Berkunjung Ke Taman Safari Indonesia II Prigen

This item was filled under [ Park ]

Setelah pagi hari berada di Masjid Nasional Al Akbar dan melewati Bencana Lumpur Lapindo, akhirnya kami sampai di Taman Safari Indonesia II yang berlokasi di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Ini kali pertama saya berkunjung ke Taman Safari Indonesia yang ke 2, ketika memasuki gerbang masuk agak sedikit berbeda dibandingkan dengan Taman Safari Indonesia I di Cisarua, Bogor.

Taman Safari ini berada di desa Jatirejo kecamatan Prigen dengan ketinggian antara 800 -1.500 meter dpl. Obyek wisata ini merupakan lembaga konservasi suaka margasatwa yang menempati areal seluas 340 ha.

Seperti biasa sebelum memasuki kandang satwa, para pengunjung diwajibkan berhenti di sebuah pos yang terdapat beberapa toko penjual cinderamata khas Taman Safari seperti stiker, boneka, kaos, dan pernak-pernik lainnya. Para pengunjung Taman Safari memang diharuskan berhenti di area ini untuk melengkapi biaya administrasi berupa membayar tiket masuk dan menunggu giliran memasuki kawasan satwa liar.

Kami menunggu cukup lama dipos untuk menunggu giliran masuk ke dalam area taman satwa yang dibatasi jumlah kendaraan yang masuk. Tujuannya agar para hewan tidak terusik dan stres akibat banyaknya yang melewati area tersebut. Sambil menunggu, kami dipersilakan bersantai sejenak di pos tersebut dan membeli souvenir yang ditawarkan oleh toko-toko yang membuka dagangannya di area tersebut.

Akhirnya waktu yang ditunggu tiba, kami bergegas kembali ke bus untuk mengikuti tour masuk ke area satwa liar. Memasuki gerbang taman, kami siap-siap melihat satwa apa saja yang terdapat di dalamnya dan mengambil foto hewan-hewan unik dan langka tersebut. Penumpang bus mendekatkan diri ke kaca kendaraan yang berada sisi kanan dan kiri untuk melihat satwa lebih jelas.

Pengunjung Taman Safari Indonesia diwajibkan menggunakan kendaraan selama memasuki area taman satwa. Apabila tidak memiliki kendaraan, para pengunjung dipersilakan naik bus yang telah disediakan oleh pihak Taman Safari.

Keunikan Taman Safari dibandingkan dengan kebun binatang adalah pengunjung dapat menyaksikan kehidupan satwa liar sesuai habitat aslinya, berdasarkan tempat hidupnya dibagi menjadi 4 kawasan antara lain : kawasan Amerika, Eropa, kawasan Asia dan kawasan Afrika.

Memasuki salah satu kawasan Amerika, saya disuguhi sebuah pemandangan menarik. Seekor beruang coklat yang sedang berjalan di pinggir jalan. Cukup heran, bagaimana cara adaptasi beruang tersebut agar bisa hidup di daerah tropis. Selain itu saya juga melihat hewan lain seperti beruang madu, kijang, dan lain-lain.

Memasuki kawasan hewan buas, para pengunjung dilarang membuka kaca jendela kendaraan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saya melihat sekumpulan harimau berada di tengah-tengah jalan. Bus kami berhenti sambil menunggu harimau itu menyingkir dari tengah jalan. Dalam aturan yang ada, bila hewan-hewan buas lama di tengah jalan atau menganggu, bisa segera menghubungi petugas melalui telepon yang sudah tercantum dalam tiket. Selain itu masih ada beberapa satwa buas lain seperti singa, buaya, dan sebagainya.

Kemudian memasuki kawasan Asia, saya melihat sebuah badak yang sedang berjalan sendirian di tepi jalan yang kendaraan saya lewati. Selain itu ada juga kambing gunung, angsa, kera, kingkong, dan sebagainya. Cukup banyak satwa di kawasan ini khususnya satwa Indonesia.

Kawasan Afrika sebagai kawasan terakhir berisi tentang gajah khas afrika, zebra, kuda nil dan masih banyak lagi. Hampir semua hewan berada di tempat ini melebihi koleksi kebun binatang pada umumnya. Saya melihat sekawanan gajah sedang berada di sisi kanan dari kendaraan kami.

Di dalam area taman, terdapat 3 zona yaitu zona kehidupan satwa, zona rekreasi sebagai tempat untuk menampilkan atraksi dari satwa dan tempat permainan anak-anak, zona baby zoo sebagai tempat untuk mengenal lebih dekat wisatawan dengan anak satwa liar untuk bermain dan berfoto. Cukup menyenangkan bila berlama-lama di tempat ini karena suasananya sejuk dan berada di lereng pengunungan.

Area Taman Safari Indonesia II Prigen lebih luas daripada Taman Safari Indonesia I di Cisarua Bogor. Kawasan ini berpotensi dapat menampung lebih banyak wisatawan dan menjadi andalah wisata mengenal lebih jauh hewan-hewan di dunia karena koleksinya lebih lengkap daripada kebun binatang. Diperkirakan masih banyak area lahan Taman Safari Indonesia II yang belum dibangun dan dalam tahun-tahun kedepan akan muncul wahana wisata baru di dalam kawasan ini.

== Lokasi/Peta

Informasi lebih lanjut baca artikel Lokasi Taman Safari Indonesia 2 Prigen

== Harga Tiket Masuk (update Des 2011)

Dewasa = belum update (harga bisa berubah sewaktu-waktu dan belum termasuk fasilitas lain yang berada di kawasan Taman Safari Indonesia)

== Tips

Datanglah pagi hari di tempat ini karena berwisata sehari di kawasan Taman Safari terasa kurang. Bila membawa kendaraan pribadi, patuhilah peraturan yang ada demi keselamatan ketika melakukan tur wisata ke kawasan binatang.


Incoming search terms for the article:

    foto taman safari prigen
-----------
Bookmark and Share
Popularity: 43,314 views

Artikel yang Berkaitan

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

86 Comments on “Berkunjung Ke Taman Safari Indonesia II Prigen”

  • suryaden
    8 June, 2009, 8:57

    wah, ngeri juga tuh ada bruang….

  • adis
    8 June, 2009, 9:48

    Wuah… telanjang semua! Kecuali yang pake jaket *Kabur!!*

  • yudi
    8 June, 2009, 9:57

    asiknya taman safari bisa liat binatang buas keliaran :-D

  • Lala
    8 June, 2009, 10:54

    Blom pernah kesana, pingiiin…

  • phiy
    8 June, 2009, 14:26

    kemaren John Pantau shooting di Taman Safari, skarang baca artikel tentang Taman Safari. Huf, jadi pingin ke sana. Tapi nanti aja kalo dah punya anak :D

  • donalduck
    8 June, 2009, 14:49

    asik ya sering jalan2…. cuma klo ktemu binatang liar… ogah deh… ;p

  • kir31
    8 June, 2009, 16:33

    wew,,enak ni jalan2,,aplgi bwt ngliat hewan2 yg mantebs,,asyikk dah..hehe”

  • ~noe~
    8 June, 2009, 17:08

    duh pengennya bisa meluangkan waktu ke sana. masih cari-cari denah lokasi dan route perjalanannya dulu.
    tks ulasannya, om

  • Dinoe
    8 June, 2009, 18:48

    Wah asyik juga nih sob..perjalanannya..jadi pengen kesana..

  • endar
    8 June, 2009, 19:06

    ra mampir aku siki neng bogor lho.. kabupaten bogor

  • fans beratnya annosmile
    8 June, 2009, 19:18

    ketinggalan aku…

    kelihatannya masih lebih lengkap yang di Cisarua yaa?

  • balisugar
    8 June, 2009, 21:20

    gak ngajakin aku nih ku belum pernah main sana lho

  • pakacil
    8 June, 2009, 21:40

    sialnya kok ya saya selalu cuma lewat ya, gak pernah mampir ke tempat ini
    mungkin suatu waktu

  • zee
    8 June, 2009, 21:52

    Udah lama saya gak ke taman safari. Pengen juga suatu saat nanti begitu anak udah bisa diajak jalan liat hewan-2…

  • xzcoslo
    9 June, 2009, 2:17

    aku belum pernah euy..mau dong..!!!

  • nA
    9 June, 2009, 5:47

    huwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa jalan-jalan terus mas? pernah tuh saya ke taman safari prigen, menurut saya lebih bagus daripada yang di bogor …

  • mas stein
    9 June, 2009, 11:45

    pernah ke situ, rada kesel sama anak-anak kecil yang jualan stiker, pada maksa

  • Rusa Bawean™
    9 June, 2009, 14:07

    wahhh
    nyampe kesini mas
    jalan-jalannya?

    gak mampir kesini?

  • Narmadi
    9 June, 2009, 18:07

    Hampir sama dengan yg di Cisarua Bogor ya

  • ichanx
    9 June, 2009, 18:48

    wew…. asik juga kayaknya ya… btw, itu badak cula dua.. bukan cula satu!!! :p

  • Bisnis Online ala Eros
    9 June, 2009, 22:05

    wah seneng ya bisa lihat binatang2 lepas di habitat aslinya. meskipun saya asli dan tinggal di Prigen, belum pernah sekalipun saya kesana. wah salut nie sama mas Anno and team yang sudah menjelajah kemana-mana. oia kok engga mampir ke Taman Dayu mas, ketempat sayah?

  • keboaja
    10 June, 2009, 5:05

    Takut dimakan harimau… *kaburr……

  • gwgw
    10 June, 2009, 12:44

    gg capek ta mas…jln-2 terus ?…..*heran*

  • ciwir
    10 June, 2009, 14:41

    wasyemmm.. wis tekan prigen ndaa…
    TOP…..

  • Ankardiansyah Pandu Pradana
    10 June, 2009, 20:25

    huuiiihhh….
    saya juga pernah kesana…
    binatangnya kayaknya seneng waktu saya dateng…???
    Eh kebalik, saya seneng banget waktu banyak binatang yang mampir mobil saya….
    hehehehe

  • guskar
    10 June, 2009, 21:37

    dibandingkan dengan TSI Cisarua Jabar koleksi binatangnya lengkap mana ya mas?

  • tuyi
    11 June, 2009, 9:11

    Wah..keren saya mo’ kesana ah…?
    tiket masuknya berapa ya…?

  • suwung
    11 June, 2009, 16:47

    anak bojoku tau nang kono
    aku malah ra diajak

  • ageleng
    11 June, 2009, 17:37

    wah, jd pgn ke taman sapari lg.. :D
    maap br kmbali dr hiatus pjg..

  • Pradna
    11 June, 2009, 21:41

    gak ada skrinsyut yang “memakai baju Safari”?

    ……
    Safari
    Jumadilawali
    Jumadilakiri

  • katakataku
    12 June, 2009, 6:05

    kalo gak salah si Om waktu itu nggak ketemu sama pengelola taman safari-nya ya? coba kalo ketemu nanti si Om dikandangin juga tuh (lmao) kaburrrrrrr………..

  • KangBoed
    12 June, 2009, 9:15

    *ngelirik atas*.. tahu aja yaaaaa..
    Salam Sayang

  • galuharya
    12 June, 2009, 15:33

    andai saja waktu itu tidak ada kejadian itu

    aku saat ini sudah menjadi karyawan di sana mas

  • rismaka
    12 June, 2009, 16:12

    Bagus tuh kang.. tapi sepertinya lebih bagus taman safari di cisarua deh..

  • Blog Ijo
    12 June, 2009, 17:13

    saya malah blom pernah ke sana tuh…

  • Andrie Callista
    12 June, 2009, 17:19

    saya sama sekali belum pernah keliling wisata indonesia, jika melihat…. ckckckck… jadi ngiler,,,

  • aRai
    12 June, 2009, 20:47

    jadi inget pertama dolo kesini ma temenku …. pengen ngakak pek … mo masuk naek motor langsung balik lagi takut ada harimau di depan … pedahal gerbang masuknya aja belom keliatan … akakakkaa

  • IjoPunkJUtee
    13 June, 2009, 0:23

    Pengen ku seperti dirimu…jalan2 keliling nusantara…..

  • Acha
    13 June, 2009, 13:32

    baru tahu kalo di Jatim ada Taman Safari juga.

  • Indonesia Menulis
    13 June, 2009, 14:11

    Asyik tenan………………

  • JAUHDIMATA
    14 June, 2009, 0:51

    gambar nomor dua itu apa termasuk penghuni ya?
    ;))

  • ariosaja
    14 June, 2009, 1:00

    aku dulu pas kecil pernah kesana, tapi dulu binatangnya belum lengkap

  • ardianzzz
    14 June, 2009, 20:35

    wadaw.. pengen kesana.. ada panda nggak ya?

  • Shanty
    20 June, 2009, 11:36

    coba ulas safari nite dong.. kan seruuuu malem2 ketemu singa..

  • Zulhaq
    21 June, 2009, 23:47

    kunjungan hanya sebagai sambilan aja deh
    yang penting narsis hi hih i

  • novi
    24 June, 2009, 11:32

    sebenarnya saya sering melewati taman safari. pengin mampir tapi terbayang tarifnya yang katanya mahal. saya baca disini juga gak disebutin tarif masuknya :D

  • Kang Nur
    24 June, 2009, 20:51

    model konservasi sekaligus hiburan, yg bagus dan menarik

  • graha08
    27 June, 2009, 22:10

    bagus sih tapi kalo bawa keluarga besar mah juga besar pengeluaran

  • syifa
    14 July, 2009, 8:39

    Ke TSI emang asik, tp pas didepan mobil kita ada harimau yang berdiri n nga pergi2 kt tegang juga ya. ! pengalaman yang tak terlupakan. tp ak ngak sempat beli oleh2 deh dri sana, karna buru2 mau ke Mekar sari. semoga aja lain kali aku bs kesana . Amin.

  • Dika
    14 July, 2009, 8:42

    OH, kl sy senang banget kesana, walaupun tegang, tp sangat menyenang. Seru deh !

  • Mirand4
    14 July, 2009, 8:44

    TEmpatnya bagus, tarif sesuai tp melihat binatang2 buas itu, pengamanan sy lihat sudah maximal, tp pernah nga sih ada kejadian2 yg nga diinginkan, semoga aja nga’ ada. Amin.

  • HumorBendol
    6 September, 2009, 23:26

    Eh..dah lama gak jalan-2 kesini. Ternyata…dah sempet mampir ke TSI Prigen ya?
    Lumayan bagus kan bang?

  • HumorBendol
    6 September, 2009, 23:27

    Kebetulan lumayan deket dari tempatku bang….

  • hanitijoso
    8 October, 2009, 14:57

    tempat istirahat untuk menikmati binatang-2 yang bebas krn walau didalam mobil kalo berhenti ngeri juga kalau yang dekat singa, macan, beruang atau gajah. perlu juga tambahan tempat bermain anak-2, kolam renang krn yg dari jauh merasa rugi kalau hanya lewat saja. rambu-2 petunjuk arah kelokasi dan rambu lalulintas perlu dilengkapi karena banyak tikungan dan tanjakan atau menrun tajam

  • Ayunda
    18 November, 2009, 15:30

    Asyik lho di sana.Saya berhenti lama di kandang singa.Saking lamanya sampai tidak bisa main bom-bom car.Tapi atraksi-atraksinya bagus-bagus,koq.Yang paling lucu atraksi pemburu,harimau,dan singa.

  • anas
    23 November, 2009, 10:59

    segera meluncur @desember 09
    isnyaAlloh..

  • cebret
    27 November, 2009, 11:50

    kereeeeeeeeeeeeeeeen!
    ak ksana cm skali tok,,,pikinik perpisahan SD…..:-D

  • harsi
    4 December, 2009, 11:27

    mau tanya masuknya berapa ya sekarang tiap orang?
    klo ada yg tau bisa balas di emailku :harsi_L3012gb@yahoo.com
    tenkyu…..

  • Just Bryan
    9 January, 2010, 22:12

    Tuh beneran beruang kutub??
    Kok bulunya gak putih ya??

  • rudis
    10 January, 2010, 1:02

    pelestarikan marga satwa sangat bagus sekali.
    berangkat mau lihat juga

  • arifudin
    10 January, 2010, 5:48

    kang, awakmu kuwi kok dolan….. ae ki piye?. la aku kan yo pengen :mrgreen:

  • Ata chan
    10 January, 2010, 6:04


    Sayang tiket masuknya mahal, kalo ngajak semua keluarga lumayan juga..
    :-D
    ..

  • harto
    15 January, 2010, 3:52

    waaah asyik tuh jalan2 ke taman safari, serasa bercampur dengan mahluk2 Ciptaan-Nya, kapan2 mo kesana mampir…. Trims yaa atas infonya sukses selalu sobat.

  • attayaya
    15 January, 2010, 14:27

    sepertinya lebih rindang di Cisarua deh mas
    yg di Bali bagus ga ya?

  • arsumba
    1 February, 2010, 3:18

    hmmm…. kapan.. ya.. bisa berjalan-jalan kesana.. jadi kepingin neh..
    thanks mas infonya..

  • dameydra
    1 February, 2010, 11:44

    jadi pengen kesana tuch ,…. pasti asik …. kapan yach,…???

  • Rizal
    1 February, 2010, 17:04

    Wah… dahsyat banget tuh… Hewan – hewan dari belahan dunia lain yang notabene nggak beriklim TROPIS, bisa dipaksa untuk hidup di iklim tropis… wow,,,

  • ridu
    1 February, 2010, 17:17

    di sana bisa foto dengan harimau gak kaya di taman safari cisarua?? :D

  • zee
    1 February, 2010, 19:58

    wah gajahny kok cilik amat ya. masih kecil ya itu?
    hmmm ada beruang kutub? di tsi sini ga ada lho.

  • arafi
    2 February, 2010, 12:32

    wah, asik bngt bisa jalan2 ke taman safari,,jd pengen,,kapan ya??

  • elmoudy
    2 February, 2010, 12:53

    woooo.. ngeri juga liat macan di jalanan..
    gak takut diterkam broo…
    ngeri juga kalo pas lapeer gimana tu

  • Anas
    3 February, 2010, 5:30

    Wah seru ni jalan-jalan ke taman safari. Anas belum pernah ke sana.
    *kasihan diriku* hehehe

  • arihevea
    3 February, 2010, 12:45

    HAhahhaa.. tempat nostalgia saya bersama yang tersayang pas dulu kami kuliah.. TMII (II) Prigen adalah salah satunya.. selain Jatim Park tentunyaaa…

    *dugh.. kangen MALANG…….

  • rumah blogger
    3 February, 2010, 14:51

    ini foto2 mengandung unsur pornografi…

  • cah ndeso
    4 February, 2010, 20:18

    asyik juga tuh jalan2 represhing sambil liat2 pemandangan sejuk.
    huwaaaaa…. jadi pengen dah :oops:

  • tukangpoto
    11 May, 2010, 8:58

    Wah kalo yang di Prigen saya belum pernah nih,kapan-kapan deh..

  • reny
    26 June, 2010, 6:00

    Pengalaman berkesan sekali di TSI 2 selain qt berekreasi jg ada paket edukasi bgs bgt tuk memupuk kecintaan siswa terhadap satwa n pelestariannya. Tapi yg plg seru OUT BOnd nya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!n guide yang Luar biasa Trima Kasi Ya ! moga Bs kesana lagi

  • M3Lind4
    3 July, 2010, 17:53

    wihh zeru tuh.. hehe…
    bsk maw ke sana…
    jadi g sbr………..
    ; p

  • que_modjo
    4 September, 2010, 23:02

    Jadi pengen kesana, tp kantong jadi bolong nggak ya

  • febry
    5 September, 2010, 11:16

    IH NGERI BNGT JALAN KE TAMAN SAFARI 2 HAMPIR AJA Q BS KECELAKAAN,TP UDAH SAMPAI DI TAMAN SAFARI UHHHHHHHHHH UENAKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK EEEEEEEEEEEEEEEE WES ADEM

  • sandi armando
    22 September, 2010, 20:03

    aduh asiknyaaa bisa kesana karena belum pernah kesana sih…makannya q kagum dengan binatangnya,tempat yang sejuk itu,heeeessss pokoknya tak jamin pasti asyikkkk deh,kalau tdk ksana pasti rugggiii….

  • soepriadi
    3 March, 2011, 13:22

    apa sudah ada hotel di taman safari prigen ?
    kalau ada berapa ya rate nya ?

  • farida
    30 May, 2011, 21:41

    aduh jadi pingin kesana secepatnya… ingin nginap dihotelnya … dimalam hari ada suara burung hantu dan harimau meraung… seperti difilm-film horor…. auuugg…. uhk uhk uhk…. seram…. tap mengesankan kali yaaaa…taman safari i’m coming… !!!

Trackbacks

  1. Sampai Kapan Taman Buaya Indonesia Jaya Bertahan | TeamTouring
  2. Lokasi Taman Safari Indonesia 2 Prigen | Peta
  3. Mempelajari Sejarah Manusia Purba di Museum Sangiran - TeamTouring | TeamTouring

Leave a Comment