3 Tahun Lumpur Lapindo

This item was filled under [ Opini ]

Sinar matahari yang menyengat masuk ke dalam bus melalui kaca yang bening membuat suasana di dalam bus serasa gerah. Walaupun bus telah dilengkapi oleh AC, tetap saja hawa panas masuk ke dalam bus. Apalagi ketika memasuki Jalan Raya Porong yang saat itu lumayan macet, ditambah dengan tidak ada pohon yang cukup rindang untuk mengurangi hawa panas. Ternyata kami melewati daerah bencana Lumpur Lapindo disisi kiri kami.

Banjir Lumpur Panas Sidoarjo atau Lumpur Lapindo atau Lumpur Sidoarjo (Lusi) , adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran PT Lapindo Brantas di Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak tanggal 27 Mei 2006, bersamaan dengan gempa berkekuatan 5,9 SR yang melanda Yogyakarta.

Sesaat saya bepikir sudah 3 tahun bencana Lumpur Lapindo berlalu, namun belum ada tanda-tanda bencana akan berakhir. Malahan bermunculan berbagai masalah yang semakin rumit dan susah untuk diselesaikan. Sampai sekarang ganti rugi bagi para korban Lumpur lapindo belum terselesaikan karena dana yang tak kunjung turun. Padahal seharusnya, tahun 2009 ini sudah lunas pembayaran ganti ruginya.

Fenomena ‘mud volcano’ yang diberi nama Lusi oleh para pakar geologi itu terus memuntahkan lumpur dari perut bumi dan telah membanjiri 600 hektar kawasan pemukiman pada kecepatan yang mampu mengisi 53 kolam renang berstandar Olimpiade setiap harinya. Puluhan pabrik tutup, jalan tol terganggu dan sebagiannya terpaksa ‘dipotong’. Tidak kurang dari 12 desa terbenam(Kompasiana).

Para warga Porong sampai saat ini masih menuntut hak ganti rugi tanahnya yang baru dibayarkan 20%. Mereka juga memasang berbagai macam spanduk di pinggir jalan. Spanduk yang berisikan harapan mereka dan kejelasan bagi mereka. Hampir setiap hari mereka berdemo menuntut hak-haknya terpenuhi. Sesekali mereka demo secara besar-besan menuju ke ibukota negara.

Lambat laun kendaraan kami meninggalkan lokasi ini. Harapan demi harapan, semoga para korban mendapatkan hak-hak yang belum mereka dapatkan.

-----------
Bookmark and Share
Popularity: 7,962 views

Artikel yang Berkaitan

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

73 Comments on “3 Tahun Lumpur Lapindo”

  • geRrilyawan
    3 June, 2009, 20:06

    kasihan para korban lumpur lapindo…3 tahun di pengungsian, kondisi terbatas, kejelasan nasib nggak ada.

    semoga segera tuntas permasalahannya…jangan sampai jadi komoditi politik/bahan kampanye lagi….(jadi pingin dengar apa kata capres cawapres soal ini)

  • JAUHDIMATA
    3 June, 2009, 20:25

    lapindo-lapindo
    lupa-lupa-lupa-lupa-lupa-lupa-lupa kasusnya
    ingat-ingat-ingat-ingat-ingat hanya uangnya

  • katakataku
    3 June, 2009, 20:36

    janji pembayaran ganti rugi Rp 600 milyar ternyata baru puluhan milyar?????

  • marsudiyanto
    3 June, 2009, 21:03

    Yang mustinya tanggung jawab malah saling lempar…
    Sangat memprihatinkan

  • suryaden
    3 June, 2009, 21:23

    kata orang ahli dulu malah 30 tahun lagi masih belum rampung semburanya…

  • phiy
    3 June, 2009, 22:37

    jadi.. apa SBY musti dilanjutin? :D

    eia, kok blognya jadi lucu sih, hihi..
    tadi aku nyasar ke planet.annosmile.com trs tiba2 dilarikan kemari, unik banget :lol:

    oia, link-ku dipajang di sini ya? keknya salah ketik tu, bukan phy tapi phiy. hehe :D

  • adis
    3 June, 2009, 23:26

    Wah ndak terasa dah tiga tahun…

  • mrpall
    3 June, 2009, 23:56

    kalo saia ..LANJUTKAN SBY udah jelas dan gamblang toh….mo apa lagi……….LanJutkAnnnnnn

  • mrpall
    4 June, 2009, 0:35

    Yang mustinya tanggung jawab malah saling lempar…

  • Andri
    4 June, 2009, 5:30

    yup.. kesian ya.. tapi sebenernya itu bukan cuma tugas pemerintah atau pun yang menyebabkan bencana itu terjadi.. tapi tugas kita juga sebagai sesama..

    dan buat para kawan dan sodara yang disana tetaplah tersenyum..

    ^_____________^

  • ndop
    4 June, 2009, 6:22

    Hohoho.. apalagi kalau lewat sana pakek motor. debu betebaran, polusi, macet, panas.. menyiksa tubuh sekali..

  • gwgw
    4 June, 2009, 7:21

    ini bukti pemerintah kurang memperhatikan nasib rakyat….
    gw sedih banget…..

  • Lala
    4 June, 2009, 7:29

    Wah tak terasa udah tiga tahun lumpur lapindo…

  • wi3nd
    4 June, 2009, 8:11

    3 tahun tapi maseh belum terselesaikan ju9a :(
    ternyaTa janji tin99aL janji ya..
    war9a poRon9 taK tahu daKu harus berkata apa la9i,selain cuma bisa ikut prihatin..

  • Septian
    4 June, 2009, 8:53

    Waaaah…gak kerasa udah 3 tahun yah….kapan kira2 bisa selesai nih masalah lumpur lapindo?

  • kucingkeren
    4 June, 2009, 12:10

    ah… the endless problem..

  • jidat
    4 June, 2009, 12:53

    kasihan mereka .. udah lama lumpurnya gak mampet2.. allah maha besar…

  • Rusa Bawean™
    4 June, 2009, 13:03

    amin mas
    semoga
    :)

  • gasa
    4 June, 2009, 13:21

    uda tiga tahun gag kerasaan… lapindo menemani setiap jalanku lebih dari tiga tahun ini…. malang – gresik pun jadi saksinya hua-hua-hua…
    kasihan para korban y…

    sampai kapan ??????

  • escoret
    4 June, 2009, 13:29

    huaaaaaaaa..jd inget pas 2 th yg lalu
    aku tdr di pasar porong broooo

  • galuharya
    4 June, 2009, 17:11

    semoga saja segera dicari jalan keluar masalah ganti ruginya

  • wiyono
    4 June, 2009, 17:19

    wah jalan sore-sore, ketemu blog bagus ini, informasi yang kau berikan kepada kami sangat bagus sekali bro…jangan lupa kunjungan balik, sebelum aku pulang kampung bro..ku tunggu sekarang ya

  • tenyomimut
    4 June, 2009, 17:24

    kapan ya masalah ini bisa tuntas tas tas..
    *mimpi kalee..*

  • andyan
    4 June, 2009, 18:13

    tempatnya ngenes
    panas banget klo siang

  • masDan
    4 June, 2009, 22:25

    Kasihan Para Korban …. Kapan masalah ini terselesaikan ..

  • Pencerah
    4 June, 2009, 22:45

    3 tahun juga keadilan sirna dari bumi Indonesia

  • Imtihan
    5 June, 2009, 1:06

    Inikan masa kampanye Pilpres, kita tunggu apa yg dilakukan oleh para capres-cawapres dgn lumpur lapindo

  • Fetra
    5 June, 2009, 2:56

    semoga para korban ditabahkan hatinya

  • Edi Psw
    5 June, 2009, 8:07

    Semoga para korban diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian ini.

  • arikaka
    5 June, 2009, 8:10

    semangat dan terus tabah menghadapi cobaan..

    tetep tersenyum warga lapindo…

  • konohanasakuya
    5 June, 2009, 10:11

    sampai sekarang blom tuntas

  • Brillie
    5 June, 2009, 11:27

    kalo hujan itu lho, duh bau lumpurnya sampe rumahku…

  • antown
    5 June, 2009, 13:22

    jadi pgn pulang ke sidoarjo saya, yuk brillie kita kopdar kesana

  • M. Surya Iksanudin
    5 June, 2009, 14:19

    Kapan selesainya ya????

  • Aden Kejawen
    5 June, 2009, 14:21

    Presidennya diganti bisa ngerubah nasib gak ya???

  • cenya95
    5 June, 2009, 14:41

    Hmmm… katanya dah diganti semua…
    mereka yang demo tidak dibayar karena tidak punya surat HGB maupun milik
    salam superhangat

  • mas stein
    5 June, 2009, 15:24

    masih panjang kayaknya jalan para korban lapindo ini mas, sampe masyarakat sebagian sudah mulai lupa.

  • -bias-
    5 June, 2009, 17:00

    gag kerasa udah 3 tahun ya kang…..
    yah, mo gimana lagi sistem di indonesia belum menguntungkan rakyat…

    btw, sampeyan ki dolan nendi2 tho, mbok aku sekali-kali diajak :D

  • nurrahman
    5 June, 2009, 17:28

    saya jadi teringat pernah liat lumpur lapindo dari atas pesawat tiga tahun lalu ketika terbang ke balikpapan

  • AeArc
    5 June, 2009, 19:28

    mudah-mudahan aja cepet dituntasin masalah ini.. o ya mas, tukeran link yokk, linkmu dah kupasang!

  • artasastra.com
    6 June, 2009, 5:03

    Wew..
    Suse komen..
    Kalo inget para pengungsinya..
    Speechless.. ;)

  • diah
    6 June, 2009, 9:06

    smoga z tahun ini jd tahun terakhir.,
    amin

  • mascayo
    6 June, 2009, 9:26

    khusus yang ini,
    ngga ada satupun capres yang berani sentuh.
    menjauh .. menjauh semua … hehehe

  • Yari NK
    6 June, 2009, 11:23

    Lumpur Lapindo belum dipolitisasi oleh para capres dan cawapres?? Biasanya semuanya kalau mau pilpres atau pemilu semuanya dipolitisasi. Pemerintah sekarang sudah gagal dalam mengatasi masalah lapindo?? Kita lihat pemerintah selanjutnya apakah sama saja atau lebih baik????

  • edratna
    6 June, 2009, 11:56

    Membayangkan, sekian tahun yang lalu, daerah di bawah endapan lumpur Lapindo adalah sebuah desa dengan jalan-jalan, dan anak-anak berlarian dihalaman rumah, serta ibu-ibu saling berkunjung dengan tetangganya.
    Rasanya sedih sekali, saya pernah tinggal di Sidoarjo setahun

  • achoey
    6 June, 2009, 12:25

    Kapan ya Lapindo di atasi dengan seksama

  • sugiman
    6 June, 2009, 13:31

    Bagaimana capres dan cawapres kita?

  • fraders
    6 June, 2009, 14:34

    wah… iya ya…

    sudah lama saaya blum denger update news dari kasus lapindo…

    lets wait and see…, what happen next ??

  • ceznez
    6 June, 2009, 14:50

    negeri ini terlalu sibuk dengan capres2 hingga lapindo terlupakan :(

  • Ani
    6 June, 2009, 18:27

    Sudah 3 tahun ya? nggak terasa yach (tapi sangat terasa pasti untuk para korban). Aku ke sana setahun yang lalu. Kok bisa ya sampai sekarang nasib mereka masih nggak jelas ? Nggak diurus sama pemerintah ?

  • balisugar
    6 June, 2009, 19:40

    Oalah mereka semakin terlupakan

  • cantigi
    6 June, 2009, 20:20

    mudah2an mereka selalu diberi sabar dan kesehatan ya..

  • guskar
    7 June, 2009, 8:06

    kalo media nggak memberitakan masalah lapindo ini lagi (dan ini sangat diharapkan oleh para penguasa), nasibnya akan sama dengan kasus2 yg lain… menguap…. dan terlupakan… para korban terpuruk sendiri sepanjang hidupnya…

  • KangBoed
    7 June, 2009, 8:44

    selalu dan selalu… begini dan begini… entah dan entahlah… mau bicara apa lagi… capeee deee…

    Salam Sayang

  • tuyi
    7 June, 2009, 12:18

    smoga ini hanya ujian ketabahan..
    Doakan biar cepet selesai..

  • Ardy Pratama
    7 June, 2009, 13:00

    miris klo ngliat pndrtan mnsyrkat sdorajo akibat lusi… Pmrntah? Sya gak liat pran pmrntah dlam mmbntu pnylsaian mslah ini…

  • Dum
    7 June, 2009, 22:52

    “baru” tiga tahun…. :D

  • HumorBendol
    7 June, 2009, 23:28

    Lumpur Lapindo?
    Duh…bau asapnya menyengat banget dari rumahku bang, yang jaraknya sekitar 5 km dari rumahku.

  • buwel
    7 June, 2009, 23:46

    duuuh nggak ngerasa ya, udah 3tahun…masya alloh…moga cepet teratasi tak berlarut larut masalahnya..

  • zee
    10 June, 2009, 7:16

    Serem yah, sampai 3th masih juga keluar lumpurnya…. Entah sampai kapan baru berhenti.

  • dian
    10 June, 2009, 11:49

    para calon presiden ada yang kampanyenya mau menyelesaikan kasus ini gak ya?

  • suwung
    11 June, 2009, 16:41

    akankah menjadi yang terlupakan seperti kasus lainya?

  • Juliach
    12 June, 2009, 5:35

    Wah keterlaluan!

  • Mahendrattunggadewa
    13 June, 2009, 18:26

    kalau alam selalu dipermainkan…
    tunggu saatnya alam mempermainkan manusia…

  • Sari
    18 June, 2009, 15:40

    Saya kalo ke Malang lewat lapindo juga miris..
    Gak selese2 kasusnya.. :huff:

  • Zulhaq
    21 June, 2009, 23:48

    sungguh memprihatnkan
    nggak terasa dah sekian lama kondisi buruk harus djalani

    salam sahabat ^_^

  • Kang Nur
    24 June, 2009, 20:45

    tuh yang terbaru malah ada pula semburan lumpur di Serang, Banten. smoga berhenti, tidak seperti di Sidoarjo ini. waduh, negeri kita kok banyak bencana tak henti2? … yang dulu saja belum selesai terurus gini…

  • ciwir
    8 July, 2009, 17:23

    lumpurnya harusnya dikeruk saja untuk bahan baku pembuatan batu bata dan keramik
    itu pasti bermanfaat

  • Yusuf Hermawan
    9 July, 2009, 22:24

    Sekarang Lapindo sudah agak telupakan

  • ekofuji
    12 October, 2009, 14:57

    negara kita sering terkena musibah…why???

  • nakula sadhewa
    22 January, 2010, 21:27

    musibah adalah salah satu cara allah mengingatkan hambanya untuk kembali ke jalan yang benar

Trackbacks

  1. Berkunjung Ke Taman Safari Indonesia II Prigen | TeamTouring
  2. Membangkitkan Obyek Wisata Baru di Lumpur Sidoarjo

Leave a Comment