Agrowisata Perkebunan Teh Tambi

This item was filled under [ Agrowisata ]

Dalam perjalanan menuju ke Yogyakarta, kami mencoba melewati Agrowisata Perkebunan Teh Tambi yang terletak di lereng Gunung Sindoro. Setelah melalui medan jalan yang cukup berat saat menuju Kawah Candradimuka, perjalanan kali ini mengharuskan kami melalui jalan yang cukup sempit dan menanjak sehingga kami ekstra hati-hati dalam mengendarai sepeda motor kami.

Agrowisata Perkebunan Teh Tambi terletak kurang lebih 16 km arah utara kota Wonosobo. Tempat wisata ini dilengkapi dengan kamar-kamar penginapan yang bagus dan komplit. Akan ada pemandu yang membawa berkeliling perkebunan teh, melihat karyawan pemetik teh sedang bekerja dan ke dalam pabrik teh melihat prosesing teh sejak dari daun sampai siap saji.

Akhirnya kami memasuki gerbang Agrowisata Perkebunan Teh Tambi, hawa terasa cukup sejuk dan terlihat hamparan luas perkebunan teh yang cukup indah bila dipandang. Tidak kalah dengan keindahan perkebunan teh milik PTPN yang berlokasi di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat.

Tidak jauh dari gerbang masuk, disebelah kanan terdapat kawasan perkantoran dan pabrik pengolahan teh PT Tambi. Di kantor PT Tambi tersebut juga disediakan informasi mengenai wisata petik teh dan tur keliling pabrik bagi wisatawan umum.

Dulunya (1885) perkebunan ini merupakan milik Belanda dengan nama Bagelen Thee & Kina Maatschappij yang dikelola oleh NV John Peet berkantor di Jakarta. Setelah Indonesia merdeka, diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang selanjutnya setelah Konferensi Meja Bundar kembali diserahkan kepada pemilik semula. Tahun 1954 perkebunan dijual kepada NV Eks PPN (Pegawai Perkebunan Negara) Sindoro Sumbing. Tahun 1954 NV Eks PPN Sindoro Sumbing bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Wonosobo mendirikan sebuah perusahaan baru bernama NV Tambi dan yang sekarang telah berganti nama menjadi PT Tambi.

Karena tidak berniat mendaftar paket wisata yang lumayan mahal bagi kocek mahasiswa, kami pun hanya sekedar mengelilingi jalan di perkebunan dengan menggunakan sepeda motor kami. Area perkebunan teh Tambi ini bukan merupakan kawasan tertutup sehingga jalan yang ada di kawasan ini digunakan untuk berlalu lalang warga sekitar dan wisatawan yang hanya ingin menikmati pemandangan alam yang ada.

Area perkebunan cukup luas dengan luas lahan 829,14 ha terdiri atas 3 unit perkebunan yaitu Unit Tambi, Unit Bedakah dan Unit Tanjungsari. Jalan yang membelah Perkebunan Tambi ini merupakan jalan umum yang mengarah ke sebuah desa yang terdapat disebelah atas perkebunan.

Lokasi perkebunan terletak di lereng sebelah barat Gunung Sindoro dan Sumbing di bagian tengah Jawa Tengah. Ketinggian 800 – 2.000 meter di atas permukaan laut dengan tingkat curah hujan 2.500 – 3.500 mm per tahun.

Kami mengikuti jalan aspal utama yang ada di kawasan perkebunan Teh Tambi untuk menuju ke arah Temanggung melalui lereng Gunung Sindoro. Sesekali kami berhenti di pinggiran perkebunan sekedar menikmati pemandangan dan mengambil beberapa foto. Setelah cukup puas berkeliling, kami pun meneruskan perjalanan pulang menuju Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 13,885 views

Artikel yang Berkaitan

  • Pesona Kebun Teh Kemuning Dalam perjalanan menuju Candi Cetho, kami melewati sebuah perkebunan teh yang cukup luas yang dinamakan Perkebunan Teh Kemuning. Jalanan yang melewati perkebunan teh K...
  • Jalan – Jalan Ke Kawasan Puncak Bogor Di sebelah timur kota Bogor terdapat jalur wisata Puncak - Cipanas yang memancarkan pesona wisata yang cukup mengagumkan. Kawasan Puncak ini menjadi tujuan utama orang...
  • Agrowisata Banyuroto, Potret Wisata Petik Strawberry di Kaki Gunung Merbabu Sudah berulangkali saya melewati kawasan Agrowisata Banyuroto ketika melakukan perjalanan dari Ketep Pass menuju ke arah Kopeng melalui jalur alternatif. Namun, baru k...
  • Joger, Salah Satu Ikon Souvenir Pulau Bali Salah satu souvenir yang tidak terlupakan saat berkunjung ke Bali adalah berkunjung ke Pabrik Kata-Kata Joger yang berada di daerah Kuta, Bali. Pabrik Kata-Kata Joger ...
  • Jalan-Jalan ke Kebun Buah Mangunan Sedikit orang mengetahui bahwa salah satu pemandangan alam yang indah dekat Yogyakarta itu berada di daerah Mangunan, tepatnya di Kawasan Kebun Buah Mangunan. Sebuah p...
  • Jelajah Pantai Glagah Perjalanan kali ini menuju ke salah satu pantai yang terletak di kabupaten Kulon Progo. Untuk menuju lokasi cukup mudah, hanya melewati jalan Jogja-Wates kemudian belo...
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

23 Comments on “Agrowisata Perkebunan Teh Tambi”

  • mamas86
    26 March, 2009, 7:02

    Wah… Suejuk tenan rek… Pagi-pagi ngeTEH sambil makan pisang goreng. Wah… betapa nikmatnya hidup ini

  • zam
    26 March, 2009, 13:19

    hampir semua kebun teh, selalu ditanami pohon kina di tengah-tengahnya.. :)

  • Yuda Ade
    27 March, 2009, 0:15

    Wah asyik ya berkunjung ke tempat seperti ini. enakan lagi kalau pas pagi-setelah itu nyampe rumah di bikini teh sambil ngobrol sama orang-orang wah jadi sreggg dehhh.

  • zee
    27 March, 2009, 7:30

    Paling enak memang jalan-jalan di tempat yg udaranya segar, sekali2 memanjakan paru-paru …
    :)
    Tp apa tidak ditegor naik motor di dekat kebon teh mas? Takutnya merusak gt…

  • HumorBendol
    28 March, 2009, 19:14

    Waduh…jadi inget. Pernah ke Kebun Teh di Lawang Jatim. Lagi asik becanda ma temen-2, eh..dompet jatuh.
    Uangnya sih gak ada, tapi KTP, SIM, STNK jadi raib eh
    Coba kapan-2 kesana bang…

  • Tuyi
    1 April, 2009, 7:55

    Jangan lupa Pake Teh “Wasgitel”….
    Wangi, sepet, legi, kentel….Jelllll…..
    Pimen Kang kabare…?

    annosmile Reply:

    Kabarku baek bro

  • Fickry
    1 April, 2009, 8:22

    jalan terusssssssssssss….. :P

  • aribicara
    2 April, 2009, 17:53

    Itu dapet Teh Gratis Ga Bro :D

    Kalau iya kan Lumayan :D ckckckck ..

  • Andre
    5 April, 2009, 2:04

    Banyak yah perkebunan bekas peninggalan belanda yang sekarang dijadikan agrowisata…kalo gak salah di Batu – Malang juga kan?

  • Narmadi
    5 April, 2009, 4:45

    Emang kalau kita sering menikmati keindahan alam….semakin mengingatkan kita juga betapa agung karya-karya-Nya…

  • Erik5491
    5 April, 2009, 9:26

    Saya paling suka ke daerah daerah yang seperti ini, hawanya begitu sejuk

  • Ririn
    5 April, 2009, 10:00

    tea-walk………….hhmmm……suejjuk…suejjuk…kyk di kebun teh singosari lengkap dgn tmpt pengolahan tehnya :)

  • munawar am
    8 April, 2009, 14:55

    satu kali naek lewat situ; turun di bagian utara temanggung bablas ke kendal

  • ryanz
    15 May, 2009, 17:28

    ora enak teh e..

  • Widie
    13 June, 2009, 11:07

    Salam damai………

    Emang bener tuh di tambi……sueger bener udara, apalagi sambil ngeteh, wuaduh uenak tenaaaaaan. jadi pengen lagi dah kesana, ketagihan dengan hawa sejuknya. Beda jaoh ma di jogja…puanaaas

  • maria
    30 July, 2009, 15:48

    hallllllllllo
    eh ea kvand ea aaaaaaaaaaaaaaq k tambi coz q p9en bggggggt k tambi
    tammbi iiiz the best

  • doni
    7 November, 2009, 12:13

    pokoke enak banget yen biso jalan-jalan ning tambi

  • mita
    17 April, 2010, 9:35

    wuihhhhhhhhhhhhh….
    keren bok
    udaranya segerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  • mita
    17 April, 2010, 9:39

    enakya ngeteh…..
    pengen lagi kesana

  • Xitalho
    15 June, 2010, 16:24

    Lha aku wingi lewat kono udan terus jee…. ora weruh opo2

  • winarti
    11 April, 2011, 21:58

    i like tambi, tempat ni dkt sm rumah nenek q gt hehe

Trackbacks

  1. Nyruput Teh Pokil (Blontea) | TeamTouring

Leave a Comment