibangun jembatan gantung yang dibawahnya terdapat sungai yang bermuara ke arah bendungan. Jembatan gantung tersebut berfungsi menghubungkan sisi lain Taman Wisata Bendungan Selorejo yang dibangun sebagai pondok peristirahatan atau cottage. Kami sempat berkeliling melihat cottage yang disewakan untuk wisatawan dan memiliki fasilitas yang cukup mewah.

Perjalanan keliling kami lanjutnya menuju area taman bermain buat anak-anak. terlihat beberapa ayunan yang masih dapat digunakan dan sebagian lagi mengalami kerusakan dan belum diperbaiki. Suasana tampak sepi karena kami berkunjung pada hari biasa dan sepertinya keramaian tampak saat hari libur saja.

Fasilitas pendukung Taman Wisata Selorejo sudah cukup baik diantaranya kolam renang, jembatan gantung, penginapan, persewaan perahu, kereta kelinci, kuliner berupa ikan bakar, dan masih banyak lagi.

TeamTouring Di Bendungan Selorejo

Kami berjalan di tepian bendungan sambil melihat aktivitas penduduk sekitar. Di tepi bendungan beberapa orang sedang memancing. Di sebuah sudut bendungan kami berhenti dan menikmati durian ngantang yang kami dapat dari seorang kawan.

== Tarif

Dewasa : Rp10.000,-/orang

Bookmark and Share

Ada 34 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Mas Ben:

    Itu gambar bendungannya ya ?
    Seluas bendungan Sempor di Gombong ya :)

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

  2. geblek:

    widih jadi inget ternyata saya sudah 10th lebih tak kesana :)

  3. Bang Iwan:

    ternyata banyak sekali tempat2 indah yang bisa menjadi tujuan wisata yang menyenangkan.
    makasih banyak sudah membaginya disini kawan..

  4. Ketika Menginjakkan Kaki di Kota Malang | TeamTouring:

    […] Comments geblek: widih jadi inget ternyata saya sudah 10t…Mas Ben: Itu gambar bendungannya ya ? Seluas ben…kyaine: jalan Ijen nggak diliput […]

  5. lyna riyanto:

    indonesia kita mmg kaya dengan tempat yang indah
    membuat bangga
    saya jadi ngiri…karena ga pernah punya kesempatan
    jalan-jalan seperti mas Anno
    :)

  6. ardisragen:

    harus diagendakan touring kesana nih.. :)

  7. Jidat:

    Kang annoski apik tenan pemandangane. . .jan indonesia banget ki. . .sip!*jempol ngaceng*

  8. vivi:

    g prnh k sna….
    pngn, enk iaa bs merhatiin org2,,,

  9. mawi wijna:

    apaan itu tarif 10.000 per orang??? masuk bendungan harus mbayar semahal itu? ediyan, udah syukur mau dikunjungi :p

  10. d-Gadget™:

    wuihhh keren bendungannya..sejuk keknya..

  11. Didien®:

    buat cari inspirasi cocok banget deh tempatnya…

  12. Caride™:

    liburan tahun depan sempatin mampir tempat wisata di Malang ah…

  13. Itik Bali:

    Kalo dilihat dari fotonya, gak nyangka kalo itu di Indonesia..
    keren emang Bendungan Selorejo..

  14. Anas:

    Bidikan foto yang perahu dan nelayan ciamik mas…

  15. tomi:

    wahhh manteppbs banget brooo touring ke bendungan..
    enak ya bs touring terus hehe…
    blm pernah ke sini juga..
    tp kalo ngikuti blog ini, kliatannya mantabss serasa kesana hehe

  16. warm:

    nak kalo ke bendungan ini
    asli belum pernah

  17. Andi:

    kok kebanyakan yg direview di sini belum pernah saya sambangi ya…. :(

  18. omagus:

    wah buat mancing seru buanget tuh..!

  19. JhezeR:

    Sekali2 Jalan ke wilayah sumatra mas.. :)

  20. ganden sang:

    kerwen euy kapan bs ke sana ya hehehehhe

  21. amri:

    jiah, gue sd kesini

  22. Blogger Terpanas:

    berulang kali berkunjung ke blog ini. membuat saya jadi tambah “ngiler” ingin berdarmawisata. mengajak anak dan istri. habis……..bagus – bagus banget obyek wisata yang di tampilkan benar-benar menggoda hati. ajak – ajak duong………….hehe….

  23. blogger gembloeng:

    wah bisa juga to bos.. buat acara liburan besok (liburan kampus). Salam kenal bos dari blogger gembloeng seperti saya ini.. hikkhik

  24. ahmad jais:

    selorejo pengen banget deh kesana

  25. wibisono:

    mantap bro.. bisa jalan2 terus. dadi pengen..

  26. eshape:

    Sudah sering main ke Malang, tapi bendungan ini belum pernah dilihat deh

    Kapan-kapan bisa diagendakan ya
    Barengan yuk…

    Salam

  27. Blogger Ceria:

    iya bro, seru banget bisa jalan2 gitu..
    ikan bakarnya enak gak… wuih, uda lama ga makan ikan bakar..

  28. anna:

    wah, mas anno emang punya hobby traveling ya.. keliling tujuan wisata di indonesia. bagus2 mas.. gak harus jauh2 tapi juga udah bisa bikin fresh :)
    Boleh juga dibikin buku

  29. wi3nd:

    bendun9annya ba9us yah,kaya danau?

    baru liat yan9 kaya 9itu :)

  30. itempoeti:

    banyak cerita-cerita misteri seputar bendungan selorejo…

  31. yyus:

    waduh brur aku ngiler nih bayangin duruian ngantang. tapi harganya berapaan ya brur

  32. Menikmati Durian Ngantang | TeamTouring:

    […] mengunjungi Bendungan Selorejo, kami menyempatkan diri mampir di rumah seorang teman yang dekat dengan obyek wisata tersebut. […]

  33. aifandi:

    humb….
    mengingat SELOREJO, aku pernah kesana… tapi baru sekali,,
    seneng bngt rasanya ada diSana.. tempatnya bagus, pemandangannya indah.. pokokny kerasan deh dsana, g pgn balik rasany…
    Jadi pgn kSana lg breng sama teman” ato org” tersayang…

  34. HeQris:

    waaa,,ini tempat tinggal saya, memang bagus dan menyenangkan, jika sudah kehilangan ide untuk nulis, saya sering pergi ke bendungan untuk merenenung dan mencari inspirasi,,

    terima kasih sudah menulis tentang daerah tempat tinggal saya, yang indah sejuk dan nyaman ini :D

Kirim pendapat