Belajar Vaksinasi ND

Vaksinasi wajib dilakukan ketika beternak hewan meskipun sedang dalam kondisi sehat, meskipun saat itu hewan tersebut sedang sehat bugar. Para peternak tidak mau ambil resiko ketika ternaknya terserang penyakit atau virus yang berujung pada kematian ternak. Pada peternakan ayam tak terkecuali ternak ayam petelur dan ayam pedaging juga dilakukan vaksinasi.

Vaksinasi ND merupakan salah satu vaksinasi yang wajib dilakukan dan rutin dilakukan setiap beberapa bulan sekali. Beberapa hari setelah anak ayam dimasukkan ke dalam kandang sering dilakukan vaksinasi jenis ini. Salah satu metode vaksinasi ND dengan metode tetes mata ayam. Vaksin ini tergolong vaksin aktif dengan tingkat agresifitas rendah yang diberikan kepada ternak secara langsung dan jauh dari jangkauan sinar matahari karena dapat merusak vaksin aktif. Biasanya dilakukan ketika pagi hari atau sore hari untuk menghindari cahaya dan udara yang terik.

Biasanya satu botol vaksin digunakan untuk 1000 dosis atau 1000 ekor ayam setelah dicampur dengan bahan pengencer. Vaksin diteteskan pada mata ayam atau hidung dengan dosis dua tetes atau tiga tetes sesuai yang disarankan dalam aturan pemakaian vaksin tetes. Ternak ayam yang akan divaksinasi harus diperhatikan dahulu kondisinya harus segar bugar dan fit agar tubuhnya mampu menerima vaksin dengan baik dan tidak menambah tingkat stres.

Vaksin ND yang sisa beserta alat-alat yang digunakan tidak dapat disimpan kembali namun harus dibakar atau dibumihanguskan sesuai standar keamanan. Ternak ayam yang sudah divaksin dikembalikan ke kandang seperti semula dan diberi minuman multivitamin untuk mengurangi stres. Vaksinasi ND ini sebaiknya rutin dilakukan setiap bulan sekali untuk pencegahan karena vaksin ini berupa vaksin aktif. Karakteristik vaksin aktif cepat membentuk sistem kekebalan namun kekebaan yang terbentuk cepat mengalami penurunan. Oleh karena itu menjadi salah satu alasan mengapa harus rutin dilakukan vaksinasi. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Jika aku menjadi "Peternak Ayam Petelur" | TeamTouring:

    […] Vaksin ND diberikan saat ayam berumur 3-7 hari. Merupakan vaksin inaktif. Cara pemberian ke ayam adalah diteteskan ke mata sebanyak 2-3 tetes. Sebelumnya vaksin ini dincerkan terlebih dahulu dengan cairan pengencer yang berwarna biru keunguan. […]

  2. Mempelajari Peternakan Plasma Ayam Broiler | TeamTouring:

    […] ke tiga, kami melakukan vaksinasi ND sesuai dengan petunjuk yang telah diatur oleh peternak inti. Vaksin diambil langsung dari kantor […]

Kirim pendapat